20 Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Cepat

Salah satu noda yang sulit untuk dihilangkan adalah oli. Oli memiliki tekstur yang cukup lengket karena mengandung minyak, sehingga dapat meresap dan melekat pada serat kain. Sering kali banyak orang yang dengan tidak segan-segan membuang pakaian yang sudah terkena noda oli.

Jika kamu tau sebenarnya ada beberapa tips atau cara untuk menghilangkan oli yang menempel pada pakaian kamu. Berikut ini kami telah merangkum beberapa cara untuk menghilangkan oli yang mengenai pakaian kamu. Mari simak tips atau cara menghilangkan noda di pakaian:

noda pakaian

noda pakaian

Cara Menghilangkan Noda Oli Di Baju Yang Sudah Kering

Sesekali kita terlupa atau secara tidak sadar pakaian kita terkena noda. Namun bila kita mengetahuinya dengan terlambat sudah dipastikan noda yang mengenai pakaian kita sudah kering.

oli noda

oli noda

Kami telah merangkum bagaimana cara menghilangkan noda yang sudah kering pada pakaian kita, cara tersebut diantaranya yaitu :

  • Hairspray

Jika baju atau pakaian kita terkena noda yang sudah kering cara yang bisa kita lakukan adalah menggunakan hairspray. Cara penggunaannya yaitu dengan melapisi tisu pada pakaian yang terkena noda, kemudian semprotkan hairspray pada pakaian yang terkena noda kering.

hair spray

hair spray

Kandungan hairspray bisa menghilangkan noda kering yang menempel pada pakaian kita. Selanjutnya setelah penggunaan hairspray kita bisa langsung mencucinya.

  • Alkohol

Selain mencoba menggunakan hairspray kita juga bisa menggunakan alkohol. Alkohol merupakan pemebersih noda yang sangat bagus untuk menghilangkan noda.

  • Gliserin

Gliserin merupakan bahan yang tepat untuk mengangkat noda yang sudah lama, karena gliserin dapat menjenuhkan noda lalu mengangkatnya sehingga ketika pembersihan kembali menggunakan detergen bisa menghilangkan noda tersebut dengan mudah.

Cara penggunaan gliserin yaitu dengan mencampurkan 15 ml gliserin dengan 5 ml sabun cair pencuci piring kedalam mangkuk. Celupkan pakaian yang terkena noda ke dalam campuran. Kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Kemudian gunakan jari untuk mengoleskan kembali ke pakaian yang terkena noda. bilas menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa gliserin dan sabun yang masih menempel.

  • Susu Putih

Susun putih juga mampu menghilangkan noda yang sudah lama pada kita. Namun susu putih yang digunakan adalah susu berlemak dan bukan susu skim. Cara penggunaan susu ini yaitu dengan cara :

  1. Siapkan susu yang berlemak dan juga sikat gigi.
  2. Panaskan susu hingga mendidih.
  3. Gosok secara perlahan menggunakan sikat gigi secara perlahan hingga noda hilang.
  4. Cuci pakaian dengan proses mencuci seperti biasa.

Cara Menghilangkan Noda Oli Di Baju Putih

Pakaian putih sangat rentan sekali terkena noda terlebih kita yang sering sekali menggunakan pakaian ini. Ada banyak sekali cara untuk menghilangkan noda oli pada baju putih salah satunya menggunakan minyak tanah. Pada saat ini minyak tanah memang cukup langka, akan tetapi bukan berarti tidak bisa ditemui. Minyak tanah tidak hanya dijadikan bahan bakar, minyak tanah juga mampu untuk membersihkan noda yang menempel pada pakaian.

menggosok pakaian yang terkena noda oli

Cara menggunakan minyak tanah untuk menghilangkan noda pada pakaian dengan cara merendamkan pakaian yang terkena noda dengan minyak tanah beberapa saat. Setelah itu gosok pakaian secara perlahan lalu bilas hingga bersih. Lanjutkan dengan mencuci pakaian seperti biasa dengan menggunakan detergen namun sebelum itu untuk mengembalikan warna putih pada pakaian bisa menggunakan pemutih pakaian.

