8 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tahukah Anda manfaat minyak zaitun? Banyak orang yang belum tahu dengan benar apa saja manfaat minyak zaitun. Untuk itu, disini akan kami sedikit uraikan tentang minyak zaitun dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan.

Sebelum berlanjut, perlu diketahui, minyak zaitun merupakan minyak yang berasal dari buah pohon zaitun. Pohon zaitun sendiri sangat mudah ditemukan di daerah mediterania seperti Yunani, Spanyol, Italia, dan timur tengah.

Minyak zaitun sendiri sedari dulu seringkali digunakan untuk kesehatan karena kandungan asam lemak dan omega yang tinggi sekitar 65-85%. Kandungan yang tinggi didalamnya inilah yang kemudian menjadikan minyak zaitun menjadi salah satu alternatif kesehatan dan juga kecantikan.

Jenis-jenis Minyak Zaitun di Pasaran

Jenis-jenis Minyak Zaitun

Jenis-jenis Minyak Zaitun

Saat ini dipasaran mudah ditemukan 3 jenis minyak zaitun yakni zaitun murni, ekstra virgin dan sulingan. Ketiganya menyehatkan, namun jika digunakan dengan tidak tepat akan memberi manfaat sebaliknya.

Sebagai contoh, minyak zaitun notabene tidak tahan panas, sehingga paling baik digunakan untuk menumis. Jika digunakan untuk menggoreng (panas yang tinggi) maka zat yang terkandung dalam minyak zaitun justru bisa membahayakan tubuh. Akrilamida dan lemak trans akan terbentuk ketika asam lemak tak jenuh dipanaskan dalam suhu yang tinggi dan lama.

Minyak zaitun ekstra virgin bisa dibilang minyak zaitun yang paling murni. Minyak ini didapat dari ekstraksi pertama buah zaitun. Aromanya lebih tajam jika dibandingkan dengan yang lain dan warnanya kehijauan.

Jika Anda sering menumis makanan, berarti Anda sering menggunakan minyak zaitun murni. Warnanya hijau namun sedikit kekuningan dan ini didapat dari hasil lanjutan minyak zaitun ekstra virgin.

Terakhir adalah minyak zaitun sulingan. Seperti namanya, minyak zaitun ini sudah mengalami tahap penyulingan lanjutan dan warnanya identik dengan kekuningan. Dibandingkan dengan saudaranya, minyak zaitun sulingan memiliki harga yang lebih murah.

Agar manfaat minyak zaitun tetap dalam keadaan maksimal, ketika penyimpanannya hindarkan dari cahaya matahari dan simpan dalam tempat yang sejuk.

Manfaat mengonsumsi minyak zaitun dengan rutin

Manfaat mengonsumsi minyak zaitun dengan rutin

Manfaat mengonsumsi minyak zaitun dengan rutin

Minyak zaitun tidak hanya digunakan pada luaran tapi juga bisa dikonsumsi. Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada tiga manfaat minyak zaitun untuk konsumsi harian. Berikut ulasan manfaatnya:

1. Melawan risiko kanker payudara

Kabar baik bagi para wanita. Risiko kanker payudara kini bisa dilawan dengan mengonsumsi minyak zaitun. Hal ini diketahui dari studi yang dilakukan kepada para wanita yang melakukan diet mediterrania. Diet mediterrania sendiri merupakan salah satu metode diet dimana seseorang diharuskan mengonsumsi ekstrak minyak zaitun.

Hasil studi yang kemudian dipublikasikan JAMA Internal Medicine cukup menakjubkan, mengkonsumsi minyak zaitun digadang mampu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Namun tak berhenti disitu. Minyak zaitun juga mampu mengurangi risiko stroke serta mampu melambatkan proses penuaan pada kulit.

2. Mengantisipasi Berbagai Penyakit Jantung

Mengonsumsi minyak zaitun juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu didunia, dan minyak zaitun disini memiliki peran untuk melawannya. Memang pada efek dari minyak zaitun ini tidak begitu kentara. Anda bisa sedikit merasakan bedanya ketika Anda mengonsumsi makanan kaya kalori dalam porsi besar sambil mengonsumsi minyak zaitun.

Selain itu, karena fungsi dari minyak zaitun yang mampu menurunkan kadar kolesterol, maka selain untuk jantung juga baik untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit dan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Tidak hanya untuk kesehatan, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan wajah. Kandungan vitamin E dan beragam zat lainnya mampu menjaga kulit dari paparan sinar matahari, radikal bebas, dan lain sebagainya.

Lebih lengkapnya, berikut uraiannya!

1. Pelembab wajah

Minyak zaitun mengandung linoleic acid. Kandungan ini mampu menjaga kulit wajah dan kulit tubuh lembab. Untuk memanfaatkan manfaat minyak zaitun ini, Anda hanya tinggal mengoleskannya pada kulit wajah dan tubuh selama lebih kurang 10 menit sambil dipijat-pijat. Setelah bilaslah dengan air bersih.

