100+ Tutorial Hijab Pashmina, Segi Empat, Paris yang Simple dan Modern

Tutorial Hijab – Sebagai seorang wanita muslimah tentu ingin tetap tampil cantik bukan. Nah, saat ini sudah banyak berkembang model hijab yang modern, simple dan menawan. Cara pemakaiannya pun sudah banyak sekali kreasinya. Mulai dari tutorial hijab pashmina, tutorial hijab segi empat, segitiga dan lain sebagainya.

Di dalam artikel ini akan mengupas secara tuntas berbagai tutorial hijab yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Kami juga sediakan video tutorialnya lho. So, silahkan perhatikan tutorial hijabnya dan langsung praktekkan ya.

Apa itu Hijab?

pengertian hijab

pengertian hijab

Hijab merupakan bahasa serapan dari bahasa arab yang artinya penutup. Dalam kamus bahasa arab sendiri hijab bermakna penutup.

الحِجابُ: السِّتْرُ

“hijab artinya penutup” (Lisaanul Arab).

Sedangkan menurut istilah, makna hijab adalah seperti yang dijelaskan oleh Al Munawi berikut ini:

الحجاب: كل ما ستر المطلوب أو منع من الوصول إليه، ومنه قيل للستر حجاب لمنعه المشاهدة، وقيل للبواب حاجب لمنعه من الدخول. وأصله جسم حائل بين جسدين

“Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain” (At Tauqif ‘ala Muhimmat At Ta’arif, 1/136).

Abul Baqa’ Al Hanafi juga menjelaskan:

كل مَا يستر الْمَطْلُوب وَيمْنَع من الْوُصُول إِلَيْهِ فَهُوَ حجاب

“setiap yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi atau menghalangi hal-hal yang terlarang untuk digapai maka itu adalah hijab” (Al Kulliyat, 1/360).

Istilah hijab memang sangat luas. Oleh karena itu, hijab muslimah diartikan sebagai segala sesuatu hal yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi. Jadi hijab muslimah bukan hanya sebatas menutupi kepala, rambut atau bagian atas saja. Namun hijab muslimah juga mencakup seluruhnya yang menjadi aurat bagi seorang wanita. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Apa Hukum Berhijab?

apa hukum berhijab

hukum berhijab

Kenapa ya, masih ada saja orang yang keras kepala bahwa memakai hijab itu bukan sesuatu yang wajib. Alasan mereka karena budaya arab-lah, tidak sesuai zaman-lah, merasa belum siap-lah dan apalah-apalah.

Okelah, berangkat dari firman Allah subhanahu wata’ala:

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di berkata:
“Ayat yang disebut dengan ayat hijab ini memuat perintah Allah subhanahu wata’ala kepada Nabi-Nya agar menyuruh kaum perempuan secara umum dengan mendahulukan istri dan anak-anak perempuan beliau, karena mereka menempati posisi yang lebih penting daripada perempuan yang lainnya, dan juga karena sudah semestinya orang yang menyuruh orang lain untuk mengerjakan suatu (kebaikan) mengawalinya dengan keluarganya sendiri sebelum menyuruh orang lain. Hal itu sebagaimana difirmankan Allah ta’ala (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka.” (Taisir Karimir Rahman, hal. 272)

Abu Malik berkata:
“Ketahuilah wahai saudariku muslimah, bahwa para ulama telah sepakat wajibnya kaum perempuan menutup seluruh bagian tubuhnya, dan sesungguhnya terjadinya perbedaan pendapat (yang teranggap) hanyalah dalam hal menutup wajah dan dua telapak tangan.” (Fiqhu Sunnah li Nisaa’, hal. 382)

Kenapa Harus Berhijab?

kenapa harus berhijab

kenapa harus berhijab

Ketika kamu mulai untuk berhijab, kamu harus bisa menjawab pertanyaan ini. Memang yang benar, seperti apa sih alasannya berhijab.

Pertama, hijab itu perkara wajib. Ini adalah perintah dari Allah ta’ala yang harus ditaati.

Kedua, hijab itu membawa kemaslahatan untuk diri sendiri. Wanita yang berhijab akan dilindungi oleh Allah ta’ala dan terhindar dari gangguan lelaki buas.

Ketiga, Tubuhmu bukanlah konsumsi publik.

Aneka Model Hijab

Saat ini banyak sekali model hijab bermunculan dan juga istilah-istilah yang sudah tidak asing lagi dikalangan hijabers. Nah, model-model hijab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Hijab Pashmina

hijab pashmina

hijab pashmina

Apa itu Pashmina?
Pashmina berasal dari bahasa Persia yang berarti kain wool. Bahan kain pashmina sendiri berasal dari bahan yang disebut Kashmir. Oleh karena itu, jika kamu menemukan pashmina dengan harga cenderung mahal, biasanya terbuat dari kashmir asli. Ada juga yang sudah dicampur dengan sutra. Bentuknya panjang seperti selendang kerudung dan kadang-kadang memiliki motif yang artistik dan hangat digunakan, sehingga banyak kaum hawa yang menyukainya.

