Harga Gula Semut Kelapa Organik 2018

Gula semut organik yang berasal dari nira pohon kelapa akhir akhir ini menjadi topik hangat oleh para pebisnis. Selain harganya yang lebih tinggi dibandingkan dengan gula pasir, juga terdapat manfaat lain yang terkandung dalam gula semut ini.

Gula semut memiliki kandungan gula atau glukosa yang lebih rendah kalorinya dibandingkan dengan jenis gula lainnya. Gula semut juga sangat dianjurkan bagi penderita penyakit diabetes agar kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

Tingginya harga gula semut organik dipengaruhi oleh proses pembuatannya yang terbilang lebih memakan waktu dibandingkan dengan gula lainnya. Berikut ini adalah harga gula semut organik yang kami tampilkan dalam bentuk tabel berikut.

Harga Gula Semut Terbaru 2018

harga gula semut terbaru

Harga gula semut organik dapat berbeda pada tiap wilayahnya dikarenakan faktor distribusi serta faktor lainnya. Kamu juga dapat dengan mudah membeli produk gula semut organik secara online melalui marketplace ataupun online shop.

PRODUK UKURAN / BERAT HARGA
Gula Semut Aren Palm Sugar 70 Gr 10.000
Gula Semut Organik Tjap Djempol 100 Gr 17.000
Gula Semut Aren Palm Sugar 700 Gr 35.000
Gula Semut Aren Palm Sugar 1Kg 50.000

Dari harga diatas dapat kita ketahui terdapat perbedaan harga yang sangat mencolok antara gula semut dengan gula pasir dan gula jenis lainnya. Selain itu gula semut juga sangat diminati di pasar luar negri sehingga banyak di ekspor ke negara lain.

Tingginya harga gula semut juga dipengaruhi karena manfaatnya yang banyak. Gula semut sangat dianjurkan bagi penderita diabetes untuk mengontrol gula dalam darah. Selain itu masih banyak manfaat lain yang terdapat pada gula semut organik. Berikut ini adalah manfaat lain dari gula semut organik.

Baca Juga : Harga Alpukat Mentega Per Kg 2018

Manfaat Gula Semut

manfaat gula semut

Gula semut memiliki kandungan yang sangat berguna bagi tubuh kamu, diantaranya adalah Thiamin ( Vitamin B1), Riboflavin (Vitamin B2), Nicotinic Acid (Vitamin B3), Pyrodiksin (Vitamin B6), Kalsium, dan Niacin. Hal ini yang menyebabkan gula semut kaya akan manfaat alami diantaranya adalah.

1. Membantu Tubuh Dalam Mengurai Protein

Gula dalam tubuh berguna sebagai sumber energi kita. Hal ini yang membantu tubuh kita dalam mengurai protein. Namun kadar gula yang berlebihan dalam tubuh juga mengakibatkan resiko penyakit diabetes. Gula semut memiliki kandungan gula yang rendah yang aman untuk segala usia.

2. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Kandungan Riboflavin yang terdapat pada gula semut dipercaya mampu membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Bagi penderita penyakit kekurangan sel darah merah atau biasa disebut anemia. Mengkonsumsi gula semut dapat sangat membantu mempercepat proses penyembuhan.

3. Mencegah dan Menghaluskan Bekas Jerawat Pada Wajah

Jika kamu memiliki permasalahan bekas jerawat yang sulit dihilangkan, kamu dapat mencoba manfaat dari gula semut yang satu ini. Kandungan Nicotinic Acid yang terdapat pada gula semut, telah terbukti mampu membantu menghilangkan bekas jerawat dan mencegahnya tumbuh kembali.

4. Memperkuat Sistem Imun Dalam Tubuh

Pada gula semut ditemukan banyak kandungan pyridoksin ( Vitamin B6 ) yang dipercaya mampu untuk menjaga dan menambah sistem kekebalan tubuh atau sistem imun pada tubuh manusia. Sistem imun sendiri sangat berguna untuk mencegah berbagai penyakit yang menyerang tubuh kamu.

5. Membantu Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh kita. Karena dapat menjadi salah satu penyebab penyakit berbahaya yaitu kangker. Pola hidup yang tidak sehat serta asupan makanan yang tidak terkontrol juga menjadi penyebab datangnya penyakit.

Gula semut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sangat berkhasiat sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh kamu.

