Harga Minyak Kemiri Asli 2018 | Kualitas Ekspor

Kemiri adalah salah satu jenis tumbuhan yang biasanya dapat digunakan dan diolah menjadi minyak atau juga rempah-rempah untuk bumbu dapur. Minyak kemiri sangat terkenal khasiatnya sebagai penyubur dan penumbuh rambut.

Kandungan yang terdapat pada minyak kemiri antara lain Asam Oleic, Asam Linoleic, dan Asam Linolenic. Sangat banyak produk kecantikan dan juga kesehatan yang memanfaatkan minyak kemiri sebagai bahan dasar pembuatannya.

Harga minyak kemiri asli sangat bervariatif dan dapat berbeda di tiap daerahnya. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor antara lain distribusi, brand atau merk, dan juga tempat yang menjual. Sebagai contoh harga minyak kemiri yang terdapat di apotik ini dapat kamu jadikan acuan dalam membeli minyak kemiri.

Harga Minyak Kemiri di Apotik

harga minyak kemiri di apotik

Minyak kemiri banyak dijual di toko-toko kosmetik, pasar tradisional, supermarket, dan juga di apotik. berikut ini adalah daftar harga minyak kemiri asli yang beredar di pasaran.

Nama Produk Berat Harga
Minyak Kemiri Kukui Asli dan Original 100 ml 70.400
Minyak Kemiri Al Khodry 125 ml 30.000
BMKS Minyak Kemiri 100 ml 39.000
Minyak Kemiri Moelia Murni 100% 60 ml 91.000
Minyak Kemiri Fora 125 ml 20.000

Banyaknya manfaat yang didapatkan dari minyak kemiri membuatnya menjadi sesuatu yang paling dicari jika hendak menumbuhkan atau menyuburkan rambut. Minyak kemiri juga aman untuk digunakan oleh segala usia.

Manfaat minyak kemiri tidak hanya digunakan untuk rambut. Minyak kemiri juga dapat digunakan untuk kecantikan. Berikut ini adalah berbagai manfaat minyak kemiri yang asli.

Baca Juga : Harga Minyak Lintah Hitam Papua 2018

Manfaat Minyak Kemiri

manfaat minyak kemiri

Telah lama minyak kemiri dimanfaatkan oleh manusia sebagai ramuan tradisional untuk kesuburan rambut. Sudah banyak penelitian yang dilakukan oleh badan riset dunia akan khasiat minyak kemiri dan semuanya membuahkan hasil positif bagi kesehatan.

1. Mencegah Kerontokan Rambut

Manfaat minyak kemiri yang paling terkenal adalah untuk mencegah kerontokan pada rambut. Kerontokan pada rambut dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Stres dan pola hidup yang tidak teratur merupakan salah satu penyebab terjadinya kerontokan pada rambut kamu.

Kamu dapat mengoleskan minyak kemiri pada rambut kamu menggunakan sisir. Kemudian kamu dapat mendiamkan beberapa saat hingga kandungan alami minyak kemiri meresap di rambut. Lalu bilaslah menggunakan air bersih dan shampo.

2. Menyuburkan dan Membantu Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Minyak kemiri memiliki nutrisi yang sangat berguna untuk kesuburan rambut. Pada balita minyak kemiri banyak digunakan oleh para ibu untuk mempercepat pertumbuhan rambut anak mereka. Cara penggunaanya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kemiri pada rambut.

3. Menghitamkan Rambut

Paparan sinar matahari seringkali menyebabkan rambut kamu menjadi kering dan berwarna kekuningan. Sehingga lambat laun dapat berakibat pada kerontokan rambut. Kamu perlu nutrisi dari minyak kemiri untuk mengembalikan warna hitam alami rambut kamu.

Dengan rutin mengoleskan minyak kemiri pada rambut kamu. Warna hitam alami rambut kamu akan terjaga sehingga kamu akan terhindar dari masalah rambut kering dan perubahan warna pada rambut.

4. Mencegah Keriput Pada Wajah

Manfaat alami minyak kemiri tidak hanya berguna bagi rambut. Minyak kemiri juga sering digunakan untuk kecantikan wajah. Kandungan alami pada minyak kemiri juga dipercaya mampu mencegah keriput akibat penuaan dini pada wajah kamu.

Caranya adalah dengan mengusapkan secara lembut minyak kemiri pada wajah kamu. Kemudian diamkan beberapa saat dan bilas menggunakan air bersih. Sudah banyak produk kecantikan wajah yang memanfaatkan minyak kemiri sebagai bahan utama produk mereka.

5. Melindungi Wajah Dari Sinar Ultra Violet

Jika kamu mengalami permasalahan wajah kusam akibat sering terkena sinar matahari atau sinar ultraviolet. Kamu perlu menutrisi wajah kamu menggunakan minyak kemiri. Kandungan alami minyak kemiri terbukti mampu melindungi wajah kamu dari paparan sinar ultraviolet.

6. Membantu Meremajakan Kulit

Menjaga kulit wajah sangat penting untuk diperhatikan agar wajah selalu tampak cerah dan sehat. Wajah yang sehat dapat menambah kepercayaan diri kamu. Minyak kemiri memiliki kandungan alami yang dipercaya mampu untuk meremajakan dan mengencangkan kulit wajah.

7. Menebalkan dan Menghitamkan Alis

Selain dapat menebalkan rambut minyak kemiri dapat juga digunakan untuk menebalkan dan menghitamkan alis. Sama dengan penggunaanya untuk rambut, penggunaan minyak kemiri untuk alis juga dengan cara mengoleskan minyak kemiri pada alis kamu.

Baca Juga : Harga Kayu Manis Per Kg 2018

Cara Membuat Minyak Kemiri

cara membuat minyak kemiri

Selain dengan cara membeli, minyak kemiri juga bisa kamu dapatkan dengan membuanya sendiri dirumah. Dengan membuat sendiri minyak kemiri dirumah, kamu dapat menjamin keaslian minyak kemiri yang kamu hasilkan.

Pertama-tama kamu perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat minyak kemiri seperti dibawah ini.

  1. Biji kemiri , Kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian.
  2. Air bersih

Adapun cara pembuatannya kamu dapat mengikuti langkah demi langkah dibawah ini.

1. Haluskan Biji Kemiri

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menghaluskan biji kemiri. Kamu dapat menghaluskan biji kemiri dengan cara ditumbuk maupun menggunakan blender.

Jika kamu memilih menghaluskan biji kemiri dengan cara ditumbuk, maka tumbuklah biji kemiri hingga sekiranya mudah untuk disaring. Kamu tidak perlu menumbuknya sampai benar-benar halus. Cukup dengan membuatnya memiliki tekstur yang pas agar mudah disaring.

Sedangkan bagi yang menggunakan mesin blender. Maka kamu perlu mencampurkan biji kemiri dengan air secukupnya. Kemudian blender biji kemiri sedikit demi sedikit hingga memiliki tekstur yang mudah disaring. Perlu diingat untuk tidak memblendernya sampai halus.

2. Saring Biji Kemiri Yang Telah Dihaluskan

Kemudian biji kemiri yang telah kamu haluskan dapat kamu saring menggunakan kain bersih. Tuangkan sedikit air untuk menyaring hasil tumbukan biji kemiri. Proses ini sama hal nya dengan proses memeras santan pada kelapa.

3. Panaskan Hasil Dari Biji Kemiri Yang Telah Disaring

Setelah disaring hal selanjutnya yang kamu lakukan adalah memanaskan hasil dari saringan biji kemiri yang telah kamu lakukan sebelumnya. Kamu dapat memanaskannya dengan wajan atau bejana. Kamu juga harus mengaduk perasan kemiri saat memanaskannya agar proses penguapannya sempurna.

Saat sudah nampak kerak berwarna coklat pekat pada minyak kemiri itu menandakan minyak kemiri sudah masak. kemudian kamu dapat mendinginkanya beberapa saat. Sambil menunggu dingin kamu dapat menyiapkan wadah untuk menampung minyak kemiri.

Proses memanaskan ini cukup memakan waktu lama. Jadi kamu perlu sedikit bersabar dalam memanaskannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Saring dan Peras Minyak Kemiri

Setelah dingin hal berikutnya adalah menyaring minyak kemiri dan memeras nya kedalam wadah yang telah kamu siapkan sebelumnya. Gunakanlah wadah praktis agar mudah saat kamu ingin menggunakannya.

Sampai disini proses membuat minyak kemiri sudah selesai dan minyak kemiri siap untuk kamu gunakan. Agar lebih jelas tentang proses pembuatan minyak kemiri kamu dpat melihat video dibawah ini.

Minyak kemiri memiliki banyak manfaat untuk menyuburkan rambut dan juga untuk kecantikan. Selain itu minyak kemiri juga aman digunakan oleh semua usia. Pada balita biasanya para ibu memberikan minyak kemiri pada rambut balita agar lebih subur.

Jika kamu merasa terdapat kekurangan pada artikel ini, kamu dapat menambahkannya pada kolom komentar yang tersedia dibawah.

 

Leave a Reply

privacy policy