Harga Minyak Cengkeh Murni Per Kg 2018

Cengkeh telah sejak jaman dahulu dimanfaatkan oleh orang china dan india sebagai obat untuk mengatasi penyakit seperti sakit gigi, batuk, asma, dan sakit kepala atau pusing. Seiring berkembangnya jaman pemanfaatan cengkeh mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Cengkeh dapat diolah menjadi minyak cengkeh melalui proses pengolahan tradisional maupun modern. Harga jual minyak cengkeh lebih tinggi dibandingkan dengan harga cengkeh mentah. Minyak cengkeh juga lebih praktis untuk digunakan dibandingkan dengan cengkeh yang belum diolah.

Kini minyak cengkeh dapat dengan mudah kamu dapatkan di apotik maupun di internet. Harga minyak cengkeh sangat berfariatif dan kompetitif. Berikut ini adalah daftar harga minyak cengkeh yang dijual di apotik dan pasaran.

Harga Minyak Cengkeh di Apotik

harga minyak cengkeh di apotik

MERK PRODUK BERAT HARGA
Minyak Cengkeh Seiras Young Living 10 ml 31.000
Minyak Cengkeh Sejati 10 ml 63.000
Minyak Cengkeh Sejati 20 ml 114.000
Minyak Cengkeh Walikukun Original 30 ml 20.500
Minyak Cengkeh Walikukun 30 ml 18.900
Minyak Cengkeh Cap Rumah 60 ml 35.000
Minyak Cengkeh Al Ghuroba 25 ml 15.000
Minyak Cengkeh Sejati 250 ml 886.000
Minyak Cengkeh Sejati 1000 ml 2.871.000

Harga diatas sewaktu waktu dapat berubah, tergantung pada wilayah apotik tempat kamu membeli minyak cengkeh tersebut. Namun biasanya harga minyak cengkeh tidak terpaut jauh dari harga diatas. Sehingga harga tersebut dapat kamu jadikan acuan dalam membeli minyak cengkeh yang asli.

Berikutnya adalah manfaat yang terkandung pada minyak cengkeh yang merupakan obat legendaris yang telah digunakan sejak peradaban kuno. Untuk lebih lengkapnya dibawah ini merupakan manfaat manfaat dari minyak cengkeh.

Baca Juga : Harga Minyak Lintah Hitam Papua 2018

Manfaat Minyak Cengkeh

manfaat minyak cengkeh

Minyak cengkeh mengandung berbagai macam zat dan kaya akan mineral yang berguna bagi tubuh. Diantaranya adalah kalsium, asam klorida, zat besi, fosfor, natrium, kalium, vitamin A dan juga vitamin C. Dan yang paling terkenal adalah euganol yang dapat berfungsi sebagai antibakteri dan antiseptik alami. Adapun manfaat minyak cengkeh bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Infeksi Pada Luka

Minyak cengkeh memiliki kandungan antiseptik yang kuat. Sehingga sangat ampuh untuk mengobati luka dan mencegahnya terinfeksi. Minyak cengkeh banyak mengandung euganol yang berfungsi sebagai antiseptik alami. Semakin tinggi tingkat euganol pada minyak cengkeh maka semakin bagus pula kualitas dari minyak cengkeh tersebut.

2. Mengatasi Sakit Kepala

Sudah sejak jaman dahulu masyarakat menggunakan cengkeh sebagai obat untuk sakit kepala. Begitupun dengan minyak cengkeh yang penggunaannya lebih praktis untuk mengatasi sakit kepala. Kamu hanya perlu mencampurkan minyak cengkeh dengan sedikit garam dan mengoleskannya pada bagian dahi kamu.

Minyak cengkeh mengandung kandungan flavonoid yang berguna untuk merileksasi otot otot yang tegang. Minyak cengkeh juga bersifat anti inflamasi yang dapat mirenggangkan otot otot yang kaku. Sehingga kamu dapat lebih cepat mengembalikan kondisi tubuh kamu menjadi normal.

3. Mengatasi Flu dan Batuk

Kandungan espektoran dari minyak cengkeh sangat berguna bagi kamu yang menderita penyakit mengganggu seperti flu dan batuk. Bahkan minyak cengkeh juga dipercaya mampu mengobati penyakit pernafasan lainnya seperti asma, bronkhitis, dan sinusitis.

4. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi dapat disebabkan karena gigi berlubang ataupun pembengkakan pada gusi. Penggunaan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi sudah turun temurun diajarkan para orang terdahulu. Kandungan euganol dari minyak cengkeh mampu mengatasi sakit pada gigi kamu secara cepat.

