10 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat di dunia. Asam urat dapat menyerang siapa saja. Tidak hanya usia lanjut, usia remaja juga dapat terkena penyakit asam urat. Pola hidup yang tidak teratur dan jarang berolahraga menjadi faktor yang mempengaruhi timbulnya penyakit asam urat.

Penderita penyakit asam urat biasanya mengalami nyeri pada bagian sendi dan tidak jarang disertai dengan pembengkakan pada area sendi. Asam urat terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam darah. Bagi orang normal asam urat biasanya terlarut dalam darah dan dikeluarkan bersama air seni.

Asam urat yang menumpuk dalam darah dapat mengkristal sehingga menyebabkan nyeri pada sendi dan juga pembengkakan. Sebenarnya sudah banyak obat obatan yang dapat kamu gunakan untuk mengobati asam urat. Namun kali ini kita akan membahas obat alami untuk mengatasi asam urat.

Selain tidak mengandung efek samping obat alami juga sangat mudah ditemukan disekitar kita. Berikut ini adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit asam urat secara alami.

1. Mengobati Asam Urat Dengan Daun Salam

daun salam

Kamu dapat memanfaatkan daun salam yang sangat mudah kamu temui untuk mengobati penyakit asam urat. Daun salam memiliki kandungan zat tanin dan memiliki sifat analgetik yang sangat baik untuk digunakan sebagai obat asam urat.

Zat tanin berfungsi sebagai pemecah kristal asam urat, sedangkan sifat analgetik pada daun salam berfungsi sebagai penghilang nyeri pada sendi kamu. Cara menggunakan daun salam sebagai obat asam urat yaitu dengan cara merebus beberapa lembar daun salam kemudian meminumnya secara rutin di pagi hari.

Baca Juga : 20 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

2. Mengobati Asam Urat Dengan Daun Anting Anting

daun anting anting

Kamu dapat dengan mudah menjumpai tanaman anting anting di sekitar kamu. Tanaman ini tumbuh secara liar di kebun maaupun pekarangan. Daun anting anting sudah terbukti ampuh untuk mengobati penyakit asam urat secara alami.

Daun anting anting memiliki kandungan tannin, flavanoid, dan saponin yang sangat berguna untuk mengobati penyakit asam urat dan juga meredakan nyeri pada sendi kamu. Cara menggunakannya sama dengan penggunaan daun salam yaitu dengan cara merebusnya. Kemudian kamu dapat meminumnya secara rutin tiga kali dalam sehari.

Baca Juga : 10 Obat Diabetes Paling Ampuh dan Paten

3. Mengobati Asam Urat Dengan Daun Sambiloto

daun sambiloto

Daun sambiloto sudah sangat terkenal akan manfaatnya. Tumbuhan satu ini memang sangat banyak khasiatnya terutama untuk mengobati penyakit, salah satunya adalah penyakit asam urat. Kandungan tanin dan flavanoid pada daun sambiloto sangat ampuh untuk mengobati penyakit seperti asam urat.

Kamu dapat merebus daun sambiloto dengan air hingga mendidih. Kemudian tuangkan pada wadah dan tunggu hingga hangat dan dapat langsung meminumnya untuk mengobati penyakit asam urat. Namun perlu kamu ketahui meminum daun sambiloto setiap hari sangat tidak dianjurkan. Kamu hanya perlu meminumnya dua gelas dalam seminggu.

 

4. Mengobati Asam Urat Dengan Daun Mangga

daun mangga

Selain buahnya yang sangat lezat untuk dikonsumsi, tanaman mangga juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Daun mangga dipercaya mampu mengobati penyakit asam urat secara alami. Daun mangga memiliki kandungan zat yang mampu untuk meredakan nyeri sendi akibat asam urat.

Cara menggunakannya adalah dengan merebus beberapa lembar daun mangga hingga mendidih. Kemudian kamu dapat menunggu hingga hangat sehingga dapat langsung diminum. Rutinlah meminum rebusan daun mangga di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Dengan rutin meminum rebusan daun mangga asam urat kamu akan cepat pulih dan kamu dapat melakukan aktifitas seperti sediakala tanpa terganggu oleh rasa nyeri.

