Bacaan Sujud Tilawah: Niat, Tata Cara dan Doa | Lengkap

Bersujud merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan seorang hamba kepada tuhannya. Bersujud juga menjadi salah satu gerakan wajib pada saat kita beribadah solat.

Keutamaan bersujud juga telah disebutkan oleh Rasulullah dalam hadistnya ” Waktu yang terdekat bagi seorang hamba kepada Rabb-nya adalah ketika ia bersujud” ( H.R Muslim ).

Dalam agama islam terdapat beberapa macam jenis sujud, diantaranya adalah sujud tilawah. Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan ketika imam membacakan ayat ayat sadjah.

Ayat sadjah adalah ayat dimana kita diperintahkan untuk sujud ketika mendengarnya. Biasanya tanda ayat sadjah yaitu tertulis dalam al-quran dimana ayat tersebut diikuti dengan tanda kubah.

Adapun berikut ini adalah tata cara melakukan sujud tilawah :

Bacaan Sujud Tilawah

Bacaan Sujud Tilawah

 

Sujud tilawah dapat dilakukan ketika sedang solat maupun dilakukan ketika tidak sedang melakukan solat. Hal yang terpenting pada saat ingin melakukan sujud tilawah adalah ketika seorang muslim mendengar ayat ayat sadjah.

Adapun bacaan sujud tilawah adalah seperti berikut :

Bacaan sujud tilawah bahasa arab :

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Bacaan sujud tilawah bahasa latin :

Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu bi khaulihi wa kuuwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqiin

Arti bacaan sujud tilawah :

Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta ( HR Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi, Nasa’i )

1. Sujud Tilawah Dalam Keadaan Solat

Ketika sedang solat tidak jarang imam membaca ayat ayat yang dimana terdapat perintah untuk bersujud ( Ayat Sadjah ). Maka dari itu disunahkan bagi kita sebagai umat muslim untuk melakukan sujud tilawah.

BACA  Jadwal Sholat | Hari Ini, Jakarta, Surabaya, Bali, Pekanbaru [Terbaru 2018]

Adapun berikut ini adalah tata cara sujud tilawah saat kita sedang melakukan solat :

  • Ketika kita tidak sedang dalam keadaan solat berjamaah, disunahkan untuk melakukan niat sujud tilawah diikuti dengan membaca takbir dan melakukan sujud diikuti dengan bacaan sujud tilawah. Kemudian kita dapat berdiri untuk melanjutkan bacaan dan menyelesaikan solat.
  • Ketika kita dalam keadaan solat berjamaah, apabila imam membaca ayat sadjah sujud tilawah dilakukan secara berjamaah mengikuti imam. Namun apabila imam tidak melakukan sujud tilawah kita tidak perlu melakukanya, karena makmum harus mengikuti imam, dan apabila kita melakukanya maka solat kita dianggap batal.

Berikut ini adalah ketentuan sujud tilawah :

  1. Sujud Tilawah hanya dilakukan sekali sujud
  2. Sujud Tilawah dilakukan sama seperti layaknya sujud dalam solat
  3. Sujud Tilawah dilakukan tanpa takbiratul ikhram ( mengangkat kedua tangan )
  4. Jika dalam keadaan berkendara, kita diperbolehkan melakukan sujud tilawah dengan menggunakan isyarat, yaitu menolehkan kepala kekiri maupun kekanan

 

2. Sujud Tilawah Dalam Keadaan Diluar Solat

Dalam keadaan ketika kita tidak sedang solat namun kita mendengar seseorang membaca ayat sadjah, kita juga disunahkan untuk melakukan sujud tilawah.

Adapun tata caranya adalah sebagai berikut :

  • Membaca niat didalam hati untuk melakukan sujud tilawah
  • Melakukan takbiraul ihram seperti saat sedang solat
  • Melakukan sujud tilawah dan membaca doa sujud tilawah

Niat Sujud Tilawah

adapun niat melakukan sujud tilawah adalah sebagai berikut :

Bahasa Arab

نَوَيْتُ سُجُوْدَ التِّلاَوَةِ سُنَّةً ِلله تَعَالَ

Bahasa Latin

Nawaitu sujuda tilawati sunnata lillahi taala

Arti Bacaan

Aku niat melakukan sunnah sujud tilawah karena allah taala

Pendapat Para Ulama Mengenai Syarat Sujud Tilawah

Pendapat Para Ulama Tentang Sujud Tilawah

 

1. Haruskah Terlebih Dahulu Berwudhu Saat Ingin Melakukan Sujud Tilawah ?

Adapun terdapat dua pendapat dari para ulama mengenai masalah haruskah kita dalam keadaan berwudhu ketika ingin melakukan sujud tilawah. Dan berikut ini adalah pandangan para ulama menganai hal tersebut.

