10 Minyak Atsiri Paling Mahal dan Banyak Dicari

Minyak atsiri atau lebih dikenal dengan minyak aromatik yang mudah menguap dan menyebar dalam ruangan sehingga dapat dijadikan pewangi maupun sebagai aroma terapi. Karena aromanya memiliki wangi yang khas sehingga membuat siapapun yang menghirupnya menjadi nyaman dan rileks.

Belakangan ini sedang hangat dibicarakan mengenai harga minyak atsiri yang ternyata sangat tinggi di pasar internasional. Bahkan kabarnya 1 liter minyak atsiri dapat dibanderol hingga ratusan juta untuk jenis tertentu.

Ada beberapa jenis minyak atsiri yang memiliki harga selangit dan sangat banyak diminati oleh pasar. Diantaranya adalah minyak atsiri yang terbuat dari bunga canabis, agarwood, frangipani, tuberose, dan champaca. Berikut ini adalah minyak atsiri yang paling mahal dan paling banyak dicari di pasaran nasional maupun internasional.

1. Minyak Atsiri Dari Lavender

minyak atsiri lavender

Minyak atsiri yang menggunakan lavender sebagai bahan dasar pembuatanya merupakan salah satu jenis yang paling diminati di pasaran. Minyak atsiri dari bunga lavender dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi alergi, menghilangkan pusing, meredakan rasa mual, dan juga dapat digunakan untuk mengobati luka pada kulit.

Selain itu minyak atsiri ini juga sering dijadikan pewangi ruangan di tempat terapi. Hal ini dikarenakan minyak ini memiliki aroma yang menenangkan dan mampu untuk membuat rileks dan nyaman tubuh kamu.

Baca Juga : Harga Minyak Lintah Terbaru

2. Minyak Atsiri Dari Lemon

minyak atsiri lemon

Minyak atsiri dari lemon diperoleh dari hasil penyulingan pada bagian kulit lemon. Minyak ini dapat kamu gunakan untuk mengobati mual dan juga dapat memperkuat sistem imun tubuh. Minyak atsiri dari kulit lemon ini juga sering digunakan untuk kecantikan. Salah satunya digunakan untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak.

Minyak atsiri dari lemon memiliki aroma yang kuat sehingga sering digunakan sebagai campuran bahan dalam produksi pewangi ruangan maupun pewangi kendaraan.

3. Minyak Atsiri Dari Cinnamon Bark ( Kayu Manis )

minyak atsiri kayu manis

Tanaman kayu manis dapat diolah menjadi minyak atsiri dengan cara menyuling bagian kulit pohonnya. Di indonesia sendiri tanaman kayu manis sangat muda kita jumpai. Namun siapa sangka jika diolah menjadi minyak atsiri mampu dijual dengan harga yang tinggi di pasar internasional.

Minyak atsiri dari kayu manis ini bermanfaat untuk menaikan tekanan darah dan juga dapat mengurangi kembung.

Baca Juga : Harga Minyak Kemiri Terbaru 2018

4. Minyak Atsiri Dari Cajeput ( Kayu Putih )

minyak atsiri kayu putih

Sama seperti minyak atsiri yang terbuat dari kayu manis. Minyak atsiri dari kayu putih juga menggunakan kulit tanaman kayu putih. Diolah dengan proses penyulingan sehingga menghasilkan minyak atsiri. Minyak ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah untuk meringankan pusing, mual, mengobati masuk angin dan meringankan gejala flu.

Minyak ini juga dapat kamu gunakan sebagai minyak terapi untuk rileksasi diri. Aroma yang dimiliki minyak ini dapat membuat kamu rileks dan tenang.

Baca Juga : Harga Minyak Sereh Terbaru 2018

5. Minyak Atsiri Dari Sereh

minyak atsiri sereh

Sereh dikenal memiliki sifat anti mikroba yang tinggi. Tanaman sereh biasanya digunakan untuk bahan dasar dalam membuat alat kecantikan ataupun lotion anti nyamuk. Karena aromanya yang khas, sereh juga dapat diolah menjadi minyak atsiri. Minyak atsiri dengan bahan dasar sereh bermanfaat untuk mengurangi radang dan nyeri pada kulit.

Namun perlu kamu ketahui, minyak atsiri yang terbuat dari bahan dasar sereh sangat tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak anak dibawah usia 2 tahun.

