Lambang Pancasila dan Artinya dari Sila ke 1 sampai 5

Pancasila mungkin kita sudah sering mendengar kata tersebut. Sejak awal kita masuk ke sekolah dasar hingga perguruan tinggi, kita selalu menemukan pelajaran mengenai pancasila. Hal ini wajib untuk kita ketahui bersama, karena pancasila merupakan ideologi dasar negara kita.

Namun taukah kamu? ternyata pancasila memiliki arti dan makna yang mendalam di setiap sila. Pancasila sendiri merupakan bahasa sansakerta yaitu gabungan dari kata panca dan sila. Panca berarti lima dan Sila berarti prinsip.

Pentingnya kita sebagai warga negara indonesia dalam menjaga dan menjalankan nilai-nilai dari pancasila. Hal ini bertujuan supaya negara ini tetap aman, damai, dan juga bersatu dalam menghadapi segala permasalahan yang menimpa bangsa ini.

Kita yang hidup di era sekarang wajib menghormati para pendahulu kita yang telah bersusah payah memikirkan landasan ideologi bangsa ini yaitu pancasila. Maka pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang lambang apa saja yang terdapat pada pancasila lengkap dengan arti dan maknanya.

Arti Lambang Pancasila Sila Ke 1

arti sila ke 1

Sila pertama berlambangkan bintang dan memiliki kalimat Ketuhanan Yang Maha Esa. Butir sila pertama iniĀ  mengandung makna bahwa negara Indonesia berlandaskan pada agama yang sebagaimana telah diatur dan disepakati dalam UUD 1945. Negara juga menjamin dan melindungi bagi tiap-tiap umat beragama untuk menjalankan ibadahnya masing-masing.

Lambang bintang dengan latar belakang gelap ini dapat diartikan tuhan menjadi penerang dan pemberi petunjuk agar manusia tidak tersesat. Maka dari itu tercetuslah kalimat ketuhanan yang maha esa pada butir sila pertama dalam pancasila.

BACA  Pengertian Syura (Musyawarah) Dalam Islam

Karena indonesia berlandaskan pada agama, maka setiap warga negara indonesia diwajibkan memiliki agama yang sesuai dengan hati nuraninya masing-masing. Adapun diantara agama yang diakui dinegara ini yaitu islam, kristen , budha, hindu, dan juga konghucu.

Arti Lambang Pancasila Sila Ke 2

arti sila ke 2

Baca Juga : Pengertian Demokrasi

Sila kedua berlambangkan rantai dan memiliki kalimat Kemanusiaan yang adil dan beradab. Sila ini mengandung makna bahwasanya manusia harus diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya. Dengan ini maka akan melahirkan sikap saling menghargai dan juga menghormati satu sama lain sehingga terciptalah kehidupan yang rukun dan damai.

Kata adil dalam sila ini juga dapat diartikan setiap manusia mendapatkan perlakuan yang sama dimata hukum. Hukum harus ditegakan seadil-adilnya tanpa pernah memandang jabatan ataupun suku dan golongan tertentu agar dapat menciptakan kehidupan yang beradab.

Oleh karena itu bangsa indonesia sangat menentang terhadap sifat eksploitasi dan juga penindasan. Sila ini mengajarkan kita untuk saling menghormati harkat dan martabat manusia dan menghargai hak asasi setiap individu.

Arti Lambang Pancasila Sila Ke 3

arti sila ke 3

Sila ketiga dilambangkan dengan pohon beringin dan berisi kalimat Persatuan Indonesia. Makna yang terkandung pada sila ini adalah dalam setiap keputusan yang diambil haruslah mengutamakan persatuan dan kesatuan negara.

Sangat banyak suku, etnis, dan golongan yang ada di indonesia. Sehingga persatuan itu sangatlah penting untuk menjaga keutuhan negara ini. Maka dari itu lahirlah butir sila ketiga yaitu persatuan indonesia.

Negara juga wajib menjaga dan bersikap adil agar persatuan ini tetap terjaga seutuhnya. Sila ini berkaitan dengan semboyan bhineka tunggal ika, yang berarti walaupun kita berbeda-beda suku , ras, dan juga golongan tetapi kita tetap harus bersatu.

Arti Lambang Pancasila Sila Ke 4

arti sila ke 4

Sila keempat dilambangkan dengan kepala banteng dan berisi kalimat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Butir sila ke empat ini mengandung makna setiap permasalahan harus diselesaikan dengan mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan individu dengan cara bermusyawarah.

