Harga Bawang Dayak Per Kg 2018

Bawang sabrang atau yang dikenal sebagai bawang dayak merupakan salah satu varietes bawang yang bersal dari benua amerika. Di indonesia sendiri bawang dayak banyak ditemukan di daerah kalimantan. Sebelumnya bawang dayak belum banyak diketahui manfaatnya. Namun kini banyak riset dan penilitian mengenai manfaat dari bawang dayak.

Harga bawang dayak dipasaran tergolong tinggi bahkan saat ini mencapai 80.000 per kg. Banyaknya permintaan pasar dan manfaat bawang dayak yang telah menyebar luas di masyarakat menjadi faktor tingginya harga bawang dayak. Disamping itu bawang ini hanya dapat tumbuh di dataran tinggi yang membuat ketersediaan bawang dayak menjadi terbatas.

Bawang dayak sendiri memiliki sangat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti melancarkan peredaran darah, melancarkan metabolisme dalam tubuh, mengobati penyakit flu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini adalah manfaat dari bawang dayak yang penting untuk kamu ketahui.

Manfaat Bawang Dayak

manfaat bawang dayak

Bawang dayak memiliki harga yang tinggi di pasaran. Tentunya ini tidak terlepas dari manfaatnya yang baik untuk tubuh. Telah banyak yang menggunakan bawang dayak untuk pengobatan herbal maupun campuran bahan untuk meracik obat obatan tradisional. Adapun manfaat bawang dayak adalah :

1. Mengobati Flu

Di musim pancaroba seperti sekarang , jika tubuh kamu tidak memiliki sistem imun yang baik, maka akan sangat mudah untuk terjangkit penyakit flu. Masyarakat suku dayak memiliki cara tersendiri untuk mengatasi masalah gangguan flu, yaitu menggunakan bawang dayak. Setelah diteliti ternyata bawang dayak memiliki sifat anti bakteri yang mampu untuk memerangi bakteri penyebab flu.

BACA  Daftar Harga Kucing Anggora Murah Terbaru 2018

2. Mengobati Radang

Jika kamu mengalami gangguan peradangan baik di tenggorokan, usus, ataupun lambung. Mungkin kamu dapat mencoba pengobatan tradisional menggunakan bawang dayak. Selain alami bawang dayak juga dipercaya mampu untuk mengobati peradangan pada tenggorokan, usus, maupun lambung kamu.

3. Mengobati Asam Urat

Asam urat banyak diderita oleh orang dengan usia lanjut. Penyakit asam urat dapat membuat si penderita sulit untuk melakukan aktifitas sehari hari dikarenakan rasa nyeri pada sendi. Kamu dapat mengatasinya dengan mencelupkan bagian tubuh kamu yang terasa nyeri kedalam air rebusan bawang dayak.

4. Menguatkan Sistem Imun Dalam Tubuh

Bawang dayak memiliki kandungan Vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berguna sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh kamu. Sehingga sistem imun dalam tubuh kamu akan meningkat dan kamu tidak mudah untuk terjangkit penyakit.

5. Mengobati Batuk

Bawang dayak juga dapat kamu manfaatkan untuk berbagai penyakit pada sistem pernapasan seperti batuk. Biasanya saat batuk terdapat banyak riak atau lendir yang terdapat di tenggorokan. Dengan mengkonsumsi bawang dayak riak atau lendir yang berada di tenggorokan akan dapat dikeluarkan. Sehingga kamu akan terbebas dari penyakit batuk yang mengganggu.

6. Melancarkan Peredaran Darah Dalam Tubuh

Kandungan glikosida yang terdapat pada bawang dayak, dipercaya oleh para ahli mampu untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh manusia. Hal ini telah di uji dengan riset dan penelitian para ahli di seluruh dunia. Ini menjadi salah satu kemajuan ilmu pengetahuan dalam bidang medis.

7. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pada Wanita

Bawang dayak telah digunakan secara turun temurun sebagai obat tradisional oleh masyarakat khususnya di kalimantan. Bawang dayak dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan organ reproduksi pada wanita. Bawang dayak mampu mengobati berbagai gangguan pada organ reproduksi antara lain keputihan, meredakan nyeri saat haid, dan juga memperlancar haid.

