Cara Mengusir Semut Paling Ampuh Agar Tidak Datang Lagi

Ada gula ada semut, pepatah lama yang mungkin sering kamu dengar. Apakah kamu pernah mengalami ada banyak semut yang mengerumuni bekas makanan / minuman yang tertinggal ? Namun dengan cara apakah kamu mengusirnya.

Cara mengusir semut dapat dilakukan tanpa membunuhnya. Karena dalam agama islam ada 4 jenis hewan yang dilarang untuk dibunuh. Lebah, Semut, Hud-hud, dan Suradi. Maka kali ini kita akan membahas pembahasan yang menarik yaitu Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi.

Cara Mengusir Semut Merah

Semut merah biasa mengerumuni sisa sisa makanan yang kamu tinggalkan atau berceceran. Apalagi jika makanan tersebut memiliki rasa manis. Sudah pasti semut beserta koloninya akan mengekspansi sisa makanan tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengusir semut merah secara alami. Bahan-bahannya pun sangat mudah kita jumpai disekitar kita. Berikut ini adalah bahan alami untuk mengusir semut :

1. Cara Mengusir Semut Dengan Daun Sirih

Daun sirih memiliki sejuta manfaat untuk kehidupan. Diantara manfaatnya ternyata dapat mengusir semut. Semut tidak menyukai aroma daun sirih, maka dari itu biasanya tidak ada semut yang berada di tanaman daun sirih.

Penggunaan daun sirih untuk mengusir semut sangat mudah. Pertama kamu dapat mengunyah / meremas daun sirih. Kunyah / remas hingga mengeluarkan aroma daun sirih. Kemudian kamu bisa mengusapkannya di area sekitar yang terdapat banyak semut.

2. Cara Mengusir Semut Dengan Bubuk Kopi

Bubuk kopi ternyata juga dapat digunakan untuk mengusir semut. Namun ingat gunakan bubuk kopi murni ( bukan yang sudah ada campuran gula ).

Untuk mengusir semut kamu hanya perlu menaburkan bubuk kopi disekitar yang mana terdapat banyak semut. Dengan begitu semut tidak akan melewati area yang ditaburi bubuk kopi. Cara ini sudah terbukti ampuh untuk menghindari semut mengerumuni makanan kamu.

Cara Mengusir Semut Hitam

Semut jenis ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Di indonesia semut hitam memiliki jumlah populasi terbesar. Ada yang berukuran kecil dan berukuran agak besar. Jumlahnya yang sangat benyak terkadang membuat kita kerepotan untuk mengusirnya.

Namun kin kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara mudah untuk mengusir semut hitam. berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengusir semut hitam.

1. Cara Mengusir Semut Menggunakan Cuka

Cuka memiliki rasa asam yang pekat, dan ini sangat tidak disukai oleh semut. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan cuka dengan air. Namun perlu diingat jangan menyemprotkannya langsung kepada semut.

Karena hal ini dapat menyebabkan kematian pada semut. Cara yang lebih bijak adalah dengan menyemprotkannya di meja makan dan mengusapnya dengan kain lap. Ini akan membuat semut tidak berani mendekati meja makan kamu.

2. Cara Mengusir Semut Dengan Garam

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya. Garam sangat tidak disukai oleh sebagian besar jenis serangga. Semut termasuk kedalam salah satu jenis serangga yang memiliki jumlah populasi terbesar dimuka bumi.

Cara mengusir semut dengan garam dapat dilakukan dengan cara mencampurkannya dengan air. Kemudian dapat kamu gunakan untuk mengepel lantai atau mengelap meja dan lain sebagainya. Dengan begini rumah kamu akan aman dari serangan koloni semut tanpa perlu membunuhnya.

Baca Juga : Cara Mengusir Nyamuk Paling Ampuh

Cara Mengusir Semut Menurut Islam

Dalam agama islam terdapat sebuah hadist yang melarang membunuh 4 jenis hewan, yaitu Semut, Lebah, Hudhud, dan Suradi ( hewan jenis burung pipit ).

Rasulullah saw melarang membunuh empat macam binatang yaitu: semut, lebah, burung hudhud, dan burung shurad (Sejenis burung pipit). ” – HR Ahmad dan Abu Daud.

