Harga Kayu Manis Terbaru | Tersedia Minyak dan Bubuk

Kayu manis sebagai salah satu rempah rempah yang memiliki tingkat permintaan yang tinggi di pasar dunia. Kayu manis sering dijadikan sebagai bumbu atau olahan dalam membuat makanan dapat juga digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman.

Memiliki aroma yang kuat dan juga rasa yang manis dan sedikit pedas menjadikan kayu manis sebagai primadona dalam hal rempah rempah. Kayu manis juga dapat digunakan sebagai obat seperti pneyakit sendi, jantung, dan juga lambung.

Tingginya permintaan pasar terhadap jenis rempah rempah ini membuat kayu manis memiliki nilai jual yang menggiurkan. Berikut ini adalah harga kayu manis yang beredar di pasaran.

Baca juga : Harga Gula Semut Organik Terbaru 2018

Harga Bubuk Kayu Manis

harga bubuk kayu manis

Kayu manis sendiri dijual dalam 3 jenis. Yaitu dalam bentuk bubuk , bentuk stick atau batangan dan dalam bentuk olahan berupa minyak. Namun kayu manis dalam bentuk bubuk lebih diminati oleh pasar. Karena lebih praktis dalam mengolahnya baik itu makanan maupun minuman. Sedangkan dalam bentuk minyak lebih banyak dimanfaatkan untuk pengobatan.

1. Harga Kayu Manis Bubuk Per Kg 2018

WILAYAH SATUAN BERAT HARGA
Jakarta /Kg 70.000
Bandung /Kg 60.000
Yogyakarta /Kg 55.000
Surabaya /Kg 55.000
Medan /Kg 55.000
Palembang /Kg 55.000
Lampung /Kg 55.000
Manado /Kg 70.000
Makasar /Kg 70.000
Balikpapan /Kg 70.000
Maluku /Kg 70.000
Bali /Kg 70.000
Lombok /Kg 70.000
Jayapura /Kg 70.000

Sample harga diatas kami ambil dari beberapa kota besar di indonesia. Harga jual kayu manis bubuk berkisar antara 55.000 – 70.000 /kg. Perbedaan harga biasanya dipengaruhi oleh faktor distribusi dan juga faktor lainnya.

2. Harga Kayu Manis Batangan / Stick Per Kg 2018

WILAYAH SATUAN BERAT HARGA
Jakarta /Kg 45.000
Bandung /Kg 45.000
Yogyakarta /Kg 45.000
Surabaya /Kg 45.000
Medan /Kg 40.000
Palembang /Kg 40.000
Lampung /Kg 40.000
Manado /Kg 55.000
Makasar /Kg 55.000
Balikpapan /Kg 55.000
Maluku /Kg 55.000
Bali /Kg 55.000
Lombok /Kg 55.000
Jayapura /Kg 55.000

Harga jual kayu manis dalam bentuk stick relatif lebih murah dibandingkan dengan kayu manis bentuk bubuk. Karena kayu manis dalam bentuk stick harus melalui proses olahan jika ingin dijadikan sebagai bahan bumbu atapun minuman.

3. Harga Minyak Kayu Manis 2018

BERAT BERSIH HARGA
10 ml 30.000
35 ml 65.000
50 ml 291.500
100 ml 500.000

Disamping memiliki nilai jual yang tinggi , kayu manis ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kamu. Sudah sejak jaman dahulu manusia memanfaatkan kayu manis sebagai obat untuk berbagai macam penyakit seperti kembung, mual, masuk angin, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah manfaat dari kayu manis bagi tubuh kamu.

Baca juga : Harga Alpukat Mentega Terbaru 2018

Manfaat Kayu Manis

manfaat kayu manis

Kayu manis banyak mengandung serat, kalsium, dan juga kandungan antioksidan yang sangat berguna agi tubuh. Kayu manis dipercaya mampu menghilangkan masuk angin karena memiliki rasa yang sedikit pedas dan hangat setelah meminumnya. Adapun manfaat lain dari kayu manis adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Sudah banyak penelitian ahli yang menunjukan hasil bahwasanya dengan meminum 1/2 sendok teh kayu manis dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (DDL) dalam tubuh. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang dan terbukti memberikan dampak positif dalam menurunkan kolesterol jahat.