Baca Juga : Harga Minyak Cengkeh Terbaru

6. Minyak Atsiri Dari Bunga Canabis

minyak atsiri bunga canabis

Minyak atsiri yang terbuat dari bunga cannabis memiliki harga sangat tinggi dipasaran. Pasalnya bunga ini termasuk kedalam salah satu jenis narkotika. Bunga Cannabis sendiri dapat dibilang mirip dengan ganja. Maka dari itu harga minyak atsiri dari bunga cannabis ini dibanderol seharga 430 juta per liternya. Hal ini dikarenakan tanaman ini tidak dilegalkan di setiap negara sehingga proses pembuatannya sulit.

Minyak atsiri dari bunga canabis memiliki sifat menenangkan, rileksasi, mengatasi iritasi, radang, dan mengatasi hormon yang tidak seimbang pada wanita. Namun walaupun memiliki harga yang tinggi minyak atsiri dari bunga cannabis ini sangat banyak diminati oleh pasar terutama di eropa.

7. Minyak Atsiri Dari Agarwood ( Gaharu )

minyak atsiri agarwood

Minyak atsiri jenis ini didapatkan dari batang pohon agarwood atau yang kita kenal dengan sebutan gaharu. Di indonesia sendiri tanaman ini dapat tumbuh subur dengan baik. Iklim yang menunjang tanaman ini tumbuh subur sehingga bahan dasar pembuatan minyak atsiri jenis ini semestinya mudah di indonesia.

Namun tidak semua pohon gaharu dapat dibuat minyak atsiri jenis ini , hanya batang gaharu yang terdapat jamur saja yang dapat diolah menjadi minyak atsiri dengan kualitas yang baik. Minyak atsiri agarwood memiliki aroma yang tajam dan kuat. Minyak ini memiliki harga 570 juta per liternya dipasar dunia.

8. Minyak Atsiri Dari Frangipani ( Kamboja )

minyak atsiri frangipani

Bunga kamboja pasti sudah sangat sering kamu lihat. Baik di area taman maupun di tempat pemakaman umum bunga kamboja tumbuh dengan suburnya. Memang bunga ini dapat tumbuh subur di tanah yang memiliki iklim tropis. Namun siapa sangka jika diolah menjadi minyak atsiri harganya akan sangat tinggi.

Harga minyak atsiri frangipani dipasaran minyak dunia adalah 680 juta per liter. Minyak ini biasa digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan parfum parfum mahal.

9. Minyak Atsiri Dari Tuberose ( Bunga Sedap Malam )

minyak atsiri tuberose

Tanaman sedap malam biasa menghiasi dalam acara pernikahan di indonesia. Namun siapa sangka tanaman ini jika diolah menjadi minyak atsiri akan berharga sangat tinggi. Minyak jenis ini banyak digunakan oleh masyarakat eropa sebagai aroma terapi. Namun kabarnya mereka juga menggunakan minyak atsiri jenis ini untuk menambah gairah dalam berhubungan badan.

Minyak atsiri dari tanaman tuberose ini dibanderol seharga 690 juta per liternya. Minyak jenis ini memiliki aroma yang khas sehingga dapat membuat nyaman dan menambah inspirasi kamu.

10. Minyak Atsiri Dari Champaca ( Cempaka Wangi )

minyak atsiri champaca

Tanaman cempaka wangi sangat banyak kita temukan di wilayah aceh. Sejak jaman dahulu tanaman ini sudah di gunakan untuk mengatasi permasalahan stres dan depresi. Seiring kemajuan teknologi maka tanaman ini di suling menjadi minyak atsiri dengan harga yang sangat tinggi.

Minyak atsiti dari bunga cempaka wangi dijual seharga 1 milyar per liternya. Khasiat dari minyak atsiri jenis ini dapat mengobati penyakit vertigo, merileksasi tubuh, sebagai aroma terapi, juga dapat digunakan untuk menambah gairah saat berhubungan intim dengan pasangan.

Bagaimana apakah kamu tertarik untuk membeli ataupun memulai bisnis minyak atsiri ? . Minyak atsiri yang terbuat dari bahan bahan di atas memiliki harga yang fantastis. Selain itu bahan pokok untuk membuat minyak sangat mudah kita jumpai di indonesia.

Namun dalam proses pengolahannya negara kita masih tertinggal dari negara negara lain. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar artikel tentang minyak atsiri paling mahal dan paling banyak dicari, kamu dapat bertanya pada kolom komentar dibawah ini.

Leave a Reply

privacy policy