10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Kopi merupakan salah satu komoditas didunia yang di budidayakan oleh banyak negara. Negara-negara penghasil kopi terbesar di dunia rata-rata memiliki iklim tropis yang baik untuk pertumbuhan kopi. Jenis kopi yang terkenal antara lain kopi robusta dan kopi arabika.

Kopi dapat diolah menjadi minuman ataupun campuran makanan. Sangat banyak orang yang mengkonsumsi kopi menjadi alasan banyaknya permintaan dunia terhadap kopi. Berikut ini adalah negara-negara dengan hasil kopi terbesar di dunia.

1. Brazil

kopi brazil

Brazil menjadi negara penghasil kopi terbesar didunia. Iklim di negara tersebut sangat berpengaruh terhadap tingginya produksi kopi. Setidaknya negara ini mampu memproduksi kopi sebanyak 2,5milyar kilogram setiap tahunnya.

Angka tersebut menjadikan negara brazil menjadi negara penghasil kopi terbesar didunia. Kopi dari brazil di import hampir ke setiap negara baik dikasawan amerika, eropa, asia, maupun afrika. Saat ini brazil menguasai hampir 30% pasar kopi dunia.

Kopi dari negara ini memiliki ciri khas yaitu manis, medium-boiled, dan juga tingkat asam yang rendah. Saat ini kamu dapat dengan mudah menikmati kopi brazil di cafe-cafe yang berada di kota besar. Pasalnya saat ini hampir setiap cafe memiliki stock kopi brazil di tempat mereka.

2. Vietnam

kopi vietnam

Kopi vietnam sempat booming di indonesia beberapa waktu lalu karena sebuah kasus. Namun taukah kamu ternyata negara vietnam merupakan negara penghasil kopi terbesar kedua didunia. Setidaknya vietnam mampu menghasilkan 1,65milyar kilogram kopi.

Di indonesia sendiri kopi vietnam dapat kamu temukan dengan mudah. Saat ini hampir seluruh cafe shop menjual jenis kopi dari vietnam.

Kopi vietnam memiliki ciri khas yaitu aromanya yang harum dan rasanya yang agak pahit namun memiliki sensasi seperti cokelat. Bahkan kopi ini juga menjadi favorit di amerika, karena alat untuk meraciknya pun berbeda dan istimewa.

3. Kolombia

kopi kolombia

Ditempat ketiga penghasil kopi terbesar didunia ditempati oleh negara kolombia. UNESCO bahkan menempatkan kolombia sebagai warisan dunia untuk perkebunan kopi. Ada dua jenis kopi dari kolombia yaitu Colombian Supremo, dan Excelso Grade. Colombian Supremo merupakan jenis kopi terbaik yang dihasilkan oleh negara ini.

Negara ini dapat menghasilkan kopi sebanyak 810juta kilogram tiap tahunnya. Saat ini kopi kolombia sudah dipasarkan ke seluruh dunia. Karena rasanya yang terkenal tidak terlalu pahit, kopi ini menjadi salah satu jenis minuman kopi favorit di cafe maupun kedai kopi.

4. Indonesia

kopi indonesia

Ditempat keempat negara penghasil kopi terbesar di dunia adalah indonesia. Tanah yang subur serta iklim yang mendukung untuk tanaman kopi, menjadi faktor indonesia menempati peringkat keempat negara penghasil kopi.

Namun yang lebih membuat kita bangga adalah 6 dari 7 kopi terbaik kelas dunia tumbuh ditanah indonesia. Diantaranya adalah Kopi Gayo, Kopi Toraja, Kopi Java, Kopi Mandheling, Kopi Kintamani, dan yang dikenal baru-baru ini Kopi Mangkuraja. Sedangkan 1 jenis kopi lainnya tumbuh di negara jamaica yang terkenal dengan nama Blue Mountain.

Walaupun jumlah produksi kopinya tidak sebanyak negara brazil dan vietnam , akan tetapi kopi dari indonesia memiliki tempat yang istimewa di komoditas pasar kopi dunia. Indonesia sendiri mampu menghasilkan kopi sebanyak 660juta kilogram setiap tahunnya.

Baca Juga : Jasa Ekspor Impor Terpercaya

5. Ethiopia

kopi ethiopia

Ethiopia menduduki peringkat kelima sebagai negara penghasil kopi terbesar didunia. Kopi dari ethiopia terkenal dengan harum aromanya yang seperti buah atau ada juga yang seperti rempah-rempah. Kopi juga merupakan mata pencaharian kebanyakan masyarakat di negara tersebut.