2. Anti Bakteri

Kayu manis memiliki banyak kandungan anti bakteri yang sangat berguna untuk makanan. Kandungan anti bakteri pada kayu manis dapat menghambat proses pertumbuhan bakteri pada makanan. Sehingga kini banyak produk makanan yang memanfaatkan kayu manis sebagai pengawet alami.

3. Mengontrol Gula Darah

Gula darah yang berlebih dalam tubuh akan sangat berbahaya dan dapat memicu timbulnya penyakit seperti diabetes. Kayu manis dipercaya mampu mengontrol gula darah dalam tubuh, sehingga banyak penderita diabetes yang dianjurkan untuk mengganti konsumsi gula menggunakan kayu manis.

4. Mengatasi Kembung Dan Masuk Angin

Sensasi hangat yang timbul akibat meminum kayu manis dipercaya mampu menghilangkan kembung dan juga masuk angin pada tubuh. Hal ini sebenarnya sudah sejak jaman dahulu kala dan telah digunakan oleh banyak orang pada masa itu.

5. Mengatasi Nyeri Sendi Dan Rematik

Terdapat study kasus di universitas kopenhagen denmark yang membuktikan bahwa kayu manis dapat mengatasi nyeri sendi. Ini dibuktikan dengan memberikan minuman kayu manis yang dicampurkan dengan satu sendok madu setiap pagi kepada penderita nyeri sendi.

Hasilnya penderita nyeri sendi dapat berjalan tanpa rasa sakit setelah rutin mengkonsumsi kayu manis dalam waktu satu bulan. Study kasus ini membawa kemajuan dibidang medis khususnya untuk mengatasi penyakit nyeri sendi yang banyak diderita oleh orang pada usia lanjut.

6. Mencegah Penyakit Kangker

Setelah melalui penelitian yang panjang di departemen pertanian yang berlokasi di maryland amerika serikat. Kayu manis terbukti mampu mengurangi poliferasi sel kangker pada penderita kangker berat seperti leukimia dan limfoma.

7. Mencegah Infeksi

Kayu manis dalam bentuk olahan minyak dapat digunakan sebagai antiseptik pada luka. Kandungan kayu manis dapat mencegah infeksi pada luka luar dengan cara penggunaan yaitu dengan mengoleskan minyak kayu manis pada luka.

Banyaknya manfaat yang terkandung pada kayu manis menjadikan rempah rempah ini memiliki banyak fungsi. Selain sebagai bumbu dalam masakan , campuran pada minuman, dapat juga digunakan sebagai obat untuk tubuh.

Berikut ini merupakan daerah penghasil kayu manis yang sudah dikenal hingga ke mancanegara. Karena produksi kayu manis yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan unggul.

Cara Melepas Kulit Kayu Manis

Simak video cara melepas kulit kayu manis.

Daerah Penghasil Kayu Manis

daerah penghasil kayu manis

Di indonesia sendiri memiliki beberapa daerah penghasil kayu manis terbesar didunia. Iklim tropis dan tanah yang subur menjadikan kayu manis dapat tumbuh dengan baik di negara ini. Kualitas kayu manis asal indonesia juga telah diakui dunia memiliki kualitas unggul.

1. Jambi

Penghasil kayu manis terbesar di jambi terletak tepatnya di kabupaten kerinci. Kebanyakan warga di sana berprofesi sebagai petani kayu manis. Bahkan jambi adalah salah satu pengekspor kayu manis terbesar di dunia.

2. Sumatera Barat

Ditempat berikutnya adalah sumatera barat. Disini kita akan sangat mudah menemukan perkebunan kayu manis. Sumatera barat juga menjadi salah satu provinsi dengan produksi kayu manis terbesar di indonesia.

3. Yogyakarta

Di pulau jawa, penghasil kayu manis terbesar terletak pada provinsi yogyakarta. Sebenarnya di setiap provinsi di pulau jawa terdapat perkebunan kayu manis. Namun jumlah yang dihasilkan tidaklah sebanyak yogyakarta.

Cara Panen Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah rempah yang memiliki permintaan pasar yang tinggi. Nilai jual dari kayu manis juga mampu mendongkrak perekonomian dengan ekspor keluar negri. Sudah selayaknya pemerintah membantu para petani kayu manis untuk mengembangkan tingkat produksi mereka.

 

Leave a Reply

privacy policy