Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Alis Secara Alami

Cara Membuat Minyak Kemiri – Pernahkah Anda mendengar yang namanya minyak kemiri? Salah satu jenis minyak yang dibuat dari rempah Indonesia ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Tidak mengherankan jika minyak kemiri kini banyak sekali didapatkan di beberapa toko dan Andapun bisa membelinya dengan harga tertentu. Namun, tidak semua minyak kemiri yang dipasarkan 100% asli dan untuk mengantisipasinya, Anda bisa menerapkan cara membuat minyak kemiri sendiri.

Dikenal dengan nama latin Aleurites Mollucana, kemiri juga sering digunakan sebagai bumbu dapur. Popularitas kemiri sebagai rempah – rempah juga telah terdengar hingga ke mancanegara dengan dikenalnya kemiri sebagai walnut (India) atau candleberry.

Uniknya lagi, tanaman kemiri ini dijadikan sebagai tanaman resmi bagi masyarakat Hawaii. Terlepas dari itu semua, Anda yang ingin mendapatkan manfaat kemiri bisa mencoba menerapkan cara membuat minyak kemiri berikut ini.

Kandungan apa saja yang terdapat dalam minyak kemiri?

minyak kemiri untuk jambang

minyak kemiri untuk jambang

Mengingat manfaat minyak kemiri yang sangat besar bagi tubuh atas pemakaian luar, tentunya Anda juga harus tahu kandungan apa yang terdapat di dalamnya. Terlepas dari cara membuat minyak kemiri, minyak kemiri ini sendiri memiliki kandungan yang diantaranya adalah magnesium, kalsium, kalium serta fosfor. Keseluruhan kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan rambut.

Selain itu, minyak kemiri juga sangat kaya akan kandungan asam aminonya yang akan membantu dalam mendukung perkembangan jaringan tubuh yang dalam hal ini adalah protein dan juga antibody. Adanya kandungan asam amino inilah yang menjadikan masakan akan bertambah lezat ketika dibubuhi kemiri ke dalamnya. Tidak hanya itu saja, tanpa mengabaikan cara membuat minyak kemiri, kemiri itu sendiri mengandung 50% minyak yang bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Selengkapnya: Harga Minyak Kemiri Kualitas Ekspor

Bagaimana cara membuat minyak kemiri yang benar?

Terkait dengan manfaat yang sangat banyak, minyak kemiri ternyata bisa dibuat dengan cara yang beragam. Anda yang notabene pengguna minyak kemiri untuk keperluan perawatan rambut ini bisa mencoba untuk menerapkan cara membuat minyak kemiri. Jika Anda memang berniat membuat minyak ini, Anda bisa merujuk pada beberapa cara yang tersebut di bawah ini.

Video cara membuat minyak kemiri untuk rambut, alis dan jenggot

Cara membuat minyak kemiri dengan dibakar

minyak kemiri untuk mempertebal alis

minyak kemiri untuk mempertebal alis

Salah satu metode untuk mendapatkan minyak kemiri bisa Anda lakukan dengan cara membakar kemiri tersebut. bisa dibilang cara ini sangatlah simple dan mudah untuk dilakukan. Sayangnya, cara membuat minyak kemiri dengan teknik ini membuat minyak yang dihasilkan sedikit kehitaman. Namun hal ini tidak mengurangi khasiat minyak yang bersangkutan seperti halnya menumbuhkan jambang, kumis hingga rambut.

Alat dan Bahan

  • Biji kemiri
  • Blender
  • Alat pembakar kemiri

Cara membuat minyak kemiri dengan metode bakar

  1. Persiapkan biji kemiri secukupnya untuk kemudian dibakar
  2. Bakar kemiri hingga warnanya berubah menjadi gosong
  3. Masukkan kemiri tersebut pada blender dan haluskan hingga keluar minyak kemiri
  4. Keluarkan kemiri yang telah diblender dan tempatkan pada wadah terpisah
  5. Kini minyak kemiri bisa Anda gunakan sebagai perawatan

Penerapan cara membuat minyak kemiri dengan cara dibakar akan menurunkan resiko alergi pada penggunaannya. Selain itu, nutrisi yang terdapat di dalamnya bisa lebih berkhasiat untuk berbagai keperluan kesehatan.

Di lain sisi, produk inipun juga akan lebih tahan lama ketika ditempatkan di tempat terbuka sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jangka panjang. Jadi, jika Anda bingung dengan minyak kemiri, cobalah teknik bakar yang satu ini demi kesehatan rambut Anda.