5. Mencegah Radikal Bebas

Cengkeh juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini sangat berguna bagi tubuh untuk mencegah radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya.

6. Mengatasi Mual

Pada ibu hamil sering kita jumpai permasalahan seperti mual di pagi hari. Yang berimbas pada berkurangnya nafsu makan dan kekurangan energi. Kamu dapat menggunakan minyak cengkeh dengan cara mengoleskannya dibantal tempat kamu tidur.

Wangi alami minyak cengkeh mampu merileksasi tubuh kamu sehingga kamu akan terhindar dari rasa mual terutama dipagi hari. Minyak cengkeh juga telah banyak digunakan di berbagai tempat terapi kesehatan di dunia.

7. Mengatasi Nyeri Sendi

Masalah nyeri pada sendi sangat banyak diderita oleh orang dengan usia lanjut. Mengurangnya kesehatan pada sendi pada usia lanjut menjadi penyebab terjadinya nyeri pada persendian. Minyak cengkeh dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi dengan cara mengoleskan pada bagian yang terasa nyeri sambil mengurutnya secara perlahan.

Baca Juga : Harga Minyak Kemiri Asli 2018

Cara Membuat Minyak Cengkeh

cara membuat minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga dapat kamu buat sendiri dirumah. Pembuatan minyak cengkeh memakan waktu selama 10 – 14 hari agar mendapatkan hasil minyak yang bagus. Pertama tama mari siapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat minyak cengkeh.

  1. Cengkeh / Bubuk Cengkeh yang bisa kamu beli di toko kesehatan herbal
  2. Minyak Zaitun

Setelah semua bahan terkumpul, saatnya kita mengolah cengkeh menjadi minyak. Perlu kamu ingat semakin banyak cengkeh yang kamu gunakan maka semakin kuat hasil minyak cengkeh yang kamu hasilkan. Minyak cengkeh yang terlalu kuat tidak dianjurkan untuk kulit yang sensitif.

1. Siapkan Wadah Untuk Merendam Cengkeh

Pertama tama kamu perlu menyiapkan sebuah wadah bisa berbentuk botol bening atau sesuatu yang dapat ditutup rapat untuk proses perendaman cengkeh. Karena proses perendaman cengkeh membutuhkan waktu yang sedikit lama, pastikan wadah yang kamu gunakan aman.

2. Masukan Cengkeh dan Minyak Zaitun Kedalam Wadah

Kemudian kamu masukan cengkeh ataupun bubuk cengkeh kedalam wadah yang telah kamu siapkan sebelumnya. Lalu ruangkan minyak zaitun sedikit demi sedikit hingga cengkeh terendam. Sesuaikan takaran minyak zaitun dengan hasil minyak cengkeh yang ingin kamu buat.

3. Tutup Dengan Rapat Wadah dan Diamkan Selama 10 – 14 Hari

Setelah cengkeh dan minyak zaitun di masukan kedalam wadah. Kamu harus menutup wadah tersebut dengan rapat dan menyumpannya ditempat yang tidak terkena matahari secara langsung. Pastikan juga kamu menyimpannya ditempat yang jauh dari jangkauan anak anak.

Proses ini memakan waktu 10 – 14 hari hingga minyak zaitun dan cengkeh dapat tercampur sempurna dan menghasilkan minyak cengkeh dengan kualitas yang bagus.

4. Saring Hasil Minyak Cengkeh

Setelah 10 – 14 hari kini waktunya kamu menyaring minyak cengkeh yang sudah kamu buat. Caranya adalah dengan menggunakan saaringan kopi atau dengan menggunakan kain. Sampai disini seharusnya minyak cengkeh sudah dapat kamu gunakan untuk keperluan kamu.

Sekali lagi kami ingatkan semakin banyak cengkeh yang kamu gunakan dalam proses membuat minyak maka semakin keras juga efek dari minyak cengkeh tersebut. Gunakan minyak cengkeh secara hati-hati karena walaupun termasuk kedalam obat herbal minyak cengkeh dapat menimbulkan masalah lain jika tidak sesuai takaran yang pas.

Anak balita juga tidak dianjurkan untuk meminum minyak cengkeh karena dapat menyebabkan efek samping seperti kejang-kejang dan liver. Penggunaan minyak cengkeh sebaiknya digunakan sesuai dengan keperluan kamu.

Bila kamu merasa ada yang kurang dimengerti atau terdapat kekurangan dari artikel ini silahkan menambahkannya di kolom komentar dibawah.

Leave a Reply

privacy policy