Harga Ayam Broiler Hari Ini | Update Terbaru 2018

Ayam ras atau yang lebih dikenal dengan sebutan ayam broiler, merupakan salah satu varietes unggul dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ayam broiler memiliki tingkat produktivitas daging lebih tinggi dibandingkan dengan ayam jenis lainnya.

Ayam broiler selain memiliki harga yang bagus dipasaran, juga memiliki waktu produksi daging yang relativ cepat. Dalam 4 – 5 minggu peternak ayam broiler sudah dapat memanen daging ayam broiler untuk di pasarkan.

Daging ayam broiler memiliki serat dan bersifat lunak. Sehingga sangat lezat untuk dijadikan santapan sehari hari. Tingkat konsumsi daging ayam broiler juga sangat tinggi, setidaknya setiap orang mengkonsumsi daging ayam broiler sekali dalam seminggu.

Apa Itu Ayam Broiler ?

apa itu ayam broiler

Ayam broiler merupakan ras unggul dari jenis ayam yang memiliki kelebihan yaitu produksi daging yang cepat. Sehingga dalam 4 – 5 minggu saja sudah siap untuk di konsumsi dan dipasarkan. Ayam broiler juga memiliki tingkatan mutu daging yang baik.

Selain lezat untuk dikonsumsi, daging ayam broiler juga memiliki banyak kandungan protein yang baik bagi tubuh. Memiliki tekstur daging yang lunak dan juga berserat menjadikan ayam broiler primadona untuk santapan sehari hari sebagai lauk.

Ayam broiler dapat dimanfaatkan menjadi olahan yang lezat seperti opor ayam, ayam goreng, ayam bakar, dan berbagai jenis olahan masakan lainnya. Sehingga ayam broiler menjadi salah satu kebutuhan sehari hari bagi masyarakat.

Keadaan Harga Ayam Broiler Saat Ini

keadaan harga ayam broiler saat ini

Belakangan ini kita sering mendengar keluhan naiknya harga harga dipasaran. Mulai dari telur, bawang, dan berbagai kebutuhan pokok lainnya. Hal ini juga berpengaruh pada kenaikan harga daging ayam broiler saat ini.

Ketidak stabilan harga saat ini diperparah oleh sebagian oknum pengepul nakal yang sengaja menaikan harga daging ayam broiler secara sepihak. Sehingga menyebabkan para pedagang kecil yang membutuhkan daging ayam broiler untuk mengurangi pembelian daging ayam.

Jika biasanya pengusaha kuliner belanja 2kg daging ayam untuk olahan masakannya kali ini mereka mengurangi jumlah pembelian menjadi 1kg. Hal ini juga berdampak pada kenaikan harga makanan yang mereka jual.

Namun tingginya harga jual ayam broiler saat ini tidak mempengaruhi tingkat permintaan pasar secara luas. Terbukti masyarakat tetap membeli daging ayam walaupun jumlah pembeliannya dikurangi. Ini dikarenakan daging ayam sudah masuk pada kebutuhan sehari hari masyrakat masa kini.

Daftar Harga Ayam Broiler Saat Ini

daftar harga ayam broiler saat ini

Harga ayam broiler saat ini sangat berfariatif tergantung pada lokasinya. Sebagai contoh di Jakarta, ayam broiler dijual seharga 25.000 – 45.000 /ekor. Harga jual ayam broiler tentu berbeda pada tiap-tiap daerah lain. Untuk sebab itu berikut ini kami berikan data daftar harga ayam broiler pada setiap daerah di indonesia.

