[Heboh] Mengungkap Fakta Raja Salman Sebagai Raja Arab Saudi

Raja Salman merupakan seorang raja dari Kerajaan Arab Saudi. Beliau adalah seorang pemimpin religius, karismatik dan tegas. Sampai saat ini, di tangan Raja Salman banyak sekali perubahan atmosfir politik dan ekonomi di Arab Saudi.

Dunia saat ini dihebohkan dengan berita kunjungan Raja Salman ke Indonesia. Yang menjadi sorotan publik adalah kunjungan Raja Salman ke Indonesia yang membawa misi tertentu dan juga dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pengamat Timur Tengah, Dr Yon Machmudi menilai kunjungan Raja Salman pada 1 – 9 Maret 2017 mempunyai arti penting dan strategis bagi kedua negara. Dikarenakan sudah hampir 47 tahun tidak ada kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia.

Rencara pada kunjungannya ke Indonesia, Raja Salman akan membawa 1.500 anggota delegasi, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. Ini merupakan jumlah yang fantastis yang pernah ada.

Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya, siapakah Raja Salman? Apa perbedaan beliau dengan Raja-raja sebelumnya. Nah, untuk mengetahui siapakah Raja Salman ini. Rejekinomplok akan mengupas tuntas fakta-fakta Raja Salman yang menghebohkan dunia.

Siapakah Raja Salman?

siapakah raja salman

siapakah raja salman

Mengutip dari situs wikipedia, Salman bin Abdulaziz al-Saud lahir pada 31 Desember 1935 merupakan Raja Arab Saudi yang ketujuh, Penjaga Dua Kota Suci, dan pemimpin Wangsa Saud saat ini.

Beliau menjabat sebagai wakil gubernur dan kemudian Gubernur Riyadh selama 48 tahun mulai dari tahun 1963 hingga 2011. Beliau diangkat sebagai Menteri Pertahanan pada tahun 2011. Beliau juga terpilih sebagai Putra Mahkota pada tahun 2012 setelah kematian saudaranya Nayef bin Abdulaziz Al Saud . Salman diangkat sebagai Raja Arab Saudi pada 23 Januari 2015 setelah kematian saudara tirinya yaitu Raja Abdullah.

Karier Politik Raja Salman

karier politik raja salman

karier politik raja salman

1954-1955: Wakil gubernur kota Riyadh

1955-1960: Gubernur kota Riyadh

1963-2011: Gubernur kota Riyadh

2011-2012: Menteri Pertahanan Kerajaan Saudi Arabia

2012-2015: Putra Mahkota Kerajaan Saudi Arabia

2015-Sekarang: Raja Kerajaan Saudi Arabia

Penghargaan Raja Salman

penghargaan raja salman

penghargaan raja salman

Tahun 2008: Doktor Honoris Causa dari Universitas Umm Al-Qura, Arab Saudi

Tahun 2010: Doktor Honoris Causa dari Jamia Millia Islamia, India

Tahun 2011: Doktor Honoris Causa dari Universitas Islam Madinah, Arab Saudi

Tahun 2013: Doktor Honoris Causa dari Institut Sains dan Teknologi Sarajevo, Bosnia Herzegovina

Tahun 2014: Doktor Honoris Causa dari Universitas Waseda, Jepang

Fakta Tentang Raja Salman

Sebelum lanjut membaca, tontonlah video berikut ini.
Video ceramah Ust. Zulkifli Muhammad Ali, Lc MA tentang siapakah Raja Salman.

Raja Salman hafal Al-Qur’an sejak usia 10 tahun

raja salman hafal al quran

raja salman hafal al quran

Raja salman merupakan anak dari Raja Abdulaziz bin Abdulrahman al Saud dan Hassa binti Ahmad al Sudairi.

Beliau hidup di lingkungan keluarga yang sangat disiplin. Beliau juga pernah mengenyam pendidikan di Prancis.

Karena kecintaannya terhadap Islam dan senang membaca serta menghafal Al-Qur’an, beliau berhasil menghafal Al-Qur’an di usia 10 tahun.

Raja Salman Mensejahterakan Rakyatnya

raja salman mensejahterakan rakyat

raja salman mensejahterakan rakyat

Saat Raja Salman baru saja dilantik, tugas pertanya adalah mensejahterakan rakyatnya. Bahkan seluruh pegawai di Arab Saudi termasuk polisi dan tentara, beliau naikkan gajinya dua kali lipat.

Meninggalkan Obama untuk Menunaikan Sholat

raja salman meninggalkan obama

raja salman meninggalkan obama

Raja Salman merupakan pemimpin yang sangat religius, beliau meninggalkan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama untuk menunaikan sholat.

Saat itu Raja Salman tengah berada di Bandara Internasional King Khalid, namun ketika adzan ashar berkumandang, Raja Salman meminta izin untuk meninggalkan acara kenegaraan tersebut demi menunaikan sholat ashar.

Dengan seketika Raja Salman menghentikan kegiatan protokoler dan meminta izin kepada rombongan Presiden Obama untuk menunaikan sholat ashar.

Tentu saja hal tersebut menjadi heboh dunia, karena acara penyambutan tersebut disiarkan langsung (live) dan disaksikan oleh banyak orang.

Video pada saat Raja Salman tinggalkan obama untuk memenuhi panggilan adzan ashar.

Raja Salman Memecat Putra Raja Abdullah

raja salman memecat putra raja abdullah

raja salman memecat putra raja abdullah

Pada saat perombakan kabinet, Raja Salman membuat heboh dengan memecat putra Raja Abdullah bin Abdulaziz, yaitu Pangeran Khalid bin Badar bin Abdulaziz al Saud yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Inteligen Umum. (dirilis Saudi Press Agency (SPA), 30/1/2015)

Pemecatan Pangeran Khalid itu hanya seminggu setelah Raja Abdullah meninggal di usia 90 tahun. Tidak hanya itu Raja Salman juga memecat Pangeran Mishaal yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur Mekkah.

Raja Salman Memerintahkan Mengeksekusi Pangeran Saudi karena Bersalah

raja salman menghukum pangeran saudi

raja salman menghukum pangeran saudi

Kita tahu bahwa pada oktober 2016 lalu, Raja Salman kembali menuai pujian dari publik karena ketegasannya dalam hukum yang tidak tebang pilih. Beliau memerintahkan eksekusi terhadap seorang Pangeran Saudi yang menembak mati seorang pemuda dalam sebuah perkelahian pada tahun 2004 silam.

Di media sosial Raja Salman mendapat pujian dari rakyat Saudi sebagai Raja yang adil dalam penegakan hukum. Pangeran yang dihukum eksekusi adalah Pangeran Turki bin Saud al Kabir. Eksekusi dilakukan setelah keluarga korban menolak “uang darah”, akhirnya Pangeran Turki dieksekusi di alun-alun Riyadh sebagai penegakan hukum.

Raja Salman adalah Petanda Akhir Zaman, Benarkah?

Simaklah video di bawah ini.

Demikianlah fakta Raja Salman sebagai Raja Arab Saudi. Tentu kita Indonesia juga menginginkan sosok pemimpin yang Adil, bisa mensejahterakan rakyatnya dan taat kepada Allah subhanahu wata’ala. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply