Share

35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cuka apel memiliki banyak manfaat bagi tubuh baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan zat yang terkandung pada cuka apel antara lain Asam Amino, Kalium, Potasium, Magnesium, Kalsium, dan Vitamin A , C , E yang sangat baik bagi tubuh kamu.

Cuka apel dapat kamu manfaatkan sebagai masker wajah, tonik rambut, membantu dalam program diet dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain alami, cuka apel juga lebih aman digunakan dibandingkan dengan produk berbahan kimia.

Penggunaan cuka apel sesuai dengan kadar yang tepat, dapat membantu kamu untuk mengatasi permasalahan seperti masalah jerawat, ketombe pada rambut, mengontrol nafsu makan, maupun mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

manfaat cuka apel bagi wajah

Cuka apel memiliki sifat anti bakteri, antiviral, anti flungal, dan juga anti inflamasi. Sehingga kamu dapat memanfaatkan cuka apel untuk permasalahan pada wajah kamu. Diantara permasalahan pada wajah yang dapat di atasi menggunakan cuka apel antara lain.

1. Mengatasi Komedo

Kandungan alami pada cuka apel dipercaya ampuh untuk membunuh bakteri penyebab komedo. Cuka apel juga dapat menetralkan tingkat PH pada kulit wajah. Sehingga selain mampu mencegah dan menghilangkan komedo, cuka apel juga mampu menghilangkan bekas luka pada kulit wajah kamu.

Adapun cara menggunakan cuka apel untuk mengatasi permasalahan komedo adalah sebagai berikut.

  1. Campurkan 2 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok air
  2. Basahi kapas dengan campuran cuka apel dan air
  3. Oleskan pada area wajah kamu
  4. Diamkan selama kurang lebih 5 – 10 menit
  5. Bilaslah menggunakan air hangat

2. Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Flek hitam pada wajah disebabkan karena banyak faktor. Salah satu penyebabnya adalah penuaan dini pada kulit wajah. Cuka apel memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk meremajakan sel sel kulit yang mati. Cara penggunaanya adalah dengan rajin mencuci muka kamu menggunakan campuran air dan sedikit cuka apel.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak dapat menyebabkan wajah kamu tampak kusam dan tidak sehat. Hal ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri kamu. Saat ini kamu dapat mengatasi permasalahan wajah berminyak dengan menggunakan cuka apel.

Cuka apel memiliki sifat yang dapat mengembalikan tingkat PH pada kulit. Sehingga kulit wajah kamu akan terbebas dari minyak yang berlebih.

Cara menggunakan cuka apel untuk wajah yang berminyak adalah dengan mencampurkan segelas air bersih dan 2 sendok makan cuka apel. Kemudian kamu dapat mengoleskannya pada area wajah menggunakan kapas. Lakukanlah dengan rutin pada pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Harga Cuka Apel Terbaru 2018 | di Indomaret, Apotik, Alfamart

Manfaat Cuka Apel Untuk Jerawat

manfaat cuka apel untuk jerawat

Cuka apel juga dapat mengatasi permasalahan wajah lainnya seperti jerawat. Seringkali kita direpotkan dengan masalah jerawat yang tidak henti hentinya muncul di wajah. Faktor stress dan pola hidup yang kurang sehat menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah kamu.

Kamu dapat memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi jerawat dan mencegahnya untuk datang kembali. Cara penggunaanya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan segelas air bersih
  2. Masukan 2 sendok makan cuka apel kedalam air dan aduk hingga larut
  3. Basahi kapas dengan larutan air dan cuka apel
  4. Oleskan pada area jerawat secara lembut dan perlahan
  5. Diamkan selama 5 – 10 menit
  6. Bilas dengan air hangat

Manfaat Cuka Apel Untuk Diet

manfaat cuka apel untuk diet

Kandungan anti glitemik pada cuka apel memiliki manfaat untuk memperlambat respon insulin , sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu kamu dalam proses diet tanpa harus menggunakan obat obatan.

Selain itu cuka apel juga sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sifat anti bakteri pada cuka apel mampu membunuh bakteri patogen yang berbahaya bagi pencernaan kamu.

