Manfaat Sarang Walet

Manfaat Sarang Walet untuk Pria – Di negara-negara Asia, sarang burung walet menjadi salah satu makanan yang ekslusif atau bergengsi. Hal ini tak lepas dari manfaat sarang walet yang sangat banyak bagi kesehatan. Cukup banyak penelitian dari para ilmuwan yang telah membuktikan keampuhan dari sarang burung ini untuk mengatasi beragam masalah kesehatan.

Sarang walet mengandung hormon testosteron dan estradiol, kedua hormon yang dibutuhkan pria untuk meningkatkan gairah pria.

Manfaat sarang walet bagi pria ini ternyata tidak berhenti disitu.

Hormon testosteron dibutuhkan untuk pembuatan otot, sehingga cocok dikonsumsi oleh kamu yang menginginkan badan kekar dan kuat.

Nah, setelah otot kuat, badan juga akan dibantu lebih tangguh lagi dengan estradiol yang dapat mencegah osteoporosis.

Sungguh kombinasi yang sempurna tubuh kuat dan sehat!

Manfaat yang banyak dan proses yang sulit dan proses untuk mendapatkannya yang tidak gampang juga membuat harga dari sarang burung satu ini cukup mahal. Meski begitu ini sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh.

Nah, jika Anda ingin menikmatinya, Anda bisa meraciknya menjadi sup. Sup sarang walet adalah sajian terbaik untuk menikmati sarang burung walet.

Sarang burung walet terbuat dari apa?

sarang walet

Sarang burung walet diyakini masyarakat sebagai makanan yang memiliki nutrisi tinggi dan sekaligus memiliki manfaat sebagai obat alternative. Sarang burung walet ini sendiri berasal dari sekresi kelenjar ludah burung walet. Nah, burung waletnyapun bukan sembarang walet, namun jenis burung walet yang bermukim di kawasan Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia.

Burung walet memiliki kebiasaan membuat sarang dari air liurnya. Secara bertahap, air liur ini akan mengeras dan membentuk sarang. Burung walet biasanya tinggal di gua-gua, nah, fungsi dari sarang dari air liur ini adalah untuk melekatkan sarang dengan dinding gua.

BACA  Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Hal yang menarik yakni air liur walet ini bukan sekedar air liur biasa. Ya, air liur dari burung ini memiliki kandungan gizi yang cukup banyak mulai dari zat besi, kalium, kalsium, magnesium, dan nutrisi lainnya. Karena hal inilah kemudian banyak orang yang beranggapan jika sarang burung walet memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan dalam sarang burung walet

sarang burung walet

Seperti yang sudah diulas diatas, sarang burung walet memiliki begitu banyak gizi yang baik untuk tubuh. Sumber makanan yang didominasi dengan 60% protein dengan 40% kandungan gizi lainnya membuatnya begitu istimewa.
Berikut ini beberapa kandungan penting yang ada dalam sarang burung walet antara lain:

1. Asam amino

Liur sarang burung walet mengandung protein khusus dimana didalamnya terdapat beragam asam amino seperti:

  • Asam aspartat dan juga prolin yang berfungsi untuk meregenerasi sel
  • Fenilalanin dan juga sitein yang mampu meningkatkan kerja memori, penyerapan vitamin D dari sinar matahari serta meningkatkan kerja impuls saraf.
  • Tirosin yang bermanfaat untuk percepatan pemulihan setelah sakit
  • Glukosamin yang mampu membantu percepatan pemulihan tulang rawan

Perlu diketahui, beberapa jenis asam amino tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga harus didapat dari makanan. Nah, karena itula bisa dikatakan jika sarang burung walet adalah salah satu asupan makanan terbaik karena mampu memenuhi kebutuhan asam amino tubuh Anda.

Selain itu, sarang burung walet juga mengandung glikoprotein yang lebih mudah larut serta kandungan antioksidannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang ada pada susu, ikan atau ayam.

2. Sumber mineral

Selain kaya akan asam amino, sarang burung walet juga kaya mineral yang baik ntuk tubuh. Diantaranya adalah kalsium, seng, tembaga dan mangan.

Fungsi kalsium untuk tubuh sangat banyak diantaranya yakni menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengatur peruses pembekuan darah serta menjaga kesehatan daerah persendian.

Sedangkan tembaga disini berperan sebagai penjaga kesehatan jantung dengan cara menjaga tekanan darah serta menurunkan kolesterol. Tak hanya itu, tembaga juga bertugas untuk mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh dan juga menaikkan produksi kolagen.

Mangan disini berperan sebagai pembantu pertumbuhan tulang, melancarkan metabolism karbohidrat, asam amino dan kolesterol dalam tubuh serta mampu mempercepat penyembuhan luka. Tak hanya itu, mangan juga bertugas untuk memastikan serta mengaktifkan enzim untuk bekerja dengan baik.

