20 Manfaat Bawang Hitam Untuk Diet, Diabetes dan Awet Muda

Manfaat Bawang Hitam – Siapa sangka jika kini muncul varietas baru dari bawang yang dikenal dengan nama bawang hitam. Pastinya Anda sangat terkejut dengan nama ini, bukan? Jangan panik, sebab bawang hitam ini pada hakikatnya merupakan sebuah bawang putih yang diproses pada suhu yang sangat tinggi, sehingga akan dihasilkan bawang yang berwarna hitam. Meskipun demikian, manfaat bawang hitam sangatlah luar biasa dan layak untuk dijadikan sebagai bagian dari produk herbal untuk menjaga kesehatan.

Untuk membuat sekaligus merasakan manfaat bawang hitam ini bisa dilakukan dengan menempatkan bawang yang dimasukkan dalam mangkuk stainless steel serta ditutup dengan aluminium foil. Mangkuk tersebut kemudian dimasukkan pada oven dengan suhu 60 – 70 derajat celcius. Lakukan pengecekan setiap 4 – 5 sekali guna memastikan suhu dari oven tersebut.

Selain oven, Anda bisa menggunakan penanak nasi. Selang 40 hari kemudian, Anda akan mendapati perubahan warna pada bawang dan manfaat bawang hitam bisa Anda rasakan.

manfaat bawang hitam untuk kejantanan pria

manfaat bawang hitam untuk kejantanan pria

Manfaat Bawang Hitam yang Jarang Orang Ketahui

Perlu diketahui, bahwa terlepas dari manfaat bawang hitam ini, disebutkan bahwa bawang hitam ini memiliki tekstur yang kenyal, lunak serta lembut. sedangkan cita rasa dari bawang ini bisa dibilang sangat gurih dan memiliki rasa manis. Dengan cita rasa yang semacam ini, berikut ini manfaat dari olahan bawang tersebut yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

  1. Melawan kanker

Warnanya yang hitam tidak menutup kemungkinan jika manfaat bawang hitam ini ternyata mampu melawan sel kanker yang terdapat dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan yang dikenal dengan sebagai sulfide alil.

Sebuah penelitian telah membuktikan hal ini dan untuk mendapatkan manfaat tersebut, sangat disarankan bagi Anda mencampurkan bawang hitam pada masakan yang Anda buat. Dengan demikian, sel kanker dalam tubuh tidak akan mengalami peningkatan.

  1. Menstabilkan tekanan darah

Mengkonsumsi bawang hitam yang dimasukkan dalam menu makanan ternyata memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh Anda. Dikatakan bahwa manfaat bawang hitam ini mampu menurunkan tekanan darah yang sangat tinggi sebagai pemicu awal munculnya hipertensi. Disebutkan bahwa sebuah penelitian yang melibatkan penderita hipertensi yang mengkonsumsi bawang hitam dilaporkan mengalami penurunan tekanan darah sebesar 7% hingga 8%.

  1. Menstabilkan kadar gula darah

Anda mengalami permasalahan diabetes? Jangan khawatir, sebab Anda bisa memanfaatkan bawang hitam untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bawang hitam tersebut secara rutin. Melalui pengkonsumsian ini, maka manfaat bawang hitam yang sesungguhnya bisa Anda rasakan dengan semakin membaiknya kondisi tubuh Anda untuk ke depannya.

manfaat bawang hitam untuk diabetes

manfaat bawang hitam untuk diabetes

  1. Melengkapi kebutuhan nutrisi

Hal lain kaitannya dengan manfaat bawang hitam adalah memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh. Yang demikian ini dikarenakan oleh adanya kandungan vitamin C (71%), kalsium (25%), zat besi (13%), karbohidrat (15%) dan serat (11%) per 3 gram yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ragam manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi bawang hitam per 136 gram.

Manfaat bawang hitam ini sangat diperlukan oleh tubuh dan Andapun bebas mengkonsumsinya tanpa takut akan efek samping yang berarti. Pasalnya, di dalam bawang hitam ini sama sekali tidak mengandung lemak jenuh ataupun kalori, sehingga sangat aman dikonsumsi dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lama.

