30 Manfaat Yoga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Yoga – Tahukah Anda tentang yoga? Yoga telah dikenal semenjak 5000 tahun yang lalu di India. Sebenarnya tujuan utama dari yoga itu bukan ditujukan untuk kesehatan namun untuk meningkatkan mental dan spiritual seseorang. Namun, dari waktu ke waktu yoga kemudian lebih dikenal sebagai olahraga terbaik untuk melawan beragam problem kecemasan pemicu stress.

Yoga juga sangat aman dilakukan tak hanya untuk dewasa, namun juga anak-anak. Tidak hanya untuk wanita namun juga untuk pria. Yoga juga memiliki manfaat yang berbeda-beda tergantung dari praktisinya.

Agar lebih jelas tentang manfaat yoga, berikut ini kami berikan beberapa ulasan singkat tentang manfaat yoga dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Yoga dalam Agama Hindu

Dalam agama Hindu, Anda akan mengenal Darsana yakni ilmu filsafat yang juga menjadi cabang penting dalam mengamalkan agama Hindu. Hakekatnya setiap ajaran agama Hindu selalu bernaskan weda dan begitu pula dengan Yoga. Arti yoga diungkapkan di maswinara, 1999:163 dimana yoga sendiri itu berarti penyatuan roh pribadi dengan roh tertinggi.

Dalam Yoga Anda akan menemukan sebuah disiplin ilmu dimana seseorang harus melakukan segala hal mulai dari tidur, pergaulan, berkata, berfikir, diet makan, hingga kebiasaan dibawah pengawasan seorang yogin.

manfaat yoga dalam agama hindu

manfaat yoga dalam agama hindu

Dalam ajaran agama Hindu, yoga memiliki manfaat sebagai tujuan hidup yang terakhir dan tertinggi yakni terwujudnya Moksartham Jagadhita Ya Ca Iti Dharma. Selain itu manfaat yoga juga untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis. Manfaat untuk kesehatan inilah yang kemudian dipraktikkan dengan melakukan beragam gerakan atau pose asanas.

Manfaat Yoga untuk Kecantikan

Yoga memiliki manfaat yang menyeluruh bagi tubuh karena kemampuannya untuk memberikan semacam ketenangan pada pemikiran. Kala pikiran telah tenang, kesehatan tubuh akan terjaga dan kecantikan wajah pun akan terpancar. Inilah yang juga menjadi alasan utama banyak wanita mengikuti kelas yoga. Mungkin kamu juga?

manfaat yoga untuk kecantikan

manfaat yoga untuk kecantikan

Lantas apa saja manfaat yoga bagi kesehatan dan juga kecantikan? Kali ini akan kami uraikan beberapa manfaatnya secara ringkas.

1. Menghilangkan stress

Mungkin anda bertanya tentang hubungan antara stress dengan kecantikan. Namun keduanya memang berhubungan dekat. Ketika seseorang terkena stress rona mukanya akan Nampak muram dan murung. Hasilnya kecantikan wajahnya tak bisa terpancar sempurna. Aura positfi positif berganti menjadi aura negative.

Nah, yoga bisa membantu Anda untuk menghilangkan stress. Mengikuti kelas yoga dengan rutin akan membuat Anda bisa menjadi pribadi yang lebih tenang.

BACA  10+ Manfaat Kayu Ular untuk Pengobatan dan Kesehatan

2. Membuat tubuh kian ideal

Bukan hal yang tabu jika tubuh yang langsing kerap kali menjadi standar kecantikan seseorang. Nah, gerakan pada yoga juga disinyalir dapat menjadikan bentuk tubuh menjadi lebih ideal. Sebagai seorang wanita tentulah akan lebih percaya diri jika memiliki tubuh yang ideal bukan?

3. Membuat wajah nampak lebih segar dan cerah

manfaat yoga wanita berhijab

manfaat yoga wanita berhijab

Lancarnya sirkulasi oksigen dalam darah dan tubuh juga memiliki peran yang sangat bagus untuk menghindarkan wajah dari rona pucat. Melakukan latihan yoga dengan rutin akan menjadikan aliran darah dan oksigen bisa lebih lancer sehingga wajahpun juga lebih nampak cerah dan segar.

