Share

Luar Biasa! Acara Panggung Gembira Gontor yang Menggemparkan Dunia, Ternyata Hasil Karya Anak Remaja

Panggung gembira gontor merupakan acara yang paling dinantikan oleh seluruh santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (PMDG). Acara yang hanya berlangsung beberapa jam ini dapat menyita perhatian para penonton. Bahkan bukan hanya saja santri, wali santri dan para tamu undangan yang dibuat tercengang, seluruh dunia pun dibuat tercengang.

Bagaimana tidak, anak setingkat SMA kelas 3 (tiga) dapat membuat acara yang sangat dahsyat dan spektakuler. Sampai-sampai ketika orang luar negeri tahu bahwa ini adalah karya anak remaja yang baru berusia rata-rata 18 tahun, mereka tercengang sambil berkata “kok bisa?”.

Ini dia beberapa acara panggung gembira gontor terdahsyat dan terspektakuler dari tahun ke tahun.

1. Panggung Gembira Maziero Razienera

panggung gembira gontor 681

panggung gembira gontor 681

Maziero Razienera adalah nama marhalah 2007, alumni Pondok Modern Darussalam Gontor angkatan ke-81. Biasa juga dikenal 681 atau 62007. Walau terdengar sangat asing, nama tersebut memiliki makna yang sangat dalam.

Maziero Razienera tersebut bermakna marhalah pertama yang lahir di awal usia 80 tahun kedua Pondok Modern Darussalam Gontor; memiliki jalinan persaudaraan dengan memperjuangkan misi ‘khairul ummah’ atau menjadi umat terbaik, demi menegakkan syariat Allah dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. (maziero681.com)

2. Panggung Gembira Forza Vilhadervia

panggung gembira gontor 682

panggung gembira gontor 682

Forza Vilhadervia yang artinya “kami para siswa akhir KMI 2008 ketika telah lulus membawa misi bersama yaitu mewarnai dunia. Dengan peradaban Gontor kami warnai dunia.”

Panggung Gembira 682 diadakan di Pondok Gontor pada tanggal 6 desember 2007. Acara ini berlangsung amat meriah. PG pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada halhal yang baru misalnya: symphony 682, Candi (Canda Islami) yang diselingi dengan film nagabonar jadi 2, Tari Nusantara yang tidak terputus, Tari Aceh Terpanjang, dan lain sebagainya. (blackforza2008.blogspot.co.id)

3. Panggung Gembira Paragon Generation

panggung gembira gontor 683

panggung gembira gontor 683

Paragon Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2009. Sesuai dengan namanya paragon yang artinya suri teladan, oleh karena itu diharapkan dapat menjadi suri teladan yang baik ditengah-tengah merosotnya moral dan akhlak.

Panggung gembira paragon generation sungguh mempesona dengan background panggung yang berwarna hijau dan taman basatin yang indah, membuat suasana panggung terasa natural.

4. Panggung Gembira Prime Generation

panggung gembira gontor 684

panggung gembira gontor 684

Prime Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2010. Nama ini diberikan oleh KH, Hasan Abdullah Sahal (pimpinan/pengasuh PMDG) kepada siswa akhir KMI 2010, yakni Prime Generation. Secara harfiah, Prime berarti prima. Prima Berarti Sempurna, mumtaz, excellent. Prima berarti bisa menjadi qudwah. Prima berarti baik, benar dan menjadi panutan. Menjadikan sebuah harapan besar yang diembankan diatas pundak para alumni 2010 kelak, agar menjadi alumni yang benar-benar prima, untuk menelurkan kader-kader ummat yang berjuang demi kejayaan bangsa. (generasiprima.blogspot.co.id)

Panggung gembira marhalah ini memiliki banyak gebrakan-gebrakan baru, terutama dari desain panggung. Penampilan panggung gembira yang outdoor dibuat seakan-akan indoor. Maka tidak heran kalau panggung gembira 684 ini banyak membutuhkan triplek dan biaya yang cukup “wow”. Meski demikian penampilan yang disuguhkan membuat penonton takjub hingga menimbulkan efek “wow”.

Ingin anak Anda sukses dunia akhirat! Ini resepnya, Doa Anak Sholeh.

