Share

50+ Film Drama Korea Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Film Korea Terbaik – Sudah tidak asing lagi DRAKOR menjadi tontonan spesial muda-mudi Indonesia. Bahkan bukan saja anak muda, para orang tua juga tampaknya ikut-ikutan demam KDRAMA ini. Menjamurnya pecinta drama korea mengakibatkan puluhan bahkan ratusan drakor atau kdrama yang rilis setiap tahunnya.

Nah, dari banyaknya film drama korea saat ini, ada beberapa film drama korea yang terbaik, terpopuler, terlaris, rating tinggi dan pastinya recomended buat kamu. Berikut ini daftar film drama korea terbaik dan terpopuler sepanjang masa.

Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa

My Sassy Girl (2001)

film-korea-My-Sassy-Girl

My-Sassy-Girl

My Sassy Girl yang dirilis pada tahun 2001 adalah film komedi romantis korea selatan terbaik sepanjang masa. Film yang disutradarai oleh Kwak Jae-yong ini mengisahkan tentang lika-liku hubungan antara Seorang mahasiswa polos (Tae-hyun Cha) yang dengan seorang wanita muda egois (Ji-hyun Juni) yang ditemuinya pertama kali dalam keadaan mabuk di stasiun kereta api. Film korea terbaik ini melambungkan nama para pemerannya sebagai bintang film korea yang populer.

Miracle in Cell No. 7 (2013)

film-korea-Miracle-in-Cell-No-7

Miracle-in-Cell-No-7

Film bergendre drama yang ditayangkan pada tahun 3013 ini dijamin akan menguras air mata bagi siapapun yang menontonya. Film yang disutradarai oleh Lee Hwan-kyung dan dibintangi oleh Seung-ryong Ryu, So Won Kal dan Dal-su Oh ini mengisahkan tentang perjuangan seorang ayah yang menderita keterbelakangan mental dalam menyelamatkan anaknya, dimana ia sampai harus dipenjara dan menjalani hukuman mati.

City Hunter

film-korea-City-Hunter

City-Hunter

Drama ini dibuat berdasrkan Novel terkenal karangan Tsukasa Hojo dari jepang. Drama yang satu ini sangat populer di Indonesia bahkan sampai tayang berkali-kali di TV Indonesia. City Hunter adalah drama Korea yang di bintangi Lee Min Ho Terbaik setelah drama Boys Before Flower.

Drama Korea City hunter di awali dengan kejadian tewasnya ayah Lee Yoon­sung (Lee Min­ho) yaitu Park Moo­yul (Park Sang­min), oleh pasukan elit negaranya sendiri hanya untuk menutupi rahasia yang dimiliki oleh 5 politisi kotor.

Lee Jin­pyo adalah rekan Park Moo­yul yang selamat dari insiden itu. Ia bertekad itu membalas dendam atas kematian rekannya. Untuk mensukseskan rencananya, Jin­pyo tega menculik Yoon­sung yang masih kecil.

Drama Korea Terbaik

Tae Guk Gi: The Brotherhood of War (2004)

film-korea-Tae-Guk-Gi-The-Brotherhood-of-War

Tae-Guk-Gi-The-Brotherhood-of-War

Tae Guk Gi, selain sebagai salah satu film korea terbaik juga merupakan film terlaris korea sepanjang masa. Film yang dibintangi oleh Jang Dong‑gun dan Won Bin ini bergenre drama-war dan mengisahkan kehidupan dan persaudaraan dua orang kakak beradik dalam masa sulit pada saat perang korea. Sutradara Kang Je-gyu yang mengerjakan film ini sebagai sutradara mendapat berbagai pujian atas salah satu mahakarya yang dibuatnya.

Film Korea Romantis

Oasis (2002)

film-korea-Oasis

Oasis

Oasis adalah film drama romantis dengan cerita yang mengharukan. Film yang disutradarai oleh Lee Chang-dong ini menceritakan tentang seorang pria mantan narapidana kasus pembunuhan tabrak lari yang berusaha menebus kesalahannya dengan merawat anak dari korban dengan keterbelakangan mental. Hubungan keduanya menghasilkan kisah cinta yang unik dan mustahil.