BACA  Ciri-ciri Madu Asli dan Palsu Beserta Cara Membedakannya

3. Kaya antioksidan

Penelitian terkait kandungan antioksidan dalam sarang burung walet ini dimuat dalam jurnal Letters In Health and Biological Sciences. Dalam jurnal tersebut dilaporkan bahwasanya sarang walet termasuk dalam kategori makanan dengan kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan itu sendiri merupakan senyawa aktif yang bermanfaat untuk melawan beragam penyakit kronis dan juga melawan paparan radikal bebas.

Manfaat sarang walet bagi Kesehatan

sarang walet super

Sarang burung walet biasanya tidak dikonsumsi langsung melainkan diolah terlebih dulu menjadi sup. Namun ternyata banyak juga saat ini yang mengolah sarang walet sebagai makanan penutup. Bahkan mengingat kandungan gizi didalamnya yang sangat banyak untuk kulit, sarang walet juga kerap diolah menjadi salah satu bahan dasar pembuatan kosmetik.

Manfaat sarang walet cukup banyak. Dalam ilmu pengobatan tradisional masyarakat Cina, mereka percaya jika mengonsumsi sarang walet mampu melawan beragam penyakit kronis seperti kanker, menangkal penuaan, meningkatkan konsentrasi hingga merangsang pertumbuhan jaringan dan sel sehat.

Namun tak hanya manfaat diatas saja, masih ada beberapa manfaat sarang walet lainnya yang bisa Anda dapatkan. Berikut diantaranya:

1. Manfaat Sarang Walet untuk Pria

Jika anda memiliki masalah dalam hal bercinta dengan pasangan anda, mungkin mengkonsumsi sarang burung walet dapat menjadi solusinya.

Kandungan nutrisi dan berbagai macam zat yang ada dalam sarang burung walet dapat menjadi asupan tambahan bagi anda.

Selain itu manfaat sarang burung walet mampu membersihkan pembuluh darah, sehingga darah yang mengalir ke area vital pria dapat berjalan dengan lancar.

2. Melawan obesitas

Kandungan antioksidan dan antiperadangan yang ada didalamnya membuat makanan ini baik untuk melawan obesitas. Ini telah dibuktikan dengan dilakukannya penelitian terhadap tikus yang mengonsumsi sarang walet selamat tiga bulan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari antioksidan dan antiperadangan yang ada dalam sarang burung walet.

Dalam penelitian tersebut, hasilnya menunjukkan jika sarang burung walet mampu mencegah obesitas dimana erat kaitannya dengan peradangan dan juga stress oksidatif dari tikus tersebut.

BACA  Manfaat dan Khasiat Pasak Bumi untuk Kesehatan Pria dan Wanita

3. Membantu menyebuhkan penyakit diabetes

Dalam sebuah studi dimana menggunakan tikus sebagai obyeknya, diketahui jika sarang walet mampu memperbaiki kadar insulin pada tikus yang telah diberikan diet tinggi gula dan lemak. Hasil yang didapatkan cukup mengejutkan. Sarang walet mampu mencegah terjadinya resistensi insulin.

Namun, penelitian lebih lanjut terkait dengan manfaat sarang walet untuk diabetes masih belum dilakukan mendalam. Pembuktian terkait dengan manfaat satu ini masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut lagi.

4. Pengobatan osteoarthritis

Dalam sarang walet terdapat komponen yang ditengarai mampu merangsang pertumbuhan tulang rawan dan mengurangi osteoarthritis. Namun penelitian ini masih dalam tahap laboratorium saja sehingga masih dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam lagi.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam sarang walet mampu membuat daya tahan tubuh kita lebih terjaga.

Antioksidan yang tinggi juga mampu menjaga kulit dan tubuh dari paparan radikal bebas.

Bahkan pada sebuah penelitian, sarang burung walet ini juga mampu mengurangi efek samping dari kemoterapi. Hal ini dilaporkan dalam jurnal Design, Development and Theraphy tahun 2016. Diungkapkan dalam jurnal tersebut bahwa sarang walet mampu membantu menjaga daya tahan tubuh selama kemoterapi.

6. Menurunkan risiko penyakit kardivaskulas

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Drug Design, Development and Theraphy tahun 2015 lalu, dilaporkan bahwasanya sarang walet mampu menurunkan hiperkoagulasi yang diakibatkan oleh tingginya kadar kolesterol.

Selain itu juga ditemukan bahwa dalam sarang walet terdapat kandungan yang mirp dengan obat penurun kolesterol, simvastatin.

sarang walet bagus

Sarang burung walet memiliki manfaat yang sangat banyak dan luar biasa. Meski begitu disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsinya, khususnya untuk anak-anak. Sarang burung walet mengandung protein yang memiliki sifat alergen seperti halnya telur, jadi dikhawatirkan jika mengonsumsi terlalu banyak bisa memunculkan tanda-tanda alergi.

Selain itu pengobatan dengan menggunakan sarang burung walet juga belum didukung dengan bukti ilmiah yang akurat sehingga disarankan jika ingin menggunakannya sebagai terapi pengobatan, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Begitu juga dengan manfaat sarang walet untuk pria, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter yang tepat.

Leave a Reply