Nah, pashmina wool merupakan pashmina terbaik dan paling halus serta mewah yang berasal dari Himalaya. Serat pashmina ini memiliki ketebalan 15-19 mikron sehingga membuatnya begitu halus. Dulu kain pashmina digunakan untuk lambang kemewahan, namun kini pashmina sudah menjadi berbagai benda fashion seperti syal, scarf dan sweater.

Hijab Maroko

hijab maroko

hijab maroko

Apa itu Hijab Maroko?
Hijab maroko merupakan istilah dalaman hijab, hijab ini memiliki fungsi untuk menutupi dan melapisi rambut supaya tidak keluar, serta membuat tatanan hijab lebih rapih. Selain itu, hijab maroko juga digunakan untuk menutupi bagian-bagian tertentu yang nantinya tidak tertutupi hijab pashmina saat diaplikasikan. Kamu bisa memilih hijab maroko berwarana gelap seperti hitam, atau sesuai dengan warna hijab pashmina atau pakaian yang kamu kenakan.

Hijab Paris

hijab paris

hijab paris

Apa itu Hijab Paris?
Model hijab atau kerudung paris ini sangat populer dan menjadi pilihan kaum muslimah untuk mengenakannya. Apalagi lagi, motif dan model hijab ini cukup beragam, menarik dan menawan, sangat cocok dikenakan pada berbagai acara dan kegiatan. Baik itu formal, semi formal atau acara biasa.

Istilah hijab paris itu sendiri merupakan sebutan untuk hijab berbentuk segi empat. Sebutan hijab paris ternyata memiliki asal usulnya. Dimana asal usulnya tersebut memiliki hubungan erat dengan kota mode di Eropa. Hijab paris terbuat dari bahan katun yang ringan, tipis dan nyaman saat digunakan atau yang biasa disebut dengan voile. Kata volile itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Perancis, yang berarti veli atau kain penutup kepala.

Macam-Macam Tutorial Hijab

Tutorial Hijab Segi Empat

Model hijab segi empat ini merupakan model hijab yang paling simple. Model ini banyak digunakan oleh para hijabers untuk acara santai dan kegiatan sehari-hari. Meskipun terkesan simple, namun secara penampilan tetap elegan. Nah supaya lebih bagus dan elegan, yuk simak beberapa tutorial hijab segi empat dari para hijabers.

Model Hijab Segi Empat Diamond [Nia Risniati]

Model Hijab Segi Empat [Un dien]

Model Hijab Segi Empat Dengan Drapery Style [PinkEmma Emma]

Model Hijab Segi Empat Simple [Sari Endah Pratiwi]

Tutorial Hijab Segitiga

Model hijab segitiga ini juga sangat populer lho. Kamu bisa kreasikan model hijab ini dengan kreasi yang kamu punya. Namun jika belum ada, yuk simak tutorial hijab ini dari para hijabers cantik.

Model Hijab by Zahratul Jannah

Model Hijab by Puteri Hasanah Karunia

Tutorial Hijab Simple

Kebanyakan wanita ingin berhijab dengan model yang simple tetapi tetap elegan. Biasanya para hijabers yang kerja di kantoran dan mahasiswi yang sibuk kuliah akan lebih memilih berhijab dengan model simple. Nah, seperti apa model hijab simple tetapi tetap elegan? Yuk, simak videonya di bawah ini.

Model Hijab Simple by Leena

Model Hijab Simple by Khadyjah Fhatyah

Tutorial Hijab Pashmina

Hampir semua dari kamu pasti punya hijab pashmina kan. Bagi kamu yang bingung cara memakainya, disini sudah kami siapkan video tutorial hijab pashmina lengkap dengan berbagai tema acara.

Model Hijab Pashmina Casual untuk Pesta

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah hijab pashmina
  • 1 buah hijab maroko
  • Jarum pentul secukupnya
hijab pashmina casual untuk pesta

hijab pashmina casual untuk pesta via bisikan.com

Model Hijab Pashmina untuk Acara Santai

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah hijab maroko
  • 1 buah hijab pashmina
  • Jarum pentul secukupnya
hijab pashmina untuk acara santai

hijab pashmina untuk acara santai via bisikan.com

Model Hijab Pashmina Untuk Hang Out

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah hijab pashmina
  • 1 buah hijab maroko
  • Beberapa jarum pentul
model hijab pashmina untuk hangout

model hijab pashmina untuk hangout via bisikan.com

Model Hijab Pashmina Semi Formal

Bahan yang diperlukan:

