[Lengkap] Cara Membuat Slime dengan Shampoo, Lem Fox, Povinal dan Tepung

Sudah tahu slime? Tahukah kamu bagaimana cara membuat slime? Sejak tahun 2005 slime menjadi permainan yang sangat amat disukai baik anak-anak remaja maupun dewasa. Mainan yang memiliki bentuk kenyal ini sangat menggemaskan ketika dikepal atau ditekan. Warnanya yang bermacam-macam juga sangat menggoda. Konon, warna cerah slime memiliki kemampuan untuk mengatifkan sistem otak manusia juga lho.. nah, luar biasa bukan?

Manfaat Slime

manfaat slime

manfaat slime

Selain manfaat slime diatas, slime juga dikatakan memiliki banyak manfaat ketika dimainkan.

Manfaat pertama yakni membuat si pemain merasa bahagia. Ketika memainkan permainan ini, tanpa disangka tubuh menghasilkan hormon endorfin yang berpengaruh terhadap tingkatan kebahagiaan seseorang. Selain itu, permainan ini mampu menghilangkan kejenuhan.

Manfaat kedua dari slime yakni sebagai media untuk menyalurkan emosi seperti luapan kebebasan, keberanian, kemarahan, gairah, dan lain sebagainya. Kegiatan seperti menekan atau mengepal-ngepalkan benda kenyal ini juga mampu meredam amarah dengan baik.

Manfaat ketiga yakni slime cocok digunakan sebagai mainan untuk mengembangkan jiwa yang kreatif. Tak hanya asyik ketika dimainkan, slime juga bisa dibuat sendiri menggunakan benda disekitar kita. Proses pembuatan ini secara tidak langsung melatif tingkat kekreatifan seseorang ketika mencampurkan berbagai macam bahan.

Nah, dalam artikel kali ini kami akan berbagi beberapa cara membuat slime dengan bragam bahan yang mudah ditemukan disekitar kita. Cara-cara membuat slime ini diambil dan dirangkum dari banyak sumber.

So, daripada langsung saja cek dan praktikkan beberapa mudah membuat slime dibawah ini.

Cara Membuat Slime Dengan Shampoo

Cara Membuat Slime Dengan Shampoo

Cara Membuat Slime Dengan Shampoo

Cara Bikin Slime – Dikutip dari berbagai sumber, setidaknya ada 4 resep yang telah diujicobakan ketika membuat slime menggunakan shampoo. Adapun merk shampoo yang sering digunakan yakni Dove, Sunsilk atau Pantene. Shampoo ini memiliki tingkat kepekatan dan kekentalan yang mendukung untuk memeroleh slime yang kenyal, kental namun tak lengket.

Yuk simak video cara membuat slime dengan shampoo

Cara Membuat Slime dengan Shampoo dan Garam

Membuat slime dengan shampoo dan garam tidak susah kok, ini gampang. Siapkan bahan dan alat pembuatnya antara lain:

  • Shampoo bebas merek apa saja, namun direkomendasikan merek Dove, Pantene atau Sunsik.
  • Garam halus agar mudah tercampur
  • Baby oil (opsional)
  • Pewarna (opsional)
  • Slime activator atau jika tidka ada bisa menggunakan obat sariawan GOM
  • Wadah plastik beserta pengaduknya

Setelah semua bahan dan alat siap lalu lakukan cara dibawah ini:

  1. Masukkan kedalam wadah sekitar 4 sendok makan shampoo dan 2 sendok makan garam. Aduk rata hingga tercampur membuat adonan mengental.
  2. Jika ingin menambahkan warna, pada saat pencampuran shampoo dan garam, masukkan pula pewarna.
  3. Masukkan slime activator sekitar 1 sendok makan. Tujuannya penambahan slime activator ini agar slime lebih kenyal dan tidak mudah patah. Jika tidak memilikinya, tambahkan GOM atau obat tetes mata seperti Rohto atau Insto. Bahan ini mampu mengenyalkan slime.
  4. Masukkan adonan kedalam kulkas dan diamkan sekitar 20 menit.
  5. Slime shampoo dengan garam memiliki kelemahan yang mudah mencair dan kadang terasa lengket. Jika adonan slime yang telah jadi terasa lengket, tambahkan baby oil sekitar 3 sampai 5 tetes lalu campur hingga rata.