BACA  Harga Emas Antam Hari Ini | Update Terbaru 2018

8. Mengobati Penyakit Diabetes

Karena kemampuanya dalam mengontrol tekanan dan juga kadar gula dalam darah. Bawang dayak juga banyak dianjurkan oleh para dokter untuk dikonsumsi penderita diabetes sebagai pengobatan alternatif. Bawang dayak memiliki kandungan glikosida yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Glikosida sendiri berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Baca Juga : Harga Minyak Sereh Terbaru 2018

Cara Merebus Bawang Dayak

cara merebus bawang dayak

Cara mengolah bawang dayak yang diwariskan secara turun temurun adalah dengan cara merebusnya. Biasanya masyarakat kalimantan membuat air rebusan bawang dayak dan kemudian menggunakan airnya sebagai obat.

Cara merebusnya pun sangat sederhana. Kamu dapat melakukanya sendiri dirumah untuk mengobati berbagai keluhan seperti yang sudah disebutkan diatas.

Pertama tama kamu perlu mengupas kulit bawang dayak. Kemudian kamu dapat menumbuknya hingga pipih. Lalu masukan kedalam panci yang berisi air dan rebus hingga mendidih. Saring air rebusan bawang dayak menggunakan saringan kopi atau teh.

Pengolahan bawang dayak dengan cara direbus, sangat efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, diare, radang tenggorokan, dan juga radang usus. Selain di rebus sebenarnya masih ada cara lain untuk mengolah bawang dayak menjadi obat tradisional seperti dibakar dan kemudian dapat diambil sarinya, ataupun diolah menjadi makanan seperti manisan bawang dayak.

Adapun cara membuat manisan bawang dayak sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengiris tipis bawang dayak kemudian kukus hasil irisan bawang dayak tersebut selama kurang lebih 5 -10 menit. Lalu tambahkan gula cair sebagai pemanis rasa.

Jika tidak ingin repot dalam mengolah bawang dayak, saat ini kamu dapat menemukan olahan bawang dayak yang sudah siap dikonsumsi. Baik untuk diminum ataupun dimakan sebagai cemilan. Kamu dapat dengan mudah menemukan olahan bawang dayak di online shop maupun toko obat herbal.

BACA  Harga Minyak Sereh Wangi Kualitas Ekspor 2018

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak

cara mengkonsumsi bawang dayak

Mengkonsumsi bawang dayak dapat secara langsung maupun melalui proses pengolahan. Jika kamu membeli bawang dayak dalam bentuk olahan jadi seperti serbuk. Maka kamu hanya perlu menyeduhnya menggunakan air panas dan kamu dapat langsung meminumnya.

Namun jika kamu membeli bawang dayak yang belum diolah terdapat beberapa cara untuk mengkonsumsinya, antara lain dimakan langsung, direbus, ataupun diolah menjadi manisan. Kamu dapat langsung memakan bawang dayak dengan mengupas kulitnya dan mencucinya terlebih dahulu.

Baca Juga : Harga Cuka Apel Terbaru 2018 | di Indomaret, Apotik, Alfamart

Efek Samping Minum Bawang Dayak

efek samping meminum bawang dayak

Jika diolah dan dikonsumsi secara benar, bawang dayak memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Namun terkadang ada yang berlebihan dalam mengkonsumsi bawang dayak ini. Hal ini dapat memicu efek samping seperti mual.

Biasanya bagi yang mengkonsumsi bawang dayak untuk pertama kali akan sedikit mengalami mual karena rasanya yang belum terbiasa oleh lidah. Namun rasa mual ini tidaklah berlangsung dalam waktu yang lama. Setelah terbiasa rasa mual tidak akan muncul kembali. Apabila gejala berlangsung lebih dari 2 hari maka sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter.

Adapun waktu yang paling baik untuk mengkonsumsi bawang dayak adalah 1 – 2 jam sebelum makan. Hal ini baik untuk menjaga asam lambung agar tidak naik secara tiba tiba. Kamu tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang dayak pada waktu setelah makan.

Jika kamu memanfaatkan bawang dayak untuk kesehatan maka penting bagi kamu untuk memperhatikan cara pengolahan yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika kamu rasa terdapat kekurangan pada artikel kali ini, kamu dapat menambahkannya pada kolom komentar dibawah.

Leave a Reply