Manfaat Saffron Untuk Kesehatan dan Bumbu Dapur

Saffron selain dikenal sebagai bumbu penyedap rasa untuk masakan, ternyata memiliki manfaat lain yang sangat banyak bagi kesehatan. Belakangan ini tengah ramai diperdebatkan manfaat saffron yang menyimpan berbagai macam khasiat bahkan dipercaya dapat digunakan untuk mencegah kangker.

Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kandungan dari saffron baik yang dilakukan di dalam maupun diluar negri. Saffron sendiri merupakan jenis tumbuhan langka yang memiliki harga sangat tinggi dipasaran. Hal ini dipengaruhi karena prosesnya memakan waktu yang tidak sebentar.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja manfaat yang diperoleh dari saffron. Berikut ini adalah manfaat saffron bagi kesehatan dan bumbu dapur.

1. Menurunkan Tingkat Gula Darah Dalam Tubuh

mengurangi tingkat gula darah

Manfaat saffron yang pertama bagi kesehatan adalah mampu membantu menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh. Ini merupakan kabar baik bagi penderita diabetes yang memiliki tingkat gula darah berlebih. Dipercaya mengkonsumsi saffron secara rutin mampu menekan tingkat gula darah bagi penderita penyakit diabetes. Sehingga saffron dipercaya mampu untuk mengobati penyakit diabetes.

 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

meningkatka daya tahan tubuh

Semakin tinggi daya tahan tubuh seseorang makan akan semakin sulit untuk terjangkit penyakit yang dapat menyerang. Saffron kaya akan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan memperkuat sistem imun dalam tubuh.

Selain itu kelabihan saffron adalah dapat untuk dikonsumsi oleh segala jenis usia. Baik anak maupun dewasa dapat mengkonsumsi saffron , tentunya harus dengan takaran yang sesuai agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan rutin mengkonsumsi saffron secara teratur , diharapkan tubuh kamu dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

BACA  10+ Manfaat Kayu Ular untuk Pengobatan dan Kesehatan

 

3. Untuk Mencegah Penyakit Kanker

mencegah kanker

Kanker manjadi salah satu penyakit yang paling banyak menelan korban jiwa didunia. Penyakit yang satu ini memang sering kali muncul akibat pola hidup yang tidak sehat. Belakangan ini para peneliti menemukan kandungan anti-kanker yang terdapat pada saffron yang dipercaya mampu untuk mencegah penyakit kangker.

Selain itu saffron juga memiliki tingkat antioksidan yang tinggi sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit kangker. Tentunya hal ini juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan rutin ber olahraga.

 

4. Meredakan Nyeri Saat Haid

meredakan nyeri saat haid

Untuk kaum wanita , saffron dapat digunakan untuk meredakan nyeri saat haid. Tidak sedikit kaum wanita yang mengalami nyeri berlebihan saat haid. Bahkan ada yang sampai menyebabkan demam karena menahan nyeri saat haid. Saffron memiliki kandungan yang dapat merelaksasi tubuh sehingga otot-otot kewanitaan kamu tidak tegang dan menimbulkan rasa nyeri.

 

5. Mencegah Depresi

mencegah depresi

Depresi biasanya sangat sering dialami oleh kaum milenial, akibat tuntutan kerjaan, aktivitas yang berlebihan dan berbagai jenis lain yang dapat menimbulkan depresi. Seperti yang sama sama telah kita ketahui sebelumnya, Saffron memiliki kandungan yang mampu untuk merelaksasi tubuh. Sehingga tubuh kamu akan terasa lebih santai dan rileks. Dengan mengkonsumsi 20 – 30 gram saffron secara rutin, maka kamu akan terhindar dari depresi.

6. Memperbaiki Mood

memperbaiki mood

Selain untuk mencegah depresi saffron juga dapat memperbaiki mood kamu ketika sedang buruk. Tentunya kita sering mengalami kejadian yang tidak menyenangkan dan mempengaruhi mood kita. Mood yang buruk dapat menimbulkan depresi jika tidak segera diatasi dan dibiarkan berlarut larut. Konsumsilah saffron dipagi hari untuk membuat mood kamu bagus dan terhindar dari depresi.

BACA  35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

7. Mencegah Gangguan Fungsi Pada Otak

mencegah gangguan fungsi otak

Semakin bertambahnya usia seseorang maka kemampuan otaknya juga cenderung menurun. Tidak heran apabila orang tua sering mengalami masalah kelupaan atau pikun. Namun sebenarnya hal ini dapat kita cegah dengan cara mengkonsumsi saffron. Saffron memiliki kandungan yang sangat baik untuk mencaga fungsi otak supaya tetap stabil. Dengan mengkonsumsi saffron secara rutin kamu akan terhindar dari masalah kelupaan pada hari tua nanti.

