Share

Pengertian Web Browser, Fungsi, Manfaat dan Contohnya

Pengertian Web Browser – Di era digital saat ini sudah saatnya kita melek internet. Salah satu aplikasi yang sering digunakan di dalam dunia internet adalah web browser. Nah, disini akan dijelaskan pengertian web browser beserta fungsi, manfaat, cara kerja dan contoh web browser.

Pengertian Web Browser

pengertian web browser

pengertian web browser

Web browser adalah suatu program, software, aplikasi atau perangkat yang digunakan untuk mencari atau menjelajahi informasi di dalam jaringan internet dari sebuah media seperti situs, blog, jejaring sosial, dan lain sebagainya yang tersimpan di dalam internet. Tentunya kamu tidak asing lagi dengan nama-nama web browser seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari dan lain-lain.

Pengertian web browser menurut Wikipedia adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada didalam jaringan internet (world wide web). Sumber-sumber informasi yang dimaksud itu terdiri dari berbagai macam bentuk seperti misalnya berupa halaman situs, gambar, video, infografis, konten, dan yang lainnya.

Baca juga, Pengertian Web Server, Fungsi dan Contohnya

Fungsi Web Browser

fungsi web browser

fungsi web browser

Saat ini hampir setiap hari pengguna internet pasti tidak bisa terlepas dari penggunaan web browser, baik untuk membaca berita maupun menemukan informasi lainnya. Web browser memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuka laman website

Fungsi web browser yang paling menonjol ialah pada kemampuannya untuk mengarahkan pengguna pada alamat website yang dituju. Dengan menggunakan web browser seseorang bisa langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data, sementara itu jika menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dimasukkan.

2. Memastikan keamanan suatu web

Bisanya dalam web browser juga terdapat proses authentication atau proses verifikasi suatu website atau laman dan juga untuk memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi, misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer.

3. Mendukung permintaan data

Fungsi lain dari web browser adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna yang dikenal dengan istilah requesting supporting data item. Hampir seluruh alamat web yang ada di internet bisa diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan (download) secara langsung dalam dokumen komputer.

4. Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan

Selain memberikan akses pada laman yang dituju secara langsung, web browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website termasuk efek yang ada di dalamnya sehingga laman web tersebut dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan video, foto dan audio pada suatu laman.

5. Mendukung penggunaan search engine

Mesin pencari atau search engine secara umum merupakan bagian dari web browser sehingga pengguna bisa mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat pada address bar dalam menu web browser.

Manfaat Web Browser

manfaat web browser

manfaat web browser

Ketahuilah bahwa sesuatu dibuat atau diciptakan tentu untuk dapat diambil manfaat dari apa yang diciptakannya atau dibuatnya tersebut. Begitu juga dengan didibuatnya web browser, dibuat untuk dapat diambil manfaatnya dari web browser tersebut. Dan inilah beberapa manfaat dari web browser yang harus kamu ketahui:

Web browser digunakan untuk bisa mengakses informasi-informasi yang bermanfaat baik itu mengenai pendidikan maupun non pendidikan.

Web browser dapat mempermudah kita dalam mengakses informasi kepada media-media seperti misalnya situs, blog, gambar, video, dll.

Web browser juga bisa digunakan untuk sebagai media untuk berjejaring sosial misalnya saja melalui Facebook, Twitter, Google Plus, dll.

Web browser dapat menyimpan file-file yang kita cari ketika menjelajah internet, kita juga bisa mem-bookmark situs yang dinggap penting.

Web browser digunakan untuk mengakses mesin pencari (serach engine seperti Google misalnya) yang biasa digunakan untuk mencari informasi.

Dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari web browser yang bisa kita gunakan untuk mempermudah aktifitas kita berselancar di dunia maya.

Cara Kerja Web Browser

cara kerja web browser

cara kerja web browser

Untuk menggunakan web browser pengguna dapat mengaksesnya dengan sangat mudah. User atau pengguna hanya perlu membuka aplikasi kemudian mengetikkan alamat atau situs yang dituju, biasanya dengan menggunakan format WWW (world wide web) atau mengetikkan URL (Uniform Source Locator) pada address bar dilaman web browser.

Setelah mengetikkan alamat yang dituju maka aplikasi web browser akan memfetching atau mengambil data yang biasanya ditulis dalam kode html.

Alamat web atau url yang kita masukkan pada browser akan mengarahkan browser pada halaman yang dituju. Misalnya saja jika kita memasukkan alamat url http://rejekinomplok.com/ maka browser pertama-tama akan mengakses http atau hypertext transfer protocol atau kadang disebut protocol saja.