Ini salah satu menu acaranya, TARKOM (Tari Kombinasi) dengan nama JIVE STEP JUNTAS.

5. Panggung Gembira Idealist Leaders Generation

panggung gembira gontor 685

panggung gembira gontor 685

Idealist Leaders Generation adalah nama marhalah dari santri Pondok Modern Darussalam Gontor alumni tahun 2011 di umur Pondok yang ke-85 tahun.

Idealist Leaders adalah penggabungan dari 2 kata yaitu Idealist dan Leaders. Idealist sendiri diambil artinya ideal. Sedangkan Leaders artinya pemimpin, artinya adalah diharapkan Generasi ini akan mencetak pemimpin yang ideal yang mempunyai kriteria kreatif, berkualitas, semangat, ukhuwah di segala aspek dan tempat yang mereka pijaki. (idealistleaders685.wordpress.com)

6. Panggung Gembira Pioneer Generation

panggung gembira gontor 686

panggung gembira gontor 686

Pioneer Generation adalah identitas sebuah marhalah ini sendiri. Dengan adanya nama marhalah ini, alumni KMI tahun 2012 dapat dengan bangganya membawa identitas mereka sebagai alumni seusai menamatkan pendidikan mereka dari Kampung Damai. Dan Pioneer Generation sendiri mengandung makna sang pelopor, perintis dan pencetus. Dengan harapan marhalah ini menjadi generasi yang mempelopori peradaban dunia dengan semua dinamika pergerakannya, menjadi pelopor hal-hal yang bisa dijadikan teladan bagi generasi selanjutnya. (pioneer686web.blogspot.co.id)

7. Panggung Gembira Dynamic Generation

panggung gembira gontor 687

panggung gembira gontor 687

Dynamic Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2013. Sesuai dengan namanya dynamic yang artinya dinamis, oleh karena itu diharapkan dapat menjadi penggerak yang mampu menggerakkan umat menuju khoirul ummah.

Panggung Gembira 687 yang diselenggarakan pada 18 Oktober 2012 ini mampu menyita perhatian para penonton dengan penampilan-penampilannya yang spektakuler.

8. Panggung Gembira Smart Generation

panggung gembira gontor 688

panggung gembira gontor 688

Smart Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2014. Smart bukan berarti cerdas saja. Kata “smart” identik dengan kata pujian bagi mereka yang berhasil dan meraih prestasi, baik akademis maupun non-akademis. Karena sifat kuat, sabar, tabah dan tegak merupakan kunci utama dalam meraih prestasi dan dari prestasi itulah akan lahir Smart! (kwsepuluh.blogspot.co.id)

Penampilan pantomim Smart Generation. Keren, Guookil Jiddan Pe’ 😀

Baca juga:

9. Panggung Gembira Prestigious Generation

panggung gembira gontor 689

panggung gembira gontor 689

Prestigious Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2015. Sesuai dengan nama marhalahnya panggung gembira 689 sangat bergengsi. Panggung gembira 689 diselenggarakan pada 25 September 2015 yang diikuti oleh 739 orang santri kelas 6 KMI, 350 orang santri kelas 1–4 dan melibatkan kurang lebih 85 orang guru KMI. Perhelatan yang berlangsung selama 4 jam 36 menit.

Dua hal besar yang berbeda pada perhelatan akbar kali ini. Pertama, seluruh background panggung terbuat dari styrofoam. Kedua, posisi panggung menhadap ke arah Barat dan tidak lagi menghadap ke selatan. (gontor.ac.id)

10. Panggung Gembira Identity Generation

panggung gembira gontor 690

panggung gembira gontor 690

Identity Generation adalah marhalah siswa KMI 2016. Panggung gembira 690 digelar pada Sabtu, 12 September 2015 lalu. Dengan mengusung tema “Gontor Mendidik Bangsa, Membangun Peradaban Dunia," seluruh siswa Kelas 6 “Identity Generation" menampilkan hampir 47 penampilan dalam sebuah panggung yang dimulai pukul 19.30 WIB hingga 00.15 WIB.

