20 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kesuburan

Pada tahun 2000 lembaga pangan dunia ( FAO ) mengumumkan bahwa air kelapa adalah minuman energi alami. Kandungan dari air kelapa yang berupa zat elektrolit atau lebih dikenal dengan isotonik dapat mengatasi dehidrasi dalam tubuh makhluk hidup.

Belakangan ini penelitian juga menunjukan terdapat manfaat lain dari air kelapa. Diantaranya adalah untuk ibu hamil, ibu menyusui, untuk perawatan wajah, bahkan dapat digunakan untuk menutrisi rambut yang rusak.

Tidak hanya sampai disitu, air kelapa hijau juga dipercaya dapat menjadi obat untuk berbagai macam jenis penyakit dan berikut ini adalah pembahasan lengkap mengenai manfaat air kelapa.

Manfaat Air Kelapa Hijau

manfaat air kelapa hijau

Selain rasanya yang segar, air kelapa hijau ternyata memiliki sejuta manfaat lain untuk tubuh manusia. Bahkan kabarnya air kelapa hijau juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit seperti jantung, ginjal, dan lambung. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat air kelapa hijau.

1. Berfungsi Sebagai Penetralisir Racun Dalam Tubuh

Air kelapa hijau memiliki kandungan enzim yang dapat mengurai racun dalam tubuh. Kandungan tanin dan anti-dotum yang dimiliki kelapa hijau, akan bekerja cepat untuk menetralisir racun yang mungkin terdapat didalam makanan atau minuman yang kamu konsumsi.

2. Berfungsi Sebagai Pengganti Cairan Tubuh

Saat bekerja atau beraktifitas, cairan dalam tubuh kita akan cepat berkurang. Air kelapa hijau memiliki kandungan isotonik yang hampir menyerupai cairan dalam tubuh manusia. Dengan meminum air kelapa hijau kamu akan merasa lebih bersemangat untuk melanjutkan aktifitas sehari-hari.

BACA  Manfaat Air Alkali untuk Kesehatan Tubuh

3. Berfungsi Sebagai Obat Penyakit Jantung

Jika kamu atau keluarga kamu menderita penyakit seperti, lemah jantung dan jantung bocor. Maka sangat dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi air kelapa hijau. Selain sebagai obat alami, ternyata air kelapa hijau juga dipercaya mampu untuk menutup kebocoran pada jantung.

4. Berfungsi Sebagai Obat Penyakit Ginjal

Bukan hanya untuk jantung, air kelapa hijau juga sangat bermanfaat untuk penyakit lain sepert ginjal. Dengan rajin meminum air kelapa hijau, zat-zat yang dibutuhkan oleh ginjal dalam tubuh akan terpenuhi. Sehingga penyakit ginjal kamu lambat laun akan berkurang dan sembuh.

Manfaat Air Kelapa Muda

manfaat air kelapa muda

Pada cuaca yang panas dan terik air kelapa muda memang menjadi minuman primadona untuk setiap orang. Namun selain sangat menyegarkan ternyata ada banyak manfaat lain yang terkandung dalam air kelapa muda. Berikut ini adalah manfaat jika kamu meminum air kelapa muda.

1. Sebagai Penambah Energi Tubuh

Air kelapa muda memiliki rasa yang sedikit lebih manis dari air kelapa hijau. Kandungan glukosa inilah yang menjadikan air kelapa muda sebagai minuman penambah energi dalam tubuh. Selain itu air kelapa muda juga banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C, B3, B5, dan B6.

2. Sebagai Penurun Demam

Jika kamu mulai terserang gejala penyakit seperti demam, sebaiknya kamu cepat meminum air kelapa muda. Air kelapa muda dipercaya sejak jaman dahulu sebagai obat anti demam yang alami. Air kelapa akan bekerja cepat meresap kedalam tubuh kamu dan membuang bakteri dan virus melalui air seni.

3. Sebagai Pengontrol Kolesterol Dalam Tubuh

Kandungan air kelapa muda, dapat meningkatkan kolestrol baik ( HDL ) dalam tubuh. Sehingga kolesterol jahat dalam tubuh kamu akan berkurang secara alami. Ini juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan kamu.

4. Sebagai Peningkat Trombosit Dalam Darah

Penyakit yang menybabkan turunya trombosit darah seperti diantaranya demam berdarah ( DBD ) akan sangat memerlukan obat yang dapat menaikan trombosit dalam darah. Air kelapa muda merupakan obat alami untuk meningkatkan trombosit dalam darah.

Dengan meminum air kelapa muda cairan dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan trombosit akan terpenuhi. Sehingga dapat meningkatkan trombosit dalam darah yang berkurang karena penyakit demam berdarah.

BACA  Manfaat dan Kegunaan Minyak Nilam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Air Kelapa Tua

manfaat air kelapa tua

Kelapa tua selain digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat santan. Ternyata airnya juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Diantranya panas dalam, masuk angin, dan masalah sakit saat buang air kecil.

