Share

Cara Belanja di Alibaba dengan Aman [Lengkap]

Kemajuan teknologi banyak memberikan kemudahan untuk kita. Jaman dahulu kita harus keluar rumah jika ingin membeli sesuatu. Namun saat ini hanya dengan bermodalkan smartphone kamu dapat membeli sesuatu bahkan dari luar negeri sekalipun.

Alibaba.com merupakan perusahaan e-commerce asal china yang mana terdapat banyak sekali supplier besar yang bergabung didalamnya. Disini kamu dapat membeli barang dalam jumlah yang besar dengan harga yang jauh lebih murah.

Namun yang perlu kamu ketahui , kamu tidak dapat belanja barang satuan di alibaba. Karena situs alibaba.com hanya melayani untuk pembelian dalam jumlah banyak. Berikut ini adalah cara belanja di alibaba.

1. Login Website Alibaba

login alibaba

login alibaba

Pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke situs alibaba.com. Kemudian klik Sign In. Banyak metode login yang terdapat di situs alibaba. Kamu bisa menggunakan media sosial seperti facebook, twitter atau linkedin.

Jika kamu ingin mendaftarkan lewat email, kamu bisa klik tombol Join Free. Atau untuk lebih mudahnya silahkan login melalui akun gmail.

2. Pilih Produk dan Supplier

Setelah kamu melakukan login, silahkan kamu cari produk yang ingin kamu beli. Biasanya pembeli di situs alibaba.com mencari produk untuk dijual lagi sebagai eceran. Kamu bisa klik produk yang kamu sukai untuk melihat lebih detail gambar dan deskripsi produk.

detail produk

detail produk

Lihat juga jenis supplier yang menjual produk tersebut. di alibaba terdapat 4 jenis supplier berikut ini adalah perbedaannya :

Jenis-jenis suplier di alibaba

  1. Supplier merupakan penjual yang belum lama bergabung dengan alibaba
  2. Gold Supplier merupakan supplier yang memiliki reputasi yang baik dan telah lama berjualan di alibaba
  3. Assesed Supplier merupakan supplier yang telah di inspeksi dan mendapatkan penilaian langsung oleh pihak alibaba
  4. Trade Assurance merupakan supplier yang menyediakan asuransi dalam pengirimannya

3. Cara Order Produk di Alibaba

Setelah kamu mengecek deskripsi barang dan supplier. Kamu dapat langsung mengorder barang yang kamu inginkan. Atau bisa juga untuk langsung mengontak supplier yang bersangkutan untuk negosiasi harga maupun meminta penjelasan yang lebih detil.

Cara negosiasi harga dengan suplier

message center

message center

Untuk negosiasi harga barang kamu bisa klik bagian Contact Supplier. Gunakan bahasa inggris agar dimengerti oleh supplier, dan juga gunakan bahasa yang sopan.

Tunggu beberapa saat hingga supplier mengapprove dan membalas pesan kamu. Jika proses negosiasi berhasil, kamu bisa langsung melakukan Start Order. Tentukan quantity barang, destinasi pengiriman barang , cara pengiriman, dan metode pembayaran.

order product

order product

Jika kamu melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Kamu wajib mengurus izin impor di kemenag agar produk yang kamu beli tidak tertahan di bea cukai. Namun jika kamu membeli dalam jumlah kurang dari 10, kamu tidak perlu mengurus izin impor.

Untuk lebih mudahnya kamu bisa menggunakan jasa forwarder. Banyak perusahaan forwarder asal indonesia yang telah memiliki gudang di china. Dengan menggunakan jasa forwarder kamu tidak perlu repot untuk mengurus pengiriman dan perizinan.

Baca Juga : Jasa Impor Terpercaya

4. Metode Pembayaran di Alibaba

Terdapat banyak cara pembayaran di alibaba. Kamu bisa melakukan pembayaran dengan kartu kredit, transfer bank, western union atau bisa juga menggunakan paypal. Diskusikan dengan supplier mengenai metode pembayaran yang ingin kamu lakukan.

Namun perlu diingat, setiap metode pembayaran kamu akan dikenakan fee payment. contohnya jika kamu menggunakan paypal. Maka kamu akan dikenakan fee payment sebesar 25 USD. Biaya ini berlaku untuk satu kali transfer ke satu supplier.

payment

payment

List biaya yang harus kamu bayar

  1. Biaya Produk
  2. Biaya Kirim
  3. Biaya Fee Payment
  4. Biaya Forwarder ( jika kamu menggunakan jasa forwarder )

Leave a Reply