Harga Ikan Sidat | Bibit Ikan Sidat Per Kg 2018

Ikan sidat (Anguilla Marmorata) belakangan ini sedang ramai sekali diperbincangkan oleh para penggiat budidaya ikan. Ikan ini memiliki bentuk hampir menyerupai belut pada umumnya. Selain memiliki nilai investasi yang sangat menjanjikan, ikan sidat juga memiliki kandungan vitamin dan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.

Harga ikan sidat berfariatif tergantung pada kualitas dan berat atau bobotnya. Bahkan di Negara jepang ikan ini dihargai hingga 2 juta per ekornya. Sehingga banyak pembudidaya ikan sidat dari Indonesia yang mengexport hasil panennya ke negara tersebut.

Harga Ikan Sidat 2018

harga ikan sidat 2018

harga ikan sidat 2018

Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor terbesar di pasar dunia. Banyaknya peminat dan tingginya permintaan pasar,membuat ikan sidat memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Berikut ini adalah daftar harga ikan sidat per kilogramnya dipasar Indonesia :

Jumlah IkanSatuanHarga
7 - 10 ekorper Kg115.000
10 - 20 ekorper Kg160.000
30 - 40 ekorper Kg200.000
60 -70 ekorper Kg250.000
100 - 150 ekorper Kg350.000
300 - 400 ekorper Kg600.000

Harga diatas merupakan kisaran harga beli ikan sidat per kilonya dipasaran saat ini. Harga dapat berbeda tergantung pada wilayah dan kualitas ikan. Walaupun demikian harga diatas dapat menjadi acuan jika kamu ingin membeli ikan sidat.

Harga 1 ekor ikan sidat jumbo yang memliki ukuran panjang 1 meter dan berat 7 kg. Dapat dijual dengan harga yang sangat tinggi. Harga ikan sidat ukuran jumbo dapat terjual hingga 1 – 2 juta per ekornya. Harga yang tinggi menyebabkan saat ini banyak yang berlomba-lomba untuk membudi dayakan ikan sidat sebagai investasi.

BACA  Harga Bawang Dayak Per Kg 2018

Di jepang olahan ikan sidat dijual seharga 450 ribu per porsinya untuk sekali makan. Dan untuk harga jual per 250 gram nya dihargai 150 ribu /ekor. Harga jual tinggi di Negara tersebut dikarenakan ikan merupakan konsumsi favorit bagi masyarakat di jepang.

Harga Bibit Ikan Sidat

Karena tingginya nilai investasi saat ini tentu sangat banyak orang yang mencari bibit ikan sidat. Belakangan ini bibit ikan sidat tergolong mudah untuk didapatkan. Harga bibit ikan sidat masih tergolong mahal untuk kelas bibit dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

harga bibit ikan sidat

harga bibit ikan sidat

Harga untuk bibit ikan sidat berkisar antara 265.000 – 300.000 per boxnya. Tiap box berisi kurang lebih 60 ekor bibit ikan sidat. Namun dapat pula dibeli per kg nya seharga 175.000 /kg. 1 kg bibit ikan sidat kurang lebih berjumlah 25 ekor. Bibit ikan sidat dapat dengan mudah kamu beli di peternakan ikan maupun secara online.

Bibit ikan sidat dapat tumbuh hingga memiliki panjang 1 meter dan berat mencapai 7 kg. Dalam waktu 8 bulan , bibit ini akan tumbuh menjadi ikan sidat berukuran 300gram. Ukuran ini dapat langsung kamu panen untuk dijual di pasar lokal. Namun ukuran ini belum dapat untuk diekspor ke mancanegara. Dibutuhkan 1 – 1,5 tahun untuk mencapai ukuran siap ekspor.

Manfaat Ikan Sidat

manfaat ikan sidat

manfaat ikan sidat

Ikan sidat memiliki sangat banyak sekali manfaat. Karena mengandung banyak sekali vitamin yang sangat berguna bagi tubuh. Vitamin yang terkandung dalam ikan sidat antara lain:

  1. Mengandung vitamin A, lebih besar 45 kali lipat dari susu sapi
  2. Mengandung vitamin B1 dan B2, lebih besar 30 kali lipat dari susu sapi
  3. Mengandung zinc, lebih besar 9 kali lipat dari susu sapi

Memiliki banyak kandungan vitamin, maka tidak heran jika ikan sidat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Diantara manfaatnya untuk tubuh meliputi:

BACA  Harga Minyak Cengkeh Murni Per Kg 2018

Sebagai antioksidan alami

Ikan sidat mengandung banyak vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Sehingga mengkonsumsi ikan sidat dapat menambah daya tahan dan kekebalan tubuh. Juga dapat membuat kamu terlihat awet muda.

Mencegah penyakit kangker

Manfaat lainnya adalah untuk mencegah penyebaran sel kangker. Karena kandungan vitamin A yang tinggi, ikan sidat mampu membantu menekan pertumbuhan sel kangker.  Sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kangker.

Sebagai obat bagi penderita rabun jauh

Sudah banyak penelitian dari ahli penyakit mata. Kandungan vitamin dan gizi dari ikan sidat sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit rabun jauh. Telah banyak pasien penderita rabun jauh yang merasakan secara langsung manfaatnya.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Jika kamu memiliki luka dikulit, cobalah untuk mengkonsumsi ikan sidat secara rutin. Luka pada kulit tubuh akan dengan cepat sembuh dan mengering jika kamu rutin mengkonsumsi ikan sidat. Ini dipercaya oleh banyak dokter sebagai pengobatan alami untuk luka.

Untuk meningkatkan kecerdasan otak

Ikan sidat yang kaya akan vitamin dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan otak seseorang. Jika kamu memiliki anak , sangat dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi ikan ini. Karena sangat baik untuk perkembangan kecerdasan IQ anak.

Cara Ekspor Ikan Sidat Ke Jepang

Jepang merupakan pasar terbesar dalam mengekspor hasil panen ikan sidat dari Indonesia. Ikan merupakan makanan sehari-hari masyarakat di jepang. Saat ini saja permintaan ikan sidat dari jepang mencapai 500kg per minggunya. Ini tentunya merupakan peluang besar untuk  kamu yang ingin menjadi pengusaha ikan sidat.

cara ekspor ikan sidat ke jepang

cara ekspor ikan sidat ke jepang

Sebelum kamu mengekspor hasil panen ikan sidat, ada baiknya perhatikan prosedur dan cara packing yang baik. Perhatikan juga cara menjaga agar ikan sidat yang kamu ekspor tetap fresh sampai ketempat tujan. Ini berfungsi untuk mengurangi tingkat kematian ikan sidat dalam proses pengiriman. Berikut ini adalah proses yang baik untuk packing:

  1. Pastikan muatan dalam 1 box/ jerigen tidak lebih dari 20 kg
  2. Pastikan terdapat lubang atau sirkulasi udara yang cukup
  3. Pastikan box/ jerigen tidak memiliki sisa bau dari bahan kimia
  4. Air dapat diganti dalam perjalanan jika perjalanan lebih dari 18 jam
BACA  Harga Telur Ayam Hari Ini | Update Terbaru 2018

Setelah proses packing , langkah selanjutnya adalah cara ekspor. Prosedur untuk ekspor sendiri sebenarnya tidaklah sulit untuk sekarang. Berikut ini adalah cara ekspor ikan sidat ke jepang :

  1. Tentukan sistem pembayaran dan kuantitas kepada pembeli
  2. Mengajukan dan mengurus pemberitahuan ekspor barang (PEB) ke bea cukai
  3. Setelah disetujui oleh bea cukai, kamu akan mendapatkan dokumen nota persetujuan ekspor (NPE) dari bea cukai.
  4. Jika dibutuhkan asuransikan pengiriman

Cara diatas dapat kamu gunakan sebagai referensi jika ingin mengekspor ikan sidat ke jepang. Namun perlu diingat kamu juga harus menjaga kualitas dari ikan sidat. Jangan lupa untuk melengkapi dokumen yang diperlukan agar tidak bermasalah pada saat pengiriman.

Ikan Sidat Terbesar di Dunia

ikan sidat terbesar

ikan sidat terbesar

Semakin besar ukurannya maka semakin tinggi pula nilai jual ikan sidat. Ikan sidat dapat tumbuh hingga memiliki panjang 1 – 2 meter dan bobot mencapai 10 kg. Di papua ditemukan ikan sidat liar sebesar paha orang dewasa.

Ikan Sidat liar dapat tumbuh 2 kali lipat dibandingkan dengan ikan sidat yang berada di penangkaran. Hal ini terjadi karena alam liar merupakan habitat asli dari ikan sidat.  Sedangkan di peternakan ikan sidat terbesar saat ini berukuran panjang 1 meter dan berat 7 kg.

Kesimpulanya adalah ikan sidat memiliki nilai gizi dan harga yang sangat tinggi. Kandungan vitamin dalam satu porsi ikan sidat jauh lebih besar dari konsumsi susu sapi. Telah banyak penelitian dari ahli untuk membuktikan manfaat dari ikan sidat. Jika kamu berminat untuk mempelajari dan berinvestasi ikan sidat, Pelajari “Cara Budidaya Ikan Sidat” di artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply