100 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Manusia, Hewan dan Tanaman

Buah mengkudu / pace , tentunya sudah bukan hal asing lagi untuk kita. Buah mengkudu dapat dengan mudah kita temukan di lingkungan sekitar rumah. Selain bentuknya yang unik ternyata mengkudu juga memiliki banyak manfaat untuk manusia, hewan maupun tanaman.

Buah mengkudu dapat digunakan sebagai pemutih kulit, obat jerawat, sebagai conditioner untuk rambut, bahkan dapat juga mengobati pinyakit diabetes. Bukan hanya sampai disitu saja, buah mengkudu juga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit pada hewan.

Tentu saja sangat menarik untuk membahas mengenai manfaat dari buah mengkudu ini. Karena dengan mengetahui manfaat yang dimiliki oleh buah mengkudu tentunya kamu dapat memanfaatkannya untuk kesehatan kamu.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Wajah

manfaat buah mengkudu untuk wajah

Salah satu manfaat buah mengkudu pada manusia, yaitu dapat digunakan untuk perawatan wajah. Sudah banyak penelitian tentang manfaat buah mengkudu untuk wajah. Hasilnya buah mengkudu dapat di olah menjadi masker, bedak, maupun lotion pemutih.

Diantara manfaatnya menggunakan masker ataupun lotion buah mengkudu untuk wajah adalah sebagai berikut :

1. Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Kandungan vitamin A, C, dan E yang terdapat pada buah mengkudu dapat dengan mudah menghilangkan flek hitam pada wajah kamu. Cukup dengan menggunakan masker mengkudu secara rutin yaitu 1 – 2 kali dalam seminggu, maka wajah kamu akan terhindar dari flek hitam.

2. Menjaga Kelembapan Kulit Wajah

Kulit wajah yang kering apat menyebabkan wajah kamu menjai kusam. Kamu apat menggunakan masker buah mengkudu untuk menjaga kelembapan kulit wajah kamu. Saat ini sangat mudah menemukan masker buah mengkudu. Kamu bisa membelinya secara online maupun dengan membuatnya sendiri dirumah.

3. Menghilangkan Jerawat

Banyaknya polusi dan radikal bebas membuat wajah kamu mudah berjerawat. Cara paling ampuh untuk mengobati jerawat maupun bekas luka jerawat adalah dengan menggunakan lotion mengkudu. Lotion ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan luka pada kulit.

 

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Diabetes

manfaat buah mengkudu untuk diabetes

Manfaat lainya dari buah mengkudu adalah sebagai obat penyakit diabetes. Kandungan vitamin dan zat organik dari mengkudu dipercaya dapat menekan tingkat gula darah dalam tubuh. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat indonesia.

Dengan rajin mengkonsumsi kapsul / pil yang terbuat dari bahan dasar buah mengkudu, kamu maupun keluarga yang menderita penyakit diabetes akan lebih cepat sembuh.

Hal ini tentunya harus di lakukan bersamaan dengan pola hidup yang sehat. Menjaga pola makan, tidur teratur dan rajin berolah raga akan membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit diabetes.

 

INFO : Diabetes adalah penyakit dimana tubuh penderita tidak dapat menghasilkan hormon insulin yang berfungsi sebagai pengatur gula dalam darah. Penderitanya akan merasa mudah lelah dan mudah mengantuk.

 

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Rambut

manfaat mengkudu untuk rambut

Baru-baru ini ternyata mengkudu juga digunakan oleh sebagian ahli untuk perawatan rambut. Mengkudu dipercaya dapat digunakan sebagai shampo untuk mengatasi kerontokan, menghilangkan ketombe, dan menghitamkan rambut.

1. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok mungkin sering dialami oleh kaum wanita. Apalagi jika memiliki rambut yang panjang akan lebih susah untuk melakukan perawatan agar rambut tidak rontok. Namun saat ini kamu dapat mencoba shampo dari bahan dasar mengkudu untuk perawatan rambut kamu.

Rambut yang rontoksering diakibatkan karena kurangnya nutrisi pada rambut. Dengan menggunakan shampo yang berbahan dasar buah mengkudu, nutrisi yang diperlukan rambut kamu akan terpenuhi. Hasilnya kamu akan terhindar dari kerontokan rambut.

2. Menghilangkan Ketombe

Mengkudu juga dipercaya mampu untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala yang kering. Akibat terkena paparan sinar matahari secara langsung. Kulit kepala akan mudah kering dan menyebabkan banyak terdapat ketombe pada rambut.

Dengan rajin mengkonsumsi jus mengkudu akan membuat peredaran darah pada kulit kepala menjadi lancar. Hasilnya kulit kepala kamu tidak mudah kering dan berketombe.

3. Menghitamkan Rambut

Rambut yang beruban atau berwarna kemerahan akibat terlalu lama terkena sinar matahari juga dapat diatasi oleh buah mengkudu. Kamu dapat menggunakan cat rambut herbal berbahan dasar mengkudu untuk mengembalikan kealamian rambut kamu.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

manfaat buah mengkudu untuk kesehatan

Mengkudu kaya akan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini juga yang menyebabkan mengkudu dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan manfaat mengkudu untuk kesehatan dan pengobatan alami.