BACA  Pengertian Blog, Jenis, Manfaat dan Kegunaannya

Dan kewajiban kita sebagai warga negara adalah mematuhi juga menjalankan setiap keputusan yang dihasilkan dan disepakati dalam perundingan atau musyawarah tersebut. Karena setiap keputusan yang diambil secara musyawarah adalah bertujuan untuk kepentingan bersama.

Namun dalam mengambil keputusan itu haruslah memenuhi unsur keadilan dan kebenaran sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara moral dihadapan tuhan yang maha esa.

Arti Lambang Pancasila Sila Ke 5

arti sila ke 5

Sila kelima dilambangkan dengan padi dan kapas dengan kalimat Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Sila ini mengandung makna keadaan yang seimbang dan kesejahteraan yang merata pada kehidupan masyarakat.

Sila ini bertujuan untuk menghapus kesenjangan sosial warga negara indonesia. Sehingga terciptalah kehidupan berbangsa yang rukun dan damai. Pemerintah wajib mensejahterakan rakyatnya agar tidak terjadi kesenjangan yang dapat berakibat pada perpecahan.

Dalam kehidupan bernegara kesejahteraan rakyatnya merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh pemerintah. Dengan kesejahteraan yang merata bagi rakyat maka terpenuhilah seluruh butir pancasila. Sila ini merupakan puncak dan tujuan utama bagi bangsa indonesia.

Gambar Garuda Pancasila

lambang garuda pancasila

Burung garuda merupakan simbol dari negara indonesia. Garuda sendiri merupakan hewan mitologi dimana digunakan sebagai tunggangan dewa wisnu dalam pewayangan dan merupakan lambang dari kekuatan.

Ditengah tengah atau dijantung burung garuda terdapat simbol-simbol dari pancasila. Ini memiliki makna pancasila merupakan sumber kekuatan daripada burung garuda itu sendiri. Kemudian digambarkan garuda sedang mencengkram kuat sebuah semboyan yang bertuliskan bhineka tunggal ika. Yang dapat dimaknai dengan persatuan dan kesatuan harus tetap kita jaga.

Amanah yang terkandung dalam lambang negara indonesia sangatlah penting kita jalankan. Sebagai warga negara sudah sepatutnya menghargai perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan negara ini.

BACA  Pengertian Demokrasi Pancasila, Ciri-ciri, Fungsi dan Prinsipnya

Adapun terdapat makna lain dibalik jumlah bulu yang terdapat pada burung garuda ini. Berikut ini adalah pembahasan tentang makna jumlah bulu burung garuda yang penting untuk kita ketahui dan renungkan.

Jumlah Bulu Garuda Pancasila

jumlah bulu garuda pancasila

Jumlah bulu yang terdapat pada lambang burung garuda pancasila mengandung jumlah yang sama dengan hari kemerdekaan indonesia. Yaitu 17 bulu pada masing-masing sayap garuda, 8 bulu pada ekor burung garuda, 19 bulu pada pangkal ekor / bagian diatas ekor burung garuda, dan 45 bulu dibagian leher burung garuda.

Hal ini merupakan pengingat bagi kita semua bahwa indonesia merdeka pada tanggal 17 agustus 1945. Dan merupakan sebuah seni yang diwariskan kepada kita semua oleh para pendahulu kita. Sehingga sudah menjadi tugas kita bersama untuk mengemban amanah yang telah diwariskan tersebut.

Belakangan ini kita sering diributkan dengan permasalahan pancasila dan anti pancasila. Sebenarnya permasalahan ini timbul akibat kita belum benar-benar menjalankan amanat yang terkandung pada pancasila. Yaitu tepatnya sila kedua yang berbunyi persatuan indonesia.

Hal ini juga dipicu akibat semakin tingginya angka kesenjangan sosial yang terdapat pada sila ke lima yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Sehingga terjadi sentimen terhadap pihak dan golongan lainnya.

Jika saja kita menjalankan dengan baik amanah yang diberikan dan diwariskan oleh para pendahulu kita, masalah seperti ini tidak akan pernah terjadi. Jadi sudah sepatutnya kita bertanya kepada diri masing-masing. Sudahkah kita menjalankan ideologi pancasila dengan baik ?

 

Leave a Reply