Harga Minyak Sereh Wangi Kualitas Ekspor 2018

Sereh wangi merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi manusia. Kandungan zat dari sereh wangi memiliki sifat anti mikroba, anti jamur. dan juga antiseptik. Selain itu sereh yang telah diolah juga dapat digunakan sebagai pestisida alami bagi tanaman.

Tanaman sereh dapat diolah menjadi minyak sereh, lotion anti nyamuk, dan biopestisida. Minyak sereh wangi dihasilkan dari proses penyulingan tanaman sereh yang meliputi bunga, daun, biji, dan kulit batang.  Minyak jenis ini memiliki harga dan nilai jual yang tinggi dipasar lokal maupun internasional.

Minyak sereh wangi dapat kamu gunakan untuk menghilangkan rasa gatal, anti serangga, obat kulit, dan aroma terapi. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai minyak sereh wangi ? berikut adalah harga jual minyak sereh wangi kualitas ekspor.

Harga Minyak Sereh Wangi

harga minyak sereh wangi

Harga Minyak Sereh – Belakangan ini harga jual minyak sereh wangi meroket naik hingga mencapai 225.000 per kg. Sebelumnya harga minyak ini berkisar antara 100.000 – 150.000 per kg. Hal ini dipicu karena melonjaknya permintaan pasar dunia terhadap minyak jenis ini.

Selain itu minyak sereh wangi juga mulai digunakan oleh berbagai produk kecantikan dan kesehatan sebagai bahan baku pembuatan produk mereka. Hal ini juga yang memicu harga minyak sereh wangi naik hampir dua kali lipat dari harga sebelumnya.

Indonesia menempati peringkat pertama penghasil minyak sereh wangi terbesar di dunia. Tanah yang subur dan iklim tropis yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman sereh menjadi faktor yang mendukung tingkat produksi minyak sereh wangi.

Adapun daerah penghasil minyak sereh wangi terbesar di indonesia meliputi aceh, jawa barat, jawa timur, dan lampung. Hasil ekspor minyak sereh wangi menjadi salah satu sumber defisa terbesar untuk negara.

BACA  Daftar Harga Kucing Anggora Murah Terbaru 2018
ProdukKualitasHarga Per Kg
Minyak Sereh EksporKA 35% Up385.000
Minyak Sereh SuperKA 15% - 18%345.000

Baca Juga : Harga Minyak Cengkeh Terbaru 2018

Manfaat Minyak Sereh

manfaat minyak sereh wangi

Minyak sereh wangi banyak mengandung senyawa sitronellal, geraniol, sitronellol, geranil asetat, dan juga sitronellal asetat. Manfaat dari minyak sereh sendiri antara lain sebagai obat anti serangga, obat gatal, dan aroma terapi. Berikut adalah manfaat dari minyak sereh yang harus kamu ketahui.

1. Anti Serangga dan Hama

Minyak sereh memiliki aroma yang sangat kuat yang sangat ampuh untuk mengusir berbagai macam serangga antara lain nyamuk dan kecoa. Di dalam dunia pertanian, minyak sereh digunakan sebagai pengusir hama seperti hama wereng dan juga tikus.

Cara penggunaanya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan minyak sereh pada kulit kamu ataupun tempat-tempat yang biasa dihinggapi atau dilalui oleh serangga. Aroma dari minyak sereh akan sangat menggangu serangga dan membuatnya pergi untuk menjauh.

minyak sereh kualitas super

2. Mengobati Gatal Pada Kulit

Gatal pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga dapat kamu atasi dengan mengoleskan minyak sereh pada area kulit yang gatal. Penggunaan minyak sereh pada kulit dinilai lebih aman dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia.

3. Sebagai Aroma Terapi Untuk Rileksasi

Aroma minyak sereh mampu memberikan efek rileks pada tubuh kamu. Sangat banyak produk aroma terapi yang menggunakan sereh wangi sebagai bahan dasar pembuatannya. Kamu dapat menyemprotkan minyak sereh pada sprei atau pun sarung bantal. Ini membuat kamu dapat beristirahat lebih nyenyak dan juga menghilangkan stress.

minyak sereh per kg siap ekspor

4. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Minyak sereh juga dapat kamu gunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Penelitian menunjukan bahwa minyak sereh dapat mengurangi peradangan pada usus dan detoksifikasi pada perut dan hati. Minyak sereh juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit dan pertumbuhan virus serta bakteri dalam tubuh.

BACA  Harga Buah Plum Segar dan Kering | Terbaru 2018

5. Mengobati Gangguan Pernafasan

Jika kamu memiliki masalah gangguan pada pernafasan yaitu infeksi saluran pernafasan atau yang lebih dikenal dengan istilah sinus. Maka kamu perlu mencoba melakukan pengobatan alternatif menggunakan minyak sereh.

Penggunaan minyak sereh untuk mengobati infeksi saluran pernafasan yaitu dengan cara menuangkan beberapa tetes minyak sereh pada air hangat. Kemudian kamu dapat menghirup uap udara yang dihasilkan dari campuran air hangat dan minyak sereh.

6. Mengobati Nyeri Pada Otot

Gangguan nyeri pada otot sering dialami oleh sebagian orang dengan usia lanjut atau seseorang dengan aktifitas yang sangat padat. Jika kamu mengalami hal demikian cobalah untuk berendam menggunakan air hangat yang sebelumnya ditetesi beberapa tetes minyak sereh. Hal ini dipercaya mampu untuk merenggangkan otot yang kaku dan meredakan nyeri pada otot.

harga minyak sereh per botol

7. Untuk Perawatan Kulit

Kandungan alami minyak sereh dipercaya mampu untuk mencegah keriput dan penuaan dini pada kulit kamu. Minyak sereh memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini pada kulit dan wajah. Kabarnya telah banyak produk kecantikan yang menggunakan sereh sebagai salah satu bahan untuk produk mereka.

Penggunaan minyak sereh untuk kulit telah digunakan oleh masyarakat asia sejak jaman dahulu kala. Kemampuannya untuk meremajakan kulit kini telah menyebar keseluruh dunia juga telah dibuktikan oleh berbagai penelitian dan riset.

8. Mengatasi Masalah Insomnia

Minyak sereh dapat kamu gunakan apabila mengalami permasalahan sulit tidur atau lebih dikenal dengan insomnia. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak sereh dengan sedikit pijatan kecil pada bagian telapak kaki. Hal ini akan membuat kamu merasa nyaman dan mengatasi masalah insomnia yang kamu alami.

9. Mengatasi Sembelit

Sembelit dapat kamu atasi dengan cara mengoleskan minyak sereh yang sebelumnya dicampur dengan minyak kelapa pada bagian perut kamu. Lakukan sedikit pijatan pada area perut kamu. Hal ini juga dapat meringankan rasa mulas yang diakibatkan oleh sembelit.

Baca Juga : Harga Minyak Kemiri Terbaru 2018

Cara Membuat Minyak Sereh

cara membuat minyak sereh

Membuat minyak sereh dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Perlu diingat ada dua jenis tanaman sereh, yang pertama adalah jenis sereh untuk bumbu dapur dan yang kedua adalah sereh wangi.

Untuk membuat minyak sereh kita gunakan sereh wangi sebagai bahan baku pembuatan minyak. Pertama tama potong daun sereh hingga memiliki ukuran sekitar 10 – 15 cm. Kemudian jemur daun sereh wangi hingga mengering.

Selanjutnya ialah proses penyulingan. Tuangkan air sesuai kebutuhan kedalam katel penyulingan. Kemudian masukan daun sereh kedalam air. Sebelumnya kamu perlu memastikan sambungan lubang inlet maupun lubang outlet pada katel penyaringan telah tertutup dengan sempurna. Pastikan juga air di dalam kondensor penyulingan cukup untuk proses penyulingan

BACA  Harga Stik Es Krim Terbaru 2018 | Kualitas Ekspor

Setelah persiapan selesai nyalakan api hingga air mulai mendidih dan menghasilkan uap sehingga proses penyulingan dimulai. Lama waktu penyulingan tergantung dari komposisi bahan yang kamu masukan kedalam katel penyaringan.

Jika air telah mendidih maka akan tampak minyak hasil penyulingan pada tabung pemisah. Tampung minyak yang keluar menggunakan wadah yang bersih dan mudah untuk digunakan. Proses penyulingan minyak sereh telah berakhir apabila tidak lagi tampak keluar minyak pada tabung pemisah. Setelah selesai minyak sereh sudah siap untuk kamu gunakan.

Selain harga jualnya yang tinggi juga sangat banyak manfaat yang dikandung oleh minyak sereh. Oleh karena itu minyak sereh sebaiknya tersedia dirumah kamu untuk mengatasi permasalahan sehari hari. Apabila kamu merasa terdapat kekurangan pada artikel kali ini, kamu dapat menambahkannya pada kolom komentar yang tersedia dibawah.

Leave a Reply