Karena slime dari shampoo dan garam akan mudah mencair, apalagi jika dibiarkan, lebih baik simpan dalam wadah tertutup dan masukkan ke lemari pendingin.

Cara Membuat Slime Dengan Shampo dan Pasta Gigi

Bahan dan alat yang digunakan sama dengan membuat slime menggunakan garam, kamu hanya perlu mengganti garam dengan pasta gigi. Caranya mudah, kamu cukup memasukkan pasta gigi dan shampoo kedalam wadah yang telah disediakan. Kemudian aduk adonan hingga rata dan mengental. Jika kekentalan adonan dirasa masih kurang, tambahkan lagi pasta gigi.

Kamu bisa memainkan slime setelah adonan dimasukkan dalam wadah tertutup dan dimasukkan dalam lemari pendingin selama beberapa menit.

Cara Membuat Slime Dengan Shampo dan Sabun Cair

Tak hanya pasta gigi, sabun cair juga bisa digunakan sebagai cara membuat slime. Namun, penambahan slime activator disini sangat disarankan untuk membuat adonan kian kental. Jika tidak ada bisa menggunakan borax, tapi borax sepertinya kurang aman sehingga ada baiknya menggunakan obat sariawan atau obat tetes mata seperti halnya ketika mencampurkan slime dengan garam.

Cara membuatnya sama dengan yang lainnya, kamu hanya perlu menyiapkan bahan utama seperti sabun cair (sunlight atau yang lainnya), shampoo, dan slime activator. Aduk semua bahan jadi dan seketika slime telah siap.

Cara Membuat Slime Dengan Shampo dan Baking Soda

Masukkan shampoo dan baking soda kedalam wadah dan aduk. Nah, ciri khas slime yang dibuat menggunakan campuran dua bahan ini cenderung tidak lengket dan tidak gempal. Jadi bisa dibilang dibanding pencampuran shampoo dengan bahan lainnya, baking soda yang paling disukai.

Cara Membuat Slime Dengan Lem Fox

Cara Membuat Slime Dengan Lem Fox

Cara Membuat Slime Dengan Lem Fox

Selalu ada cara yang kreatif dan unik untuk membuat slime. Salah satu cara yakni dengan memanfaatkan lem Fox. Ada 4 resep yang akan kami ulas disini terkait dengan pembuatan slime. Lebih jelasnya, berikut 4 resep membuat slime menggunakan lem Fox.

Yuk simak video cara membuat slime dengan lem fox

Cara Membuat Slime Menggunakan Lem Fox Tanpa Borax

Borax digunakan sebagai pengental adonan slime, sayangnya banyak orang tua yang khawatir dengan efek negatif dari borax, apalagi ini digunakan sebagai mainan anak-anak. Sebagai gantinya, kamu bisa memanfaatkan obat tetes mata.

Berikut bahan yang perlu disiapkan:

  • Obat mata Insto 8 tetes
  • Lem fox putih 3 sendok makan
  • Sabun cuci piring merk Sunlight ½ sendok teh
  • Baking powder 1 sendok makan
  • Baby oil ¼ sendok makan
  • Air 3 sendok makan
  • Pewarna makanan
  • Wadah yang ada penutupnya

Cara pembuatan

  1. Masukkan baking powder, lem fox dan air kedalam wadah sambil diaduk aduk hingga rata.
  2. Masukkan obat tetes mata, pewarna makanan dan sabun cair kemudian aduk hingga mengental
  3. Tepuk-tepuk menggunakan tangan ketika adonan tidak lagi lengket. Jika dirasa masih kurang kenyal tambahkan sabun cuci piring dan obat tetes mata
  4. Jika adonan lengket, tambahkan babi oil beberapa tetes saja
  5. Tutup wadah tadi dan biarkan beberapa menit hingga slime mengembang.

Cara Membuat Slime dengan Lem Fox Tanpa Obat Tetes Mata

Tak ada obat tetes mata? Kamu tetap bisa membuat slime tanpa menggunakan obat tetes mata, jadi tidak perlu memaksa untuk membelinya segera. Obat tetes mata ini bisa digantikan dengan pewangi pakaian seperti Molto atau Downy.

Lantas bagaimana cara pembuatannya?

Bahan dan cara pembuatannya sama dengan diatas, kamu hanya tinggal mengganti obat tetes mata dengan pewangi pakaian.

Cara Membuat Slime dengan Lem Fox Putih

Lem fox memiliki dua warna yakni putih dan kuning. Untuk membuat slime bewarna putih yang digunakan yakni lem fox putih dan tidak ditambahkan pewarna. Nah, apakah cara membuatnya ini sama dengan membuat slime menggunakan lem fox kuning? Simak ulasan dibawah ini:

Bahan yang diperlukan:

  • 10 tetes obat sariawan GOM sebagai slime activator
  • Lem fox putih
  • Bedak bayi
  • 2 – 3 tetes body lotion
  • Wadah dengan penutup

Cara membuat slime menggunakan lem fox putih

  1. Masukkan lem fox putih dan body lotion lalu aduk hingga rata
  2. Tambahkan bedak bayi untuk memberikan tekstur padat
  3. Masukkan obat sariawan GOM untuk menghasilkan slime yang tak lengket dan kenyal

Jika setelah slime siap dan masih lengket, tambahkan baby oil beberapa tetes kemudian uleni hingga rata.

Itulah beberapa cara membuat slime menggunakan lem fox, jika menginginkan slime aneka warna kamu bisa menambahkan pewarna makanan pada adonan. Silahkan mencoba!

Cara Membuat Slime Tanpa Lem

Cara Membuat Slime Tanpa Lem

Cara Membuat Slime Tanpa Lem

Mayoritas orang hanya mengetahui jika bahan utama pembuatan slime menggunakan lem seperti lem Fox, Uhu, atau Povinal. Namun tahukah kamu jika slime ternyata bisa dibuat dengan menggunakan bahan lainnya?

Berikut ini beberapa cara membuat slime tanpa menggunakan lem sebagai bahan utamanya, bahkan ada juga slime yang bisa dimakan.

Yuk simak video cara membuat slime tanpa lem

Cara Membuat Slime Tanpa Lem dengan Bedak Bayi

Siapa sangka bedak bayi bisa digunakan membuat slime. Nah, jadi untuk kamu yang dirumah tidak memiliki lem, bahan ini bisa dijadikan alternatif.

Siapkan bahan pembuatnya antara lain:

  • Bedak bayi 1 botol
  • 2 gelas air bersih
  • 2 sendok makan baby oil
  • Pewarna makanan

Cara pembuatannya mudah, kamu hanya cukup mencampurkan semua bahan kedalam wadah dan mengaduknya hingga adonan menjadi kenyal. Sambil diaduk, tambahkan baby oil. Jika adonan masih kurang kenyal, tambahkan bedak. Begitupula jika sebaliknya, berarti kamu harus menambahkan air.

Setelah adonan siap, beri pewarna kemudian uleni dan tutup selama sekitar 60 menit untuk menghasilkan adonan slime yang kenyal.

Cara Membuat Slime Tanpa Lem dengan Susu Cair

Membuat slime menggunakan susu cair termasuk cara yang aman khususnya ketika kamu membuatnya untuk si kecil yang masih suka menelan mainannya. Siapkan susu cair, vanila bubuk sebanyak ½ sendok makan, tepung maizena, dan pewarna makanan.

Cara membuatnya mudah, cukup ikuti langkah berikut ini:

  1. Panaskan susu cair menggunakan api kecil dan aduk perlahan
  2. Masukkan kedalamnya tepung maizena dan vanila bubuk sambil terus diaduk
  3. Jika masih sangat kental, tambahkan susu cair, dan jika terlalu encer, tambahkan tepung
  4. Setelah adonan mendidih dan mengental, angkat dan biarkan dingin. Jika ingin menambahkan warna, lakukan ketika adonan sedikit dingin.
  5. Setelah itu, slime siap untuk dimainkan

Cara Membuat Slime Tanpa Lem dengan Psyllium Husk

Psyllium Husk merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Karena kandungan yang banyak didalamnya, tanaman ini sering dijadikan sebagai serat makanan alami. Nah, siapa sangka pula jika tanaman ini bisa digunakan sebagai bahan pembuat slime.