Pada intinya, manfaat yoga untuk kecantikan lebih ditujukan untuk menampilkan inner beauty seseorang. Ketika seseorang memiliki pikiran dan jiwa yang tenang aura positif akan nampak, begitupula sebaliknya.

Manfaat Yoga Sebelum Tidur

Siapa yang tidak suka tidur? Tidur adalah hal yang wajib dilakukan karena ketika inilah tubuh kita benar-benar istirahat setelah seharian beraktivitas. Tidur juga menjadi cara terbaik untuk men-charge tubuh untuk mengawali hari. Jadi sangat penting menjaga agar kualitas tidur Anda tetap dalam keadaan yang terbaik.

manfaat yoga sebelum tidur

manfaat yoga sebelum tidur

Sayangnya banyak orang yang mengalami masalah ketika tidur misalnya seperti insomnia, sering terbangun, dan permasalahan lainnya. Secara tidak langsung hal tersebut akan berimbas aktivitas harian Anda seperti hilangnya semangat, malas hingga memunculkan aura negatif dalam keseharian Anda. Ketika hal ini terjadi dan mulai mengganggu Anda, ada baiknya untuk melakukan yoga sebelum beranjak tidur.

Melakukan pose yoga sebelum tidur sudah pasti akan memerbaiki kualitas tidur. Bagaimana caranya? Ada beberapa jenis gerakan yang bisa Anda lakukan sebelum tidur antara lain:

1. Spinal twist

Posisikan tubuh berbaring telentang kemudian peluklah lutut kanan sampai mepet ke bagian dada. Ambil nafas dan pindahkan ke sisi kiri dan tekan ringan kebawah. Usahakan agar bahu tidak terangkat atau tetap menempel pada tempat tidur. Tetaplah pada posisi ini sekitar 8 hitungan atau 8 nafas. Setelah itu ganti ke lutut yang kiri.

2. Pillow forward fold

Duduklah dengan posisi badan tegak dan kaki lurus. Ambillah bantal besar atau 2 bantal kecil dan posisikan bantal tersebut diatas kaki. Peluk atau rangkul bantal sambil mengambil nafas panjang. Rasakan tulang belakang yang seakan memanjang.

3. Legs Up the Wall

Posisikan kaki tegak lurus pada dinding dengan posisi tubuh berbaring. Tempelkan tangan diatas perut kemudian tariklah nafas dengan perlahan. Lakukan ini selama kurang lebih 1-5 menit.

Terakhir tutup latihan yoga degnan menekuk lutut kemudian merebahkan kaki kearah kiri atau kanan lalu duduk.

4. Savasana

Setelah selesai melakukan beragam pose yoga, letakkan badan dalam posisi terlentang dan teruslah menutup mata. Dalam beberapa waktu maka Anda akan tertidur dengan nyenyak.

Manfaat Yoga Bagi Pria

Yoga bukan olahraga khusus wanita, pria juga dianjurkan untuk melakukan yoga. Ada banyak manfaat yoga bagi pria yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Apa saja itu? Berikut ulasan singkatnya.

manfaat yoga untuk pria

manfaat yoga untuk pria

1. Mampu meningkatkan jangkauan gerakan tubuh

Jangkauan gerak sama namun memiliki sedikit perbedaan dengan fleksibilitas. Dibanding wanita, pria memiliki banyak otot keras dimana otot ini memiliki batasan kemampuan sesuai dengan rentang geraknya.

BACA  20 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kesuburan

Misalnya ketika melakukan gerakan angkat beban, maka gerakan yang monoton itu akan membatasi jangkauan gerak Anda karena hanya fokus pada gerakan itu saja.

Kelas yoga yang dikhususkan untuk pria biasanya menekankan pada pengoptimalan kapasitas gerak.

2. Memperlancar pernafasan

Yoga mampu memperlancar pernafasan. Ketika mengikuti kelas yoga, Anda akan diajari berbagai teknik pernafasan sehingga anda bisa mengambil nafas dengan perlahan dan panjang ketika benar-benar membutuhkannya. Ini juga bermanfaat untuk memperluas kapasitas paru-paru dalam menghirup oksigen dalam jumlah yang banyak atau sama dengan pernafasan yang pendek.