Cara membuat minyak kemiri dengan metode perasan

minyak kemiri untuk jenggot

minyak kemiri untuk jenggot

Selain dengan menggunakan metode bakar, Anda yang ingin mencoba untuk cara membuat minyak kemiri ini bisa dengan menerapkan metode perasan. Maka Anda akan mendapatkan minyak kemiri yang juga berkualitas serta sangat cocok untuk kesehatan luar.

Alat dan Bahan

  • Biji kemiri
  • Blender
  • Air
  • Wadah
  • Kain sarung
  • Kompor dan wajan

Cara membuat minyak kemiri dengan perasan

  1. Siapkan semua biji kemiri sesuai dengan yang Anda butuhkan
  2. Parut atau blender kemiri tersebut hingga halus
  3. Tambahkan air ke dalam kemiri yang telah dihaluskan tersebut secara bertahap
  4. Peras sari kemiri dengan menggunakan kain sarung dan tempatkan pada wadah tersendiri
  5. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga air yang diperas berubah menjadi bening
  6. Masukkan sari kemiri tersebut pada wadah yang tidak tembus sinar matahari dan simpan selama kurang lebih 24 jam
  7. Keesokan harinya, panaskan sari kemiri tersebut hingga minyak kemiri akan keluar dengan sendirinya
  8. Ambil minyak kemiri tersebut dan pisahkan dari air yang ada
  9. Minyak kemiri akan siap untuk digunakan

Penerapan cara membuat minyak kemiri dengan metode peras ini akan menjadikan Anda mendapatkan minyak kemiri yang lebih bersih. Tentunya, hal ini tidak akan mengotori rambut di saat digunakan pada kulit kepala.

Disamping itu, minyak kemiri yang dibuat dengan penyaringan ini akan menjadikan aromanya lebih wangi. Sayangnya, minyak kemiri ini sangatlah sedikit dan untuk memakainya, Anda perlu mencampurkannya dengan minyak zaitun, agan ataupun minyak lainnya.

Cara membuat minyak kemiri dengan metode sangrai

minyak kemiri untuk rambut rontok

minyak kemiri untuk rambut rontok

Selain dua metode di atas, cara membuat minyak kemiri bisa dilakukan dengan menerapkan metode sangrai. Metode ini tentunya juga bisa Anda lakukan dengan mempersiapkan segala bahan dan peralatannya.

Tentunya, dengan menerapkan metode ini, Andapun tidak perlu menggorengnya dengan minyak. Hanya membiarkannya sampai berubah warna dan menghasilkan aroma yang harum, kemiri tersebut siap untuk diolah lebih lanjut.

Alat dan Bahan

  • Air
  • Biji kemiri
  • Blender
  • Kompor dan wajan

Cara membuat minyak kemiri dengan sangrai

  1. Masukkan biji kemiri ke dalam penggorengan dan sangrai hingga tercium aroma yang sangat wangi. Biarkan sampai dingin
  2. Blender atau tumbuk kemiri yang telah disangrai tersebut hingga semuanya benar – benar halus
  3. Tambahkan air pada kemiri yang telah halus secara perlahan dan aduk hingga rata
  4. Saring kemiri tersebut dan tempatkan pada wadah terpisah dan tertutup untuk disimpan
  5. Minyak kemiri siap untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya

Minyak kemiri yang dibuat dengan menerapkan cara membuat minyak kemiri melalui sangrai ini akan memberikan manfaat luar biasa bagi Anda. Dalam hal ini, minyak yang dihasilkan juga sangat berkualitas dan memiliki manfaat sama dengan minyak kemiri yang dibuat melalui teknik serupa. Bahkan, dengan memilih cara pemprosesan dengan sangrai, menjadikan minyak juga lebih bersih bebas dari kotoran saat digunakan.

Produk minyak kemiri yang dibuat dengan beberapa cara membuat minyak kemiri yang tersebut di atas memiliki berbagai manfaat yang sangat luar biasa. Selain membantu dalam menghitamkan rambut, ternyata minyak kemiri juga bisa membuat rambut uban Anda tergantikan dengan rambut yang hitam. Tentunya, hal ini bisa diwujudkan dengan menggunakan minyak tersebut setiap hari hingga ada perubahan yang didapatkan.

Leave a Reply

privacy policy