Panggung Gembira kali ini mengusung 5 acara inti. Kelima acara yang bersifat drama tersebut adalah ‘Ketika Arjuna Bertasbih’ (Wayang), ‘Alangkah Lucunya Negeri Bento’ (Opera), ‘Guru Bangsa, HOS Cokroaminoto’ (Drama Tragedi), ‘Goku Goes to Campus’ (Masquerade), dan Surga Satu Menara (Kolaborasi Drama Panggung dan Drama Visual).

Panggung Gembira kali ini menyajikan bermacam hal-hal baru. Diantaranya, penggunaan drone, pelepasan thousand ballons, penggunaan jas marhalah, menyanyikan lagu Hymne oh Pondokku, penggunaan panggung hydraulic, pengadaan ‘orang terbang’, penggunaan taman yang dapat berubah bentuk tulisan, pengadaan novel “Surga Satu Menara", dan gebrakan-gebrakan lainnya. Dan, untuk pertama kalinya dalam sejarah penilaian Panggung Gembira, yaitu seluruh Anggota Badan Wakaf dan Ketua Lembaga Pondok Modern Darussalam diberi kesempatan untuk memberi apresiasi dan nilai untuk Panggung Gembira malam tersebut. (gontor.ac.id)

Penampilan Tari Aceh – Identity Generation. Kompak, Serempak, yo pokoe undzur faqot lah 😀

11. Darussalam All Stars Show 90 th Gontor

darussalam all stars show

darussalam all stars show

Pagelaran seni Darussalam All Stars Show (DASS) telah berlangsung dengan sangat apik dan menarik. DASS merupakan acara paling spektakuler dan paling ditunggu-tunggu dari rentetan acara peringatan 90 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor.

Pagelaran seni DASS agak sedikit berbeda dengan Panggung Gembira (PG). DASS merupakan hasil kaya kolaborasi antara keterampilan santri dan kreativitas para guru. Adanya acara ini untuk memperingati Milad Gontor, sedangkan Panggung Gembira merupakan puncak acara Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy.

Melalui DASS ini terselip misi untuk “mengestafetkan nilai-nilai perjuangan untuk kemuliaan ummat dan bangsa”. Sang pimpinan pondok modern Darussalam Gontor,kyai Hasan Abdullah Sahal berharap, pondok modern Gontor mampu meneruskan perjuangannya dalam berkontribusi memajukan pendidikan Indonesia dan selalu melahirkan sosok-sosok pemimpin masa depan yang berguna bagi bangsa dan agama.

Beliau pun sering menekankan dalam setiap rentetan acara bahwa “kita pada saat ini bukan untuk merayakan, tetapi untuk memperingati sebagai ungkapan kesyukuran”. Dari sini maka lahirlah istilah “Gontor bukan hanya nama tempat, melainkan Ide dan Cita-cita.”

Mau tahu persiapan acara DASS 90 th Gontor, yuk tonton videonya di bawah ini.

Cuplikan acara demi acara DASS 90 th Gontor. Wooow kueeerenn…

Pelajaran dan Hikmah

Pondok pesantren merupakan tempat untuk mendidik para santri agar kelak berguna bagi ummat. Semua yang ada di pondok baik yang dilihat, didengar dan dirasakan adalah pendidikan. Jadi, apa yang dapat dipelajari dari penyelenggaraan acara Panggung Gembira ini bagi para santri? Pelajaran yang terpenting adalah:

1. Pendidikan Tanggung Jawab
2. Pendidikan Kebersamaan
3. Pendidikan Keikhlasan
4. Pendidikan Keberanian dan Kepercayaan Diri
5. Pendidikan Penampilan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
6. Pendidikan Kepimpinan
7. Pendidikan Kedisiplinan yang Tinggi

14 Comments

  1. Zsalsabilanadya April 1, 2016
    • annasulul April 1, 2016
  2. Alif April 1, 2016
  3. Putri nurhidayati April 1, 2016
  4. eko edi April 14, 2016
  5. hendra April 18, 2016
  6. ipul Juli 14, 2016
    • annasulul Juli 17, 2016
    • emha88 Juli 26, 2016
  7. herry mudzrika Agustus 6, 2016
  8. Hasbi Agustus 13, 2016
  9. Anita r.d.u. Agustus 18, 2016
  10. Mas Syahid Oktober 19, 2016

Leave a Reply