BACA  Doa Setelah Sholat Fardhu | Wirid, Dzikir Lengkap Sesuai Sunnah

1. Sujud Tilawah Harus Dalam Keadaan Suci ( Berwudhu )

Sebagian ulama berpendapat bahwasanya dalama melakukan kegiatan sujud tilawah harus dalam keadaan suci dan terhindar dari najis.

2. Sujud Tilawah Tidak Harus Dalam Keadaan Wudhu

Namun pendapat lain dari ulama yaitu ibnu hzm dan ibnu tamiyah, mengatakan bahwasanya sujud tilawah boleh dilakukan walaupun sedang tidak dalam keadaan wudhu. Hal ini dikarenakan sujud tilawah bukan merupakan bagian dari solat.

2. Haruskah Kita Menghadap Kiblat Saat Melakukan Sujud Tilawah ?

Dalam hal ini para ulama sepakat bahwasanya karena bukan merupakan bagian dari solat, jadi sujud tilawah boleh dilakukan tidak menghadap kiblat.

Namun sangat dianjurkan bagi kita yang ingin melakukan sujud tilawah untuk menghadap ke arah kiblat.

 

Keutamaan Melakukan Sujud Tilawah Bagi Kaum Muslimin

Keutamaan Sujud Tilawah

Sangat banyak manfaat melakukan sujud yang telah dijelaskan oleh Rasulullah dalam berbagai hadistnya. Dan sedikit keistimewaan yang terkandung dalam sujud tilawah adalah sebagai berikut.

Allah Berfirman :

اِذَا تُتۡلٰی عَلَیۡہِمۡ اٰیٰتُ الرَّحۡمٰنِ خَرُّوۡا سُجَّدًا وَّ بُکِیًّا

Artinya :

…”Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka akan bersujud dan menangis”, (QS. Maryam ayat 58)

Kemudian diterangkan dalam hadist sebagai berikut.

Rasulullah Bersabda :

Apabila seseorang membaca ayat sadjah kemudian ia bersujud, maka menyingkirlah setan sambil menangis sambil berkata :

Sungguh celaka manusia yang diperintah sujud lalu sujud, maka aku membangkang, maka bagiku neraka.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Inu Majah)

Walaupun sujud tilawah merupakan sunnah namun sangat banyak manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita melakukan sujud tilawah.

Ini juga dapat menjadi tambahan bekal kita saat nanti menghadap Allah SWT karena kita tidak tau ibadah mana yang diterima disisinya. Jadi ada baiknya kita melakukan ibadah sebanyak mungkin didunia ini.

BACA  Doa Sholat Dhuha | Tata Cara, Niat dan Bacaannya [Lengkap]

 

Ayat Ayat Dalam Al-Qur’an Yang Mengandung Kalimat Sadjah

Ayat Ayat Sadjah Dalam Al Qur'an

Terdapat sangat banyak ayat yang terkandung dalam kitab suci Al-Qur’an. Diantara ayat ayat tersebut terdapat ayat yang dimana kita diperintahkan untuk bersujud.

Ayat ayat dalam Al-Qur’an yang terdapat perintah untuk sujud didalamnya disebut ayat sadjah. Pada saat kita membaca maupun mendengar ayat tersebut maka sebagai muslim kita disunahkan untuk melakukan sujud tilawah.

Adapun ayat-ayat tersebut terdapat pada surat berikut ini :

  1. Surat Al’A’raf ayat 206
  2. Surat Ar’Ra’d ayat 15
  3. Surat An’Nahl ayat 50
  4. Surat Al’Isra ayat 109
  5. Surat Maryam ayat 58
  6. Surat Al’Hajj ayat 18 & 77
  7. Surat Al’Furqan ayat 60
  8. Surat An’Naml ayat 25 & 26
  9. Surat As’Sajdah ayat 15
  10. Surat Fussilat ayat 38
  11. Surat An’Najm ayat 62
  12. Surat Al’Insyiqaq ayat 21
  13. Surat Al’Alaq ayat 19
  14. Surat Sad ayat 24

Ayat ayat diatas merupakan ayat sadjah yang terdapat dalam al-quran. Apabila kamu membaca maupun mendengar seseorang membaca ayat tersebut, maka lakukanlah sujud tilawah sebagai tambahan ibadah sunah.

Hal ini kita lakukan semata mata untuk lebih dekat dengan Allah swt dengan cara bersujud dan bersyukur akan karunia yang telah diberikan kepada hambanya.

Apabila terdapat kekurangan ataupun kesalahan pada artikel kali ini harap kiranya kamu mengkoreksinya pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah.

Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel artikel lain dari kami sebagai bacaan dan media untuk menambah wawasan kamu.

Leave a Reply