Jasa Ekspor Barang Ke India | Murah dan Terpercaya

Berbicara mengenai hubungan dagang, maka India merupakan salah satu dari lima negara yang memiliki hubungan yang cukup erat dengan Indonesia. India sendiri menjadi pasar yang cukup potensial mengingat tingkat pertumbuhan ekonominya yang lebih dari 7%. Hal ini jugalah yang mendorong banyak bermunculan jasa ekspor barang ke India.

Diprediksi oleh PBB jika nantinya di tahun 2022, India akan menyamai China dalam hal jumlah penduduk. Nah, kombinasi antara jumlah penduduk dengan pertumbuhan ekonomi iniah yang menjadikan India sebagai sasaran empuk untuk kegiatan ekspor.

India menjadi negara tujuan ekspor terbesar ketiga di Indonesia

jasa ekspor barang ke india

Ekspor ke Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Bahkan tahun lalu, tepatnya di bulan April India berhasil menggeser Jepang sebagai negara ekspor terbesar ketiga untuk Indonesia. Melesatnya ekspor ke India ini tak lepas dari kencangnya laju pertumbuhan perekonomiannya.

Jika ditilik, prospek ekspor ke India untuk kedepannya sangatlah bagus. Ada kemungkinan mengalahkan Jepang namun memang masih sedikit sulit untuk mengalahkan China dan Amerika. Peluang India untuk terus berada dalam lingkaran tiga negara tujuan ekspor terbesar di Indonesia juga masih berpotensi besar.

Produk dagang unggulan ke India

Sebagaimana negara lainnya, India juga memiliki minat yang tinggi terhadap beberapa barang asal Indonesia. Beberapa komoditas yang mendapat rate yang tinggi dilansir dari Kementerian Perdagangan antara lain:

  1. Elektronik
    Pada Januari-Agustus 2015, tercatata komoditi eletronik Indonesia laris manis dipasaran. Beberapa barang ekspor yang cukup dicari yakni panel elektronik dan penerima sinyal. Kedua barang tersebut di ekspor ke berbagai negara di Asia, tak terkecuali ke India.
  2. Karet beserta produk olahan karet
    Ini adala salah satu bahan baku penting yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di jaman modern ini. Kini pasokan karet alam mayoritas dipasok oleh Thailand, Indonesia, Vietnam dan Malaysia. Dari waktu ke waktu konsumsi akan bahan ini semakin meningkat, khususnya pada industri ban yang ada di negara maju seperti Jerman, Amerika Serikat dan Jepang.
    Harga minyak bumi yang naik turun di pasar internasional juga memengaruhi harga karet. Nah, bagi Indonesia sendiri karet masuk kategori komoditas unggulan. Pada tahun 2013 karet menyumbangkan sekitar 4.61% dari total ekspor non migas. Komoditi ini sudah diekspor ke berbagai negara, tak terkecuali ke India.
  3. Sawit
    Kelapa sawit menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia yang juga diminati India. Banyak jasa ekspor barang ke India yang menerima pengiriman untuk sawit dan beragam olahan sawit lainnya.
    Beberapa negara tujuan ekspor sawit antara lain jerman, Signapura, Hongkong, India dan beberapa negara lain di kawasan Afrika, Prancis, Amerika Serikat hingga Meksiko.
  4. Produksi hasil hutan
    Indonesia masuk dalam jajaran eksportir kayu tropis terbesar di dunia. Beberapa produk yag diekspor antara lain bubur kayu, kayu lapis, kertas, kayu gergaji, mebel, veneer dan lain sebagainya.
  5. Alas kaki
    Siapa sangka jika alas kaki menjadi salah satu komoditi ekspor yang diminati India. Sektor ini meliputi beragam produk dimana kesemuanya dibedakan dari bahan bakunya seperti karet, gabus, kulit, tekstil dan lain sebagainya. Selain itu, alas kaki ini juga diklasifikasikan dari penggunaannya misalnya untuk olahraga, memanjat gunung, sandal jepit, dan lain sebagainya.
  6. Udang
    Diantara banyaknya komoditas perikanan di Indonesia, udang merupakan salah satu yang paling diminati.
  7. Kopi
    Bukan hal yang baru jika kopi Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda dari kopi lainnya. Karena hal itulah kopi menjadi salah satu komoditas ekspor terbesar ke India.
BACA  Cara Import Barang dari China Bagi Pemula

Jasa Ekspor barang ke India

jasa ekspor barang ke india 2

Anda mau ekspor barang Anda ke India?, Anda tidak perlu khawatir. Jasa yang kami tawarkan sangat-sangat bersahabat. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami, di nomor 0857-8039-1203 (WA/SMS)

Menanggapi prospek perdagangan ekspor ke India yang kian maju, semakin banyak pula bermunculan jasa pengiriman barang ekspor ke India. Jasa ekspor barang ke India tersebut melayani tak hanya produk kecil namun produk besar semisal furniture, batubara dan juga produk dari kelapa sawit.

Kepengurusan yang mudah dan cepat oleh para jasa ekspor barang ke India ini membuat alur perdagangan dari Indonesia ke India bisa lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply