Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja Dengan Baik

Mencari pekerjaan adalah hal yang pasti dilakukan kebanyakan orang setelah lepas dari bangku sekolah maupun kuliah. Mendapatkan pekerjaan yang bagus dengan gaji yang besar merupakan impian bagi kamu juga.

Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, artikel kali ini memang wajib kamu baca. Kali ini kita akan membahas mengenai cara perkenalan diri ketika kamu mendapatkan panggilan interview dari perusahaan yang kamu lamar.

Tidak jarang kita merasa gugup ketika berhadapan dengan HRD secara langsung. Hal ini tergolong normal karena kita memang sedang berusaha untuk meyakinkan bahwa kita adalah kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Namun kali ini kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai masalah tersebut. Karena kali ini kita akan membahasnya secara bersama-sama agar bisa lolos interview dan mendapatkan pekerjaan impian kita. Berikut adalah ulasannya.

Contoh Perkenalan Diri Saat Interview Yang Baik Dan Benar

Contoh Perkenalan Diri Saat Interview Yang Baik Dan Benar

Proses perkenalan diri biasanya menjadi hal pertama yang dilakukan apabila kamu sedang melakukan interview pekerjaan. Perkenalan diri menjadi sangat penting karena ini dapat membangun kesan pertama kepada HRD.

Jika kamu sudah terlihat gugup, apalagi jika kata kata yang kamu sampaikan menjadi berantakan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada penilaian HRD terhadap kamu.

Secara umum hal yang harus kamu katakan dalam perkenalan diri adalah :

  1. Nama lengkap
  2. Latar belakang pendidikan
  3. Bidang yang dikuasai
  4. Pengalaman bekerja ( Apabila sudah pernah bekerja )
  5. Minat atau keterampilan lainnya

Apabila kamu sudah mengetahui hal-hal diatas tentunya kamu sudah selangkah lebih dekat dengan pekerjaan yang kamu impikan. Usahakan agar kamu mengingat hal penting diatas saat ingin melakukan perkenalan diri saat interview kerja.

Satu hal lagi yang harus kamu perhatikan adalah penekanan dan intonasi suara. Kamu mungkin ketika sedang sendiri tanpa tekanan tidak akan merasakan, namun apabila telah berhadapan langsung dengan HRD hal ini akan berbeda.

Kuncinya adalah dengan mengatur nafas dengan teratur. Perhatikan stiap kata yang ingin kamu ucapkan. Kemudian ucapkanlah dengan semangat yang tinggi. Hal ini akan menciptakan kesan pertama yang baik bagi HRD.

Berikut ini adalah contoh perkenalan diri yang baik untuk bisa kamu ikuti saat kamu melakukan interview kerja :

1. Bagi yang sudah pernah bekerja sebelumnya

Perkenalkan nama saya ( nama kamu ), Lulusan dari universitas ( universitas / sekolah kamu ) jurusan ( jurusan kamu ). Pernah bekerja selama 2 tahun di perusahaan ( nama perusahaan ) di bagian ( posisi pekerjaan ). Saya memiliki ketertarikan pada ( Posisi yang ingin dilamar ) karena disinilah passion saya.

2. Bagi yang belum memiliki pengalaman bekerja

Perkenalkan nama saya ( nama kamu ), Lulusan dari universitas ( universitas / sekolah kamu ) jurusan ( jurusan kamu ) lulusan tahun ( tahun kamu lulus ). Saya memiliki semangat dalam bekerja dan akan memberikan kemampuan terbaik apabila diberi kesempatan untuk mengisi posisi ( Posisi yang ingin kamu lamar ).

Sedikit perbedaan antara yang sudah memiliki pengalaman bekerja dan belum memilikinya. Hal ini karena seseorang yang sudah memiliki pengalaman bekerja tentunya sudah teruji kapasitasnya di perusahaan tempat dia bekerja sebelumnya.

Sedangkan untuk kamu yang baru lulus tentunya belum memiliki pengalaman dan masih harus belajar dari awal. Namun jangan patah semangat, tunjukan kepada pewawancara bahwa kamu memiliki semangat dan ketertarikan yang tinggi untuk bekerja.

Jangan lupa juga untuk sesekali melakukan eye catching ( kontak mata) dengan orang yang sedang mewawancarai kamu. Kamu dapat melatihnya didepan cermin apabila hendak melakukan wawancara kerja.

 

Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris

Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris

Seiring maraknya iklim investasi di indonesia tidak jarang kita menjumpai perusahaan asing yang biasanya saat interview menggunakan bahasa inggris.

