Harga Kayu Cendana

Harga kayu cendana di pasaran memang sangat bagus sekali. Kayu cendana merupakan salah satu jenis kayu dari Indonesia yang memiliki banyak khasiat dan manfaat yang luar biasa, tidak kalah dengan kayu ular dan kayu gaharu. Pada artikel ini akan dijelaskan berapa harga kayu cendana. Apa manfaat kayu cendana dan informasi lainnya terkait kayu cendana.

Harga Kayu Cendana

Berikut ini harga kayu cendana per kg

Kota Grade Biasa Grade Super Satuan
Jakarta 350000 600000 Kg
Surabaya 290000 550000 Kg
Bandung 295000 600000 Kg
Medan 290000 500000 Kg
Semarang 310000 600000 Kg
Palembang 290000 550000 Kg
Makassar 310000 600000 Kg
Batam 295000 500000 Kg
Pekanbaru 300000 550000 Kg
Lampung 290000 600000 Kg
Malang 300000 600000 Kg
Padang 295000 550000 Kg
Denpasar 300000 500000 Kg
Samarinda 290000 500000 Kg
Tasikmalaya 295000 500000 Kg
Serang 300000 600000 Kg
Banjarmasin 290000 550000 Kg
Pontianak 300000 600000 Kg
Balikpapan 295000 500000 Kg
Jambi 310000 600000 Kg

Note: Harga dapat berupah sewaktu-waktu.

bubuk cendana murni

bubuk cendana murni

Cendana atau juga disebut cendana wangi berasal dari pohon cendana yang bisa dijadikan berbagai macam produk diantaranya: minyak cendana, bubuk cendana, tasbih dari kayu cendana, keris dan lain sebagainya.

Bubuk kayu cendana beli dimana?

Banyak sekali orang yang mencari bubuk kayu cendana asli kualitas premium. Namun banyak dari mereka yang tertipu dan tidak berhasil mendapatkan bubuk kayu cendana kualitas terbaik.

Jual Bubuk Kayu Cendana

Oleh karena itu, kami hadir menjual bubuk kayu cendana kualitas premium dengan harga yang terjangkau. Berapa harga bubuk kayu cendana?

Harga Bubuk Kayu Cendana

bubuk cendana

bubuk cendana

Satuan Harga
250 gram Rp. 120.000
500 gram Rp. 230.000
1 kg Rp. 450.000

Rincian harga promo bubuk kayu cendana.

Beli 250 gram Harga Rp. 120.000
Beli 500 gram Harga Rp. 240.000 Promo Rp. 230.000
Beli 1 kg Harga Rp. 480.000 Promo Rp. 450.000

Note: harga belum termasuk ongkir.

Cara Pesan Bubuk Kayu Cendana

Bagi Anda yang ingin pesan diharapkan SMS atau WA ke nomor ini 0857-8039-1203, dengan format seperti yang ada di bawah ini:

Format Pemesanan:

Nama:
Alamat Lengkap:
Produk:
Jumlah Produk:

Contoh:

Nama: Andi Maknawi
Alamat: Jln. Semanggi RT 15/04 No. 112 Kec. Ciputat Tangsel
Produk: Bubuk Cendana Grade Premium
Jumlah Produk: 10 kg

Apa Itu Kayu Cendana?

pohon cendana papua

pohon cendana papua

Nah setelah tahu harga pasaran kayu cendana. Anda juga harus tahu lebih dalam lagi tentang kayu cendana. Cendana, atau cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad.

Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9. Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor, meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.

Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan.

Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling bagus kualitasnya. Di Indonesia, kayu cendana dari Timor juga sangat dihargai. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya, dan oleh karena itu kadar harumnya pun berbeda.

Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana, yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni, digunakan terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda, dan untuk menghilangkan rasa cemas.

Pohon Cendana

pohon cendana

pohon cendana

Gambar pohon cendana – Di Indonesia, Cendana dikenal dengan banyak nama atau sebutan, antara lain: Candana (Minangkabau) Tindana, Sindana (Dayak), Candana (Sunda), Candana, Candani (Jawa), Candhana, Candhana lakek (Madura), Candana (BeIitung), Ai nitu, Dana (Sumbawa), Kayu ata (FIores), Sundana (Sangir), Sondana (Sulawesi Utara), Ayu luhi (Gorontalo), Candana (Makasar), Ai nituk (Roti), Hau meni, Ai kamelin (Timor), Kamenir (Wetar) dan Maoni (Kisar).