Kamu dapat menuangkan 2 sendok makan cuka apel pada segelas air putih atau pun teh dan dapat kamu minum sebelum makan. Cara ini terbukti efektif dalam menekan nafsu makan kamu. Sehingga kamu dapat melakukan diet tanpa tersiksa rasa lapar.

Manfaat Cuka Apel Untuk Rambut

manfaat cuka apel untuk rambut

Selain untuk kecantikan kulit wajah, cuka apel juga dapat dimanfaatkan untuk rambut. Cuka apel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk rambut kamu. Berikut ini merupakan beberapa manfaat cuka apel untuk rambut.

1. Mengatasi Ketombe

Cuaca yang panas menyebabkan kulit kepala kering dan memicu munculnya ketombe pada rambut kamu. Gunakanlah cuka apel untuk menutrisi rambut dan kulit kepala kamu. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air , kemudian usapkan pada area kepala dan rambut kamu.

Dengan rutin membersihkan rambut dan kulit kepala menggunakan cuka apel. Maka kamu akan terhindar dari permasalahan rambut yang berketombe. Lakukanlah sebelum kamu keramas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengatasi Kerontokan Pada Rambut

Rambut rontok dapat memicu kebotakan pada rambut. Biasanya rambut yang tidak dinutrisi atau dirawat dengan baik akan sangat mudah mengalami kerontokan. Faktor stress juga dapat menjadi penyebab kerontokan pada rambut.

Gunakanlah cuka apel sebagai serum untuk menutrisi rambut kamu agar terhindar dari resiko rambut rontok. Caranya adalah dengan menuangkan 2 sendok makan cuka apel pada air, kemudian basuhlah rambut kamu dan lakukan pemijatan di area kulit kepala.

3. Menyuburkan dan Mengembalikan Kilau Alami Rambut

Rambut yang subur dan berkilau dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri kamu. Namun untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau tidaklah semudah membayangkannya. Perawatan pada rambut harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu dapat menggunakan cuka apel sebagai campuran shampo ketika keramas. Cuka apel memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang berguna untuk kesuburan rambut kamu. Selain itu cuka apel juga mampu untuk mengembalikan kilau alami dari rambut kamu.

Manfaat Cuka Apel Untuk Asam Urat

manfaat cuka apel untuk asam urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit sendi yang paling banyak diderita oleh kebanyakan orang. Biasanya penderita penyakit asam urat adalah orang orang yang sudah memiliki usia lanjut. Hal ini ditandai dengan rasa nyeri pada sendi dan terjadi pembengkakan.

Cuka apel memiliki kandungan asam malat yang berfungsi sebagai pemecah kristal dan meredakan nyeri sendi pada penderita asam urat. Juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membunuh jamur dan menghindari pembengkakan.

Cara menggunakan cuka apel sebagai obat asam urat adalah sebagai berikut.

  1. Tuangkan 2 sendok makan cuka apel kedalam segelas air putih
  2. Aduk hingga tercampur merata
  3. Kamu juga dapat menambahkan madu bila diperlukan
  4. Minum secara rutin 2 kali dalam sehari. Yaitu pada pagi dan malam hari

 

Manfaat Cuka Apel Untuk Gigi

manfaat cuka apel untuk gigi

Manfaat cuka apel untuk kesehatan gigi antara lain menghilangkan noda dan plak pada gigi, memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, serta menjaga kesehatan rongga mulut. Cuka apel juga mampu mengobati sakit pada gigi kamu.

Cara penggunaan cuka apel untuk gigi ada 2 cara. Cara pertama adalah dengan mengoleskannya langsung pada gigi setelah kamu menggosok gigi. Ini dapat menjadikan gigi kamu putih dan bersih. Cara kedua adalah dengan berkumur menggunakan campuran air dan 2 sendok makan cuka apel. Ini membantu kamu membunuh bakteri dalam mulut yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Jika kamu rasa terdapat kekurangan pada artikel mengenai manfaat dari cuka apel, kamu dapat menambahkannya pada kolom komentar dibawah.

Leave a Reply