Hal ini tentunya akan jadi masalah apabila kamu belum mempersiapkan diri sebelum melakukan wawancara atau interview. Selain harus memiliki bahasa inggris yang cukup, kita juga harus mengerti ucapan dari yang mewawancara kita.

Tidak jarang yang mewawancarai kita adalah orang asing yang sama sekali tidak mengerti bahasa indonesia. Jadi kita harus berbicara dengan bahasa inggris.

Kuncinya adalah kamu wajib mempersiapkan diri dengan matang agar kamu dapat meyakinkan pewawancara bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Berikut ini adalah contoh perkenalan diri saat interview dalam bahasa inggris :

My name is ( nama kamu ).  I have completed my study at ( nama sekolah / universitas ). I apply for ( Posisi yang dilamar ) position as I have experience ( Skill / Pengalaman ) and skills required for this job.

Artinya adalah :

Nama saya ( nama kamu ). Saya adalah lulusan ( nama sekolah / universitas ). Saya melamar posisi ( posisi yang akan dilamar ) karena memiliki pengalaman ( skill / pengalaman ) dan memiliki skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini.

Dalam prakteknya kamu mungkin akan mengalami gugup saat berbicara dengan bahasa inggris. Namun kamu dapat mensiasatinya dengan cara membiasakan diri mengulang ulang kalimat diatas.

Kamu dapat membacanya berulang ulang sambil menghadap ke cermin agar terbiasa melakukan perkenalan dengan menggunakan bahasa inggris.

 

Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Korea

Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Korea

Bukan hanya bahasa inggris, sering juga kita menjumpai perusahaan yang pemiliknya merupakan orang korea yang menjalankan bisnis di indonesia.

Sudah pasti tentunya kita juga harus bisa mengerti bahasa korea walaupun hanya sedikit. Namun tidak selalu perusahaan korea menggunakan bahasa korea sebagai bahasa untuk interview. Mungkin untuk posisi sebagai translator maupun guru bahasa korea yang mewajibkan kita menggunakan bahasa korea saat interview.

Dan berikut ini adalah contoh perkenalan diri dalam bahasa korea :

안녕 내 이름 ( nama kamu ) , 나는 대학을 졸업했다 ( nama universitas ). 경험이있다 ( pengalaman kerja diposisi ) 한 ( lama bekerja ) 회사에서 ( nama perusahaan sebelumnya ). 직책을 신청했습니다 ( posisi yang kamu lamar ) 당신은 이전 회사에 경험이 있기 때문에 .

Artinya adalah :

Halo nama saya “………..” , saya adalah lulusan dari universitas “……” . Memiliki pengalaman dibidang “………” selama “…….” di perusahaan “………..” . Saya melamar pekerjan sebagai “………………….” karena memiliki pengalaman bekerja yang sama seperti pada pekerjaan sebelumnya.

Sama halnya dengan bahasa inggris, perkenalan diri dengan bahasa korea ini juga perlu kamu persiapkan sebelum bertemu langsung dengan pewawancara.

Usahakan untuk membiasakan diri dan mengulang ulang kalimat diatas sampai kamu benar benar menguasainya.

Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Arab

Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Arab

Selain bahasa inggris dan bahasa korea, yang sering digunakan untuk interview saat kamu ingin melamar kerja adalah bahasa arab. Hal ini biasanya disebabkan karena pemiliknya adalah orang arab yang tidak jarang tidak mengerti bahasa indonesia.

Dan berikut ini adalah contoh perkenalan diri menggunakan bahasa arab.

اِسْـمَحُوا لِي أَنْ أُعَرِّفَ نَفْسِي لَكُمْ جَـمِيْعًا 

( nama kamu ) اِسْـمِي

Nama Sekolah atau universitas ) تَخَرَّجْتُ مِنْ

Pengalaman Kerja ) لديهم خبرة

( perusahaan melamar kerja ) لديهم حماس كبير ودافع للعمل في الشركة

( contohsebagaiadmin ) كمسؤول

skill yang kamu miliki ) لدي مهارات جيدة في هذا المجال

Artinya adalah :

Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya “……………” Saya lulusan dari “……………..” memiliki pengalaman bekerja sebagai “………………”  memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk bekerja di “……………………..” sebagai “…………” . Saya memiliki kemampuan yang baik dalam hal “………………..”

 

Setelah kamu mengetahui cara memperkenalkan diri di atas tentunya saat ini kamu telah satu langkah lebih dekat dengan pekerjaan impian kamu.

Kamu tentunya juga harus memahami posisi apa yang ingin kamu lamar secara baik. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply