Harga Jamur Susu Harimau Terbaru | Kualitas Ekspor 2019

Saat ini banyak orang yang kembali beralih ke pengobatan tradisional ketimbang pengobatan kimia. Hal ini tak lepas dari pengobatan tradisional yang disinyalir lebih aman dan tanpa efek samping. Hal ini juga berlaku untuk jamur susu harimau.

Jamur susu harimau atau yang memiliki nama latin Lignosus rhinoceros ini bisa ditemukan dikawasan Asia seperti di Thailand, Tiongkok, Filipina, Malaysia, Papua Nugini dan pastinya di Indonesia. Jenis jamur ini terbilang jamur yang cukup langka. Meski begitu sebenarnya jenis jamur ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan.

Harga Jamur Susu Harimau Terbaru

jamur susu harimau indonesia

jamur susu harimau indonesia

Harga jamur susu harimau memang naik dan turun. Karena besarnya kebutuhan pasar dan peminat jamur susu harimau semakin besar, maka harga jamur susu harimau cenderung naik tiap tahunnya.

Kami merupakan distributor besar jamur susu harimau. Jika Anda minat, berikut ini adalah harga yang kami tawarkan.

ProdukKualitasQttyHarga Per Kg
Jamur Susu HarimauGrade A1 KgRp. 1.100.000
Jamur Susu HarimauGrade B1 KgRp. 1.000.000
Jamur Susu HarimauGrade C1 KgRp. 900.000
JSH Partai BesarGrade A20 KgRp. 700.000
JSH Partai BesarGrade B20 KgRp. 600.000
JSH Partai BesarGrade C20 KgRp. 500.000

Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor iniĀ 0857-8039-1203

Format Pemesanan

Nama:

Alamat Lengkap:

Produk:

Qtty/Jumlah:

Asal Muasal Jamur Susu Harimau

Jamur susu harimau atau juga dikenal dengan nama Tiger Milk Mushroom dipercaya secara turun temurun memiliki manfaat yang sangat banyak dalam bidang kesehatan mulai dari yang ringan sampai yang kronis.

BACA  Harga Bawang Dayak Per Kg 2019

Dari cerita rakyat yang berkembang, jamur susu harimau ini mulai tumbuh ditempat dimana ada harimau yang sedang menyusui anaknya. Air susu dari induk harimau yang menetes ketanah inilah yang secara alami akan tumbuh menjadi jamur.

Jamur susu harimau memiliki ukuran yang kecil sehingga baru bisa dilihat ketika jamur telah berkecambah. Ketika itu barulah akan nampak dipermukaan tanah. Sedangkan untuk umbinya akan tetap berada dalam tanah dalam jangka waktu yang lama, bisa berbulan-bulan atau mencapai berpuluh tahun. Habitat asli dari jamur ini yakni penyendiri, karenanya cukup sulit ditemukan. Selain itu hal ini jugalah yang membuat jumlahnya jadi terbatas.

Manfaat jamur susu harimau ini bukan hanya isapan jempol saja melainkan sudah dilakukan banyak penelitian. Beberapa ilmuwan telah melakukan percobaan terhadap beberapa tikus.

Dalam percobaan ini para tikus tersebut diteliti rutin selama 180 hari. Selama waktu tersebut mereka diberi jamur susu harimau. Hasilnya, tidak diketemukan efek negative yang terjadi pada tubuh tikus. Malahan mengonsumsi jamur ini ditengarai mampu memerbaiki paru-paru yang terkena asma.

Di Malaysia, jamur susu harimau menjadi salah satu obat-obatan tradisional. Disana jamur ini digunakan untuk pengobatan ringan seperti asma, batuk, demam dan juga keracunan makanan.

Sedangkan di Tiongkok sendiri, jamur ini digunakan untuk pengobatan yang lebih berat seperti tukak lambung, hepatitis atau kanker hati.

Nah, karena fungsinya sebagai pengobatan penyakit berat, maka harga jualnya di Tiongkok pun bisa sangat mahal. Sebenarnya jamur jenis ini masih kategori jamur liar, meski begitu karena manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan itulah jamur ini mulai dibudidayakan.

Manfaat Jamur Susu Harimau

jamur susu harimau kualitas ekspor

jamur susu harimau kualitas ekspor

Dalam jamur ini terdapat beberapa zat atau nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti daldinia concentric, kalsium, xanthone dan metabolit. Beberapa jenis penyakit kronis yang bisa disembuhkan menggunakan terapi jamur ini antara lain kolesterol, asam urat, HIV AIDS, diabetes dan juga hipertensi.

Namun tak hanya itu saja, jamur yang kerap dijadikan sebagai bahan dasar dari pengobatan tradisional di Tiongkok ini memilii manfaat lain yang tak kalah luar biasa antara lain:

  1. Asma
  2. Kanker payudara
  3. Kanker perut
  4. Tumor
  5. Keracunan makanan
  6. Memercepat penyembuhan luka
  7. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
  8. Tonik umum
  9. Hipertensi
  10. Diabetes
  11. Penunjang untuk terapi HIV
  12. Asam urat
  13. Bronchitis
  14. Hepatitis
  15. Kolesterol
  16. Melawan kanker
  17. Lemah syahwat
  18. Stroke
  19. Liver
  20. Wasir
  21. Dan rheumatik

Selain fungsi diatas, jamur susu harimau juga memiliki fungsi imuno-modulasi dimana ini akan merangsang serta mengawal sistem imun pada tubuh. Selain itu zat ini juga mampu meningkatkan jumlah sel imun yang nantinya akan membantu percepatan penyembuhan cedera.

Cara Budidaya Jamur Susu Harimau

jamur susu harimau

jamur susu harimau

Banyaknya manfaat jamur susu harimau membuat banyak orang yang mulai membudidayakannya.Dan, mengingat hal tersebut, maka membudidayakannya sebagai tanaman rumahan adalah ide yang bagus. Berikut tahapan-tahapan dalam budidaya jamur susu harimau:

  1. Persiapan bibit
    Bibit adalah penentu dari perkembangan jamur ini nantinya. Nah, untuk mendapatkan bibit inipun juga tidak mudah karena belum terlalu komersial dan masih jarang dibudiayakan oleh para petani Indonesia.
    Jika Anda tengah mencari bibit jamur ini, maka pastikan dulu jika Anda akan mendapatkan bibit yang berkualitas dan unggul dari segi hasil panen maupun dari kualitas produknya. Yang perlu diketahui disini, bagian dari jamur susu harimau yang bisa dimanfaatkan untuk obat adalah bagian dari akarnya yang membentuk layaknya umbi. Jadi pastikan ketika Anda memilih jamur, cek lah bagian umbinya. Tanyakan kualitas umbi dan juga ukurannya.
  2. Persiapan lokasi tanam
    Untuk menanam jenis jamur ini, Anda bisa menggunakan metode kumbung jamur. Ruangan yang akan digunakan sebagai kumbung jamur ini haruslah dilengkapi dengan pendingin udara serta pengatur suhu kelembaban yang sesuai dengan habitat aslinya.
  3. Proses penanaman
    Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka proses penanaman sebaiknya dilakukan apda ruangan yang bersih, steril dan jauh dari beragam resiko kontaminasi. Hal ini tujuannya jelas yakni untuk meminimalisir bibit jamur yang terkontaminasi.
    Sebelum Anda melakukan penanaman, perhatikan pula kebersihan dari perlengkapan hingga pakaian yang Anda kenakan. Jangan lupa pula untuk membersihkan tangan menggunakan sabun. Nah, untuk mematikan bakteri sebaiknya semprotkan 70% alkohol pada tangan dan sumber kontaminasi lainnya.
    Media tanam yang digunakan untuk menanam jamur ini antara lain bekatul 10-15%, kaoput 1-2%, biji-bijian 1-5% serta serbuk kayu sebanyak 70%. Sebelum digunakan sebagai media tanam, pastikan untuk mensterilisasinya terlebih dulu. Setelah itu barulah baglog bisa ditanami.
  4. Perawatan
    Perawatannya bisa denga menyiramkan air menggunakan selang. Penyiraman dilakukan di bagian atap dan juga dasar lantai sehingga kelembaban bisa terjaga. Lakukan penyiraman rutin dua kali sehari menggunakan air bersih. Nah, jika suhu dan kelembaban udara sekitar menurun maka intensitas penyiraman bisa dilakukan lebih sering.
  5. Panen
    Panen jamur susu harimau bisa dilakukan kisaran 3-4 bulan. Ketika ini umumnya umbi sudah memiliki bentuk yang maksimal dan dalam kualitas terbaik pula. Nah, setelah dipanen nantinya baglog harus diganti atau diperbaharua dengan yang baru.

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat jamur susu harimau beserta cara budidayanya. Ingin mencoba membudidayakannya dirumah? Ikuti tahapan-tahapan diatas.

Cara pengolahan jamur susu harimau

Sebelum kita mengetahui cara pengolahannya, perlu diketahui dulu karakteristik terbaik dari bagian yang digunakan. Seperti yang dijelaskan diatas, bagian yang digunakan adalah bagian umbinya.

Umbi jamur yang berkualitas memiliki warna coklat diluarnya dengan warna krem dibagian dalamnya. Untuk bau dan rasanya tawar dan untuk efek sampingnya tidak diketemukan. Jadi mengonsumsi jamur ini aman bagi kesehatan.

Untuk pengolahan dari jamur susu harimau ini yakni dengan mengumpulkan dulu jamurnya lalu dicuci dengan air bersih. Keringkan bagian umbi atau akarnya lalu potong atau bisa juga diparut. Setelah itu jamur susu harimau siap digunakan sebagai obat.

Leave a Reply