Harga Kayu Merbau Per Kubik 2020

Kayu merbau merupakan salah satu jenis kayu yang biasa dijadikan bahan kontruksi. Kayu merbau memiliki kelebihan yaitu keras bahkan hampir sejajar dengan deretan kayu premium seperti kayu jati. Sehingga sering dijadikan alternatif untuk membangun sebuah bangunan.

Keunikan lain dari kayu merbau adalah kayu ini memiliki serat kayu yang eksotis. Sehingga sangat bagus apabila dijadikan sebagai lantai kayu, railling pada tangga, dan juga sebagai pintu. Kayu merbau juga dapat digunakan sebagai balok , tiang , maupun bantalan untuk konstruksi rumah maupun jembatan.

Kebutuhan akan kayu merbau semakin lama semakin meningkat pesat. Karena kayu ini memiliki tingkat kekerasan yang hampir menyamai kayu jati. Selain itu kayu merbau juga memiliki serat kayu yang sangat indah sehingga harga dari kayu merbau ini pun tergolong cukup tinggi. Berikut ini adalah harga kayu merbau terbaru ditahun ini.

Harga Kayu Merbau Terbaru ( /m3 )

harga kayu merbau per kubik

Jika kamu sedang mencari referensi harga kayu merbau terbaru kamu dapat melihat list harga kayu merbau dibawah ini. Berikut ini adalah daftar harganya :

NoUkuran Papan & BalokHarga
13x10x400Rp 26.000.000
23x12x400Rp 26.000.000
33x15x400Rp 27.000.000
43x20x400Rp 28.500.000
53x30x400Rp 29.500.000

Harga diatas dapat kamu jadikan referensi apabila kamu ingin membeli kayu merbau. Selain dijual /m3 suplier kayu merbau juga biasanya menjual olahan kayu merbau seperti reng. Tentunya harganya juga berbeda, berikut ini adalah harga reng kayu merbau.

NoUkuranHarga
12x3x400Rp 23.500.000
23x4x400Rp 24.000.000
BACA  Daftar Harga Kucing Persia Terbaru 2020 [Lengkap]

Kamu dapat menggunakan kayu merbau untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Kayu merbau dikenal keras dan memiliki motif yang bagus. Sehingga sering digunakan untuk lantai kayu, Berikut ini adalah harga lantai kayu dari kayu merbau.

NoUkuranHarga
11x5x20Rp 150.000 /m2
21x5x30Rp 160.000 /m2

Selanjutnya setelah kamu mengetahui harga kayu merbau ada baiknya untuk mengetahui apa itu kayu merbau dan untuk apa saja kegunaanya serta apa kekurangan dan kelebihannya. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah dalam memilih bahan untuk konstruksi.

Baca Juga : Harga Kayu Cendana Terbaru

Apa Itu Kayu Merbau ?

kayu merbau adalah

Pohon merbau ( ipil ) adalah salah satu jenis pohon yang menghasilkan kayu yang keras dan memimiliki kualitas yang tinggi. Biasa juga disebut kayu besi oleh masyarakat papua dan maluku. Kayu ini termasuk dalam kategori kayu dengan keawetan grade II.

Kayu merbau banyak tumbuh didaerah papua dan juga wilayah maluku. Karena kualitasnya yang sangat baik , saat ini kayu merbau telah banyak diminati sebagai bahan konstruksi. Hal ini menyebabkan eksploitasi besar besaran terhadap jenis kayu ini.

Sangat banyak kegunaan kayu merbau untuk kebutuhan konstruksi. Diantaranya adalah sebagai balok balok tiang, bantalan, lantai kayu, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah kegunaan kayu merbau yang penting untuk kamu ketahui.

Kegunaan Kayu Merbau

kegunaan kayu merbau

Karena termasuk jenis kayu yang keras, kayu merbau sering digunakan sebagai pondasi seperti tiang dan bantalan untuk konstruksi rumah maupun jembatan. Selain itu kayu merbau juga memiliki corak kayu yang natural dan eksotis sehingga sangat bagus apabila digunakan sebagai lantai kayu.

Kayu merbau juga sering digunakan untuk bahan furnitur karena memiliki tingkat keawetan yang tinggi. Kayu ini juga tahan akan serangan rayap karena merupakan jenis kayu keras. Kayu merbau banyak diolah menjadi berbagai macam produk furnitur di daerah jepara.

BACA  Harga Batu Empedu Sapi Kualitas Ekspor 2020

Karakteristik Kayu Merbau

karakteristik kayu merbau

Kayu merbau termasuk salah satu kayu yang keras dengan tingkat grade yang hampir menyamai kayu jati. Kayu ini tahan terhadap jamur dan juga rayap. Kayu merbau juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap air dan juga pelapukan. Sehingga tidak jarang juga digunakan untuk membuat perahu bagi para nelayan.

Ada beberapa karakteristik kayu merbau yang menjadikan kayu ini sebagai bahan yang baik untuk sebuah konstruksi bangunan. Berikut ini adalah karakteristik kayu merbau :

  1. Memiliki warna coklat kelabu ada juga yang hampir berwarna hitam
  2. Memiliki tektur yang kasar apabila dilihat namun licin apabila kamu merabanya
  3. Kayu merbau biasanya memiliki corak serat kayu yang lurus
  4. Memiliki tingkat kekerasan yang sangat baik
  5. Kayu merbau memiliki tingkat keawetan yang tinggi dan termasuk dalam salah satu jenis kayu dengan tingkat keawetan dengan grade I – II.
  6. Kayu merbau memiliki tingkat penyusutan yang rendah sehingga awet dan tahan lama
  7. Kayu merbau memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam proses pengolahannya karena merupakan jenis kayu yang sangat keras.

Karakteristik diatas adalah yang menjadikan kayu merbau menjadi kayu unggulan untuk membuat konstruksi maupun furniture. Namun kamu juga perlu kayu merbau memiliki harga yang tinggi dan memiliki kesulitan yang juga tinggi dalam proses pengolahannya. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan kayu merbau.

Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Merbau

kelebihan dan kekurangan kayu merbau

Kelebihan Kayu Merbau

  • Kuat dan tahan lama
  • Anti serangga seperti rayap ataupun jenis lainnya
  • Memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dan stabil sehingga sangat awet bila digunakan
  • Memiliki corak kayu yang sangat indah sehingga cocok untuk dijadikan lantai kayu

Kekurangan Kayu Merbau

  • Memiliki harga yang tinggi
  • Tingkat kesulitan yang tinggi pada saat pengolahan menjadi furnitur
  • Tingkat kekerasannya yang sangat tinggi sehingga sulit untuk dibentuk
BACA  Harga Alat Tes Kesuburan Wanita yang Paling Akurat

Jadi kesimpulannya adalah kayu merbau merupakan jenis kayu keras yang memiliki kualitas yang baik untuk konstruksi maupun furnitur. Kayu merbau belakangan ini semakin banyak diminati oleh pengusaha konstruksi untuk membangun sebuah bangunan rumah maupun jembatan.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang kayu merbau. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar artikel kali ini kamu dapat langsung menuliskannya pada kolom komentar dibawah. Jangan lupa untuk selalu mengikuti artikel menarik lainnya bersama kami.

Leave a Reply