Http yang ada pada alamat tersebut akan mentransmisikan file dari web server menuju browser, selanjutnya rejekinomplok.com akan mengarahkan browser pada laman yang dituju dimana data tersebut tersimpan dalam web server.

Contoh Web Browser

Setelah kita mengetahui pengertian web browser, manfaat dan cara kerjanya, alangkah baiknya kita mengetahui contoh aplikasi web browser yang popular pada saat ini. Nah, dibawah ini adalah beberapa web browser yang bisa digunakan, berikut penjelasannya.

1. Google Chrome

google chrome

google chrome

Hampir 60% netizen di dunia ini menggunakan Chrome sebagai web browser mereka. Browser besutan Google hampir digunakan diseluruh negara khususnya negara-negara yang ada dibenua Asia, Amerika dan Eropa.

2. Mozilla Firefox

mozilla firefox

mozilla firefox

Firefox juga merupakan salah satu web browser yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet. Sekitar kurang lebih 1/6 jumlah pengguna internet dunia dan Indonesia merupakan salah satu negara pengguna Firefox terbanyak.

3. Safari

safari browser

safari browser

Pengguna Safari di dunia hampir mencapai 16% sehingga browser ini menjadi salah satu yang paling populer. Aplikasi buatan Apple Inc ini dirilis pada tahun 2003 untuk perangkat komputer dan pada 2007 untuk perangkat mobilenya.

4. Opera

opera browser

opera browser

Opera juga merupakan salah satu web browser populer saat ini yang digunakan sekitar 6% netizen seluruh dunia untuk perangkat komputernya dan 11% netizen untuk perangkat mobilenya. Jangan-jangan kamu juga pengguna opera.

5. Internet Explorer

internet explorer

internet explorer

Meskipun semakin sedikit yang menggunakan, tetap saja Internet Explorer masih ada yang menggunakannya sebagai web browser. Browser ini pernah digunakan sampai 95% netizen lho pada tahun 2002-2003.

6. Netscape Navigator

netscape navigator

netscape navigator

Netscape Navigator merupkan web browser yang terkenal di era 90-an sebelum hadirnya internet explorer (IE) yang dikembangkan oleh Netscape Communication Corporation serta dipelopori oleh mahasiswa lulusan NCSA (National Center of Supercomputer Application di University of Illionis) dan programer-programer paruh waktu.

Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation.

Browser ini merupakan salah satu dari browser tertua dengan maraknya evolusi internet.

Menurut wikipedia, netscape navigator ini adalah browser web gagasan mozilla firefox. Tapi sayangnya netscape navigator ini telah dihentikan dukungannya oleh pihak pendukung yaitu AOL, Dan memberikannya kepada mozilla foundation.

7. Maxthon Browser

maxthon browser

maxthon browser

Browser Maxthon menggunakan IE sebagai dasar, namun punya fungsi yang mumpuni untuk kenyamanan kamu berselancar di internet. Dilengkapi dengan fitur Magic fill yang dibutuhkan untuk memasuki situs member. Jadi fitur ini akan membuat kamu lebih mudah, karena Maxthon akan menyimpannya.

Maxthon mempunyai beberapa tools yang bisa menerjemahkan halaman situs ke berbagai bahasa. Tampilannya juga terlihat lebih user friendly dan enak dilihat.

Browser yang satu ini sangat baik untuk digunakan, selain memiliki kecepatan yang mumpuni juga memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki browser lainnya. Seperti fitur Maxthon Dock yang tersedia di sidebar. Fitur ini terlihat sangat praktis untuk digunakan.

Demikian juga dengan tampilan Maxthon yang enak dilihat membuat penggunanya merasa nyaman untuk menggunakannya.

8. iCab

icab browser

icab browser

Aplikasi web browser iCab yang berlogo mobil ngebut ini memiliki banyak fitur yang tidak tersedia pada browser Mac lainnya, iCab merupakan pilihan tepat bagi pengguna browser yang menginginkan kinerja lebih baik pada semua Mac OS.

9. Flock

flock browser

flock browser

Flock browser merupakan penjelajah web yang spesialisasinya kepada fitur penyedia jejaring sosial dan merupakan browser sosial internasional dunia pertama yang berbasis pada firefox. Dengan fitur-fitur yang menarik, bisa memberikan pengalaman berkomunitas sosial di internet sambil browsing.

Flock ini juga sangat cocok buat kamu yang suka membuka mySpace, friendster, facebook dan situs-situs komunitas lain. Perangkat lunak flock ini gratis dan bisa digunakan diberbagai platform.

Leave a Reply