WILAYAH SATUAN HARGA
JABODETABEK /ekor 25.000 - 40.000
JAWA BARAT /ekor 20.000 - 40.000
JAWA TENGAH /ekor 20.000 - 40.000
JAWA TIMUR /ekor 20.000 - 40.000
SUMATERA SELATAN /ekor 25.000 - 40.000
SUMATERA UTARA /ekor 25.000 - 40.000
SUMATERA BARAT /ekor 25.000 - 40.000
BALI /ekor 25.000 - 40.000
SULAWESI /ekor 20.000 - 40.000
KALIMANTAN /ekor 20.000 - 40.000

Keuntungan Beternak Ayam Broiler

keuntungan beternak ayam broiler

Ayam broiler selain memiliki nilai jual yang bagus dan merupakan kebutuhan setiap keluarga juga memiliki beberapa keuntungan lain bagi para peternak. Diantaranya adalah waktu panen yang lebih singkat, permintaan yang terus meningkat, pemasaran yang mudah, dan yang terakhir adalah harga yang relatif stabil. berikut ini adalah penjelasannya.

1. Waktu Panen Lebih Singkat

Ayam broiler memiliki waktu produksi yang lebih singkat daripada yama jenis lainnya. Peternak ayam broiler hanya membutuhkan waktu kuran lebih 4 – 5 minggu untuk memanen hasil ternaknya tergantung pada permintaan ukuran ayam broiler itu sendiri.

Setelah ayam berusia 4 – 5 minggu peternak ayam broiler dapat memasarkannya secara langsung pada konsumen ataupun dapat menjualnya di pasar. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi peternak ayam broiler karena tidak membutuhkan waktu lama untuk memanen ternaknya.

2. Permintaan Yang Terus Meningkat

Seiring perkembangan jaman, tingkat konsumsi masyarakat tentunya semakin meningkat. Saat ini rata-rata masyarakat mengkonsumsi daging ayam setidaknya 2 kali dalam seminggu. Tentunya ini sangat mempengaruhi permintaan terhadap ayam broiler.

Ayam broiler sendiri memiliki waktu panen yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Hal ini dapat memenuhi melonjaknya permintaan pasar akan kebutuhan daging ayam. Tingginya permintaan pasar menjadi salah satu keuntungan beternak ayam broiler.

3. Pemasaran Yang Mudah

Peternak ayam broiler dapat memasarkan hasil panennya secara langsung kepada konsumen maupun menjualnya ke pasar, swalayan, hotel, dan lain sebagainya. Tentunya tidak terlalu sulit untuk peternak ayam broiler memasarkan hasil panennya dikarenakan ayam broiler memiliki tingkat permintaan yang tinggi.

4. Harga Yang Relatif Stabil

Harga jual ayam broiler cenderung stabil di pasaran. Bahkan akhir akhir ini seiring tingginya permintaan terhadap daging ayam di pasaran, harga jual ayam broiler naik hampir dua kali lipat. Ini tentu sangat menguntungkan peternak ayam broiler karena mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Selain itu waktu untuk panen daging ayam broiler juga singkat, sehingga beternak ayam broiler sangat memiliki peluang yang besar dalam perkembangan bisnisnya.

5. Pemeliharaan Yang Mudah

Ayam broiler sangat mudah dalam proses pemeliharaan dan pengembang biakannya. Biasanya peternak ayam broiler hanya perlu menjaga kebersihan kandang , makanan, dan bila perlu ditambahkan dengan vitamin maupun vaksin agar mengurangi resiko kematian pada ayam akibat penyakit.

Kebersihan kandang harus sangat diperhatikan oleh para peternak ayam broiler. Karena kandang untuk ayam sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan ayam itu sendiri. Namun dibalik itu pemeliharaan ayam broiler relatif lebih mudah.

6. Sebagai Sumber Gizi Lengkap

Daging ayam broiler memiliki kandungan protein dan gizi yang lengkap apabila dikonsumsi. Selain itu daging ayam broiler memiliki tekstur lembut dan berserat sehingga sangat lezat apabila diolah menjadi masakan. Olahan ayam juga selalu hadir dalam setiap acara baik acara keluarga, pernikahan, dan lain sebagainya.

Sampai disini artikel mengenai Harga ayam broiler hari ini. Jika terdapat kekurangan pada artikel kami kali ini, kamu dapat menambahkannya pada kolom komentar dibawah ini.

Leave a Reply

privacy policy