3. Menguatkan keseimbangan tubuh

Beberapa gerakan klasik seperti plank, down dog, twisting dan ragam gerakan lainnya digadang bisa menguatkan keseimbangan tubuh. Manfaat yoga satu ini tidak bisa didapat pada kelas angkat beban atau kelas olahraga lainnya.

Gerakan-gerakan unik ini akan menguatkan dan mengembangkan kapasitas otot serta meningkatkan persendian. Namun guna mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan karena adanya persendian yang lemah, anda harus mengimbanginya pula dengan melakukan olahraga.

4. Meringankan cedera atau nyeri

Gerakan yang selaras dan terkontrol antara system penggerak tubuh, fisik dan pernafasan akan membuat anda bisa meminimalisir cedera. Setiap gerakannya dilakukan dengan tidak memaksakan melampaui kemampuan diri.

Manfaat Yoga Untuk Wanita

Yoga telah menjadi kebutuhan penting bagi semua orang baik wanita dan pria. Selain yoga bermanfaat menjaga kecantikan seorang wanita, ada beberapa manfaat tersembunyi lainnya yang juga baik bagi wanita.

manfaat yoga bagi wanita

manfaat yoga bagi wanita

1. Mampu meningkatkan fokus dan kesabaran

Pernafasan menjadi salah satu andalan dari yoga. Pernafasan ini ternyata mampu memberikan efek maksimal yang berkaitan dengan kesabaran dan ketenangan diri. Misalnya jika Anda tengah jenuh dengan aktivitas harian, cobalah bermeditasi dengan beberapa gerakan yoga. Seorang yang rajin melakukan yoga biasanya akan nampak lebih tenang karena aura positifnya keluar.

2. Membuat tubuh jadi lebih lincah

Melakukan yoga dengan rutin tubuh akan lebih bugar dan lincah dalam bergerak. Tak hanya lincah, bentuk tubuh idealpun juga bakal dimiliki jika rutin melakukan yoga dengan benar.

3. Inner beauty lebih terpancar

Yoga tak hanya bagus bagi kesehatan fisik namun juga psikis. Manfaat yoga untuk menenangkan pikiran membuat Anda merasa lebih nyaman, tenang dan bersemangat menghadapi hari-hari yang berat. Nah, jika sudah begini aura positif akan selalu terpancar dan artinya inner beauty pun semakin nampak.

4. Tidur semakin berkualitas

Kesibukan yang super padat menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga terkadang membuat sulit tidur. Yoga tidak hanya membantu kita untuk terlelap namun juga membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Semakin baik kualitas tidur seseorang, semakin siap pula dirinya menghadapi hari-harinya.

Manfaat Yoga Asanas

manfaat yoga asanas

manfaat yoga asanas

Asanas dalam yoga diartikan sebagai gerakan tubuh tertentu. Asanas diambil dari gerakan-gerakan yang nampak di alam seperti ombak di laut, katak yang meloncat, bunga yang mekar dan lain sebagainya. Karena gerakan yang memang nampak alamiah inilah yang membuatnya nyaman, dan tidak menyakitkan ketika dipaksakan.

Ada beberapa manfaat gerakan yoga asanas bagi kesehatan yang bisa diambil antara lain:

1. Ustrasana

Asanas ini memiliki manfaat guna menjaga kelenturan dari tulang punggung, menyelaraskan metabolism tubuh dan sistem percernaan, serta untuk meningkatkan sirkulasi darah pada area kepala.

BACA  10+ Manfaat Biji Polokyo untuk Kesehatan Tubuh

2. Druta Hasalana

Asanas ini mampu merangsang atau meregangkan otot pada area punggung mulai persendian sampai syaraf tulang punggung. Selain itu juga mengaktifkan kelenjar thyroid dan melancarkan aliran darah menuju ke leher.

3. Bhumi Pada Mastakasana

Asanas ini memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah ke otak dan mengurangi masalah akibat tekanan darah rendah. Tak hanya itu, asanas ini juga digadang mampu menguatkan otot dibagian leher dan kepala.