Selain itu saffron juga dipercaya mampu untuk menigkatkan kecerdasan pada anak. Kandungan yang terdapat pada saffron dapat meningkatkan kecerdasan kognitif pada anak-anak. Sehingga anak kita menjadi lebih cerdas dan lebih mudah dalam belajar.

 

8. Meningkatkan Gairah Seksual

meningkatkan gairah seksual

Bagi pasangan suami istri sering kita menemukan masalah pada gairah seksual pada pasangan kita. Baik disebabkan karena faktor kelelahan maupun faktor lain yang dapat mempengaruhi gairah seksual. Namun kini kamu tidak perlu khawair akan hal tersebut.

Saffron memiliki kandungan yang dapat meningkatkan gairah seksual pada pasangan maupun diri kita. Dengan mengkonsumsi saffron pada malam hari maka akan terbangun hubungan yang harmonis antara kamu dan pasangan kamu. Kamu dapat mengkonsumsi saffron dengan cara diminum maupun dalam bentuk pil.

 

9. Sebagai Perawatan Wajah dan Kulit

sebagai kecantikan wajah

Bagi kaum wanita kecantikan merupakan hal penting yang harus dijaga dan dirawat. Belakangan ini penelitian menunjukan manfaat saffron tidak hanya untuk kesehatan dan bumbu dapur. Saffron juga dapat digunakan sebagai campuran bahan untuk kecantikan wajah dan kulit.

Kamu dapat membuat masker menggunakan campuran bunga saffron, susu, atau dapat juga ditambahkan dengan kayu cendana. kemudian haluskan hingga menjadi pasta dang dapat langsung gunakan sebagai masker wajah maupun kulit. Tidak hanya itu ternyata saffron juga memiliki khasiat lain untuk kecantikan diantaranya :

  1. Mencerahkan Kulit
  2. Menghilangkan noda bekas jerawat
  3. Mengatasi lingkar hitam pada mata atau mata panda
  4. Menghaluskan kulit
BACA  50 Manfaat Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan dan Kejantanan

Degan rutin melakukan perawatan kecantikan menggunakan saffron kamu akan mendapatkan wajah kamu terbebas dari jerawat dan memiliki kulit yang halus.

BACA JUGA : Harga Saffron Kualitas Terbaik Grade A 2019

 

10. Sebagai Penyedap Rasa Makanan

sebagai bumbu dapur

Pada awalnya saffron hanya dikenal sebagai penyedap rasa pada makanan. Walaupun cenderung kebanyakan bunga saffron berwarna ungu, namun saffron digunakan untuk pewarna makanan dan menghasilkan warna kuning. Berbagai negara sudah sejak lama menggunakan saffron sebagai penambah rasa pada masakan.

Seperti di timur tengah orang-orang menambahkan saffron untuk pewarna makanan dan penyedap rasa pada makanannya. Kemudian juga di malaysia masyarakat disana menggunakan saffron untuk membuat makanan tradisional yaitu nasi biryani. Bahkan di eropa khususnya spanyol masyarakat disana menggunakan saffron untuk membuat paella.

 

Cara Mengkonsumsi Saffron Untuk Kesehatan

cara mengkonsumsi saffron

Ada berbagai macam cara mengkonsumsi saffron yang dianjurkan. Kebanyakan orang mengkonsumsi saffron dengan cara diminum maupun dalam bentuk jadi yaitu kemasan pil. Mengkonsumsi pil saffron merupakan cara yang paling praktis jika kamu tidak ingin susah mengolahnya.

Namun bagi kamu yang kesulitan menelan obat, kamu tidak perlu khawatir karena mengkonsumsi saffron dengan cara diminum ternyata lebih memberikan hasil yang maksimal. Berikut ini cara mengolah saffron untuk diminum.

  • Masukan 3 – 5 putik saffron kedalam gelas
  • Kemudian tuangkan air panas secukupnya
  • Aduk secara perlahan hingga saffron dan air tercampur sempurna
  • Diamkan selama 10 – 30 menit hingga air berubah warna
  • Setelah itu kamu dapat langsung meminumnya atau dapat dibawa untuk menemani aktifitasmu

Sekian artikel mengenai manfaat saffron kali ini. Apabila kamu memiliki pertanyaan mengenai hal ini kamu dapat menuliskan komentar pada kolom komentar dibawah.

Leave a Reply