Cara Membuat Suara Merdu dan Bagus Dalam Waktu 1 Minggu

Bernyanyi adalah salah satu kegiatan yang paling banyak disukai oleh banyak orang. Selain sebagai hiburan bernyanyi juga dipercaya dapat membantu kamu untuk mengurangi tingkat stres akibat aktivitas sehari hari. Bernyanyi juga dapat meningkatkan mood kamu jika kamu sedang tidak bersemangat.

Dalam bernyanyi tentunya kita akan mengeluarkan suara dan lantunan nada. Setiap orang memiliki suara yang berbeda beda, ada yang melengking, serak, dan lain sebagainya. Biasanya para penyanyi ternama memiliki suara yang merdu dan khas.

Kamu juga bisa membuat suara kamu merdu dan bagus agar saat menyanyi orang lain akan suka mendengarnya. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat suara kamu merdu, mulai dari les vokal ataupun dengan latihan dan menyesuaikan jenis lagu yang cocok untuk suara kamu. Berikut ini adalah tips untuk mebuat suara kamu merdu dan bagus dalam waktu satu minggu.

1. Cara Membuat Suara Merdu Dengan Rajin Meminum Air Putih

cara membuat suara merdu dengan banyak meminum air putih

Siapa sangka dengan memperbanyak minum air putih dapat membantu membuat suara kita menjadi merdu. Hal ini disebabkan karena meminum cukup air putih setiap harinya akan membantu kamu memperbaiki fungsi dari semua organ tubuh. Jadi dengan kamu meminum setidaknya 8 gelas air setiap harinya , fungsi organ untuk mengeluarkan suara akan lebih sehat. Dan hasilnya suara kamu akan lebih merdu dan bagus.

Rutinlah meminum air putih minimal 8 gelas setiap harinya karena hal ini juga dapat menyehatkan tubuh kamu. Meminum air putih juga dipercaya dapat mencerahkan kulit kamu dan mencegah dari masalah dehidrasi akibat kekurangan cairan dalam tubuh.

BACA  Cara Membuat Suara Serak Basah Secara Alami

2. Cara Membuat Suara Merdu Dengan Meminum Air Jahe

cara membuat suara merdu dengan minum air jahe

Selain sebaga minuman yang dapat menghangatkan tubuh kamu, jahe juga dapat membuat suara kamu menjadi bagus dan merdu. Sebenarnya sudah bukan menjadi rahasia umum bagi para penyanyi akan khasiat jahe ini. Biasanya mereka meminum air jahe sebelum tampil bernyanyi.

Hal ini untuk membantu membersihkan tenggorokan kamu sehingga suara yang dihasilkan akan lebih bersih. Kamu dapat membuat air jahe sendiri dirumah ataupun membeli kemasan yang telah siap untuk diseduh. Jika kamu ingin membuatnya sendiri, maka kamu perlu memarut jahe dan mencampurkannya dengan air panas. Kamu juga dapat menambahkan madu untuk membuat rasanya menjadi lebih nikmat untuk diminum.

Air jahe dipercaya mampu memperlancar saluran pernafasan , sehingga sangat baik apabila diminum untuk meningkatkan kualitas suara kamu agar lebih merdu dan enak untuk didengar. Minumlah air jahe secara rutin pada pagi dan malam hari sebelum kamu tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Cara Membuat Suara Merdu Dengan Meminum Air Kencur

cara membuat suara merdu dengan meminum air kencur

Selain jahe ada lagi bahan herbal lainnya yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan suara yang merdu dan bagus. Kencur sudah sejak jaman dahulu kala digunakan untuk pengobatan seperti radang tenggorokan dan batuk. Hal ini didasari oleh manfaat kencur yang mampu untuk menghilangkan lendir yang banyak terdapat pada saluran pernafasan. Tentunya hal ini sangat baik untuk kamu yang ingin mendapatkan suara yang bagus.

Selain itu kencur juga merupakan bahan alami yang aman untuk dikonsumsi segala jenis usia dan tidak menyebabkan efek samping. Juga mendapatkan dan membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu merebusnya atau kamu dapat langsung membeli air kencur di tukang jamu keliling maupun membeli yang sudah siap diseduh dalam kemasan sachet.