Drama Korea Romantis

A Moment To Remember (2004)

film-korea-A-Moment-To-Remember

A-Moment-To-Remember

A Moment To Remember sering disebut-sebut sebagai film romantis korea terbaik sepanjang masa yang penuh keromantisan dan rasa haru. Walaupun pada tahun perilisannya, film ini tidak terlalu sukses secara komersial, namun film garapan sutradara John H. Lee ini mendapat respon positif di luar korea. A moment to remember yang diperankan oleh Son Ye‑jin dan Jung Woo-sung menceritakan tentang kisah cinta dan kesetiaan seorang suami yang memiliki seorang istri dengan gejala penyakit Alzheimer yang menyebabkan dirinya kehilangan ingatan jangka pendek.

Drama Korea Terpopuler

Romantic Doctor, Teacher Kim

film-korea-Romantic-Doctor-Teacher-Kim

Romantic-Doctor-Teacher-Kim

Melodrama medis ini berpusat pada seorang ahli bedah jenius bernama Boo Yong-joo yang punya tiga sertifikat, yaitu di bidang bedah umum, bedah jantung, serta bedah saraf. Setelah mengalami kejadian traumatis, ia menghilang dan berganti nama menjadi Kim Sa-bu, lalu bekerja di sebuah rumah sakit terpencil. Di sana ia mendidik dua dokter muda dan berbakat, Kang Dong-joo dan Yoon Seo-jeong, untuk menjadi dokter hebat yang tak takluk pada kekuasaan dan uang.

Descendants of the Sun

film-korea-Descendants-of-the-Sun

Descendants-of-the-Sun

Terlepas dari ulasan beragam yang diterimanya, tak bisa dipungkiri Descendants of the Sun muncul sebagai salah satu drama paling fenomenal tahun ini. Mengambil tema militer, dibuat secara pra-produksi, melakukan syuting di luar negeri, serta mengunci dua aktor papan atas, drama ini benar-benar melakukan langkah berani. Terbukti kisah asmara Kapten Yoo Si-jin dan dokter Kang Mo-yeon sangat disukai fans di seluruh Asia, menjadikan mereka begitu ikonik.

Please Come Back, Mister

film-korea-Please-Come-Back-Mister

Please-Come-Back-Mister

Rain, yang dulu dikenal sebagai raja drama di samping raja K-Pop, berusaha menegaskan kembali eksistensinya lewat roman komedi fantasi ini. Ia didampingi sejumlah aktris cantik nan seksi di drama yang diangkat dari novel Jepang ini. Kisahnya, dua orang tewas nyaris bersamaan, dan di akhirat mereka meminta untuk dikembalikan ke dunia karena ada urusan yang belum selesai. Permintaan itu dikabulkan dan mereka dimasukkan ke dalam dua tubuh baru yang masih muda.

Film Korea Sedih

The Classic

film-korea-The-Classic

The-Classic

Awalnya, film ini secara flashback menceritakan kisah paralel ibu dan anak perempuannya yang merasakan bahwa jatuh cinta itu sangatlah manis. Namun itu tak bertahan lama ketika keindahan cinta harus berbenturan dengan kesedihan yang diakibatkan perbedaan kelas dan perang. Kisah cinta ibu Ji-hye yang ia baca dari surat dan diarinya benar-benar menghancurkan jiwa. Ia mengetahui betapa memilukan kisah percintaan segitiga sang ibu itu di masa lalu. Sementara Ji-hye sendiri bertemu seorang pria di masa sekarang yang membuatnya jatuh cinta. Semua berjalan wajar sebelum Ji-hye tahu siapa pria itu sebenarnya.

The Way Home

film-korea-The-Way-Home

The-Way-Home

Film sedih ini memiliki jalinan cerita yang bagus. Sang-woo dan ibunya datang dari kota untuk mengunjungi neneknya yang sudah tua renta. Sang ibu yang hendak bekerja ingin agar Sang-woo tinggal bersama neneknya di rumah pedesaan yang terbilang ‘primitif’ itu. Sang-woo samasekali tak menghormati neneknya yang sederhana itu. Berbagai penghinaan dan kekasaran ia lakukan pada sang nenek sebelum ia jatuh sakit karena terlalu tua. Namun cinta dan ketulusan sang nenek telah membuat hati keras Sang-woo luluh. Banyak pelajaran dan kisah menyentuh yang bisa kita lihat dalam film ini.

