6 Manfaat Pupuk Organik untuk Meningkatkan Hasil Pertanian dan Perkebunan

Sudah banyak orang yang mengetahui besarnya manfaat pupuk organik untuk pertanian dan juga perkebunan. Pupuk organik dianggap lebih aman ketimbang pupuk kimia yang menggunakan bahan-bahan kimia dari pabrik.

Sementara pupuk organik sendiri dibuat dari bahan alami seperti sisa makanan, kotoran ternak, ataupun sampah organik seperti daun, bunga, dan tanaman yang membusuk.

Pupuk organik juga dikenal dengan nama pupuk kompos atau pupuk alami. Pupuk alami digunakan untuk meningkatkan hasil produksi panen perkebunan dan pertanian.

Pupuk organik biasanya dibuat secara mandiri baik oleh rumah tangga untuk perkebunan keluarga ataupun oleh pabrik khusus pupuk organik untuk mensuplai kebutuhan perkebunan komersial.

Manfaat Pupuk Organik untuk Pertanian dan Perkebunan

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Salah satu kelebihan dari pupuk organik yang tidak dapat digantikan oleh pupuk anorganik adalah sifatnya yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Pupuk organik dibuat dari bahan alami seperti sisa makanan ataupun kotoran kandang akan membuat sifatnya tidak berbahaya untuk lingkungan seperti pupuk kimiawi.

Dengan begitu, Anda pun tidak perlu khawatir jika menggunakan pupuk organik dalam jumlah besar karena tidak akan membuat tanah menjadi tercemar oleh bahan kimia.

Alhasil lingkungan pun menjadi lebih asri dan tetap sehat tanpa ada risiko kerusakan seperti yang ditimbulkan oleh pupuk kimiawi.

  1. Memperbaiki Struktur Pada Tanah

Ada keunikan sifat material yang hanya dimiliki oleh pupuk organik dan tidak dimiliki oleh pupuk selainnya yakni anorganik atau pupuk kimia.

Sifat pupuk organik yang didapat dari bahan-bahan alami yakni dapat merekatkan tanah yang berpasir dengan sifat gembur serta membuat tanah yang bersifat lempung dan solid menjadi lebih gembur.

Manfaat pupuk organik bagi tanah dengan tekstur pasir halus adalah dapat membuat tanah tersebut menjadi lebih padat karena sudah direkatkan oleh pupuk.

Alhasil, tanah dengan tekstur berpasir tersebut pun dapat menyimpan cadangan air.

Sebaliknya, untuk tanah liat dengan sifat lempung, pupuk organik akan membentuk pori-pori pada tanah sehingga lebih gembur. Seperti pupuk nasa yang sangat baik untuk tanaman dan yang pasti ramah lingkungan.

  1. Menaikkan Aktivitas Biologi Tanah

Berbeda dengan pupuk kimia yang dibuat dari bahan kimiawi, pupuk organik dibuat dari bahan-bahan alami yang secara otomatis sudah mengandung berbagai mikroorganisme decomposer.

Mikroorganisme decomposer yang ada pada pupuk akan meningkatkan jumlah decomposer pada tanah. Semakin tinggi jumlah mikroorganisme akan membuat tanah lebih subur karena aktivitas biologi yang meningkat.

  1. Memberikan Nutrisi Lengkap Bagi Tanaman

Mengingat pupuk organik berasal dari bahan-bahan alami baik itu kotoran hewan, sisa makanan hingga dedaunan kering, membuat nutrisi yang terkandung pada pupuk organik ini sangat lengkap.

Unsur nutrisi yang terkandung pada pupuk organik terdiri dari unsur mikro dan juga makro. Unsur mikro yang ada pada pupuk organik misalnya adalah zat boron, tembaga, besi, klor, molybdenum, seng serta aluminium.

Sementara unsur makro yang terkandung pada pupuk organik meliputi kalium, nitrogen, kalsium, fosfor, magnesium.

Semakin banyak campuran yang terdapat pada pupuk organik akan membuat nutrisi yang terkandung di dalamnya semakin lengkap.

  1. Memperbaiki Kapasitas Tukar Kation

Kemampuan lain yang dimiliki oleh pupuk organik yang sangat mengagumkan adalah kemampuannya untuk meningkatkan kemampuan kapasitas tanah dalam menukar kation.

Semakin tinggi kapasitas tukar kation akan membuat tanah lebih mampu menyediakan zat hara bagi tanaman.

Aktivitas penukaran kation adalah aktivitas dimana ion yang ada dalam tanah saling berinteraksi untuk memberikan zat hara.

  1. Lebih Hemat Biaya

Penggunaan pupuk organik terutama untuk perkebunan mandiri rumahan tentu akan lebih menghemat biaya ketimbang membeli pupuk kimiawi. Pasalnya, setiap rumah tangga sejatinya bisa membuat pupuk organiknya sendiri.

Caranya Anda tinggal menimbun sisa – sisa makanan yang ada di dapur ataupun jika Anda memiliki ternak, maka Anda tinggal menggunakan kotoran ternak sebagai pupuk organik.

Kotoran ternak bisa dicampur dengan tanah bakar agar manfaatnya untuk menyuburkan tanah dan tanaman lebih baik.

Manfaat pupuk organik dapat menyuburkan tanah pertanian dan perkebunan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Hal ini dikarenakan sifat pupuk organik yang tidak merusak lingkungan sehingga kesuburan tanah tetap terjaga. Bahkan, pupuk organik juga bisa menjadi makanan untuk mikroorganisme tanah agar bekerja lebih baik.

Leave a Reply