50 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Daun sambiloto merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah untuk kesehatan kulit, sebagai obat penyakit diabetes, atau dapat juga dimanfaatkan untuk kecantikan wajah.

Selain banyaknya manfaat, daun sambiloto juga sangat mudah kamu temukan di indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di wilayah tropis. Berikut ini merupakan ciri-ciri daun sambiloto yang dapat kamu gunakan sebagai bahan herbal.

Ciri Daun Sambiloto

ciri daun sambiloto

Seperti kebanyakan daun diwilayah tropis memiliki warna hijau. Namun tanaman sambiloto memiliki ciri spesifik yaitu :

  1. Tanaman sambiloto memiliki batang berbentuk segi empat
  2. Memiliki tinggi berkisar antara 50 – 100 cm
  3. Daunnya memanjang dan memiliki tepian yang rata
  4. Merupakan jenis tanaman berdaun tunggal
  5. Pada ujung tangkainya terdapat bunga yang berwarna putih

Tanaman ini juga dapat kamu tanam dengan mudah di pekarangan rumah. Kamu dapat melakukan stek pada batang sambiloto dan menanamnya di tanah pekarangan. Karena tanaman ini termasuk tanaman liar maka kamu tidak dianjurkan untuk menanamnya di pot.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Tongkat Ali

Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat gambar daun sambiloto dibawah ini :

Gambar Daun Sambiloto

gambar daun sambiloto

Dari gambar daun sambiloto diatas, pastinya kamu pernah melihat jenis tanaman ini. Karena tanaman ini sangat mudah ditemukan disekitar kita. Jika kamu menemukan tanaman ini mulailah untuk memanfaatkannya.

Banyak sekali manfaat yang terkandung pada daun sambiloto. Jika kamu tertarik untuk memanfaatkan daun sambiloto , berikut ini adalah berbagai manfaat daun sambiloto untuk kesehatan.

Baca Juga : Manfaat Yoga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Wajah

manfaat daun sambiloto untuk kecantikan

Penggunaan daun sambiloto untuk wajah sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Daun sambiloto memiliki banyak kandungan seperti Androgropholit, Tenin, Saponin, Flavonoid, Laktone, dan Panikulin yang sangat bermanfaat bagi kulit.

BACA  20 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kesuburan

Kamu dapat memanfaatkan daun sambiloto sebagai masker wajah. Cara membuat masker wajah dengan daun sambiloto sangat mudah, dan kamu dapat membuatnya sendiri dirumah.

Cara Menggunakan Daun Sambiloto Sebagai Masker Wajah

Pertama-tama kamu siapkan daun sambiloto dan minyak zaitun sebagai bahan untuk membuat masker wajah. Bila perlu kamu juga dapat menambahkan tepung beras ketan pada masker agar tahan lama diwajah saat dioleskan. Adapun proses pembuatanya adalah sebagai berikut :

  1. Masukan daun sambiloto kedalam blender
  2. Tuangkan minyak zaitun secukupnya kedalam blender sebagai campuran masker
  3. Blender daun sambiloto dan minyak zaitun hingga halus
  4. Tuangkan pada wadah berupa mangkuk / piring
  5. Campurkan sedikit tepung beras ketan kedalam mangkuk
  6. Aduk hingga merata / kamu dapat menambahkan sedikit minyak zaitun agar tidak terlalu kental
  7. Masker daun sambiloto siap digunakan untuk wajah kamu

 

TIPS PENTING : Kamu dapat menggunakan masker daun sambiloto 1 – 2 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk menggunakan masker terlalu sering pada wajah. Hindari bagian mata dan bibir / mulut.

 

Khasiat Sambiloto Untuk Kulit

manfaat daun sambiloto untuk kulit

Manfaat lainya dari daun sambiloto adalah untuk kesehatan kulit dan dapat juga untuk memutihkan kulit. Memiliki kulit yang sehat akan meningkatkan tingkat kepercayaan diri kamu. Kamu dapat memanfaatkan daun sambiloto sebagai lulur untuk kulit.

Cara Menggunakan Daun Sambiloto Sebagai Lulur Kulit

Pertama-tama kamu perlu menyiapkan bahan bahan sebagai berikut ini untuk membuat lulur :

  1. Daun Sambiloto ( pilihlah daun yang masih segar )
  2. Susu bubuk murni
  3. Madu
  4. Minyak Zaitun
  5. Jeruk Nipis

Setelah bahan terkumpul saatnya membuat lulur daun sambiloto :

  • Cuci daun sambiloto hingga bersih
  • Masukan daun sambiloto yang sudah dicuci bersih kedalam blender
  • Tuangkan 2 sdm Madu, 5 sdm Minyak zaitun, 2 sdm Susu bubuk kedalam blender
  • Blender hingga halus dan memiliki tekstur yang pas untuk lulur, Jika terlalu kental kamu dapat menambahan sedikit air hangat kedalamnya.
  • Setelah itu kamu dapa menuangkannya di wadah dan lulur siap digunakan

TIPS : Kegunaan lulur daun sambiloto antara lain untuk memutihkan kulit, untuk menghilangkan bekas luka, untuk mengobati luka bakar.