Windstruck

film-korea-Windstruck

Windstruck

Windstruck menceritakan seorang polisi wanita ambisius bernama Yeo Kyung-jin. Suatu saat ketika sedang mengejar pencuri, ia bertemu dengan Myung-woo, seorang guru fisika. Setelah melalui serangkaian kejadian, keduanya mulai mengembangkan hubungan asmara yang indah. Namun petaka terjadi. Myung-woo tiba-tiba tewas terbunuh secara tak sengaja oleh seorang petugas polisi, sementara Kyung-jin mengira dialah yang menembaknya. Kyung-jin menjadi depresi atas kematian Myung-woo. Ia mencoba bunuh diri berkali-kali. Akhirnya Kyung-jin belajar untuk hidup seolah-olah Myung-woo masih di sisinya.

Drama Korea Recommended

The Legend of the Blue Sea

film-korea-The-Legend-of-the-Blue-Sea

The-Legend-of-the-Blue-Sea

Di akhir tahun 2016, sajian istimewa diberikan pada para K-dramalover. Bagaimana tidak, dua bintang yang sangat ditunggu comebacknya, Lee Min-ho dan Jun Ji-hyun, beraksi dengan peran yang sama-sama menarik. Ji-hyun menjadi putri duyung kolosal yang berusaha beradaptasi dengan kehidupan manusia, sedangkan Min-ho menjadi penipu yang karismatik dan tampan. Mereka sebetulnya punya koneksi kuat dari masa lalu. Dua bintang ini sukses meroketkan rating drama.

Beautiful Mind

film-korea-Beautiful-Mind

Beautiful-Mind

Drama pertama Park So-dam di tahun 2016 ini menuai pujian kritis, namun hanya karena ratingnya yang dirasa tak memadai, episodenya pun disunat dari 16 menjadi 14 saja. Sayang memang, tapi kisahnya dengan Jang Hyuk sangat layak ditonton. Beautiful Mind bercerita tentang seorang ahli bedah saraf yang jenius dan tak punya rasa empati serta keterlibatannya dengan serangkaian kematian misterius yang terjadi di rumah sakit tempatnya bekerja.

Cheese in the Trap

film-korea-Cheese-in-the-Trap

Cheese-in-the-Trap

Disebut sebagai salah satu drama berbasis webtoon paling sukses di tahun 2016, Cheese in the Trap tak ayal kian melambungkan nama duo pemeran utamanya, Park Hae-jin dan Kim Go-eun. Drama ini berfokus pada kehidupan dan hubungan dari sekelompok mahasiswa, terutama hubungan rumit yang terjalin di antara Hong Seol dan kakak kelasnya, Yoo Jung. Pemirsa memuji penampilan dua aktor itu yang dianggap sangat mewakili karakter aslinya di webtoon.

Drama Korea Rating Tertinggi

Autumn In My Heart (2000)

film-korea-Autumn-In-My-Heart

Autumn-In-My-Heart

Autumn In My Heart adalah drama pertama dalam tetralogi Endless Love arahan Yoon Seok-ho. Drama yang tayang antara 18 September sampai 7 November 2000 ini sangat diminati pemirsa dengan rating rata-rata 38.6% dan rating puncak 46,1%. Oleh banyak pihak, Autumn In My Heart dianggap sebagai pelopor melodrama romantis Korea yang telah menyebarkan demam Korea ke seluruh Asia. Drama ini berperan besar menjadikan Song Hye-kyo dan Won Bin sebagai aktor penting pembawa gelombang hallyu generasi awal.

