9 Cara Ampuh Agar Cepat Hamil yang Sering Dilupakan

Cara Cepat Hamil – Setiap pasangan yang sudah menikah pasti sangat mengharapkan memiliki momongan. Sayangnya hal ini kadang tidak sesuai harapan. Ada pasangan yang baru menikah bisa segera hamil, ada pula yang bertahun-tahun menikah namun belum juga hamil.

Memang memiliki momongan adalah suatu hal yang tidak bisa dipaksakan, karena sepenuhnya ini adalah hak Sang Pencipta. Meski begitu, sebagai manusia haruslah selalu berikhtiyar.

Selain berdoa, ikhtiyar bisa dimulai dari persiapan fisik baik sang suami ataupun sang istri. Berkonsultasi dengan dokter, memperhatikan asupan makan dan pola hidup juga dijadikan sebagai cara agar cepat hamil.

Cara Ampuh Agar Cepat Punya Momongan

Kesuburan menjadi momen terbaik bagi pasangan suami istri untuk untuk mendapatkan momongan. Memperhitungkan dan mempersiapkan momen-momen ini tentulah menjadi semacam proses yang harus dilalui. Dibawah ini akan kami uraikan setidaknya 9 cara agar cepat hamil ditilik dari masa kesuburannya.

Nah, apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut ulasannya!

1. Mengenali masa haid dan siklus kesuburan

mengenali masa haid

mengenali masa haid

Masa kesuburan adalah masa terbaik melakukan hubungan biologis agar cepat hamil. Ketika masa subur, sel telur akan dikeluarkan dari folikel untuk dibuahi. Nah, sel telur ini hanya akan hidup sekitar 12-24 jam setelah dilepaskan.
Masa kesuburan setiap orang bisa saja berbeda, namun secara umum masa subur akan datang sekitar 14 hari sebelum datang masa haid

Selain melakukan pengecekan terhadap tanda-tanda masa subur dan menghitungnya, Anda juga perlu mengecek lendir serviks yang juga menjadi penanda masa subur. Pengecekan ini bisa dilakukan menggunakan jari tangan yang bersih atau menggunakan tisu. Biasanya setelah haid, lendir serviks nampak lebih lengket dan keruh, jika lendir dalam posisi seperti ini, maka ini belum saat terbaik untuk cepat hamil.

Setelah itu, lendir serviks akan menjadi licin dan jernih mirip putih telur. Ketika itu berarti wanita baru mendekati masa subur. Masa subur yang sangat bagus dan mendukung cepat hamil yakni saat lendir servik bertekstur licin, bertambah banyak hingga celana dalamnya basah. Ketika masa subur ini datang, manfaatkanlah sebaik mungkin.

2. Menjaga berat badan

menjaga berat badan

menjaga berat badan

Siapa sangka jika berat badan berpengaruh terhadap kesuburan. Hal tersebut diungkapkan dari laman com. Seorang direktur Divisi Endrokrinologi Reproduksi dan Infertilitas, Willian Gibbons dari Baylor College of Medicine mengatakan bahwa berat badan bisa berpengaruh terhadap pembuahan atau konsepsi.

Jadi, salah satu cara agar cepat hamil yakni dengan berusaha menjaga berat badan ideal. Untuk mencapai tahap ini, tentunya Anda juga harus menjalani gaya hidup sehat.

3. Kendalikan stress

kendalikan stress

kendalikan stress

Kadangkala karena lama tidak memiliki keturunan, seseorang menjadi stress. Padahal, depresi atau stress bisa membuat seseorang susah hamil. Dikatakan oleh dr. Rosdiana Ramli SPOG, bahwa wanita yang ingin hamil haruslah menghindari stress. Hal ini karena stress mampu memengaruhi sel ovum agar tidak berkembang dengan baik, dan memengaruhi sperma saat membuahi sel ovum.

Oleh karena itu, ketika Anda menjalankan program kehamilan, pastikan untuk bisa me-manage stress Anda. Ikutilah meditasi, yoga atau hobi apapun yang bisa membuat Anda lebih rileks dan terhindari dari stress. Ciptakan sugesti bahwa Anda bisa hamil. Tidak perlu mendengarkan cibiran orang lain, karena hal negatif ini malah bisa membuat Anda kian stress. Sugesti sangat berperan efektif dalam proses kehamilan, jadi pastikan Anda memiliki sugesti yang positif.

4. Pilihlah posisi seks yang tepat

Ambil Posisi Bercinta yang Nyaman

Ambil Posisi Bercinta yang Nyaman

Ketika berhubungan intim, posisi juga berpengaruh. Posisi misionaris yakni suami berada diatas akan memudahkan sperma untuk berenang menuju saluran tuba. Nah, hindari pula menggunakan pelicin.

Meski pelicin ini mampu mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan kenikmatan, namun ada beberapa komponen dalam pelicin yang malah merusak sperma. Untuk menggantikan pelicin, maksimalkanlah foreplay.

Sebelum berhubungan intim, pastikan mengosongkan kandung kemih agar setelah selesai berhubungan intim tidak segera buang air kecil. Setelah itu, khususnya untuk wanita, berbaringlah sekitar 10-15 menit.

Agar bisa maksimal, pastikan ketika berhubungan intim Anda tidak mengejar target untuk mendapat keturunan. Kenapa? Kenikmatan adalah point terpenting dalam hal ini. Ketika Anda tidak menikmati hubungan intim tersebut, dan hanya mengejar masa subur saja, maka hasilnya juga tidak akan maksimal.

Ada yang berpendapat jika berhubungan intim sebanyak mungkin adalah salah satu cara agar cepat hamil, namun faktanya hal ini malah membuat kualitas sperma menjadi berkurang karena seringnya ejakulasi.

5. Makan makanan sehat yang mendukung kesuburan

makan makanan sehat

makan makanan sehat

Mengonsumsi makanan pendukung kesuburan sangat diperlukan bagi pasangan yang tengah menjalankan program kehamilan. Bagi wanita, makanan yang baik untuk kesuburan antara lain yoghurt, keju, susu, buah, daging ayam, sayuran hijau, minyak zaitun, kacang-kacangan, serta makanan karbohidrat kompleks. Brokoli, selada dan bayam juga sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin B dan folat yang mampu menjaga ovulasi. Begitu juga telur yang mampu meningkatkan folat.

Sedangkan bagi pria, ada beberapa jenis makanan penambah kesuburan antara lain salmon, susu rendah lemak, semangka, kacang-kacangan, oatmeal, dan yoghurt. Selain itu, mengonsumsi makanan berprotein tinggi juga penting agar sperma bisa berenang dengan kuat dan cepat.

6. Lakukan olahraga yang ringan

olahraga ringan

olahraga ringan

Dikutip dari com, tubuh yang bugar karena olahraga bisa membuat aliran darah mengalir lebih lancar. Hal ini baik, namun jika dilakukan berlebih justru kurang baik untuk wanita yang sedang memprogramkan kehamilan.

Wanita yang suka berolahraga berat atau cenderung sangat suka berolahraga, peluang hamilnya akan lebih kecil. Tidak hanya olahraga, aktifitas fisik yang berlebih juga tidak baik bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil.

7. Hindari konsumsi alkohol dan rokok

Hindari konsumsi alkohol dan rokok

Hindari konsumsi alkohol dan rokok

Merokok bisa menyebabkan ketergangguan kesubururan bahkan mandul. Sedangkan mengonsumsi alkohol mampu menyebabkan infertilitas serta meningkatkan risiko cacat lahir. Jadi, kalau Anda ingin memiliki keturunan, hindari rokok dan alkohol.

8. Hindari bahan kimia

hindari bahan kimia

hindari bahan kimia

Penggunaan bahan kimia sehari-hari tentulah sudah sulit ditolerir, contohnya pembersih lantai atau detergen. Bahan kimia ini jika terserap oleh tubuh tentulah tidak baik. Untuk itu ada baiknya untuk menghindarinya dengan menjaga kebersihan.

9. Berdoa

doa minta keturunan

doa minta keturunan

Cara agar cepat hamil terakhir yakni berdoa. Manusia pada intinya hanya mampu berusaha sedangkan hasilnya nanti Allah yang menentukan. Jadi, pastikan selalu berdoa, tingkatkan ibadah, bertawakal dan tetap berusaha. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, jadi teruslah berdoa.

Sebenarnya ada banyak cara agar cepat hamil yang bisa dilakukan. Sayangnya hanya sekelumit diatas yang disampaikan. Selain beberapa cara agar cepat hamil diatas, ada baiknya juga selalu menjaga gaya hidup sehat untuk meningkatkan peluang cepat hamil. Hindari konsumsi makanan cepat saji, hindari penat dan usahakan tubuh selalu dalam kondisi fit.

Jangan lupa selalu berdoa dan selalu berkonsultasilah dengan dokter tentang program kehamilan Anda. Selamat mencoba dan semoga lekas mendapatkan momongan.

Leave a Reply

Share
Additional Info