Adapun hadist lain yang berkaitan antara lain :

“Dari Rasulullah saw. bahwa seekor seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi. Nabi tersebut lalu memerintahkan untuk mendatangi sarang semut dan membakarnya. Tetapi kemudian Allah menurunkan wahyu kepadanya: Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih.” – Shahih Muslim

Maka dari itu kita sebisa mungkin tidak membunuh semut hanya karena merasa terganggu karena makanan atau minuman kita dikerumuni oleh semut. Adapun cara mengusirnya dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu.

1. Mengusir Semut Dengan Ditiup

Jika kamu merasa makanan atau minuman yang lupa kamu habiskan mulai didekati oleh semut. Kamu bisa meniup niupkan kearah kumpulan semut. Maka dengan sendirinya semut akan meninggalkan makanan ataupun minuman tersebut.

2. Mengusir Semut Dengan Mengibas

Jika makanan atau minuman kamu sudah terlanjur dikerumuni oleh semut, langkah selanjutnya adalah dengan cara mengibas-ngibaskan. Namun usahakan saat mengibaskan tidak terlalu kencang agar tidak ada semut yang mati.

3. Mengusir Semut Dengan Perkataan

Ini bertujuan agar makanan atau minuman kamu tidak dikerumuni oleh semut. Sebaiknya kamu mengucapkan ” Hadza li Wakilil Qadhi ” yang artinya ” Ini adalah milik wakil hakim “ atau dengan mengucapkan Hadza li Rosulil Qadhi yang artinya ” Ini adalah milik utusan hakim “. Maka atas izin Allah semut tidak akan mendekati makanan atau minuman kamu.

Cara Mengusir Semut di Mobil

Terkadang didalalam kendaraan kamu terdapat banyak semut. Hal ini terjadi karena mungkin kamu atau orang lain meninggalkan / menjatuhkan sisa makanan didalam mobil. Cara mengusir semut dalam mobil bisa kamu lakukan dengan cara.

  1. Selalu menjaga kebersihan mobil / kendaraan kamu
  2. Hindari makan / minum didalam kendaraan agar bekas makanan tidak bercecer
  3. Gunakan larutan air garam untuk membersihkan karpet mobil
  4. Gunakan Wewangian didalam mobil

Menjaga kebersihan kendaraan adalah sangat penting untuk kamu, tujuanya agar semut tidak bersarang didalam mobil. Karena akan sulit mengusir semut didalam kendaraan jika sudah terlanjur bersarang dan berkembang biak.

Baca Juga : Cara Mengusir Tikus Paling Ampuh

Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Cabe

Pernahkah mau mengalami terdapat banyak semut pada pot tanaman kamu ? . Semut sangat suka bersarang di tanah dan pot tanaman menjadi sarang yang disukai oleh koloni semut. Tidak hanya cabe, tanaman lainnya pun dapat diserang oleh semut.

Agar tanaman kamu terhindar dari semut, kamu dapat melakukan beberapa hal dibawah ini.

1. Cara Mengusir Semut Dengan Bubuk Kayu Manis

Kamu dapat menaburkan bubuk kayu manis di tanaman kamu. Semut tidak menyukai aroma bubuk kayu manis sehingga tanaman yang kamu tanam akan terhindar dari serangan koloni semut. Perlu diingat jangan terlalu banyak menaburkan bubuk kayu manis agar tidak mengganggu tanaman.

2. Cara Mengusir Semut Dengan Permen Karet

Jika kamu suka mengkonsumsi permen karet. Jangan buang sisa permen karet tersebut, karena kamu dapat memanfaatkannya untuk mengusir semut pada tanaman. Caranya adalah dengan menaruh sisa permen karet ke area pot tanaman. Permen karet yang dapat digunakan untuk mengusir semut adalah permen karet yang memiliki kandungan rasa mint.

3. Cara Mengusir Semut Dengan Baking Soda

Semut merupakan hewan teritorial. Dengan menggunakan baking soda, kamu dapat mengecoh semut dengan aromanya. Sehingga semut menganggap area yang ditaburi baking soda tersebut telah dikuasai oleh koloni lainya. Dan semut pun tidak akan berani mendekati area tersebut.

Baca Juga : Kumpulan Cara Mengusir Hama Lainnya Dengan Mudah

 

Leave a Reply

privacy policy