Cara Menghilangkan Noda Oli Di Pakaian Berwarna

Cara menghilangkan noda oli pada pakaian berwarna dapat menggunakan sabun cair cuci piring. Sabun cair cuci piring memang ampuh mengangkat lemak di peralatan makanan ternyata memiliki manfaat lain.

Sabun cair cuci piring memang didesain memiliki daya luntur lemak yang amat kuat dari pada jenis-jenis sabun lainnya.

Cara menggunakan sabun cair cuci piring pun sangat mudah, cukup merendamkan pakaian yang terkena noda dengan campuran air bersih dan sabun cair cuci piring kemudian tunggu sekitar 10 menit.

Setelah pakaian yang terkena noda sudah di rendam, kemudian oleskan kembali sabun cair cuci piring dengan jari pada sisa-sisa noda kemudian digosok (kucek) dengan tangan dan bilas pakaian dengan air hingga bersih.

Cara Menghilangkan Noda Oli Di Baju Bahan Sifon

Terkadang pada wanita saat bekendara misal saja mengendarai motor tanpa disadari bahwa rok atau pun celana telah terkena oli. Biasanya kejadian ini terjadi saat para wanita dibonceng dibelakang motor dengan posisi miring.

membersihkan noda oli di bahan sifon

Apalagi pada rok panjang wanita bagian ujungnya sangat mudah terkena rantai sepeda motor yang berlepotan oli, sehingga membuat rok menjadi kotor dan berwarna hitam. Masalah ini memang sering sekali dialami kebanyakan wanita.

Jika pakaian yang kamu gunakan berwarna gelap, mungkin noda seperti oli tidak akan terlalu kelihatan. Namun, bagaimana jika saat itu kamu sedang menggunakan pakaian berwarna cerah lalu terkena oli? Tentulah warna hitam oli yang mengenai pakaian kamu akan sangat mencolok.

Begitu juga dengan pria yang berprofesi sebagai montir. Atau juga mereka yang sedang memperbaiki mobil atau motor digarasinya yang tentu tidak luput dari oli. Tentunya pakaian mereka bisa dengan mudah terkena noda oli.

Sesungguhnya ada banyak sekali cara menghilangkan noda oli pada pakaian yang dapat berefek cukup bagus. Nah, untuk kalian yang sudah penasaran kami akan memberikan tips atau cara bagaimana membersihkan noda oli dengan sabun mandi.

1. Menggunakan Sabun Mandi Batang

Pasti kamu cukup tidak percaya bahwa sabun mandi itu mampu membersihkan noda oli pada pakaian kamu. Pakaian kamu yang tadinya kotor akan menjadi bersih kembali dengan menggunakan sabun mandi. Caranya adalah kamu kucek-kucek pakaian kamu yang terkena noda oli dengan sabun mandi. Jika kamu melakukannya dengan benar maka kamu akan mendapatkan hasil seperti apa yang kamu harapkan.

2. Menggunakan Soda

Penggunaan soda ini bertujuan untuk menghilangkan noda oli di pakaian kamu. Caranya dengan merendam pakaian yang terkena noda didalam air yang sudah tercampur soda. Diperlukan beberapa waktu yang cukup lama hingga soda benar-benar meresap pada pakaian yang terkena noda. Diamkan hingga dirasa noda sudah benar-benar hilang, kemudian bilas beberapa kali hingga noda sudah benar tidak kelihatan lagi.

3. Menggunakan Margarin

Menggunakan margarin memang terdengar cukup aneh. Namun jangan salah cara ini justru dapat bekerja dengan baik. Untuk menggunakan teknik ini, sebelumnya kamu harus menyiapkan margarin dan juga sabun cair cuci piring terlebih dahulu. Oleskan margarin secukupnya pada pakaian kamu yang terkena noda. Kemudian cucilah dengan menggunakan sabun cair cuci piring sambil di gosok-gosok.

Untuk hasil yang maksimal ulangi proses pembersihan dengan cara yang sama. Lalu cuci pakaian kamu dengan menggunakan detergen.

Nah, itu adalah beberapa tips atau cara bagaimana menghilangkan oli dibaju dengan cepat. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa sebelum mempraktekan lakukan dengan berniat serta berdoa.

 

Leave a Reply

privacy policy