Cara Menghilangkan Sablon di Baju Dengan Cepat Tanpa Bekas

Cara menghilangkan sablon dibaju dapat kamu lakukan dengan cara yang mudah. Ada banyak jenis sablon dibaju pada umumnya. Diantaranya ada yang berjenis, poilyflex, ruber, pigmen, plastisol dan foil. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Dengan mengetahui jenis sablon apa yang berada di baju kamu. Maka kamu akan dapat dengan mudah menghilangkannya. Jika sablon dibaju kamu sudah mulai menghilang atau pecah-pecah, kamu dapat melakukan cara dibawah ini untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Sablon Jenis Polyflex

cara menghilangkan sablon berbahan polyflex

Sablon jenis polyflex menggunakan mesin pada proses penyablonanya. Memiliki ciri-ciri yang lebih tipis dan lentur. Sablon jenis ini biasa kamu temui dibaju jersey, distro, maupun jaket.

Menghilangkan sablon jenis ini cukup mudah dilakukan. Pertama-tama kamu perlu menyiapkan alkohol, setrika dan kain untuk menghilangkan sablon. Dan yang harus kamu lakukan adalah :

  1. Panaskan setrika selama 3 – 5 menit
  2. Letakkan kain diatas baju yang akan kamu hilangkan sablonnya. Ini bertujuan agar satrika tidak langsung mengenai sablon dan malah membuatnya rusak.
  3. Tempelkan setrika yang sudah panas diatas lambaran kain di baju
  4. Diamkan setrika selama 5 – 7 detik
  5. Angkat setrika kemudian oleskan alkohol pada sablon yang masih panas
  6. Dengan ini sablon jenis polyflex biasanya akan mengkerut dan sudah bisa dihilangkan. Atau kamu bisa mengusapnya dengan kain
  7. Cucilah baju kamu agar sisa sablon benar-benar menghilang

Sablon jenis polyflex merupakan jenis sablon yang paling mudah dihilangkan. Tergantung pada bahan polyflex yang digunakan untuk menyablon baju. Jika sablon sangat tipis, kamu dapat menghilangkanya tanpa menggunakan alkohol.

Cara Menghilangkan Sablon Jenis Ruber

cara menghilangkan sablon berbahan ruber

Sablon jenis ruber biasanya digunakan pada baju yang berwarna gelap. Memiliki ciri-ciri diantaranya sangat elastis dan timbul. Keunggulannya jenis ini sangat awet dan dapat disetrika secara langsung.

Cara menghilangkannya adalah menggunakan cairan M3 / M4 yang dapat kamu beli ditoko perlengkapan sablon. Harga cairan ini relatif terjangkau, biasanya di banderol dengan harga 7.000 – 10.000 /botolnya.

Setelah perlengkapannya siap kini kamu dapat menghilangkan sablon dengan cara :

  1. Gunakan kain yang kering dan bersih
  2. Kemudian basahi kain dengan cairan M3 / M4 secukupnya
  3. Oleskan kain yang sudah dibasahi cairan pada sablon dibaju kamu
  4. Gosok sablon menggunakan sikat gigi / sikat cuci
  5. Lakukan pengulangan sampai sisa lem pada sablon menghilang
  6. Cuci baju kamu agar sisa cairan dan lem pada sablon tidak berbekas di baju

Cara Menghilangkan Sablon Jenis Pigmen

cara menghilangkan sablon jenis pigmen

Sablon jenis pigmen merupakan kebalikan dari sablon dengan jenis ruber. Jika ruber biasa digunakan untuk baju berwarna gelap, maka sablon jenis pigmen digunakan untuk baju berwarna terang. Sablon jenis ini bersifat seperti tinta yang dapat menyerap hingga ke serat kain.

Karena sablon ini biasanya digunakan pada baju dengan warna terang, maka cara menghilangkannya sedikit berbeda dari jenis ruber. Ini dilakukan agar warna pada baju tidak pudar. Berikut ini adalah langkah untuk menghilangkan sablon jenis pigmen.

  1. Basahi kain dengan cairan M3 / M4 hingga kain menjadi basah.
  2. Kemudian kamu tempelkan pada bagian belakang sablon ( Bagian dalam baju )
  3. Lakukan hingga cairan menyerap ke bagian belakang sablon
  4. diamkan beberapa saat
  5. Dengan ini lem pada sablon akan menghilang dan sablon biasanya akan mengerut
  6. Lalu sikat sablon menggunakan sikat gigi / sikat cuci
  7. Setelah sablon terangkat , kamu dapat mencuci baju kamu seperti biasa

Baca Juga : Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

Cara Menghilangkan Sablon Jenis Plastisol

cara menghilangkan sablon jenis plastisol

Sablon jenis plastisol terbuat dari minyak atau biasanya disebut dengan PVC. Ini merupakan salah satu jenis sablon yang mahal karena memiliki daya lekat yang sangat kuat. Kelebihan lainnya adalah dapat mencetak secara detail dot / raster dengan ukuran yang sangat kecil.