The Moon That Embraces The Sun (2012)

film-korea-The-Moon-That-Embraces-The-Sun

The-Moon-That-Embraces-The-Sun

Juga dikenal dengan judul The Sun and the Moon, drama sejarah ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Jung Eun-gwol. Drama tentang raja fiktif dari zaman Joseon ini merupakan satu dari sedikit drama terbaru yang mampu menembus rekor rating televisi dengan angka 47% di episode ke-18. The Moon That Embraces The Sun dinobatkan sebagai drama terbaik dalam ajang Baeksang Arts Awards ke-48 tahun 12 dan aktornya, Kim Soo-hyun, menyabet gelar Aktor Terbaik di ajang yang sama, di samping puluhan gelar bergengsi lainnya.

Film Korea Terlaris

Spy Girl (2004)

film-korea-Spy-Girl

Spy-Girl

Film ini menjadi kesempatan pertama bagi Gong Yoo untuk menjadi pemeran utama mendampingi Kim Jung-hwa. Sekelompok pelajar menjalankan website yang didedikasikan pada para gadis yang bekerja di Burger King lokal. Choi Go-bong naksir berat pada anak baru, Park Hyo-jin, dan ia memposting foto-foto Hyo-jin di internet sampai ia jadi selebriti lokal. Namun Go-bong tak tahu bahwa Hyo-jin sebenarnya adalah mata-mata Korea Utara.

Finding Mr. Destiny (2010)

film-korea-Finding-Mr-Destiny

Finding-Mr-Destiny

Ini adalah proyek comeback Gong Yoo setelah merampungkan tugas wajib militernya. Finding Mr. Destiny adalah film roman komedi yang kesuksesannya di box office berada di level medium. Bermain bersama Im Soo-jung, Gong Yoo tampil sebagai Han Gi-joon, seorang pria yang memiliki bisnis pencarian cinta pertama seseorang. Klien pertamanya adalah Seo Ji-woo, yang punya cinta pertama bernama Kim Jong-wook. Bisakah pria itu ditemukan?

The Suspect (2013)

film-korea-The-Suspect

The-Suspect

Film thriller laga spionase ini mengkasting Gong Yoo sebagai pengganti Yoon Kye-sang yang keluar setelah Choi Min-sik meninggalkan proyek ini. Untuk perannya, Gong Yoo menjalani diet ketat selama tiga bulan dan mempelajari seni bela diri Rusia. Ia juga melakukan banyak adegan action sendiri. The Suspect menceritakan sepak terjang Ji Dong-chul, mantan agen khusus Korut yang ditinggalkan negaranya dan berusaha menemukan keluarganya.

Film Korea Terbaru 2017

Missing 9

film-korea-Missing 9

Missing 9

Kisah jatuhnya pesawat dan bagaimana mereka yang terdampar di suatu tempat yang tak terjangkau oleh bala bantuan akan menjadi drama paling menarik diawal tahun 2017 nanti. Drama Korea berjudul “Missing 9” akan ditayangkan mulai 12 Januari 2017, pada hari Rabu dan Kamis.

Melalui sutradara Choi Byeong­gil, pemirsa akan diajak untuk menyaksikan perjuangan para penumpang pesawat yang terdampar di sebuah pulau terpencil, dimana kesengsaraan dapat menampilkan ‘watak’ asli mereka.

Sutradara: Choi Byeong­gil
Pemain: Baek Jin­hee, Jung Kyeong­ho, Lee Sun­bin
Tayang Perdana: 12 Januari 2017
Stasiun TV: MBC
Jumlah Eps: ­

Voice

film-korea-voice

voice

“Voice” akan tampil sebagai drama andalan OCN, dimana stasiun televisi ini yakin dapat bersaing dengan beragam drama Korea baru dengan genre yang hampir serupa di bulan Januari 2017. ‘Perang drama’ antara stasiun televisi di Korea Selatan rupanya makin seru, karena ada kurang lebih enam drama yang ditayangkan perdana di awal bulan tahun baru 2017.

Drama Korea “Voice” ditayangkan pada 14 Januari 2017. Proses pembuatan K­drama ini tidaklah mainmain, apalagi drama ini mengisahkan tentang sisi yang mendalam dari pelayanan publik, terutama yang terkait dengan pelayanan darurat.