1. Sebagai Obat Panas Dalam

Cuaca yang panas dan kurangnya cairan dalam tubuh dapat menjadi penyebab timbulnya panas dalam. Air kelapa tua dipercaya sangat ampuh mengatasi hal tersebut. Dengan meminum air kelapa yang sudah tua, panas dalam kamu akan dengan cepat mereda.

2. Sebagai Obat Masuk Angin

Berbeda dari kelapa muda yang mengandung lebih banyak glukosa, air kelapa tua mengandung lebih banyak zat penghangat tubuh. Dengan meminum air kelapa tua saat kamu masuk angin. Maka suhu dalam tubuh kamu akan menjadi hangat dan angin secara otomatis akan terdorong untuk keluar melalui saluran pembuangan.

3. Sebagai Obat Sakit Saat Buang Air Kecil

Jika kamu merasakan sakit saat sedang buang air kecil, sebaiknya segera kamu periksakan ke dokter atau rumah sakit. Karena sakit saat buang air kecil biasanya dapat menjadi gejala penyakit seperti sifilis, raja singa dan lain sebagainya.

Pengobatan alami untuk sakit pada saat buang air kecil adalah dengan meminum air kelapa tua secara rutin. Air kelapa tua bekerja memperlancar saluran pembuangan dalam ginjal. Juga dapat berguna membuang racun atau detox dalam tubuh.

Manfaat Air Kelapa Untuk Rambut

manfaat air kelapa untuk rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan, air kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi permasalahan pada rambut kamu. Air kelapa dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe, mempercepat pertumbuhan rambut, dan juga mencegah rambut beruban.

1. Untuk Menghilangkan Ketombe

Kulit kepala yang kering dapat menyebabkan banyak terdapat ketombe pada rambut kamu. Untuk menghindarinya kamu dapat mencampurkan air kelapa muda dan garam. Kemudian kamu olesi pada bagian kepala dan rambut kamu secara teratur.

2. Untuk Rambut Rontok dan Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Jika kamu ingin memanjangkan rambutmu secara cepat, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan air kelapa untuk menutrisi rambut kamu. Kandungan nutrisi pada air kelapa akan mempercepat pertumbuhan rambut secara alami. Hal ini juga dapat berguna untuk mengatasi kerontokan pada rambut.

BACA  50 Manfaat Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan dan Kejantanan

3. Untuk Mencegah Rambut Beruban

Jika kamu memiliki masalah rambut beruban, maka kamu harus sering-sering mengkonsumsi air kelapa. Selain rasanya yang enak untuk diminum, air kelapa juga dapat kamu oleskan pada rambut untuk menutrisinya. Dengan begitu masalah rambut beruban akan akan menghilang.

 

Baca Juga : Manfaat buah mengkudu untuk manusia, hewan dan tumbuhan

Manfaat Air Kelapa Untuk Wajah

manfaat air kelapa untuk wajah

Memiliki wajah yang sehat dan mempesona dapat kamu lakukan dengan rajin mengkonsumsi air kelapa secara rutin. Kandungan vitamin C dan B yang terdapat pada air kelapa murni, dipercaya dapat membuat wajah kamu terlihat lebih fresh dan natural.

Tentunya hal ini juga didukung oleh pola hidup yang sehat, seperti tidur teratur dan menjaga pola makan agar efeknya lebih maksimal. Kamu juga dapat membasuh wajah kamu dengan air kelapa muda. Ini bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam pada wajah dan menghilangkan bekas jerawat.

 

Baca Juga : Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan

 

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Ibu hamil tentunya sangat membutuhkan gizi dan nutrisi untuk perkembangan sang buah hati didalam kandungan. Kandungan vitamin dan mineral pada air kelapa dipercaya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi saat mengandung.

Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa ahli didunia. Dengan rajin mengkonsumsi air kelapa secara rutin dapat memperlancar saluran kemih dan dapat membunuh virus atau penyakit yang dapat menyerang bayi dalam kandungan kamu.

 

Baca Juga : Artikel manfaat bahan alami lainnya

 

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui

manfaat air kelapa untuk ibu menyusui

Selain harus menjaga pola makan, saat menyusui sang ibu juga harus mengkonsumsi banyak vitamin untuk kelancaran asi. Biasanya orang akan menyarankan dengan memakan daun katuk. Namun permasalahannya rasa daun katuk tidak begitu lezat untuk dikonsumsi.

Solusinya adalah dengan meminum air kelapa , selain rasanya yang lebih segar air kelapa juga mengandung banyak potasium, glukosa, dan natrium yang sangat dibutuhkan untuk memperbanyak asi.

Demikian artikel dari manfaat air kelapa untuk tubuh, jika kamu merasa ada yang kurang dari artikel ini kamu dapat menambahkannya pada klom komentar dibawah.

Leave a Reply