Cara mudah untuk menghilangkanya dengan menggunakan cairan M3 / M4. Karena cairan ini sangat ampuh untuk menghilangkan sablon dibaju kamu. Lakukan cara dibawah ini untuk menghilangkan sablon jenis plastisol :

  1. Basahi kain dengan cairan M3 / M4 hingga kain menjadi basah.
  2. Kemudian kamu tempelkan pada bagian belakang sablon
  3. Lakukan hingga cairan menyerap lem pada sablon
  4. diamkan beberapa saat
  5. Dengan ini lem pada sablon akan menghilang dan sablon biasanya akan mengerut
  6. Lalu sikat sablon menggunakan sikat gigi / sikat cuci
  7. Setelah sablon terangkat , kamu dapat mencuci baju kamu seperti biasa

Cara Menghilangkan Sablon Jenis Glitter

Cara Menghilangkan Sablon Jenis Glitter

Jenis sablon glitter biasa ditemukan pada baju wanita namun tidak menutup kemungkinan dibaju pria. Memiliki ciri-ciri terdapat pernik-pernik yang tampak mengkilap diatas sablon. Untuk menghilangkan sablon glitter, lakukanlah cara dibawah ini.

  1. Gunakan kain yang kering dan bersih sebagai media mengoleskan cairan
  2. Kemudian basahi kain dengan cairan M3 / M4 secukupnya
  3. Oleskan kain yang sudah dibasahi cairan pada bagian belakang sablon dibaju kamu
  4. Oleskan hingga merata dan lem pada lapisan dasar sablon terangkat
  5. Setelah sablon mengkerut kamu dapat menghilangkannya dengan silet
  6. Gosok sisa lem pada sablon menggunakan sikat gigi / sikat cuci
  7. Lakukan pengulangan sampai sisa lem pada sablon menghilang
  8. Cuci baju kamu agar sisa cairan dan lem pada sablon tidak berbekas di baju

Baca Juga : Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Cara Menghilangkan Sablon Jenis Foil

cara menghilangkan sablon jenis foil

Sablon dengan jenis foil biasanya memiliki ciri-ciri yaitu warnanya yang mengkilap. Karena terdapat tambahan lapisan kertas logam yang direkatkan dengan lem khusus pada sablon. Cara menghilangkannya dapat kamu lakukan melalui bagian belakang sablon.

Caranya hampir sama seperti menghilangkan sablon jenis lainnya. Yaitu dengan mengoleskan cairan khusus penghilang sablon M3 / M4 atau kamu juga dapat menggunakan bensin. Lakukan hingga lem dasar pada sablon mengelupas dan sablon dapat kamu sikat atau kamu hilangkan menggunakan silet.

Sebaiknya saat menggunakan cairan penghilang sablon gunakan media perantara yaitu kain atau sarung tangan. Ini bertujuan agar tangan kamu tidak terkena langsung cairan penghilang sablon. Karena sifat ciran ini sangat keras dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit kamu.

Setelah menghilangkan sablon biasanya terdapat bayangan bekas sablon dibaju kamu. Sebenarnya bayangan ini dapat menghilang siring dengan pemakaian dan pencucian. Namun jika kamu menginginkan untuk menghilangkan bagian bekas sablon kamu dapat melakukannya menggunakan cairan alohol atau ulano 8.

Cara Menghilangkan Bayangan Bekas Sablon di Baju

cara menghilangkan bayangan bekas sablon

Terkadang setelah kamu menghilangkan sablon pada baju kamu terdapat bayangan bekas sablon. Hal ini mengganggu karena biasanya terdapat perbedaan warna pada pinggiran bekas sablon. Kamu dapat menghilangkannya secara tuntas agar bayangan atau lem bekas sablon tidak tampak dibaju kamu.

Kamu dapat menggunakan bahan-bahan cair diantaranya :

  1. Cairan Uleno 8 ( cairan untuk menghilangkan cat kuku )
  2. Minyak Kayu Putih
  3. Tiner

Lakukanlah dengan cara mengoleskan salah satu cairan diatas ke bagian yang terdapat bekas sablon. Kemudian kamu dapat mengerik dengan ala cukur maupun dengan silet. Lakukan dengan hati-hati agar baju tidak sobek.

Atau kamu juga dapat melakukannya dengan cara mencuci baju dengan deterjen pemutih pakaian. Caranya dengan merendam baju kemudian menyikatnya hingga bekas sablon menghilang seluruhnya.

Setelah sablon menghilang kamu dapat membuat sablon baru pada baju kamu. Kamu juga sudah mengetahui jenis-jenis sablon, maka pilihlah jenis sablon yang tepat untuk baju kamu. Jika ada yang kurang dari artikel kali ini , kamu dapat menambahkannya di kolom komentar.

Baca Juga : Cara Merawat Pakaian Dengan Baik

 

 

Leave a Reply