  1. Menstabilkan kadar kolesterol

Jika Anda mengalami permasalahan kolesterol yang tidak stabil dan juga sering menyebabkan komplikasi lainnya, sangat disarankan untuk mengkonsumsi bawang hitam. manfaat bawang hitam ini ternyata sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Dikatakan bahwa kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol ini bisa mencapai 15% sehingga secara tidak langsung pula hal ini juga mampu meningkatkan produksi hormon insulin di dalam tubuh yang berpeluang untuk menstabilkan glukosa.

manfaat bawang hitam untuk gagal ginjal

manfaat bawang hitam untuk gagal ginjal

  1. Berperan sebagai antioksidan

Bawang hitam yang diproses dalam waktu sangat lama ini ternyata juga memiliki manfaat luar biasa dalam kaitannya dengan perannya sebagai anti oksidan. Manfaat bawang hitam yang dikenal sebagai anti oksidan ini akan membantu dalam mencegah berbagai permasalahan kesehatan kaitannya yang disebabkan oleh bakteri, virus ataupun jamur. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengkonsumsi bawang hitam yang dikombinasikan dalam menu makanan keseharian.

manfaat bawang hitam untuk jantung

manfaat bawang hitam untuk jantung

  1. Menurunkan berat badan (Diet)

manfaat bawang hitam yang lainnya juga bisa membantu dalam menurunkan berat badan Anda yang berlebih. Hal ini dikarenakan oleh adanya kandungan zat anti inflamasi yang ditemukan pada bawang hitam sehingga mampu mengatur kadar lemak yang terdapat dalam tubuh. Melalui kestabilan lemak yang ada dalam tubuh, maka Anda akan terbebas dari permasalahan obesitas.

manfaat bawang hitam untuk diet

manfaat bawang hitam untuk diet

  1. Meredakan sakit gigi

Jika Anda sering mengalami masalah sakit gigi karena kebiasaan makan manis atau jarang membersihkan gigi, maka manfaat bawang hitam bisa dimaksimalkan untuk pengobatan masalah ini. Kandungan analgesic yang terdapat dalam bawang hitam akan membantu dalam membunuh bakteri yang terdapat di dalam gigi yang berlubang. Selanjutnya, bawang hitam ini akan membantu dalam meredakan rasa sakit yang cenderung sangat menyiksa.

  1. Mendukung metabolisme pada zat besi

Zat besi dalam tubuh sangat penting untuk mendukung perkembangan tulang. Mengingat akan pentingnya zat besi ini, manfaat bawang hitam akan membantu dalam mendukung metabolisme tersebut. Hal ini disebabkan oleh kandungan ferroprotin yang akan bekerja untuk memaksimalkan zat besi agar bisa bekerja dengan protein dalam meningkatkan sistem kerja tubuh.

manfaat bawang hitam untuk asam urat

manfaat bawang hitam untuk asam urat

  1. Memperpanjang usia Anda

Bawang hitam sebagai jimat? Jangan salah merepresentasikan hal ini. Dikatakan manfaat bawang hitam bisa membuat seseorang memiliki umur yang lebih panjang bisa didapatkan dengan selalu rutin mengkonsumsinya setiap hari. Dikatakan bahwa bawang hitam ini mampu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang mematikan, seperti halnya penyakit jantung, diabetes, hipertensi, kanker dan juga beberapa penyakit berbahaya lainnya. Dengan banyaknya manfaat tersebut, sudah sewajarnya bawang hitam menjadi bagian menu keseharian Anda.

  1. Menghilangkan jerawat

manfaat bawang hitam juga sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan kecantikan. Disebutkan bahwa bawang hitam yang dioleskan pada wajah secara teratur dalam waktu yang panjang akan membantu dalam mengatasi permasalahan jerawat pada wajah Anda. Setelah diolesi bawang hitam, Anda perlu mendiamkan wajah Anda selama 10 menit, kemudian Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Lakukan hal ini secara bertahap hingga jerawat Anda mengempes.

  1. Menghilangkan bekas luka

Jika Anda memiliki permasalahan bekas luka yang sangat membandel dan mengganggu penampilan, kini saatnya Anda mendapatkan manfaat bawang hitam yang akan membantu dalam menghilangkan bekas luka secara bertahap. Dengan memanfaatkan kandungan anti radang pada bawang hitam, Anda bisa mengusapakan bawang hitam pada permukaan kulit yang memiliki bekas luka. Lama kelamanaan bekas luka Anda akan menghilang.

Bawang hitam merupakan variasi dari bawang putih yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi hitam. meskipun berwarna hitam, manfaat bawang hitam yang terkandung di dalamnya sangatlah luar biasa dan mampu mengatasi berbagai macam penyakit yang Anda keluhkan. Oleh sebab itu, cobalah untuk menjadikan bawang hitam sebagai bagian dari bumbu masakan keseharian Anda.

Leave a Reply

privacy policy