Kamu dapat mulai mengkonsumsi gula semut sebagai gula rendah kalori untuk menggantikan kebiasaan menggunakan gula pasir yang memiliki kalori sangat tinggi. Pentingnya kesadaran mengatur pola hidup sehat menjadi kunci kesehatan tubuh kamu.

6. Mencegah Osteoporosis ( Keropos Pada Tulang )

Kandungan kalsium yang terdapat pada gula semut diyakini mampu mebantu tubuh kamu dalam mengatasi penyakit tulang dan sendi seperti osteoporosis. Khususnya bagi seseorang yang sudah menginjak usia senja.

Pada seseorang yang sudah menginjak usia senja sangat rentan terkena penyakit tulang dan persendian. Kesehatan tulang perlu sangat diperhatikan agar dapat menjalankan aktifitas sehari hari dengan lancar. Sehingga tidak mengganggu kebahagian berkumpul bersama sanak saudara tercinta.

7. Sebagai Sumber Energi Dalam Tubuh

Salah satu manfaat gula dalam tubuh adalah sebagai sumber energi dalam tubuh. Kandungan gula dapat mengurai karbohidrat dan protein menjadi energi. Namun perlu kamu ingat kandungan gula yang berlebih dalam tubuh juga sangat tidak baik.

Hal ini dapat memicu munculnya permasalahan penyakit seperti diabetes. Penderita diabetes semakin hari semakin bertambah. Di era modern ini kita sangat rentan terkena penyakit diabetes dikarenakan pola hidup yang tidak teratur.

Setelah mengetahui beberapa manfaat gula semut diatas , tentunya kamu ingin mengetahui proses pembuatan gula semut hingga siap untuk dikonsumsi atau dijadikan bahan untuk membuat berbagai macam olahan.

Berikut ini kami juga memberikan penjelasan tentang proses pengolahan gula semut sebagai tambahan dan untuk melengkapi artikel mengenai gula semut.

 

Cara Membuat Gula Semut

cara membuat gula semut

Proses pembuatan gula semut organik memakan lebih banyak waktu dibandingkan dengan proses pembuatan gula pada umumnya. Hal ini yang menyebabkan harga dari gula semut lebih tinggi dibandingkan dengan harga gula pada umumnya.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat gula semut agar memiliki kulitas yang bagus juga arus diperhatikan. Nira sebagai bahan dasar pembuatan gula semut harus memiliki tingkat PH sebesar 7. Jika tidak sesuai tingkat PH pada nira, dapat mengakibatkan gula semut tidak dapat mengkristal dengan sempurna.

1. Proses Penyaringan

Nira disaring menggunakan kain bersih , hal ini untuk memisahkan ampas yang tidak digunakan dalam proses pembuatan gula semut. Proses penyaringan ini juga dapat meningkatkan kualitas gula semut agar memenuhi standart kebutuhan pasar.

2. Proses Memasak Gula Semut

Setelah disaring nira kemudian dipanaskan didalam sebuah wajan atau kuali hingga mengental. Dalam proses memanaskan api yang digunakan tidak boleh terlalu besar karena mengakibatkan gula menjadi gosong. Juga tidak boleh terlalu kecil karena dapat mengakibatkan gula tak kunjung mengental. Proses ini memakan waktu kurang lebih 3 jam untuk mencapai hasil yang sempurna.

3. Proses Pembentukan Gula Semut

Setelah mengental , proses selanjutnya adalah mendinginkan gula selama kurang lebih 10 menit. Kemudian cairan gula diaduk hingga membentuk butiran butiran kristal. Setelah menjadi butiran kristal gula dijemur atau dengan proses ovenisasi hingga memiliki aroma yang harum dan siap untuk dikonsumsi dan dipasarkan.

Dari pembahasan kali ini kita telah mengetahui bahwa gula semut mimiliki tingkat harga yang lebih tinggi dari gula jenis lainnya. Ini dikarenakan proses pembuatanya yang terbilang lebih lama dibandingkan dengan gula lainnya.

Gula semut organik juga sangat diminati di pasar dunia. Bertumbuhnya tingkat kesadaran masyarakat akan menjaga kesehatan dan asupan untuk tubuh. Menjadikan gula semut organik sebagai primadona gula di dunia. Jika kamu merasa ada yang kurang pada artikel kali ini, kamu dapat menambahkannya dalam kolom komentar dibawah.

Leave a Reply