Harga Ayam Cemani Hari Ini | Update Terbaru 2018

Ayam cemani adalah salah satu keunikan dari spesies ayam yang langka. Dimana memiliki warna hitam legam tidak hanya pada bagian bulu namun termasuk darah daging dan tulangnya. Karena hal ini lah membuat harga ayam cemani tergolong mahal di pasaran.

Selain langka ayam cemani juga dipercaya oleh orang sebagai obat yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Meskipun belum diakui secara medis melalui penilitian dan riset, namun telah banyak orang yang mempercayai dan merasakan manfaat dari ayam cemani ini.

Tingginya harga ayam cemani dipengaruhi karena sulitnya proses perkembang biakan ayam jenis ini. Maka tidak hayal jika ayam cemani dihargai hingga jutaan rupiah oleh pedagang. Namun walaupun begitu ayam jenis ini tidak pernah sepi pembeli. Berikut ini adalah harga ayam cemani terbaru hari ini.

Harga Ayam Cemani Asli

harga ayam cemani asli

Pada jaman dahulu kala ayam cemani banyak dipelihara oleh raja dan para bangsawan kerajaan. Hal ini membuat ayam cemani memiliki nilai eksklusif sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Bahkan untuk telur ayam cemani dapat dihargai hingga 100.000 per butirnya. berikut adalah harga ayam cemani dari telur, anakan, hingga ayam cemani dewasa.

JENISHARGA TERENDAHHARGA TERTINGGI
TELUR AYAM CEMANI ASLI80.000100.000
ANAKAN AYAM CEMANI ASLI150.000550.000
AYAM CEMANI DEWASA ASLI25.000.00050.000.000

Tingginya harga jual ayam cemani tidak mempengaruhi tingkat penjualan. Sangat banyak kolektor maupun orang yang bersedia membayar mahal untuk ayam jenis satu ini. Bahkan kabarnya ada yang menjualnya dengan harga hingga ratusan juta.

Baca Juga : Harga Ayam Broiler Terbaru Hari Ini

Ciri-Ciri Ayam Cemani Asli

ciri ayam cemani asli

Sudah sama sama kita ketahui ayam cemani memiliki harga yang sangat tinggi di pasaran. Namun jika kamu hendak membeli ayam jenis ini, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri ciri ayam cemani yang asli untuk menghindari penipuan yang dilakukan oleh oknum pedagang.

BACA  Harga Velg Mobil | Ring 14, 15, 16, 17 Terbaru 2018

Ayam cemani memiliki ciri khas yaitu seluruh tubuhnya yang berwarna hitam legam. Namun warna hitam yang dimiliki ayam cemani dapat ditiru oleh sebagian oknum menggunakan sepuhan atau pewarna yang diberikan kepada ayam jenis biasa untuk mengelabuhi pembeli. Berikut ini merupakan ciri ayam cemani yang asli.

1. Bagian Paruh Ayam

Ayam cemani memiliki warna hitam pada bagian tubuhnya tidak terkecuali bagian paruhnya. Paruh ayam cemani akan sangat tampak ketika ayam masih anak, namun apabila ayam sudah mencapai usia dewasa biasanya warna hitam pada ujung paruh akan memudar karena sering digunakan untuk mematuk makanan. Namun akan sangat terlihat perbedaannya dengan ayam jenis biasa.

2. Bagian Bulu Ayam

Bulu ayam cemani sama dengan ayam jenis lain. Namun perbedaan warna hitam yg dimiliki ayam cemani sangat unik. Perhatikan dengan seksama warna bulu pada ayam cemani yang ingin kamu beli. Jika terdapat perbedaan ketebalan warna pada bulu ayam, kamu patut untuk mempertanyakan keaslianya.

3. Bagian Jengger Ayam

Jengger ayam cemani juga memiliki warna hitam yang khas dan unik. Tidak seperti kebanyakan ayam yang memiliki jengger berwarna merah. Selain jengger ayam cemani juga memiliki mata yang berwarna hitam legam.

4. Bagian Kaki Ayam

Bagian kaki atau ceker dari ayam cemani berbeda daripada jenis ayam pada umumnya. Jika ayam biasanya memiliki kaki berwarna putih kekuningan. Ayam cemani memiliki warna hitam namun tidak terlalu legam karena tekstur kulit pada kaki ayam memiliki sisik. Sehingga jika kering akan terdapat sedikit warna putih.

5. Bagian Lidah Ayam

Bagian ini merupakan hal yang paling khas dari ayam cemani asli. Bagian lidah ayam cemani asli juga berwarna hitam. Jika kamu hendak membeli ayam cemani pastikan kamu memeriksa bagian lidah dan tenggorokannya.