Nah, ketika menjadi pelembab, minyak zaitun tidak kemudian menyumbat pori-pori. Sebaliknya, minyak zaitun justru meresap kedalam pori dan membersihkan pori-pori. Jadi, selain Anda menggunakannya di siang hari sebagai pelembab, ada baiknya juga mencoba mengaplikasikannya di malam hari.

Untuk menjadikannya sebagai pelembab malam hari, Anda membutuhkan 1 sendok teh minyak zaitun. Aplikasikan pada bagian wajah hingga leher. Jika dirasa berlebih, Anda bisa menepuk-nepuk dengan tisu untuk menghilangkannya kelebihannya.

2. Pengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati mampu membuat wajah dan kulit nampak kusam sehingga haruslah dihilangkan. Ada banyak metode untuk menghilangkan sel kulit mati, dan yang mudah menggunakan minyak zaitun.

Untuk memanfaatkan manfaat minyak zaitun ini, anda hanya tinggal mengambil 1 sendok makan garam kemudian campurkan minyak zaitun. Gosokkanlah campuran ini ke kulit. Setelahnya bilas dengan air bersih.

3. Menyuburkan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Minyak zaitun bisa digunakan untuk perawatan rambut, baik sebagai shampoo atau juga kondisioner. Minyak zaitun selain melembabkan kulit juga mampu menjaga rambut dari beragam kimia seperti obat keriting, cat rambut dan juga obat pelurus rambut. Semakin rutin menggunakan minyak zaitun, maka rambut akan semakin berkilau, kuat, elastis, serta lebih lembut. Bagaimana caranya?

Untuk menghindari rambut kusut, Anda hanya cukup mengoleskan minyak zaitun secara merata. Lakukan rutin untuk hasil yang maksimal. Sedangkan untuk mengatasi ketombe, ambil minyak zaitun kemudian campurkan dengan perasan jeruk lemon, minyak jarak, dan papermint. Oleskan campuran tersebut pada kepala sambil dipijat lembut. Kemudian diamkan dan bungkus dengan handuk kira-kira 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

4. Pelembut bibir dan merawat kuku

Minyak zaitun memiliki sifat melembabkan. Nah, tak hanya untuk kulit dan rambut, manfaat ini juga berlaku untuk bibir, kuku dan mata.

Ketika musim panas, udara menjadi kering dan secara tak langsung bibir akan nampak pecah-pecah bahkan kering. Jika hal ini dibiarkan bisa menimbulkan luka. Nah, sebelum hal itu terjadi, segera ambil minyak zaitun dan oleskan perlahan pada bibir. Lakukan hal ini rutin setiap malam.

Minyak zaitun juga baik untuk kuku. Mengoleskannya pada kuku mampu menjaga kelembaban kutikel serta menjadikannya nampak lebih bersinar.

5. Menghilangkan jerawat

Memiliki jerawat? Jerawat adalah salah satu hal yang paling dihindari oleh wanita. Tak hanya menyakitkan, namun jerawat juga membuat penampilan kurang cantik. Untuk mencegah kemunculan serta menghilangkan jerawat dari wajah, anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada bagian wajah yang terkena jerawat. Antioksidan dan vitamin C dalam minyak zaitun akan mengusir bakteri penyebab jerawat serta mengangkat kotoran pada permukaan wajah.

Selain memanfaatkan manfaat minyak zaitun, ada baiknya juga dengan selalu menjaga kebersihan wajah. Jerawat akan enggan menempel pada wajah yang bersih dan segar.

6. Antioksidan yang baik

Polifenol, fitosterol, hydroxytyrosol serta vitamin E mampu menjaga kulit dari penuaan. Selain menghindarkan dari penuaan, kandungan dalam minyak zaitun diatas juga baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, menghaluskan kulit dan menangkal radikal bebas.

Itulah diatas beberapa manfaat minyak zaitun baik untuk kesehatan juga untuk kecantikan. Selain manfaat diatas, masih banyak lagi manfaat minyak zaitu antara lain sebagai masker wajah, menghilangkan riasan mata, sebagai masker, bahkan para pria juga menggunakannya sebagai pengganti krim cukur.

Cara Membuat Minyak Zaitun

Berikut ini adalah cara membuat minyak zaitun dengan cara yang simple dan mudah.

Manfaat minyak zaitun diatas tentulah tidak akan berjalan maksimal tanpa gaya hidup yang sehat. Mengkonsumsi makanan sehat, mengatur stress serta olahraga akan membuat segalanya berjalan seimbang. Sebagai contoh, manfaat minyak zaitun yakni melembabkan kulit, jika tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat, tentulah tidak akan berjalan maksimal.

Leave a Reply

Share
Additional Info