Bahan yang diperlukan antara lain:

  • Sekam psyllium atau psillium husk sebanyak 1 sendok makan (bisa ditemukan di toko makanan sehat atau di swalayan)
  • Air 240 ml
  • Baskom atau wadah berpenutup
  • Pewarna makanan
  • microwave

Cara membuat slime tanpa lem menggunakan psyllium husk

  1. Masukkan psyllium husk dan air kedalam wadah kemudian diamkan selama 5 menit hingga mengental dengan sendirinya
  2. Masukkan pewarna sesuai keinginan atau membiarkannya polos. Hindari memberikan glitter karena adonan ini nantinya akan dimasukkan ke microwave
  3. Aduk adonan hingga teksturnya dan warnanya rata
  4. Masukkan adonan kedalam microwave selama kurang lebih 5 menit. Ketika slime mengembang, matikan microwave. Jika kemudian telah mengempis panaskan kembali microwave. Lakukan ini selama kurang lebih 5 menit
  5. Keluarkan kemudian dinginkan dalam lemari pendingin selama beberapa menit
  6. Slime siap dimainkan, simpan pada wadah kedap udara untuk menjaganya tetap kenyal dan liat

Cara Membuat Slime Dengan Lem Povinal

Cara Membuat Slime Dengan Lem Povinal

Cara Membuat Slime Dengan Lem Povinal

Selain menggunakan lem Fox atau Uhu, Povinal juga sering dipergunakan untuk membuat slime. Bagaimana caranya? Berikut bahan dan langkah pembuatannya.

Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal dan Baking Powder

Siapkan bahan yang akan digunakan yakni lem povinal sebanyak 5 botol, baking powder 1 botol, air secukupnya dan pewarna makanan. Setelah bahan siap, langsung lanjut ke cara pembuatannya.

  1. Masukkan baking powder dan lem povinal kedalam wadah yang kering dan memiliki penutup. Aduk hingga bahan tersebut tercampur rata
  2. Masukkan secara perlahan air sambil adonan diaduk. Air akan memengaruhi kekenyalan dan tekstur slime, jadi perhatikan dengan baik jumlahnya
  3. Tambahkan pewarna sesuai selera dan terus aduk
  4. Jika setelah tercampur masih kurang kental, atau keras, tambahkan air
  5. Tutup wadah selama sekitar 30 menit untuk memaksimalkan proses fermentasi

Yuk simak video cara membuat slime dengan povinal

Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal dan Deterjen

Selain kenyal, menggunakan detergen mampu menjadikan slime lebih wangi. Untuk membuatnya siapkan lem povinal, detergen cair dan pewarna makanan.

Cara pembuatannya sama, kamu hanya perlu memasukkan detergen cair secara perlahan dan lem povinal dalam wadah sambil diaduk hingga merata. Jika telah mengental, barulah tambahkan pewarna makanan. Rendam slime kedalam adonan dan diamkan sekitar 2 sampai 3 menit.

Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal dan Shampoo

Diantara cara lainnya, kombinasi lem povinal dengan shampoo tergolong yang rumit, namun hasilnya tentu berkualitas. Disini kamu membutuhkan 5 sendok makan lem povinal, ½ sachet shampoo, 1 sendok detergen bubuk, pewarna makanan dan bedak.

Bagaimana caranya?

  1. Masukkan sabun detergen, lem povinal, dan shampoo kemudian aduk
  2. Masukkan pewarna makanan sambil terus mengaduk adonan slime
  3. Jika kurang kental, tambahkan detergen sebagai slime activator
  4. Setelah dirasa cukup kental, cek teksturnya. Jika masih terasa lengket tambahkan bedak bayi. Jika tidak ada, kamu bisa gunakan minyak telon, baby oil atau tepung sebagai alternatif penggantinya.
  5. Slime siap dimainkan

Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal dan Insto

Siapkan bahan pembuatnya antara lain Insto, baby oil, pewarna makanan, sabun cair dan obat tetes mata Insto. Cara pembuatannya mudah sama seperti lainnya. Masukkan lem kemudian tambahkan beberapa tetes pewarna makanan. Aduk hingga rata lalu masukkan obat tetes mata. Aduk kembali dan tambahkan sabun cair dan sedikit baby oil agar slime tidak lengket dan lebih kenyal. Diamkan lalu slime siap dimainkan.

Cara Membuat Slime Dengan Tepung

Cara Membuat Slime Dengan Tepung

Cara Membuat Slime Dengan Tepung

Tak hanya menggunakan lem, tepung juga bisa dimanfaatkan untuk membuat slime. Tepung digadang menjadi bahan yang aman dimainkan khususnya bagi anak kecil yang masih suka menelan mainannya. Namun tidak semua slime yang dibuat dari tepung bisa dimakan, tergantung campurannya.

