15 Manfaat Bawang Putih Untuk Wajah, Rambut dan Kejantanan Pria

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang memberikan cita rasa masakan yang sangat menggoda. Hampir setiap masakan Indonesia selalu menggunakan bahan dapur yang satu ini. Namun, siapa sangka di balik perannya sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih itu sendiri memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Tentunya, manfaat bawang putih bagi kesehatan tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya dalam jumlah yang seimbang dan rutin.

manfaat bawang putih untuk kesehatan

manfaat bawang putih untuk kesehatan

Manfaat Bawang Putih dalam Kehidupan Sehari-hari

Berbeda dengan bawang hitam. Bawang putih memiliki nama latin Allium Sativum L, bawang putih memiliki berbagai kandungan bermanfaat yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, beberapa kandungan yang ada di dalamnya antara lain adalah vitamin C, selenium, kalium, fosfor, tembaga, kalsium dan juga besi.

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat di dalamnya, berikut ini beberapa manfaat bawang putih yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengontrol perkembangan sel kanker

Sangat menakjubkan jika manfaat bawang putih ternyata bisa menghambat perkembangan sel kanker. Perihal ini disebabkan oleh adanya kandungan bawang putih yang berupa PhIP yang nantinya akan mempengaruhi proses biologis sel kanker dalam tubuh. Ketika kandungan yang ada di dalam bawang putih tersebut bekerja, maka sifat karsinogen pada bawang putih karena kandungan diallyl sulfide ini akan membunuh kanker payudara pada wanita.

manfaat bawang putih untuk kanker

manfaat bawang putih untuk kanker

  1. Mengatasi permasalahan infeksi paru – paru

Kaitannya dengan manfaat bawang putih lainnya juga bisa dijadikan sebagai solusi tepat untuk mengatasi permasalahan infeksi paru – paru. Hal ini disebabkan oleh adanya sifat anti bakteri serta anti mikroba yang akan melawan kuman penyebab penyakit ini. Untuk mendapatkan manfaat ini, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi bawang putih sebanyak 2 siung setiap harinya.

  1. Solusi untuk masalah hipertensi

Bagi Anda yang memiliki permasalahan dengan tingginya tekanan darah, akan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih. Dalam hal ini, kandungan allicin dan juga anti oksidan yang terdapat di dalamnya akan membantu dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, manfaat bawang putih ini juga bisa memperlancar sistem peredaran darah serta membuat arteri menjadi lebih sehat.

  1. Menstabilkan kadar kolesterol

Ketika Anda mengkonsumsi bawang putih, Anda akan merasakan manfaat bawang putih yang dalam hal ini adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sebesar 15%. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi bawang putih ini juga akan membuat produksi insulin dalam tubuh juga mengalami peningkatan. Pengkonsumsian bawang putih secara teratur sama sekali tidak akan mempengaruhi kolestrol baik pada tubuh.

  1. Mengatasi permasalahan keputihan

Bagi kaum wanita yang sering kali mengeluhkan permasalahan keputihan, kini saatnya Anda mendapatkan manfaat bawang putih yang mampu menjadi solusi atas keputihan. Kemampuannya dalam hal ini juga dikarenakan oleh adanya sifat anti jamur dan juga anti bakteri yang akan bekerja secara efektif dalam menghambat adanya bakteri yang masuk ke dalam organ intim wanita.

  1. Meningkatkan ereksi pada pria

Siapa sangka jika mengkonsimsi bawang putih secara rutin bagi pria akan memberikan dampak luar biasa bagi kesehatan seksualnya. Dengan kata lain, manfaat bawang putih ini bisa membuat kualitas ereksi Anda semakin membaik.
Hal ini dibuktikan dengan adanya kandungan zat yang mampu mendongkrak sistem peredaran darah yang menuju ke alat vital. Tidak mengherankan jika secara lambat laun permasalahan ereksi Anda akan terselesaikan.

  1. Mengobati saat sakit gigi

Jika Anda saat ini mengeluhkan permasalahan sakit gigi, kini saatnya Anda mengambil manfaat bawang putih yang akan membuat sakit gigi Anda akan mereda secara bertahap. Dikatakan demikian sebab sifat anti bakteri yang terdapat dalam bawang putih akan membunuh bakteri jahat yang menyebabkan gigi Anda terasa sakit. Selain itu, sifat analgesic yang terdapat di dalamnya juga akan meredakan sakit gigi tersebut.