Rebel: Thief Who Stole the People

film-korea-Rebel-Thief-Who-Stole-the-People

Rebel-Thief-Who-Stole-the-People

Apapun judul resmi dari drama dengan judul diatas, pemirsa sudah tak sabar lagi menantikannya. Apalagi, proses syuting drama ini sudah kelar. “Rebel Hong Gil­dong” patut dinantikan. Alasan pertama adalah keterlibatan sang penulis naskah, Hwang Jin­young, yang sukses dengan drama “King’s Daughter Soo Baek­hyang”. Alasan kedua, naskah cantik tersebut ‘diselesaikan’ oleh sutradara Kim Jin­man. Kolaborasi yang amat sempurna untuk drama klasik yang juga menghadirkan aktor dan aktris pilihan.

“Rebel: Thief Who Stole the People” tak akan terlalu lama untuk dinantikan karena Anda dapat menyaksikannya di MBC, sejak 30 Januari 2017, setiap hari Senin dan Selasa, pukul 22:00. Drama ini akan menggantikan “Night Light” yang akan berakhir pada 24 Januari 2017 dan akan ditayangkan sebanyak 30 episode. Jumlah yang cukup banyak untuk drama Korea. Bukan rahasia apabila tokoh dalam drama ini adalah karakter yang sangat terkenal di negerinya. Jika Inggris punya Robin Hood, maka Korea punya Hong Gil­dong.

Tomorrow With You

film-korea-Tomorrow-With-You

Tomorrow-With-You

Hadirnya Sin Min­ah dan Lee Jo­hoon dalam sebuah drama cukup membuat kita penasaran. Apalagi, kalau drama tersebut bertema romansa. Patut dinanti apakah sepasang aktor dan aktris yang sama­sama mempesona bisamendongkrak rating drama berjudul “Tomorrow With You” yang ditayangkan di tvN setelah penayangan “Goblin” berakhir.

Inti cerita dari drama ini sebenarnya sangat sederhana. Drama yang disutradarai oleh Yoo Je­won ini mengisahkan tentang sepasang suami dan istri yang berkelana dari kota ke kota. Perjalanan mereka tersebut menjadi masa bulan madu mereka, kendati akhirnya mereka tidak hanya bersenang­senang, tetapi juga merasakan banyak hal, yakni petualangan seru sekaligus hal­hal yang mengerikan.

Kdrama

Chicago Typewriter

Sungguh mengherankan apabila sebuah drama Korea terbaru yang rencananya ditayangkan pada bulan Maret 2017, justru belum menetapkan siapa pemeran utamanya, baik pemeran utama wanita maupun pria. Hal inilah yang membuat banyak pecinta K­drama penasaran, bagaimana drama “Chicago Typewriter" sudah dipromosikan sejak akhir tahun 2016 lalu.

Rencananya, drama ini akan ditayangkan setelah berakhirnya drama “Tomorrow With You". Tentu, masih sangat lama, mengingat “Tomorrow With You" baru akan ditayangkan setelah “Goblin" usai masa putarnya. Berarti, “Chicago Typewriter" baru akan menyapa pemirsa pada bulan Maret atau April 2017.

Drakor

Ruler–Master of the Mask

Sutradara Son Hyeong­seok yakin bahwa drama kolosal yang ia angkat dari naskah Park Hye­jin­II ini akan meraih sukses besar. Selain karena inti cerita yang menarik—karena diangkat dari kisah nyata di masa Joseon—drama besutannya ini juga menghadirkan aktor dan aktris yang sudah ia seleksi dengan sangat ketat.

“Ruler­Master of The Mask" rencananya akan ditayangkan di MBC di pertengahan tahun 2017. Drama Korea terbaru 2017 ini menghadirkan kisah tentang seorang pangeran yang berjuang demi kerajaan yang dipimpinnya di tahun 1700. Masalah terbesar yang sedang ia hadapi adalah pertarungan melawan sebuah organisasi yang memiliki massa dengan jumlah besar, dimana organisasi ini memiliki kekayaan dan kekuatan besar karena terdiri dari orang­orang kaya di wilayah tersebut.

Demikianlah daftar film drama korea terbaik dan terpopuler sepanjang masa. Jika ada film drama korea favorit kamu yang belum terdaftar di atas, segera berkomentar di bawah ini dan berikan sinopsisnya ya. Terima kasih.

Leave a Reply