Ciri-ciri Madu Asli dan Palsu Beserta Cara Membedakannya

Kamu pasti sudah mengetahui madu memiliki kandungan dan manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. Madu dapat kamu gunakan sebagai obat untuk kesehatan, kecantikan, dan juga sebagai campuran makanan. Namun belakangan ini sangat banyak beredar madu palsu dipasaran.

Saat ini kamu tidak perlu khawatir akan hal itu. Karena kali ini kita akan membahas bagaimana ciri-ciri madu asli dan palsu tersebut. Dengan mengenal ciri-ciri madu asli dan palsu, kamu akan dapat dengan mudah membedakannya ketika kamu hendak membeli madu.

Berikut ini adalah ciri-ciri madu asli dan palsu yang perlu kamu ketahui sebelum membeli madu. Kamu dapat mengujinya dengan berbagai media seperti air, pasir, dan lain sebagainya.

Madu Asli Akan Langsung Tenggelam Dalam Air

madu asli akan tenggelam dalam air

Pengujian pertama yang dapat kamu lakukan saat membeli madu adalah menggunakan media air. Madu yang asli bila diteteskan pada wadah berisi air akan tenggelam dan mengendap didasar wadah. Sementara yang palsu akan berbaur atau juga larut dalam air tersebut.

Jadi sebelum kamu membeli madu ada baiknya kamu meminta kepada penjual untuk menguji madu tersebut. Karena madu yang palsu dapat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan bila di campur dengan bahan kimia berbahaya.

Madu Asli Tidak Akan Mengering Apabila Dijemur

madi asli tidak akan mengering bila dijemur

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui ciri-ciri madu asli atau palsu adalah dengan cara menjemurnya. Madu yang asli tidak akan mengering apabila kamu menjemurnya. Ujilah madu yang kamu beli dengan menuangkannya pada sendok dan jemur selama 30-60 menit.

BACA  50 Manfaat Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan dan Kejantanan

Jika madu mengering , besar kemungkinan madu itu merupakan madu palsu atau madu yang sudah dicampur. Namun apabila madu tidak mengering maka dapat dipastikan madu yang kamu beli adalah madu asli atau murni.

 

Madu Asli Tidak Membeku Pada Suhu Dingin

madu asli tidak membeku pada suhu dingin

Satu lagi yang merupakan keunikan dari madu asli, yaitu apabila kamu memasukkannya kedalam freezer. Madu yang asli tidak akan membeku sementara madu yang palsu atau telah dicampur akan membeku jika kamu memasukannya kedalam freezer.

Kamu dapat menguji dengan cara menuangkan madu ke sendok dan meletakkanya didalam freezer. Jika keesokan harinya madu membeku maka besar kemungkinan madu itu adalah madu palsu atau telah dicampur dengan zat lain. Namun apabila madu tidak membeku maka itu merupakan madu asli yang masih murni.

 

Madu Yang Asli Tidak Disukai Oleh Semut

madu yang asli tidak disukai semut

Semut sangat menyukai sesuatu yang memiliki rasa manis. Namun mereka tidak menyukai madu asli yang juga memiliki rasa yang manis. Ini akibat dari aroma madu asli yang sangat menyengat untuk semut. Aroma yang dihasilkan madu yang asli akan membuat semut menjauh darinya.

Kamu dapat melakukan pengujian dengan meneteskan madu ke lantai. Tunggu beberapa saat apakah ada  semut yang mengerumuninya. Jika kamu menemukan banyak terdapat semut yang berkerumun pada madu yang kamu teteskan. Maka dapat disimpulkan bahwa madu itu merupakan madu palsu yang telah dicampur dengan pemanis atau pun zat lainya.

 

Madu Asli Tidak Menimbulkan Bekas Noda Pada Bahan Kain

madu asli tidak meninggalkan bekas noda pada kain

Jika kamu hendak membeli madu, kamu dapat menguji madu tersebut dengan cara yang paling mudah. Yaitu dengan meneteskan madu pada kain. Madu yang asli tidak akan meninggalkan bekas noda pada kain. Sedangkan yang palsu akan meninggalkan bekas noda berwarna kecokelatan pada kain.

BACA  15 Manfaat Bawang Putih Untuk Wajah, Rambut dan Kejantanan Pria

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk kamu gunakan apabila ingin menguji madu yang kamu beli. Jika kamu menemukan madu yang kamu olesi pada kain meninggalkan noda, sebaiknya kamu tidak perlu membelinya.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu Asli Memiliki Tingkat Kekentalan Yang Tinggi

madu asli memiliki kekentalan yang tinggi

Madu yang asli memiliki tingkat kekentalan yang sangat tinggi. Ini dapat dibuktikan dengan cara kamu dapat mengambil madu dari wadahnya dengan sendok dan mengembalikan kembali kedalam wadahnya. Jika saat menuangkan madu tetesannya putus-putus, maka dapat dipastikan itu merupakan madu palsu.

Madu yang asli tidak akan putus saat kamu meneteskannya kembali pada wadahnya. Karena tingkat kekentalan dan kepekatan madu yang tinggi.

Baca Juga : Manfaat Masker Madu Untuk Kecantikan

Madu Nectar Asli Tidak Memiliki Kandungan Air

madu asli tidak memiliki kandungan air

Pengujian berikutnya kamu dapat menggunakan media kertas untuk menguji keaslian madu. Madu yang asli jika kamu menuangkannya diatas sebuah kertas tidak akan membuat kertas berlubang. Ini terjadi karena madu asli tidak memiliki kandungan air dialamnya.

Sementara madu yang palsu atau telah dicampur akan membuat kertas basah dan berlubang. Kamu dapat mengujinya dengan cara meneteskan madu diatas sebuah kertas. Diamkan beberapa saat dan lihat hasilnya. Jika kertas tidak berlubang maka dapat dipastikan itu merupakan madu asli.

Namun apabila terdat lubang pada kertas yang kamu teteskan dengan madu. Maka dapat dipastikan madu tersebut palsu dan telah dicampur dengan bahan cair ataupun jenis lainnya.

Pentingnya memeriksa keaslian madu yang kamu beli adalah untuk menghindari kamu mendapatkan madu palsu atau campuran. Madu palsu atau madu yang telah dicampur dengan bahan tertentu dapat menimbulkan efek dan bahaya bagi tubuh yang mengkonsumsinya.

Berikut ini merupakan macam macam bahaya yang ditimbulkan dari madu palsu. Baik digunakan untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

BACA  Manfaat dan Kegunaan Minyak Nilam untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

Bahaya Dari Madu Palsu Atau Madu Campuran

bahaya madu palsu

Madu yang kita kenal kaya akan manfaat alami dapat berubah menjadi hal yang mengerikan apabila kita mengkonsumsi atau menggunakan madu palsu. Pasalnya kerasnya persaingan bisnis membuat pedagang berlomba lomba memberikan harga yang murah kepada konsumen.

Ini menyebabkan banyak oknum yang tidak bertanggung jawab mencampur madu dengan zat lain untuk menambah keuntungan semata. Mereka tidak memikirkan bahaya yang dapat ditimbulkan daripada mengkonsumsi madu palsu tersebut. Berikut ini adalah bahaya yang dapat terjadi apabila kamu mengkonsumsi madu palsu.

Bahaya Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita penyakit seperti diabetes, sangat dianjurkan oleh kedokteran untuk memenuhi nutrisi dengan mengkonsumsi madu. Namun apabila madu yang dikonsumsi merupakan madu palsu atau madu yang sudah dicampur dengan bahan pemanis lain. Maka akan memiliki dampak yang fatal bagi kesehatan penderita penyakit diabetes.

Bahaya Bagi Pencernaan

Dengan meminum madu tentunya kita berharap manfaat yang baik yang kita dapatkan. Namun apabila kamu mengkonsumsi madu palsu atau madu campuran. Ini akan berakibat terganggunya saluran pencernaan.

Karena tidak jarang ditemui campuran dari zat kimia berbahaya pada madu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Ini dapat menyebabkan targanggunya sistem pencernaan pada diri kamu. Bahkan dapat juga menjadi penyakit seperti diare, radang usus, dan lain sebagainya.

Bahaya Bagi Kulit dan Wajah

Banyak yang menggunakan madu sebagai sarana untuk membuat masker kecantikan. Ini akan berakibat sangat berbahaya apabila madu yang dibuat merupakan madu palsu. Bisa jadi terdapat campuran yang berbahaya bagi kulit kamu pada madu palsu tersebut.

Bahayanya pada kulit dapat menyebabkan iritasi dan bahkan dapat merusak sel sel kulit kamu. Maka dari itu perlu diperhatikan apabila kamu hendak membuat masker dari madu. Pastikan kamu menggunakan madu asli sebagai bahan dasar untuk membuat masker wajah.

Leave a Reply