BACA  Ciri-ciri Madu Asli dan Palsu Beserta Cara Membedakannya

Baca lebih lanjut: Harga Bawang Dayak Hari Ini

  1. Meningkatkan sistem imun

Vitamin C yang terdapat dalam bawang putih sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tentunya, manfaat bawang putih ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi bawang putih secara teratur setiap hari. Pengkonsumsian bawang putih bisa dilakukan dengan memakannya secara langsung atau dengan membuatnya menjadi jus. Dengan meningkatnya sistem imunitas, Anda akan semakin jarang untuk terkena penyakit.

  1. Mengatasi sinusitis

Sifat anti bakter yang terkandung di dalam bawang putih sangatlah ampuh untuk dijadikan sebagai solusi mengatasi permasalahan sinusitis. Permasalahan yang ditandai dengan adanya permasalahan pada rongga hidung dan sering merambat pada permasalahan sakit kepala ini bisa diatasi dengan mendapatkan manfaat bawang putih itu sendiri.

  1. Mengatasi permasalahan psoriasis

Penyakit psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan adanya peradangan, rasa nyeri, gatal dan mengelupas. Permasalahan ini bisa diatasi dengan manfaat bawang putih yang konon memiliki sifat anti inflamasi. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan bawang putih pada bagian kulit yang mengalami masalah psoriasis secara taratur.

  1. Mendukung pertumbuhan rambut

Kaitannya dengan manfaat bawang putih, dikatakan bahwa hal ini akan mendukung pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat. Selain itu, manfaat lain dari bawang putih juga ampuh dalam mengatasi masalah ketombe, mengurangi kerontokan serta membuat rambut lebih sehat. Cara ini bisa dilakukan dengan menjadikan bawang sebagai masker rambut dengan cara memblendernya hingga lembut.

  1. Mengendalikan perkembangan jerawat

Permasalahan jerawat memang sangat menjengkelkan. Namun, hal ini bisa diatasi dengan manfaat bawang putih yang sangat ampuh dalam mengempeskan jerawat pada wajah Anda. Cara ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi setidaknya 1-2 siung setiap harinya. Dengan cara ini, maka darah kotor penyebab munculnya jerawat akan segera berkurang.

manfaat bawang putih untuk wajah

manfaat bawang putih untuk wajah

  1. Mengatasi masalah ejakulasi dini

Ketidakmampuan pria untuk bertahan lebih lama di ranjang bisa diatasi dengan manfaat bawang putih. Dikatakan bahwa ejakulasi dini akan segera berakhir dengan rutin mengkonsimsi bawang putih secara teratur. Pengkonsumsian ini bisa dilakukan dengan mencampurkannya pada masakan setiap hari. Melalui cara ini, lambat laun masalah ejakulasi dini akan berakhir dengan sendirinya.

manfaat bawang putih untuk ejakulasi dini

manfaat bawang putih untuk ejakulasi dini

  1. Mengatasi masalah impotensi

Kegagalan di saat harus ereksi ternyata membuat pria sangat kecewa akan dirinya. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa mendapatkan manfaat bawang putih yang memiliki kandungan sintase-oksidanitrat yang akan memperlancar sistem peredaran darah yang menuju ke penis. Dengan mengkonsumsi bawang putih, maka masalah impotensi akan segera terselesaikan.

manfaat bawang putih untuk impotensi

manfaat bawang putih untuk impotensi

  1. Memperlancar proses persalinan dan mendukung kesehatan bayi

Sebuah penelitian yang dilakukan di London menyimpulkan jika manfaat bawang putih ternyata bisa mengurangi adanya kemungkinan komplikasi di saat proses kelahiran serta menjadikan proses kelahiran tepat pada waktunya. Selain itu, manfaat ini juga memberikan nilai lebih pada kesehatan bayi berupa peningkatan berat badan.

BACA  10+ Manfaat Biji Polokyo untuk Kesehatan Tubuh

Banyak sekali manfaat bawang putih yang akan dirasakan oleh mereka yang sedang mengalami permasalahan kesehatan. Dalam hal ini, manfaat tersebut bisa dirasakan dengan mengkonsumsi bawang putih setiap harinya. Selanjutnya, dengan didukung gaya hidup sehat, maka kesehatan Anda akan selalu terjaga.

Leave a Reply