Nah, tepung yang bisa digunakan disini ada 3 yakni terigu, maizena dan tapioka. Beda tepungnya beda pula pembuatannya. Penasaran dengan bagaimana dan apa saja bahan pembuatnya? Berikut ulasannya!

Cara Membuat Slime dengan Tepung Terigu

Untuk membuat slime dari tepung ini, bahan yang dibutuhkan antara lain sabun cair seperti Mama Lemon atau Sunlight, pewarna makanan dan bahan utama yakni tepung terigu.

Cara membuat slime ini yakni dengan mengambil 3 sendok makan sabun cair dan beberapa tetes pewarna makanan. Kemudian masukkan secara bertahap tepung terigu sambil diaduk. Takaran antara sabun dengan tepung terigu yakni 1:1. Aduk terus hingga adonan menggumpal dan rata.

Slime siap dimainkan.

Yuk simak video cara membuat slime dengan tepung

Cara Membuat Slime dengan Tepung Tapioka

Tak ada tepung terigu, gunakan tepung tapioka. Siapkan tepung tapioka sekitar 5 sendok makan, sabun cair 3 sendok makan, air, pewarna makanan dan minyak goreng. Untuk memulai pembuatannya, tepung tapioka diharuskan untuk direbus hingga menjadi adonan lem. Setelah itu campurkan dengan minyak goreng dan sabun cair.

Jika ingin slime bewarna, tambahkan pewarna makanan kedalam sabun sebelum dicampurkan dengan lem dari tapioka. Jika adonan masih lengket, tambahkan minyak goreng.

Membuat Slime dengan Tepung Maizena

Slime dengan tepung Maizena ini tergolong slime yang aman karena bisa dimakan. Nah, bahan yang dibutuhkan antara lain tepung maizena, susu cair, pewarna makanan dan vanili bubuk.

Pembuatannya diawali dengan memasak susu hingga hangat lalu masukkan tepung maizena dan vanili. Aduk hingga adonan tercampur rata dan slime siap dimainkan, bahkan siap untuk dimakan.

Cara Membuat Slime dengan Tepung Kanji

Slime yang dihasilkan dengan tepung kanji akan lebih kenyal namun tidak lengket. Nah, selain menggunakan sabun cair, slime juga bisa dibuat menggunakan bahan aman lainnya agar nantinya aman ketika tertelan si kecil.

Siapkan air sebanyak 400ml, minyak goreng sebanyak 150gr, pewarna makanan, dan tepung kanji 2 gelas. Pembuatannya mudah sama seperti sebelumnya. masukkan tepung kanji kedalam wadah dan tambahkan air perlahan sambil diaduk agar tidak menggumpak. Masukkan pewarna makanan dan minyak goreng sambil diaduk hingga rata.

Selanjutnya simpan dalam wadah yang ditutup dan diamkan. Slime siap untuk segera dimainkan.

Cara Membuat Slime dengan Yoghurt dan Maizena

Membuat slime yang lezat sepertinya memang menggoda. Nah, kalau begitu resep ini bisa dicoba. Siapkan bahan-bahannya antara lain:

  • Yoghurt 1 sendok makan
  • Tepung maizena 25 gram
  • Pewarna makanan

Langkah pembuatan slime

  1. Masukkan yoghurt tanpa pemanis (tawar) kedalam wadah. Usahakan yang teksturnya tidak ada buah didalamnya. Perbandingan antara yoghurt dengan maizena yakni 1:3.
  2. Untuk mempercantik slime, kamu bisa tambahkan pewarna makanan kemudian aduk semua bahan hingga rata
  3. Setelah bahan mulai menyatu, uleni dengan tangan hingga kalis.
  4. Mainkan slime dan simpan dalam lemari es ketika tidak digunakan

Video Cara Membuat Slime Terkeren

yang ini juga keren banget

kalau kamu bisa buat yang ini jempol lima deh 😀

warna metal ini bikin slime kamu kueerreeeennn..

Nah, banyak bukan cara membuat slime. Kira-kira mana yang akan kamu pilih?

Ingat, slime tidak bertahan selamanya, ketika slime telah berbau atau warnanya berubah, segera buang. Jika menginkannya sedikit tahan lama, masukkan kedalam lemari es ketika telah selesai dimainkan.

Selain cara diatas, kamu juga bisa berkreasi dengan menambahkan glitter pada slime buatanmu agar lebih cantik. Semakin banyak warna juga akan semakin menarik.

Leave a Reply

Share
Additional Info