BACA  Daftar Harga Kucing Persia Terbaru 2018 [Lengkap]

Manfaat Ayam Cemani

manfaat ayam cemani

Meskipun secara medis belum dibuktikan melalui riset dan penelitian, manfaat dari ayam cemani sudah dipercaya turun temurun oleh masyarakat kita memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Ayam cemani dapat diolah menjadi minyak untuk mengobati berbagai keluhan seperti meningkatkan kejantanan dan vitalitas pria, mengobati keseleo, mengobati luka dan lain sebagainya.

1. Sebagai Penambah Vitalitas Tubuh

Darah dari ayam cemani dipercaya oleh sebagian masyarakat mampu untuk menambah vitalitas pria dewasa dalam berhubungan intim. Dengan meminum darah dari ayam cemani hubungan intim dengan pasangan kamu akan lebih menggairahkan.

Selain darahnya telur ayam cemani juga dipercaya memiliki khasiat yang sama yaitu menambah vitalitas dalam melakukan hubungan intim dengan pasangan. Cara mengkonsumsinya adalah dengan merebus telur dan memakannya seperti biasa.

2. Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Daging ayam cemani dapat kamu olah menjadi minyak dengan cara mengukusnya. Untuk mengobati luka oleskan minyak ayam cemani di area yang mengalami luka. Walaupun belum diteliti secara medis namun sudah banyak yang merasakan manfaat dari minyak ayam cemani ini.

3. Mengobati Keseleo

Minyak ayam cemani juga dapat digunakan untuk mengolesi bagian tubuh kamu yang keseleo. Dengan menggunakan minyak ayam cemani ini dipercaya mampu untuk mengobati keseleo dengan cepat. Oleskan minyak cemani pada bagian yang mengalami keseleo sambil lakukan pemijatan secara perlahan.

Baca Juga : Harga Telur Ayam Terbaru Hari Ini

Mitos Ayam Cemani

mitos ayam cemani

Kita tentunya sudah sangat akrab dengan berbagai macam mitos yang berada disekitar kita. Ayam cemani juga memiliki sangat banyak mitos yang telah dipercaya turun temurun sejak jaman orang tua terdahulu.

Hal ini juga yang berdampak pada tingginya harga ayam cemani dipasaran. Meskipun tak dapat dibuktikan melalui penelitian dan sains , namun tidak sedikit orang yang mempercayai kebenaran dari mitos tersebut. Berikut ini adalah mitos mengenai ayam cemani.

BACA  Harga Bawang Dayak Per Kg 2018

1. Memperoleh Kesaktian Tubuh

Banyak orang yang mempercayai ayam cemani dapat memberikan kesaktian pada tubuh. Mulai dari kebal senjata tajam ataupu jenis kesaktiian lainnya. Ayam cemani digunakan untuk media atau sesajen agar seseorang mampu memperoleh kesaktian yang di inginkan.

2. Menambah Rejeki dan Keberuntungan

Telur ayam cemani dipercaya sebagian orang mampu untuk memudahkan datang nya rejeki. Dengan menyimpannya dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Tentunya hal ini sangat bersebrangan dengan prinsip dalam agama. Namun tetap saja tidak sedikit yang mempercayainya.

3. Sebagai Ritual Ghaib

Tidak sedikit orang yang menggunakan ayam cemani untuk ritual ghaib seperti saat membangun gedung, bendungan, jembatan, maupun sebelum membuka usaha. Ayam cemani digunakan sebagai tumbal sesajen dalam melancarkan hal yang diinginkan oleh seseorang. Namun perbuatan seperti ini sudah tergolong musrik dan merupakan sebuah dosa yang besar dalam agama islam.

4. Menangkal Roh Jahat

Memelihara ayam cemani dipercaya mampu menangkal roh jahat yang biasa mengganggu si pemilik rumah ataupun anak bayi yang baru lahir. Ini dikarenakan ayam cemani yang berwarna hitam legam dipercaya memiliki kekuatan mistis yang mampu mengusir roh jahat.

Disamping banyaknya mitos dan manfaat yang dimiliki ayam cemani, keseluruhannya belum dapat dibuktikan secara medis maupun secara sains. Tentunya sebagai orang yang beriman kita tidak mempercayai mitos tersebut. Selain merupakan dosa besar mempercayai mitos yang tidak jelas asalnya dapat memberikan pengaruh buruk bagi pikiran kamu.

Leave a Reply