 

5. Mengobati Asam Urat Dengan Daun Kumis Kucing

daun kumis kucing

Daun kumis kucing sudah sejak dahulu digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit antara lain kolesterol, ginjal, maupun asam urat. Suda tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan, karena tumbuhan ini termasuk dalam tumbuhan obat obatan.

Daun kumis kucing memiliki sifat diuretik yang mampu memecah kadar asam urat dalam darah. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun kumis kucing kemudian kamu dapat meminumnya secara teratur pada pagi dan malam hari.

 

6. Mengobati Asam Urat Dengan Daun Sirsak

daun sirsak

Daun sirsak dapat kamu jadikan obat alternatif jika kamu mengalami penyakit asam urat. Kandungan alami pada daun sirsak dipercaya sangat ampuh untuk mengobati penyakit seperti asam urat dan juga rematik. Daun sirsak sendiri memiliki kandungan yang mampu memecah asam urat yang menumpuk dalam darah.

Rebuslah beberapa lembar daun sirsak hingga mendidih. Kemudian kamu dapat menunggu hingga hangat sehingga dapat diminum. Dengan rutin meminum air rebusan daun sirsak pada pagi dan malam hari maka nyeri pada sendi yang diakibatkan oleh penyakit asam urat akan sembuh dengan cepat.

 

7. Mengobati Asam Urat Dengan Cuka Apel

cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang mampu untuk melawan asam urat berlebih dalam darah. Selain itu cuka apel dapat menyeimbangkan kadar PH dalam tubuh sehingga asam urat tidak dapat menumpuk di lingkungan yang memiliki sifat basa.

Namun kamu harus meminum cuka apel ini sesuai dengan takaran yang tepat. Karena meminum cuka apel dalam jumlah yang berlebihan dapat menimbulkan masalah seperti diare dan radang pada usus kamu. Sebaiknya meminum cuka apel satu kali dalam sehari yaitu pada pagi hari sebelum kamu memulai aktifitas sehari hari.

 

8. Mengobati Asam Urat Dengan Buah Ceri

buah ceri

Penelitian yang terdapat pada Journal Of Nutrition membuktikan bahwa mengkonsumsi buah ceri mampu untuk mengurangi tingkat asam urat pada darah. Sehingga penumpukan asam urat pada sendi dapat dihindari dengan kamu mengkonsumsi tiga buah ceri setiap harinya.

Buah ceri banyak mengandung zat tanin dan antioksidan yang berguna untuk mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh dan juga meregenerasi sel sel yang rusak.

 

9. Mengobati Asam Urat Dengan Banyak Minum Air Putih

air putih

Air putih atau air mineral adalah minuman yang paling baik untuk kamu minum sehari hari. Selain menyehatkan minum air putih juga mampu mencegah penumpukan asam urat dalam darah. Air putih juga sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan mineral harian dalam tubuh.

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan penderita asam urat untuk memperbanyak minum air putih untuk menjaga tingkat asam urat mereka. Air putih juga dapat menangkal toxin yang berada dalam tubuh sehingga tubuh kita menjadi lebih sehat dan vit.

 

10. Mengobati Asam Urat Dengan Buah Mengkudu

mengkudu

Hasil riset menunjukan buah mengkudu memiliki sangat banyak kandungan alami yang sangat berguna bagi tubuh. Diantaranya adalah scoleptin, terpenoid, zat anti kanker, xeronine dan phroxeronine. Mengkudu dapat kamu jadikan obat untuk mengobati penyakit asam urat yang kamu alami.

Cara penggunaanya adalah dengan cara merebus buah mengkudu yang sebelumnya telah dipotong kecil kecil. Jika kamu tidak suka dengan aromanya kamu dapat menambahkan kayu manis untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari buah mengkudu.

Kemudian air rebusan mengkudu dapat kamu saring dan tunggu hingga dingin. Kamu dapat meminum ai rebusan mengkudu secara teratur untuk hasil yang maksimal. Tentunya disertai dengan pola hidup sehat dan olahraga secara teratur.

Jika terdapat pertanyaan pada artikel kali ini kamu dapat bertanya pada kolom komentar di bawah.

 

Leave a Reply

privacy policy