Kayu cendana berasal dari?

daun cendana

daun cendana

Banyak yang menyakan pohon cendana merupakan tumbuhan khas dari provinsi apa ya, atau ada juga yang bertanya dimana daerah penghasil kayu cendana.

Cendana banyak ditemukan tumbuh di Indonesia, terutama di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Jika ditinjau dari bahasa Belanda (sandelhout) dan bahasa Inggris (sandalwood), pohon ini diyakini memang berasal dari wilayah sana.

Hal tersebut bisa diketahui dari julukan Pulau Sumba, yaitu Sandalwood Island. Julukan ini dibawa secara turun temurun sejak zaman penjajahan Belanda hingga sekarang.

Sejak abad XV, pohon Cendana memang menjadi daya tarik bagi bangsa Eropa untuk mendapatkannya. Karena itulah, pohon jenis ini kemudian ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kayu Cendana yang kualitasnya dianggap paling bagus adalah yang berasal dari daerah Mysoram di India Selatan. Di Indonesia, kayu cendana yang berasal dari Timor juga dihargai cukup mahal.

Namun sekarang, kayu cendana wangi sudah sangat langka, sehingga harganya semakin mahal. Sebagai gantinya, digunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum).

Meskipun keduanya memiliki kandungan konsentrasi bahan kimia yang berbeda dan karena itu kadar harumnya pun berbeda.

Manfaat Kayu Cendana

minyak cendana

minyak cendana

Sebagai salah satu komoditi yang dapat menunjang kebutuhan ekspor, pohon cendana memiliki berbagai macam manfaat bagi manusia, dari segi ekonomis dan juga segi kesehatan. Bahkan beberapa juga menganggap bahwa kayu cendana memiliki tuah tersendiri.

Berikut ini beberapa pemanfaatan dari kayu cendana :

1. Bahan baku furniture dan meubel

Bentuk pohon yang kokoh dan besar, serta kualitas kayu yang sangat baik, tidaklah salah apabila kayu cendana merupakan salah satu kayu yang sangat diperhitungkan dalam pembuatan furniture. Banyak sekali furniture yang terbuat dari bahan dasar kayu cendana. Berikut ini adalah beberapa meubel dan furniture yang bisa dibuat dengan menggunakan kayu cendana :

  • Lemari besar (seperti lemari pajangan, lemari pakaian, dan lemari hiasan)
  • Meja makan
  • Kursi dan perlengkapan ruang tamu
  • Tempat tidur
  • Bahan kusen dan pintu

2. Bahan baku produk kerajinan tangan

Selain menjadi bahan baku furniture dan meubel, manfaat hutan yang menghasilkan kayu cendana juga sering dibuat menjadi bahan baku kerajinan tangan dan menjadi bahan baku hiasan-hiasan, seperti :

  • Keris
  • Ukiran-ukiran

3. Lambang prestise

Tak dapat dipungkiri, dengan kualitas kayu yang tinggi dan juga proses budidaya yang cukup sulit, harga kayu cendana dipatoj dengan harga yang sangat tinggi. Hal ini tentu akan berdampak kepada peralatan yang dibuat dengan meggunakan kayu cendana. Harga peralatan, kerajinan, atau meubel yang dibuat menggunakan kayu cendana pastinya akan jauh lebih tinggi, karena akan dibuat dengan teliti dan baik. Hal ini membuat barang-barang yang dibuat dari kayu cendana akan memberikan kesan :

  • Mewah dan mahal
  • Menaikkan gengsi dan prestise

4. Bahan obat herbal

Salah satu manfaat kayu cendana bagi tubuh kita adalah dapat menjadi obat herbal. Biasanya bagian yang digunakan sebagai obat herbal adalah bagian kulit kayu serta minyak dari pohon cendana. Berikut ini khasiat obat herbal dari pohon cendana:

  • Anti peradangan
  • Mencegah disentri dan gangguan pencernaan lain
  • Dapat menjadi pembersih pada saat menstruasi
  • Cara mengolah daun cendana untuk Obat Herbal

Pengolahan kayu cendana cukup mudah. Berikut ini cara mengolah kayu cendana menjadi obat herbal:

  1. Giling atau blender kulit kayu cendana hingga menjadi halus
  2. Seduh hasil gilingan kulit kayu cendana dengan air panas
  3. Tunggu beberapa saat hingga airnya berubah warna, lalu saring
  4. Minumlah air hasil saringan bubuk kulit kayu cendana tersebut.

