20 Cara Mengusir Tikus Paling Ampuh

Mengusir tikus dapat dilakukan dengan bermacam cara. Dengan membuat jebakan, memberikan racun, atau dengan cara alami. Selain keberadaannya yang sangat mengganggu, tikus juga membawa banyak penyakit.

Sebenarnya kamu dapat mengusir tikus di rumahmu dengan mudah. Beberapa cara mengusir tikus dibawah ini dapat kamu praktekan dirumah.

Cara Mengusir Tikus Curut

Tikus curut terkenal dengan bunyinya dan aromanya yang sangat mengganggu. Tikus curut biasanya menggerogoti kayu di lemari atau ditempat lainnya.

Cara mengusir tikus curut yang paling ampuh adalah dengan menggunakan kapur barus / kamper.

Kamu perlu menumbuk kapur barus hingga menjadi bubuk halus. Kemudian kamu sebarkan pada tempat yang biasa dilalui oleh tikus curut.

Dengan aroma kapur barus yang sangat tidak disukai oleh tikus curut. Maka dengan sendirinya tikus curut tidak akan pernah kembali lagi dan mengganggumu.

Cara Mengusir Tikus Dengan Cuka

Mengusir tikus dengan cuka juga bisa kamu coba dirumah. Cuka terbukti ampuh untuk mengusir tikus dari rumah. Caranya sangat mudah, kamu perlu menyiapkan beberapa hal seperti :

  1. Cuka
  2. Bola Kapas
  3. Sarung tangan

Gunakan sarung tangan agar tidak terjadi iritasi pada kulit kamu. Tuangkan cuka secukupnya pada bola kapas. Kemudian letakkan pada tiap-tiap sudut rumah atau tempat yang biasa dilalui oleh tikus.

Cara Tradisional Mengusir Tikus

Cara mengusir tikus secara tradisional dilakukan dengan menggunakan jebakan tikus. Kamu dapat membuat jebakan dengan lem tikus / racun tikus.

Pertama-tama kamu siapkan wadah untuk menjebak tikus. Bisa berupa potongan kayu / wadah plastik.

Jika kamu memilih untuk menggunakan racun tikus. Kamu hanya perlu mencampurkan makanan sisa dengan racun tikus. Makanan sisa yang disukai oleh tikus adalah ikan asin.

Kamu juga bisa menggunakan lem tikus. Dengan cara tuangkan lem kedalam wadah yang telah kamu sediakan. Kemudian letakan makanan sisa ke atasnya.

Kamu bisa meletakan kedua jebakan tadi ditempat yang biasa dilalui oleh tikus. Kamu hanya tinggal menunggu tikus terjebak kedalam jebakan kamu.

Cara Mengusir Tikus Dengan Kulit Telur

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan kulit telur. Kulit telur memiliki banyak manfaat. Selain sebagai pupuk organik ternyata kulit telur juga dapat digunakan untuk mengusir hama.

Tikus merupakan salah satu hama yang paling merepotkan. Namun kali ini kamu bisa mengusirnya dengan menggunakan kulit telur yang sangat mudah didapatkan.

  • Pertama-tama jemur kulit telur hingga kering
  • Setelah kering kamu bisa menumbuknya hingga menjadi bubuk yang halus
  • Setelah itu kamu hanya perlu menaburkan bubuk kulit telur ketempat dimana biasa dilewati oleh tikus

Selain untuk mengusir tikus kulit telur juga dapat mengusir hama lainnya. Seperti kecoa, belalang, dan lain sebagainya.

Cara Mengusir Tikus di Sawah

Hama tikus sering menyebabkan petani mengalami gagal panen. Tikus dapat berkembang biak lebih cepat apabila tidak segera ditangani.

Untuk mengusir tikus di area persawahan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Menggunakan Burung Hantu

Burung hantu merupakan predator yang sangat ampuh untuk mengusir tikus di area persawahan. Burung hantu memiliki kemampuan berburu yang sangat baik.

Burung hantu dapat membunuh 8 ekor tikus setiap malamnya. Ini terbukti ampuh untuk mengurangi perkembang biakan tikus. Petani biasanya melepaskan burung hantu dimalam hari untuk memburu tikus yang berada di area persawahan mereka.

2. Menggunakan TBS ( trap barier system )

Penggunaan TBS dapat dilakukan untuk pengendalian hama tikus. Pengendalian perkembang biakan tikus harus dilakukan sedini mungkin oleh petani.

TBS berfungsi sebagai perangkap untuk tikus dan ditempatkan di daerah rawan hama tikus. TBS memerlukan area seluas 20 meter x 20 meter untuk mengamankan area seluas 15 hektar.

3. Menggunakan LTBS ( linear trap barier system )

LTBS merupakan pagar yang terbuat dari plastik ataupun terpal dengan tinggi 60 – 70 cm yang dipasang mengelilingi area persawahan.

Ini bertujuan untuk membatasi penyebaran hama tikus dari luar area persawahan.

4. Menggunakan Batang Dengan Duri Tajam

Tumbuhan yang memiliki duri ajam dapat digunakan untuk mengusir tikus disawah. Caranya kamu dapat memotong pelepah salak dan meletakkanya di area persawahan.

Dengan begitu tikus yang terkena durinya akan terluka dan mati. Ini juga dapat menghambat perkembang biakan tikus disawah.

Cara Mengusir Tikus Got

Cara mengusir tikus got yang paling ampuh adalah dengan menggunakan minyak mint. Tikus got sangat membenci aroma mint karena dapat menggangu indra penciumannya.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak minta pada selembar kertas karton. Kemudian kamu bisa meletakannya di tempat yang biasa dilalui oleh tikus.

Kamu juga sebenarnya bisa menggunakan racun tikus. Namun tikus yang diracun seringkali mati ditempat-tempat yang tersembunyi. Hingga setelah menjadi bangkai aromanya akan sangat mengganggu kamu.

Menggunakan jebakan tikus juga tidak efektif karena ukuran tikus got yang besar.

Cara Mengusir Tikus Secara Alami

Banyak cara alami yang dapat digunakan untuk mengusir tikus. Cara mengusir tikus secara alami diantaranya sebagai berikut :

1. Memelihara Jangkrik

Tikus sangat tidak menyukai suara jangkrik yang berisik. Dengan kamu menaruh jangkrik di dapur atau di tempat yang biasa dilewati oleh tikus. Maka tidak akan ada lagi tikus yang berani untuk keluar.

2. Memelihara Kucing

Kucing merupakan musuh alami bagi tikus. Namun kamu perlu cermat dalam memilih kucing yang dapat memburu tikus. Karena ada juga kucing yang pemalas dan membiarkan saja tikus berlalu lalang.

3. Menggunakan Buah Mengkudu

Aroma menyengat dari buah mengkudu sangat tidak disukai oleh tikus. Kamu bisa menyiapkan 2 – 3 buah mengkudu, kemudian dipotong dan letakan di jalur yang biasa dilalui oleh tikus.

4. Menggunakan Kulit Buah Durian

Durian selain buahnya yang enak dimakan , ternyata kulitnya bisa juga kamu manfaatkan untuk mengusir tikus. Dengan cara menaruh kulit durian di tempat tikus sering muncul.

5. Menggunakan Buah Simpalak

Buah simpalak dapat menghasilkan racun untuk melemahkan tikus. Aromanya juga dapat membuat tikus tidak berani untuk muncul kembali. Caranya kamu hanya tinggal meletakkan buah simpalak ditempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus.

Cara Mengusir Tikus di Mobil

Seringkali tikus menggerogoti kabel yang ada pada kendaraan. Hal ini dapat menyebabkan terganggunya performa kendaraan kamu.

Cara yang paling ampuh untuk mengusir tikus di mobil yaitu dengan menggunakan kapur barus. Haluskan kapur barus hingga menjadi bubuk. Kemudian sebarkan di bagian kolong mesin dan juga di bagian elektrikal.

Bagian elektrikal adalah bagian penting yang harus kamu lindungi dari ancaman tikus. Karena jika digerogoti oleh tikus, mobil kamu akan mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan.

Banyak cara untuk mengusir tikus. Namun yang lebih penting adalah , selalu jaga kebersihan tempat tinggalmu. Karena tikus sangat menyukai tempat-tempat yang kotor.

Mulai saat ini biasakanlah membersihkan sisa-sisa makanan dan kotoran. Sehingga tidak menjadi makanan bagi tikus dan membuatnya betah dirumah kamu.

Leave a Reply

privacy policy