Tata Cara Sholat Tahajud | Niat, Doa dan Keutamaannya [Lengkap]

Sholat ialah berhadap kepada Allah, bukan sekedar berhadap fisik namun berhadap Hati sebagai bentuk ibadah. Ada kekhusyukan dan keikhlasan dalam tiap kata dan kegiatanya sholat tahajud sendiri ialah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam, sedikitnya dua rakaat.

Waktu sholat tahajut dimuali setelah sholat isya’ sampai dengan fajar. Shalat Tahajud sendiri dapat dilakukan ketika sudah tebangun dari tidur sekalipun hanya lelap sekejap. Maka jika melakukannya dengan malam terjaga tidak dapat disebut sholat Tahajud, namun sholat sunnah seperti witir dan sebagainya.

Niat Sholat Tahajud

Bacaan niat sholat Tahajjud sangatlah pendek, sehingga sangat mudah untuk diingat yaitu :

Ushalli Sunnatat Tahajjudi Rak’a taini Lillahi ta’aalaa. Jika kita niat dalam bahasa Indonesia yaitu: “Aku niat sholat Tahajjud dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Cara Sholat Tahajud

Gerakan sholat tahajud tidak berbeda dengan gerakan sholat fardhu dan sunnah lain. Berikut tata cara melaksanakan sholat Tahajud, serta langkah-langkah yang harus dilaksanakan ialah :

  1. Membaca niat sholat Tahajud dengan pelan serta menghayati artinya dalam hati.
  2. Takbiratul Ihram, mengucapkan takbir (Allahhuakbar) sambil mengangkat kedua tangan ke atasseperti takbir sholat biasanya.
  3. Berdiri bagi yang mampu (khusus shalat fardlu), Sholat sunat boleh duduk walaupun mampu .
  4. Membaca surat Al-fatihah (lebih baik lagi jika membaca doa iftitah karena sifatnya sunnah).
  5. Membaca surat pendek Al Quran seperti An-Nas, Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau surat lainnya dalam Al Quran (perlu diketahui juga bahwa membaca ayat atau surat tertentu hukumnya sunnah, bukan wajib).
  6. Melakukan gerakan ruku (Ruku dengan thumaninah), i’tidal (I’tidal dengan thumaninah), sujud (sujud dua kali dengan thumanina), hingga salam sambil membaca bacaan untuk gerakan tersebut (membaca Tasyahud atau Tahiyyaat akhir pada duduk akhir dan shalawat atas Nabi saw pada duduk akhir).
  7. Untuk rakaat selanjutnya, ikuti langkah 2-6 dengan tertib.
  8. Gerakan sholat diakhiri dengan salam. Setelah sholat, disunahkan membaca Wirit, Tasbih, Tahmid, Takbir, Sholawat, Istigfar, dan Doa Sholat Tahajud.

Bacaan Sholat Tahajud

Dari subab tatacara sholat Tahajjud diatas dapat kita ketahui, bacaan sholat Tahajjjud tidaklah berbeda dengan sholat Fardhu, seperti ;

  1. Diawali dengan membaca surat Al-Fatihah dan di sunnah kan membaca doa iftitah agar lebih baik lagi.
  2. Membaca surat-surat pendek seperti Al- Ikhlas, Al-Ashr, dan surat lainnya pada jus 30. Namun perlu di ketahui membaca potongan surat dengan ayat yang lebih panjang lebih utama, seperti yang dijelaskan fadillah Tahajud dengan membaca 10, 100, atau 1000 ayat dibawah ini.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَامَ بِعَشْرِ آيَاتٍ لَمْ يُكْتَبْ مِنْ الْغَافِلِينَ وَمَنْ قَامَ بِمِائَةِ آيَةٍ كُتِبَ مِنْ الْقَانِتِينَ وَمَنْ قَامَ بِأَلْفِ آيَةٍ كُتِبَ مِنْ الْمُقَنْطِرِينَ

Dari Abdullah bin Amru bin Al ‘Ash Rasulullah SAW bersabda:“Barang siapa yang bangun untuk melaksanakan shalat malam kemudian membaca sepuluh ayat al-quran, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang-orang yang lupa.

Barang siapa yang bangun untuk shalat malam dengan membaca seratus ayat, maka dia akan dicatat sebagai orang-orang yang tunduk, dan barang siapa bangun untuk shalat malam dengan membaca seribu ayat, maka dia akan dicatat sebagai golongan orang-orang yang mendapat pahala berlipat-lipat (muqanthirin)”. HR Abu Dawud 1190, shahih.

Doa Sesudah Sholat Tahajud

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Ya Allah Bagi-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah raja dari maha Raja pemilik langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji.

Engkaulah Yang Hak janjiMu lah yang benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, perkataanMu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada).

Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepadaMu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepadaMu lah aku berhukum.

Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Baca Juga, doa anak sholeh

Waktu Sholat Tahajud

Sebelumnya kita sudah mengetahui dimana waktu pelaksanaan sholat Tahajud sendiri, yaitu ba’da isya’ sampai terbit fajar dengan syarat sudah terbnagun dari tidur. Namun untuk sepanjang malam itu ada 3 bagiannya yaitu, saat-saat utama, lebih utama, dan paling utama.

  1. Sepertiga pertama, kira-kira sejak pukul 7 malam hingga pukul 10 malam, yang merupakan saat utama.
  2. Sepertiga kedua, yaitu sekitar pukul 10 malam hingga pukul 1 pagi, waktu ini merupakan saat lebit utama, dan
  3. Sepertiga ketiga, yang kira-kira dimulai pukul 1 pagi sampai dengan masuknya waktu subuh, dan waktu ini adalah saat yang paling utama.

عَمْرُو بْنُ عَبَسَةَ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الرَّبُّ مِنْ الْعَبْدِ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ الْآخِرِ فَإِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ تَكُونَ مِمَّنْ يَذْكُرُ اللَّهَ فِي تِلْكَ السَّاعَةِ فَكُنْ

Dari Amr bin‘Abasah bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Waktu yang paling dekat antara Rabb dengan seorang hamba adalah pada tengah malam terakhir, maka apabila kamu mampu menjadi golongan orang-orang yang berdzikir kepada Allâh (shalat) pada waktu itu, lakukanlah!". HR Tarmidzi 3503, shahih.

Berapa Rakaat Sholat Tahajud

Sholat Malam Tahajud ini dikerjakan dengan Minimal 2 Rakaat dan maksimal sebanyak – banyaknya tanpa ada batasan. Sholat tahjut seperti sholat sunah lainnya yaitu dilakukan dengan 1 kali salam.

Hadits Shahih dari Zaid bin Al Juhani yang mengatakan bahwa : " Zaid bin Al Juhani tau memperhatikan Sholat malam yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. Nabi, mengerjakan dua rakaat ringan, setelah itu Nabi mengerjakan dua rakaat yang panjang, lalu Nabi kerjakan Sholat dua rakaat yang lebih ringan dari sebelumnya.

Setelah itu Nabi kerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Nabi pun kerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yang lebih ringan dari sebelumnya, dan Nabi pun kerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Dan yang terakhir Beliau Berwitir sehingga jadilah Beliau mengerjakan Sholat Malam ketika itu sebanyak 13 Rakaat dengan Sholat Witir sebanyak 1 Rakaat ".

Terlepas dari itu, bolehkah mengerjakan Sholat Malam lebih dari 13 Rakaat ?seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW? jawabannya boleh, karena Sholat Sunnah ialah Amalan Ibadah yang baik sehingga tak ada batasan jumlah raka’atnya.

Dalam hal ini terdapat Hadits Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan menyelisihi pilihan yang beliau pilih untuk dirinya sendiri ". Dari penjelasan Al-Qadhi Iyadh kita boleh melaksakan sholat sunnah malam lebih dari 13 rakaat baik tahajut mapun sholat sunnah lainnya dan hal ini bukan termasuk dalam perbuatan Bid’ah.

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Astaghfirullahal’adzim, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaih". (Hamba memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan Hamba bertaubat kepada Allah).

Lafadz dzikir ini dibacakan sebanyak-banyaknya atau minimal 32 kali sampai 100 kali. setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca Tasbih (subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar) dan Shalawat Nabi (allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad). Dibacakan sebanyak 32 kali atau lebih agar ibadah lebih sempurna.

 

Manfaat Sholat Tahajud

  1. Diijabahnya doa-doa.
  2. Allah mengangkat derajat hamba-Nya ke tempat yang terpuji.
  3. Mendekatkan diri Kepada Allah SWT.
  4. Memperoleh berbagai Kemuliaan dari Allah SWT.
  5. Mengusir penyakit hati maupun fisik, serta meningkatkan kekebalan tubuh
  6. Menjauhkan diri dari kelalaian hati atau dalam kata lain menjadi tameng iman seorang mukmin.
  7. Menang dalam jihad melawan musuh serta di permudah segala kesulitannya.
  8. Meringankan lamanya berdiri pada hari kiamat.
  9. Mencegah perbuatan dosa dan menghapus kejahatan. Karena sholat selalu menumbuhkan iman kita.
  10. Muka tampak berkilau dan bercahaya.
  11. Jaminan masuk surganya Allah SWT.
  12. Penyelamat dari siksa neraka.
  13. Penyebab meninggal dengan keadaan Husnul Khatimah.

Keutamaan Sholat Tahajud

Pembaca yang budiman perlu diketahui melaksanakan sholat malam setelah pelaksanaan sholat wajib merupakan sholat yang paling baik.

  1. Doa-doa kita dikabulkan oleh Allah
  2. Janji surga bagi orang yang mengamalkan Qiyamul lail
  3. Janji tempat terpuji
  4. shalat satu raka’at di waktu malam sama dengan shalat sepuluh raka’at di waktu siang
  5. Menjadi cahaya di hari kiamat

Leave a Reply

privacy policy