BACA  Cara Membuat Suara Serak Basah Secara Alami

4. Cara Membuat Suara Merdu Dengan Melatih Pernapasan

cara membuat suara merdu dengan latihan pernafasan

Mengatur pernapasan merupakan unsur terpenting dalam bernyanyi. Teknik pernapasan juga merupakan materi yang sering dipelajari jika kamu mengikuti kursus vokal. Seorang penyanyi yang ahli dalam mengatur pernapasan akan mampu menyanyikan berbagai nada baik itu nada yang sangat tinggi maupun nada rendah.

Sering kali permasalah bernyanyi bagi pemula seperti kita adalah kehabisa suara saat melakukan nada tinggi. Hal ini terjadi karena kita kurang melatih pernapasan kita sehingga suara yang dihasilkan menjadi fals. Namun kamu tidak perlu khawatir lagi. Kini kamu dapat melatih pernapasan sendiri dirumah, berikut ini adalah caranya.

  1. Duduk dengan posisi bersila, juga tegakkan posisi punggung kamu. Usahakan juga agar posisi kamu relax
  2. Tarik nafas panjang dan alirkan pada bagian perut kamu
  3. Tahan pada bagian perut selama kurang lebih 10 detik untuk melatih pernafasan perut
  4. Keluarkan nafas secara perlahan melalu mulut
  5. Lakukanlah secara rutin pada pagi hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Untuk melatih pernafasan dada cranya juga sama seperti diatas. Hanya saja perbedaanya adalah kamu menahan nafas kamu pada bagian dada, sehingga membuka diafragma kamu. Dengan rutin melakukan latihan pernafasan kamu akan mampu untuk bernyanyi dengan lebih bagus.

5. Cara Membuat Suara Merdu Dengan Latihan Teknik Bernyanyi

cara membuat suara merdu dengan belajar teknik bernyanyi

Selanjutnya tips untuk membuat suara kamu menjadi lebih merdu adala latihan teknik bernyanyi. Teknik bernyanyi sangat penting untuk dipelajari jika kamu ingin menjadi penyanyi atau setidaknya kamu ingin membuat suara kamu enak untuk didengarkan saat bernyanyi.

Sebenarnya sangat banyak teknik bernyanyi yang perlu kamu pelajari apabila kamu ingin menjadi penyanyi profesional. Namun kali ini kita akan membahas dasarnya saja karena pembahasan akan sangat panjang apabila kita membahas seluruhnya.

BACA  Cara Membuat Suara Serak Basah Secara Alami

Teknik dasar bernyanyi meliputi pernapasan, posisi tubuh, dan juga cara membuka mulut. Pernapasan penting untuk kamu melatihnya agar kamu dapat mengatur tinggi rendahnya suara. Sementara posisi tubuh dapat membantu kamu untuk memaksimalkan suara yang kamu keluarkan. Sedangkan cara membuka mulut berguna untuk artikulasi suara agar terdengar lebih jelas.

Saat ini kamu dapat dengan mudah mempelajari teknik bernyanyi melalu platform seperti youtube. Kamu juga bisa mempelajarinya dari penyanyi favorit kamu pada saat ia tengah bernyanyi. Dengan rutin melatih teknik bernyanyi maka kemampuan bernyanyi kamu akan jauh lebih baik dan suara kamu akan lebih enak untuk didengar.

6. Cara Membuat Suara Merdu Dengan Melakukan Pola Hidup Sehat

cara membuat suara merdu dengan pola hidup sehat

Dan tips yang terakhir untuk membuat suara kamu merdu adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Selain sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu. Pola hidup sehat juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan suara yang bagus.

Sebisa mungkin kamu harus menghindari memakan terlalu banyak makanan berminyak maupun manis. Kamu juga perlu menghindari rokok karena selain tidak sehat rokok juga dapat membuat tenggorokan kamu menjadi tidak optimal, sehingga mempengaruhi suara yang kamu hasilkan.

Kamu juga perlu untuk rutin melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh kamu. Hal ini penting apabila kamu ingin memiliki suara yang bagus saat bernyanyi. Tubuh yang bugar akan menghasilkan suara yang maksimal, dan apabila ditambah dengan teknik bernyanyi yang baik maka suara kamu akan menjadi sempurna.

Sekian artikel menganai cara membuat suara merdu dan bagus kali ini, jika kamu memiliki pertanyaan seputar pembahasan kali ini kamu dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah.

Leave a Reply