  • Satu buah hijab pashmina
  • Satu buah hijab maroko
  • Jarum pentul secukupnya
model hijab pashmina semi formal

model hijab pashmina semi formal via bisikan.com

Model Hijab Pashmina Simple untuk ke Kampus

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah hijab pashmina model apasaja
  • 1 buah hijab maroko sesuai dengan warna pashmina
  • Jarum pentul secukupnya
model hijab pashmina simple untuk ke kampus

model hijab pashmina simple untuk ke kampus via bisikan.com

Tutorial Hijab Paris

Model Hijab Paris untuk Santai

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah hijab paris, kamu bisa memakai hijab paris sesuai dengan yang kamu inginkan
  • 1 buah hijab maroko, gunakanlah hijab maroko yang warnanya sesuai dengan warna hijab paris, supaya terlihat serasi
  • Jarum pentul secukupnya
  • 1 buah aksesoris hijab atau bros
hijab paris untuk santai

hijab paris untuk santai via bisikan.com

Model Hijab Paris Segi Empat untuk Sehari-hari

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah hijab paris
  • 1 buah hijab maroko
  • Jarum pentul secukupnya
model hijab paris segi empat

model hijab paris segi empat via bisikan.com

Model Hijab Paris Simple

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah hijab meroko
  • Beberapa buah jarum pentul
  • 1 buah hijab paris segi empat
model hijab paris simple

model hijab paris simple via bisikan.com

Model Hijab Paris untuk Pesta

Bahan yang diperlukan:

  • Hijab paris satu buah
  • Hijab maroko satu buah
  • Jarum pentul secukupnya
  • Aksesoris hijab
model hijab paris untuk pesta

model hijab paris untuk pesta via bisikan.com

Model Hijab Paris Simple

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah hijab paris
  • 1 buah hijab maroko, warna sesuai dengan hijab paris yang dikenakan
  • Beberapa buah jarum pentul
model hijab paris segi empat simple

model hijab paris segi empat simple via bisikan.com

Tutorial Hijab Kebaya

Masih bingung memadukan model hijab dengan gaun kebaya? Disini ada beberapa model hijab yang cocok untuk diaplikasikan dengan gaun kebaya. Silahkan dicoba ya.

Model Hijab Kebaya Pengantin Muslim Modern

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah inner
  • 1 buah tile
  • 1 buah hijab pashmina
  • 1 buah tile panjang untuk bagian kepala dibelakang
  • 1 buah aksesoris mahkota
  • Jarum pentul secukupnya
model hijab kebaya pengantin muslim modern

model hijab kebaya pengantin muslim modern via bisikan.com

Model Hijab Kebaya Pengantin Warna Kuning

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah inner
  • 2 buah tile
  • 1 rangkai bunga melati
  • Aksesoris kepala
  • Beberapa buah jarum pentul
model hijab kebaya pengantin warna kuning

model hijab kebaya pengantin warna kuning via bisikan.com

Model Hijab Kebaya Pengantin Warna Putih

Bahan yang diperlukan:

  • 2 buah tile putih
  • 1 buah tile panjang
  • 1 buah hijab maroko
  • 1 rangkai bunga melati
  • Beberapa aksesoris kepala
  • Beberapa buah jarum pentul
model hijab kebaya pengantin warna putih

model hijab kebaya pengantin warna putih via bisikan.com

Model Hijab Simple Untuk Kebaya

Bahan yang diperlukan:

  • 2 buah hijab paris
  • 1 buah hijab maroko
  • Beberapa buah jarum pentul
model hijab simpel untuk kebaya

model hijab simpel untuk kebaya

Model Hijab Kebaya untuk Acara Pesta

Bahan yang diperlukan:

  • 2 Buah hijab Paris (warna berbeda)
  • 1 Buah hijab Maroko
  • Beberapa jarum pentul
model hijab kebaya untuk acara pesta

model hijab kebaya untuk acara pesta

Model Hijab Kebaya untuk Kondangan

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah hijab paris
  • 1 buah hijam maroko
  • Beberapa jarum pentul
model hijab kebaya untuk kondangan

model hijab kebaya untuk kondangan

Tutorial Hijab Anak

model hijab untuk anak

model hijab untuk anak

Mendidik anak untuk berhijab dari seusia dini merupakan hal yang sangat mulia. Meskipun si anak belum mengerti hakikat berhijab tapi dengan kebiasaan berhijab ia akan merasa bahwa hijab itu adalah pakaian yang pokok.

Memang ketika diawal akan sulit untuk mengajarkannya berhijab. Oleh kerena itu ajak sikecil ketika kamu sedang berhijab, tunjukkan kepada dia bahwa berhijab itu cantik dan disayang Allah. Dengan begitu apa yang kamu lakukan akan ditiru oleh si kecil.

Model Hijab untuk Anak

Tutorial Hijab Zoya

Model Hijab Zoya Facile Style

Model Hijab Zoya Simple Style

Tutorial Hijab Wisuda

Model Hijab untuk Wisuda [Alyn Devian]

Model Hijab untuk Wisuda [Mutia Yulita]

Demikianlah tutorial hijab masa kini yang bisa kami sampaikan. Semoga tutorial hijab ini membantu kamu dalam berekspresi dan berkreasi menggunakan hijab. Jadi, kamu tetap tampil lebih elegan, cantik dan percaya diri. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

BACA  100 Model Baju Gamis Syar'i Muslimah Terbaru 2017

Leave a Reply