5. Sebagai bahan parfum dan wangi-wangian

Kayu cendana juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan parfum dan jenis wewangian yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti manfaat lengkuas. Jenis kayu cendana putih merupakan jenis cendana yang memiliki wangi-wangian yang baik dan dimanfaatkan sebagai :

  • Campuran parfum
  • Bahan pembuatan dupa
  • Aromaterapi
  • Sebagai balsam

6. Mengendalikan stress dan kecemasan

Bagaimana bisa? Ternyata bagian dari pohon cendana yang dapat membantu mengendalikan stress dan kecemasan adalah minyak cendananya. Minyak cendana memiliki efek alami sebagai anti depressant yang dapat mengurangi, bahkan menghilangkan jenis kecemasan, stess dan depresi.

7. Memperlancar buang air kecil

Minyak cendana ternyata juga mampu membantu anda dalam memperlancar buang air kecil. Minyak cendana mampu menekan rasa sakit yang muncul ketika tubuh melakukan proses buang air kecil atau ekskresi. Hal ini dapat berguna bagi orang-orang yang menderita gangguan ketika buang air kecil.

8. Antiseptik dan antimikroba

Minyak cendana memiliki fungsi sebagai zat antiseptik dan zat antimikroba yang berguna bagi ketahanan dan daya tahan tubuh. Hal in membuat tubuh menjadi lebih sulit untuk terinfeksi bakteri, mikroba dan virus-virus yang membawa penyakit berbahaya.

9. Manfaat kecantikan

Minyak kayu cendana juga memiliki fungsi yang sangat baik sebagai salah satu zat yang dapat memberikan efek kecantikan bagi tubuh Minyak cendana memiliki banyak kandungan yang berguna untuk :

  • Menghilangkan noda hitam pada kulit
  • Mencegah munculnya jerawat
  • Mengatasi dan menghilangkan minyak pada kulit

Itulah beberapa manfaat kayu cendana dan hasil-hasil lain dari kayu cendana. Ternyata tidak hanya baik sebagai bahan baku produksi perabotan rumah tangga, namun memiliki manfaat yang baik pula bagi kesehatan tubuh kita.

Tasbih dan Gelang Kayu Cendana

Berikut ini gambar tasbih dan gelang kayu cendana.

Gelang Galih Kayu Cendana Super Kupang NTT 14 mm

Gelang Galih Kayu Cendana Super Kupang NTT 14 mm

SET Tasbih dan Gelang Cendana Wangi

SET Tasbih dan Gelang Cendana Wangi

Tasbih Muslim Kayu Cendana

Tasbih Muslim Kayu Cendana

Gelang Galih Cendana Super Kupang NTT 8mm

Gelang Galih Cendana Super Kupang NTT 8mm

Ciri-ciri Kayu Cendana

Pohon cendana memiliki ciri khas yaitu:

  1. Cendana tumbuh baik pada daerah yang memiliki perbedaan iklim yang jelas antara musim kemarau dan penghujan. Ia dapat tumbuh di dataran dengan ketinggian hingga 1.500 meter di atas permukaan laut. Cendana juga kerap ditemukan di daerah penuh bebatuan atau bebatuan vulkanis yang meneruskan aliran air.
  2. Cendana termasuk family Santalaceae dari ordo Loranthaceae. Ia dapat tumbuh hingga ketinggian 11 – 15 meter, dengan diameter batang 25 – 30 cm.
  3. Cendana memiliki batang yang bulat dan kulit berwarna mulai coklat keabu-abuan hingga coklat merah. Cabang mulai tumbuh pada bagian setengah pohon.
  4. Dahan-dahan primer jenis ini sangat tidak beraturan, kerap bengkok dan memiliki banyak ranting. Dahan bagian bawahnya cenderung tumbuh menggantung.
  5. Daunnya berhadap-hadapan berbentuk elips hingga lanset (bulat telur) dengan dua ujungnya lancip.

Demikianlah harga kayu gaharu terbaru. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini agar semua orang tahu berapa harga kayu gaharu di Indonesia. Terima kasih.

Leave a Reply

privacy policy