 

BACA  Manfaat dan Khasiat Tongkat Ali untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Manfaat Sambiloto Untuk Diabetes

manfaat daun sambiloto untuk diabetes

Telah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun sambiloto sebagai obat untuk penyakit diabetes. Kandungan Andrographolide yang terdapat pada daun sambiloto dipercaya dapat menurunkan tingkat glukosa pada darah.

Memanfaatkan daun sambiloto sebagai obat untuk penyakit diabetes dapat dilakukan dengan cara merebus daun sambiloto dengan air. Dengan meminum air rebusan daun sambiloto maka penyakit diabetes akan sembuh lebih cepat.

Dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan kimia, penggunaan bahan herbal seperti daun sambiloto ini tergolong lebih efektif. Selain efek samping dari obat-obatan kimia yang berbahaya pada organ tubuh lainnya. Harganya pun relatif lebih mahal dibandingkan dengan bahan herbal.

Selain sebagai obat diabetes ternyata sambiloto juga mampu mengobati berbagai macam penyakit lainnya. Diantaranya adalah :

  1. Diare
  2. Demam
  3. Flu dan Batuk
  4. Kencing Manis
  5. Tifus
  6. Radang Tenggorokan

Cara Membuat Rebusan Daun Sambiloto

  • Siapkan daun sambiloto yang masih segar
  • Nyalakan Kompor dan rebus air hingga mendidih
  • Masukan daun sambiloto ke air yang sudha mendidih dan aduk-aduk hingga air berubah warna
  • Matikan kompor dan saring daun sambiloto
  • Tuangkan air rebusan daun sambiloto kedalam wadah
  • Rebusan daun sambiloto sudah dapat kamu minum sebagai obat herbal ( bila tidak suka rasa hambar kamu dapat menambahkan madu kedalam rebusan daun sambiloto )

Baca Juga : Artikel Tentang Berbagai Manfaat Lainnya

 

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Gatal

manfaat daun sambiloto untuk gatal

Manfaat lainnya dari daun sambiloto adalah sebagai obat gatal. Karena kandungannya yang sangat baik bagi kulit. Daun sambiloto dapat kamu manfaatkan sebagai obat gatal-gatal. Caranya adalah dengan mencampurkan daun sambiloto dengan minyak zaitun. Kemudian kamu dapat memblendernya hingga halus.

Oleskan pada area yang gatal pada kulit. Namun perlu untuk kamu menghindari bagian kulit yang sensitif antara lain kelopak mata, bagian belakang telinga, dan bagian kemaluan.

BACA  Manfaat dan Kegunaan Minyak Nilam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Setelah kamu mengoleskannya pada bagian yang terasa gatal, kamu dapat mendiamkannya selama 2 – 5 menit dan bilas dengan air. Cara ini telah terbukti ampuh untuk menghilangkan gatal pada kulit tubuh. Gunakanlah sebelum mandi agar dapat mengobati gatal-gatal secara efetif.

 

Efek Samping Minum Sambiloto Tiap Hari

efek samping minum daun sambiloto setiap hari

Kita tidak dianjurkan untuk meminum rebusan air sambiloto setiap hari. Segala sesuatu yang berlebihan maka tidak akan baik. Karena kandungan sambiloto yang kuat. Maka meminumnya setiap hari dalam jangka panjang akan menyebabkan efek samping antara lain :

  • Tekanan darah rendah
  • Nafsu makan berkurang
  • Mudah lelah
  • Keguguran

Meminum rebusan daun sambiloto memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika menggunakan takaran yang tepat. Namun jika digunakan secara berlebihan ternyata memiliki efek samping yang tidak baik.

Pada kasus ibu hamil, sangat tidak dianjurkan untuk meminum/mengkonsumsi obat herbal yang berbahan dasar daun sambiloto. Karena dapat menyebabkan keguguran pada janin yang dikandungnya. Sebaiknya konsumsi secara tepat untuk menghindari efek samping daun sambiloto ini.

Menurut penelitian meminum / mengkonsumsi obat herbal berbahan daun sambiloto sebaiknya dilakukan 2 – 3 kali dalam seminggu. Ini untuk menghindari efek samping yang diakibatkan karena terlalu sering mengkonsumsi daun sambiloto.

Leave a Reply