1. Membantu Menurunkan Demam

Jika kamu mengalami demam , cobalah untuk meminum segelas jus mengkudu. Jus mengkudu memiliki kandungan antivirus yang sangat ampuh untuk kekebalan tubuh dan mengobati berbagai penyakit seperti demam, batuk, maupun pilek.

2. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan Scopoletin yang terdapat pada buah mengkudu, memiliki manfaat sebagai anti bakteri, anti histamin, dan anti jamur. Ini dipercaya mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada manusia. Dengan rajin mengkonsumsi jus mengkudu, kamu akan memiliki daya tahan tubuh yang prima, sehingga tidak mudah untuk terserang penyakit.

4. Mencegah Kangker

Kandungan antioksidan alami yang terdapat pada buah mengkudu bersifat melawan tumor. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dibiayai oleh National Cancer Institute. Buah mengkudu termasuk kedalam salah satu jenis buah yang dapat melawan kangker.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Lovebird

manfaat buah mengkudu untuk love bird

Tidak hanya pada manusia, buah mengkudu juga dapat bermanfaat untuk hewan. Khususnya jenis hewan unggas yaitu burung dan ayam. Pada kasus manfaat buah mengkudu pada burung lovebird dipercaya dapat digunakan sebagai :

  1. Untuk mengobati serak pada burung
  2. Membantu meningkatkan suara kicau burung
  3. Melancarkan fungsi pencernaan
  4. Membantu mengurangi stress pada burung
  5. Membantu meningkatkan kesuburan induk burung

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Ayam

manfaat buah mengkudu untuk ayam

Pada hewan unggas lainnya yaitu ayam, Mengkudu dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit pada ayam peliharaan maupun ternak. Diantaranya adalah :

  1. Mencegah penyakit kuning
  2. Mencegah infeksi luka
  3. mengobati penyakit bronkhitis
  4. Mengobati penyakit ngorok pada ayam

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Tongkat Ali

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Tanaman Padi

manfaat buah mengkudu untuk padi

Pada tanaman padi , Mengkudu digunakan sebagai pestisida alami untuk menangkal hama tikus. Hama tikus merupakan hama yang sering kali menyebabkan petani mengalami gagal panen. Pemanfaatan mengkudu sebagai pestisida alami sangat ampuh untuk mengusir hama tikus.

Hal ini sudah di uji oleh beberapa ahli dari universitas ternama di indonesia. Hasilnya menunjukan buah mengkudu dapat dijadikan pestisida alami untuk mengatasi hama yang menyerang tanaman padi. Dikarenakan aroma khas dari buah mengkudu tidak disukai oleh tikus maupun hama lainnya.

Baca Juga : Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Ikan

manfaat buah mengkudu untuk ikan

Kandungan vitamin yang lengkap dan ditambah dengan sifat antibakteri yang terdapat pada buah mengkudu dipercaya mampu untuk mencegah penyakit yang menyerang ikan. Sudah banyak para peternak ikan yang menggunakan buah mengkudu untuk ternaknya.

Caranyapun cukup mudah kamu hanya perlu meletakan buah mengkudu pada kolam ikan. Namun ada cara yang lebih ampuh yaitu menggunakan fermentasi mengkudu. Selain untuk kebersihan kolam sendiri fermentasi buah mengkudu juga sangat ramah untuk lingkungan di habitat kolam.

Baca Juga : Kumpulan Artikel Tentang Manfaat Bahan Alami Lainnya

Cara Mengolah Buah Mengkudu

cara mengolah buah mengkudu

Menkudu jika diolah dengan benar ternyata dapat menjadi sajian yang enak dan lezat. Sebagian orang merasa mengkudu memiliki aroma yang tidak sedap. Maka banyak dari mereka yang mengabaikan manfaat yang terkandung dari buah mengkudu.

Berikut ini adalah cara mengolah buah mengkudu untuk kesehatan tubuh.

Cara Membuat Jus Mengkudu

  1. Pilih buah mengkudu yang sudah matang namun masih berwarna hijau. Inin untuk menghindari aroma tidak sedap dari buah mengkudu.
  2. Kupas buah mengkudu dan sisihkan bijinya
  3. Blender buah mengudu sampai halus. Jika kamu merasa terlalu kental, kamu dapat menambahkan air secukupnya.
  4. Tuangkan pada gelas dan tambahkan sedikit madu alami untuk pemanis rasa
  5. Jus mengkudu siap untuk dinikmati

 

Jangan pernah menilai sesuatu dari wujudnya, mungkin pepatah ini sangat cocok untuk buah mengkudu. Walaupun aromanya yang terkenal sangat tidak sedap tetapi dibalik itu semua terdapat kandungan vitamin yang dapat mengobati berbagai penyakit.

Leave a Reply

privacy policy