Setidaknya ethiopia mampu menghasilkan 384juta kilogram kopi setiap tahunnya. Namun uniknya di negara ini tidak terdapat kopi jenis robusta yang tumbuh. Hanya kopi jenis arabika yang sangat banyak dijumpai disana. Bahkan kabarnya kopi dapat tumbuh liar dihutan ethiopia.

6. India

kopi india

Ditempat keenam negara penghasil kopi terbesar didunia adalah negara india. Masyarakat di negara india sering menyebut kopi dengan Kaapi. Kopi dari negara ini memiliki ciri khas yaitu rasanya yang seperti coklat dan sedikit pedas.

Jika dinegara india kopi ini biasa dicampurkan dengan tanaman khas disana yaitu chicory. Hal ini yang menyebabkan kopi terasa sedikit pedas dan unik.

India mampu memproduksi kopi sebanyak 350juta Kilogram kopi setiap tahunnya. Kopi dari india telah diekspor ke banyak negara didunia. Namun kopi dari negara ini kurang populer bagi pecinta kopi di indonesia. Karena jarang kedai kopi atau cafee yang memiliki stock kopi india.

7. Honduras

kopi honduras

Ditempat berikutnya sebagai negara penghasil kopi terbesar didunia adalah Honduras. Negara ini mampu memproduksi setidaknya 345juta Kilogram kopi setiap tahunnya.

Cuaca dan iklim yang sangat pas untuk membudidayakan kopi, ditambah dengan letak strategis yaitu pegunungan di honduras menjadi alasan negara ini menempati peringkat ke tujuh dunia sebagai penghasil kopi terbesar didunia.

Kopi honduras memiliki sensasi rasa yang unik, yaitu kopinya yang terasa seperti karamel. Kopi honduras telah diekspor ke berbagai negara didunia. Harga kopi honduras juga menempati posisi premium di pasar kopi dunia.

8. Uganda

kopi uganda

Uganda menjadi salah satu negara dengan produksi kopi terbesar di dunia. Kopi yang dihasilkan negara ini adalah jenis kopi arabika. Terdapat beberapa jenis kopi unggulan dari negara ini yaitu Sipi Bugisu Shamba, SL 14 Arabica Wugar, Drugar, dan Great Lake Rwenzori dan Bukonzo Joint CFS.

Negara ini mampu memproduksi setidaknya 285juta Kilogram kopi setiap tahun nya. Uniknya dinegara ini para petani kopi biasanya adalah para wanita yang tergabung dalam suatu kelompok atau koperasi.

Sama seperti jenis kopi arabika lainnya. Kopi dari uganda memiliki ciri khas aroma yang lebih terasa dan tingkat cafein yang lebih rendah.

9. Meksiko

kopi meksiko

Negara penghasil kopi terbesar berikutnya adalah meksiko. Setidaknya negara ini mampu memproduksi 234juta Kilogram kopi setiap tahun nya. Daerah oxaca merupakan daerah penghasil kopi terbaik dari negara meksiko.

Kopi dari daerah oxaca terkenal karena menjamin kopi yang dihasilkan merupakan kopi organik. Kopi organik dari oxaca memiliki ciri khas unik. Jika kopi diolah secara kering maka akan menghasilkan aroma kacang, gula cokelat, dan chery. Sedangkan jika diolah secara basah maka akan menghasilkan aroma seperti cokelat susu dan kacang manis.

10. Guatemala

kopi guetamala

Guatemala merupakan salah satu dari 10 negara penghasil kopi terbesar didunia. Negara ini mampu memproduksi setidaknya 204juta Kilogram kopi setiap tahunnya. Kopi dari guatemala merupakan mahkota dari amerika tengah.

Kopi dari guatemala memiliki ciri khas yaitu rasanya yang segar dan memiliki aroma seperti bunga. Kopi dari negara ini juga memiliki beberapa kemiripan dengan kopi asal indonesia. Hal ini dikarenakan kesamaan pada iklim dan cuaca pada kedua negara. Baik indonesia maupun guatemala sama sama memiliki iklim tropis yang subur untuk pertanian.

Namun masalah ketidak setabilan politik membuat negara ini kesulitan untuk mengekspor kopinya ke berbagai negara didunia. Ditambah dengan banyaknya isu penyelundupan narkoba berkedok kopi dari negara ini memperburuk citra kopi guatemala di mata dunia.

Leave a Reply

privacy policy