4. Mayurasana

Guna dari asanas ini untuk menjaga kelenturan pergelangan tangan, menguatkan lengan dan menjaga proses metabolisme tubuh.

5. Hanumasana

Asanas ini mampu menyelaraskan fungsi dari organ reproduksi dan menjaga kelenturan tulang punggung.

6. Tri Asanas

Mampu mengobati beragam penyakit akibat gangguan seksual serta mampu menyeimbangkan rahim dan indung telur.

Manfaat Yoga untuk Anak

Tak hanya orang dewasa, stress juga dirasakan oleh anak-anak. Latihan yoga membantu mereka menjadi pribadi yang lebih aktif dan lebih rileks. Tak dipungkiri jika anak-anakpun memiliki banyak kegiatan yang cukup memusingkan mulai dari sekolah, mengikuti kegiatan les, ekstrakulikuler, kerja kelompok hingga PR. Tak ayal semua hal ini membuat si kecil sering kelelahan, dan yoga bisa menjadi cara terbaik mengatasinya.

manfaat yoga untuk anak

manfaat yoga untuk anak

Selain menghilangkan stress, ada beberapa manfaat lain dari yoga untuk anak yang bisa diperoleh antara lain:

  1. Bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan mental si kecil
  2. Membangun fondasi kehidupan yang sejahtera dan sehat
  3. Teknik ketenangan yoga bisa dipraktekkan untuk menghadapi situasi kegiatan yang padat atau ketika mengalami masalah dengan teman
  4. Mampu meningkatkan kesadaran, koordinasi, fleksibilitas dan kekuatan tubuh
  5. Membuat anak lebih baik dalam mengontrol emosi
  6. Meningkatkan konsentrasi anak ketika sedang belajar
  7. Mengurangi ketegangan dan meningkatkan ketenangan diri
  8. Memiliki spiritual yang kuat
  9. Mampu meningkatkan rasa percaya diri anak

Bagi anak-anak, frekuensi latihan yoga disarankan untuk merutinkan yoga selama 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu. Sedangkan untuk anak yang berusia 4 sampai 8 tahun cukup melakukannya 30 menit sekali.

Manfaat Yoga untuk Lansia

Tua adalah sesuatu yang harus kita hadapi, sayangnya bagi sebagian orang hal ini menjadi momok yang sangat menakutkan. Meski demikian untuk mengurangi resiko penurunan kesehatan dan kemampuan fisik, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah yoga.

Amerika Serikat telah melakukan berbagai macam penyelidikan dan mereka membuktikkan jika kelas yoga mampu memberikan hasil positif untuk para lansia. Tak hanya mencegah, yoga juga berfungsi untuk mengontrol penyakit dan emosional seperti tekanan darah tinggi atau penyakit sendi. Yoga juga telah terbukti meningkatkan fungsi otak dan tubuh para lansia.

Berikut ini beberapa gerakan beserta manfaat yoga untuk lansia.

manfaat yoga untuk lansia

manfaat yoga untuk lansia

1. Sukhasana

Gerakan meditasi ini berfungsi untuk meluruskan tulang punggung, meningkatkan ketenangan dan mengurangi metabolism dalam tubuh.

2. Bidalasana

Gerakan ini sangat dianjurkan bagi lansia yang memiliki gangguan tulang belakang atau tulang punggung. Gerakan ini juga membantu meningkatkan koordinasi antara nafas dengan gerak tubuh.

3. Adho Mukha Svasana

Pose atau gerakan ini bermanfaat untuk menghindarkan kita dari masalah tulang belakang dan tulang punggung. Namun bagi Anda yang memiliki keluhan pada tulang belakang dan tulang punggung, pose ini sangat tidak disarankan.

4. Kapalabhati pranayama

Gerakan ini bermanfaat bagi lansia untuk mengatur pernafasannya dan menghindarkan dari beragam penyakit yang menyerang pernafasan.

Diatas adalah beberapa manfaat yoga yang sangat banyak sekali. Setelah membaca beragam ulasan manfaat yoga diatas, masihkan Anda ragu untuk tidak segera mengikuti kelas yoga?

Leave a Reply