Cara Mengusir Lalat | di Rumah, Warung dan Kandang Ayam Paling Ampuh

Pernahkah kamu mengalami ada banyak lalat disekitar tempatmu ? tentunya sangat menjengkelkan bila ada banyak lalat disekeliling kita. Terkadang bahkan kita kesulitan untuk mengusirnya.

Kali ini kita akan membahasnya secara tuntas, cara mengusir lalat.  Ada berbagai macam cara untuk mengusir lalat. Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Mengusir Lalat di Rumah

Banyak lalat dirumah merupakan ciri-ciri rumah yang kurang bersih. Lalat sangat menyukai tempat kotor, Namun bagaimana jika rumah sudah dibersihkan namun masih tetap ada lalat ?

Cara mengusir lalat dirumah bisa kamu lakukakan dengan 2 cara. Pertama dengan cara instan, dan yang kedua dengan cara alami. Dengan cara instan yaitu dengan semprotan serangga, perangkap lalat elektrik atau dengan lem kertas.

Sedangkan untuk cara alami kamu bisa menggunakan campuran air dan jeruk lemon / jeruk nipis untuk mengepel lantai. Kamu juga bisa meletakkan kantong plastik transparan yang berisi air kemudian gantungkan di depan rumah.

Aroma wewangian dari jeruk nipis sangat tidak disukai lalat. Dengan mengelapkannya dilantai maka tidak akan ada lalat yang berani masuk kerumahmu.

Plastik yang berisi air dapat mengganggu penglihatan lalat. Dan dengan sendirinya lalat akan pergi menjauh dari tempat kamu.

Cara Mengusir Lalat di Warung

Warung yang terdapat banyak lalat biasanya kurang menjaga kebersihan. Ini dapat menyebabkan pelanggan enggan untuk kembali karena merasa jijik.

Cara paling efektif untuk mengusir lalat diwarung adalah dengan menggunakan larutan garam dan perasan jeruk lemon ataupun jeruk nipis.

BACA  Cara Mengusir Kecoa Paling Ampuh | di Rumah, Kamar Mandi dan Mobil

Caranya larutkan garam dengan air kemudian peras jeruk nipis secukupnya. lalu semprotkan pada bagian meja dan bagian lainnya yang memungkinkan untuk dihinggapi lalat.

Ini membuat warung kamu memiliki aroma yang segar. Cara ini lebih efektif dari menggunakan lem kertas. Karena pembeli tidak terganggu dengan adanya lalat yang tersangkut pada lem.

Cara Mengusir Lalat di Kandang Ayam

Kandang ayam merupakan tempat favorit bagi lalat. Karena disana terdapat banyak kotoran ayam. Dan bila tidak rutin dibersihkan akan mengakibatkan terganggunya kesehatan ayam.

Kebersihan kandang yang kurang diperhatikan menjadi penyebab banyaknya lalat yang bersarang. Untuk mengusirnya lakukanlah cara dibawah ini

Berikut ini adalah cara mengusir lalat di kandang ayam :

  1. Bersihkan kandang dan tempat makan ayam setiap hari dan jangan lupa untuk dijemur agar tidak lembab.
  2. Bersihkan alas untuk kandang dengan menggunakan air yang dicampuri dengan garam. Ini juga dapat membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit pada ayam.
  3. Lakukan penyemprotan disinfektan secara rutin.
  4. Taburi kotoran ayam dengan zeloit.

Dengan cara diatas dijamin lalat tidak akan mengganggu ayam peliharaan kamu.

Mengusir Lalat Buah Dengan Kapur Barus

Seperti namanya lalat buah merupakan jenis lalat yang menyerang tanaman dan buah. Seringkali petani buah mengeluhkan hasil panenya yang kurang maksimal karena lalat ini.

Mengusir lalat buah dengan menggunakan kapur barus dapat digunakan sebagai alternatif dari penggunaan pestisida. Selain harganya yang jauh lebih murah, kapur barus juga sangat mudah digunakan.

Caranya adalah dengan memasukan 2 – 3 butir kapur barus kedalam plastik. Lubangi bagian plastik dan gantungkan pada pohon yang telah berbuah.

Cara ini terbukti ampuh mengusir lalat buah yang mengganggu tanaman buah. Dengan aroma dari kapur barus, lalat akan pergi menjauh dan tidak akan kembali lagi.

BACA  Cara Mengusir Semut Paling Ampuh Agar Tidak Datang Lagi

Cara Mengusir Lalat Dengan Daun Pandan

Selain sebagai bahan untuk masakan, daun pandan juga dapat digunakan untuk mengusir lalat dari rumah. Karena wangi yang dimiliki daun pandan sangat tidak disukai lalat.

Kamu bisa menggunakan daun pandan dengan cara menanamnya di pot / vas dan diletakan dihalaman maupun di depan rumah.

Bisa juga dengan memetik daunnya, kemudian kamu letakan ditempat-tempat sirkulasi udara. Sehingga aroma daun pandan dapat menyebar ke seluruh ruangan.

Cara Mengusir Lalat Pada Sapi

Lalat di kandang sapi biasanya berbeda dari lalat pada umumnya. Karena lalat jenis ini suka menghisap darah pada sapi. Biasanya lalat ini menyerang bagian kaki pada hewan ternak seperti sapi.

Sapi umumnya akan merasa terganggu dan resah. Apalagi jika sapi memiliki luka, jika terserang lalat ini luka pada sapi akan membusuk dan dapat menyebabkan kematian pada sapi.

  • Ada beberapa cara mengusir lalat di kandang sapi. Cara yang paling mudah adalah dengan membakar sisa makan sapi ( jerami ). Asap dari pembakaran dapat mengusir lalat dari kandang.
  • Cara yang kedua adalah dengan menggunakan lem kertas. Letakkan lem kertas ditempat-tempat yang banyak terdapat lalat. Cara ini terbukti ampuh untuk membunuh banyak lalat.
  • Cara yeng terakhir adalah dengan menyemprotkan cairan kimia. Kamu bisa menggunakan salah satunya Triclofor. kelebihan Triclofor adalah tidak berbahaya untuk hewan ternak.

Caranya adalah dengan mencampurkan triclofor dengan 1 – 2 liter air. Kemudian semprotkan pada tempat yang banyak terdapat lalat. Kamu juga bisa menyemprotkan di kandang sapi.

Cara Mengusir Lalat Buah

Lalat buah biasanya menyerang buah-buahan sehingga buah menjadi busuk atau berwarna kecoklatan. Lalat ini menyukai buah yang sudah matang dan hampir busuk.

Untuk mengusirnya kamu bisa menggunakan pestisida untuk tanaman. Namun menggunakan pestisida harganya tidaklah murah. Lalu bagaimana solusinya ?

BACA  20 Cara Mengusir Tikus Paling Ampuh

Solusinya adalah dengan menggunakan pestisida organik. Caranya kamu bisa membuat cairan dari perasan jeruk nipis atau jeruk lemon yang dicampurkan dengan air.

Kemudian kamu bisa menyemprotkannya sebagai pengganti pestisida. Cara ini tidak memiliki efek samping sperti penggunaan pestisida. Atau kamu juga bisa menggunakan kapur barus sebagai alternatif lainnya.

Cara Mengusir Lalat Hijau

Lalat hijau memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Lalat ini dapat mencium keberadaan bangkai dalam radius 1 km. Lalat hijau biasa mengerumuni bangkai hewan yang sudah membusuk dan dapat berkembang biak disana menjadi belatung.

Untuk mengusirnya pertama kamu harus menemukan sumber bangkai. Setelah kamu menemukannya segera buang ketempat yang jauh.

Kemudian kamu semprotkan semprotan anti serangga ke tempat bangkai ditemukan. Tujuannya agar sisa kuman dan lainya tidak berkembang biak disana.

Karena baunya yang mungkin masih tertinggal kemungkinan lalat hijau masih berada disana. Untuk mengusirnya kamu dapat meletakkan kapur barus agar lalat tidak kembali.

Alat Pengusir Lalat

Terdapat bermacam-macam alat untuk mengusir lalat. Seperti gambar diatas adalah alat elektrik untuk mengusir lalat. Cara kerjanya sederhana, alat ini mengeluarkan sinar ultraviolet yang mengundang lalat untuk mendekatinya.

Setelah lalat mendekat maka jaring listrik yang berada disekitarnya akan menyengat lalat dan melumpuhkannya. perlahan lalat akan mati tersengat aliran listrik pada jaring tersebut.

Menjaga kebersihan adalah kunci utama agar tidak ada lalat di sekitarmu. Karena biasanya lalat hanya akan menghinggapi tempat-tempat kotor dan bau.

Maka dari itu sebaiknya kita bersama sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Agar tidak terserang penyakit yang disebabkan oleh lalat.

Baca Juga : Cara Mengusir Tikus Paling Ampuh

Leave a Reply