1001 Makanan Enak di Indonesia yang Paling Laris

Makanan Enak – Indonesia memang surganya kuliner. Berbagai macam makanan semuanya ada, dari yang manis, pedas dan gurih. Di setiap daerah pasti ada makanan yang paling enak dan laris di buru para pecinta kuliner. Banyak sekali tempat wisata kuliner atau tempat makan enak di Indonesia yang harus kamu coba. Berikut ini adalah daftar makanan enak beserta lokasi tempatnya yang rejekinomplok rekomendasikan untuk kamu semua.

Makanan Enak di Jakarta

Nasi Uduk Bu Abu

nasi uduk cakung

nasi uduk bu abu cakung

Pagi-pagi enaknya makan nasi uduk. Biasanya orang-orang kerja sibuk dan tidak sempat membuat sarapan, makannya nasi uduk menjadi pilihan untuk sarapan.

Nah, bagi kamu pecinta kuliner nasi uduk, belum afdol rasanya kalau kamu belum pernah rasain nasi uduk terenak di dunia. Ya, hanya ada satu-satunya nasi uduk yang sangat istimewa yaitu nasi uduk Bu Abu.

nasi uduk jakarta timur

nasi uduk bu abu jakarta timur

 

Nasi uduk ini berada di Toko Abu Bakar, Jalan Rawa Kuning, Gg. Hj. Rikin RT 15 RW 04 No. 111 Kec. Cakung, Pulogebang, Jakarta Timur. (No. Hp 0821-1160-5870).

Harga nasi uduk Bu Abu sangat terjangkau, berikut ini rinciannya.

Harga Rp. 5.000 = dapet nasi, bihun, orek tempe, sambal, bawang goreng dan kerupuk.

Gorengan Rp. 1.000/buah (saya keliling-keliling jakarta, Cuma disini yang jual gorengan harga seribu ukuran besar)

Telor balado Rp. 4.000/buah (bumbunya itu lho yang maknyus banget)

Jadi kalau mau nasu uduk yang komplit harga cumu Rp. 10.000 kamu dapat paket nasi uduk + telor balado + gorengan.

Bu Abu tidak hanya menjual nasi uduk saja tapi juga berbagai makanan-makanan lainnya seperti, lemper, pastel, onde-onde, lontong isi, risol, piscok dan lain-lain. Beliau juga membuka pesanan, bagi yang ingin memesan makanan-makanan tersebut untuk acara-acara besar.

nasi uduk jakarta

aneka makanan enak bu abu – jakarta

Nah, jika kamu ingin berkunjung kesana pastikan datang pagi-pagi ya karena nasi uduk Bu Abu buka di jam 5 subuh sampai habis. Nah habisnya sekitar jam 8 atau 9. Jadi kalau kamu datang terlalu siang nanti kehabisan.

Sate Maranggi Bu Yayah

makanan enak sate maranggi jakarta

sate maranggi jakarta

Siapa sih yang gak suka sate? Sate menjadi salah satu kuliner Indonesia yang sangat mudah kita temui di setiap daerah, terlebih lagi di Ibu kota Negara kita, Jakarta.

Ada satu tempat makan Sate yang enak di Jakarta dan wajib kamu coba, yaitu Sate Maranggi Bu Yayah lokasinya dekat LMK PLN Duren Tiga, Jalan Laboratorium No. 3, Jakarta Selatan.

Sebenarnya, sate ini merupakan sate khas Purwakarta, tapi karena memang enak makanya kini buka cabangnya di Jakarta Selatan.

Warung ini buka setiap hari dari jam setengah 11 siang sampai jam setengah 9 malam, kecuali hari minggu. Tapi terkadang warung ini sudah tutup sebelum jam setengah 9, karena dagangannya sudah terjual habis.

Sate Maranggi Bu Yayah menyediakan tiga jenis sate, ada sate ayam, sate kambing dan sate sapi tanpa lemak. Harganya cukup terjangkau, 10 tusuk hanya Rp. 20 ribuan saja.

Gado-Gado Bonbin

makanan enak gado-gado bonbin

gado-gado bonbin

Siapa sih yang gak kenal dengan gado-gado? Ya, gado-gado merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia khususnya warga ibu kota, terutama untuk sarapan atau makan siang.

Nah, di Jakarta ada tempat makan enak gado-gado yang wajib kamu coba, namanya Gado-gado Bonbin. Gado-gado ini disajikan dengan kecambah, ditambah kerupuk melinjo (emping) lalu disirami sambel kacang.

Untuk menuju kesana, lokasinya ada di Jalan Cikini IV No. 5, Jakarta pusat. Penampakan warung makan ini sangat sederhana dari depan.

Gado-gado bonbin menjadi salah satu tempat makan legendaris di Jakarta dan wajib kamu coba. Untuk seporsi gado-gado ini berisi potongan lontong dan sayuran, ada bayam rebus, kol, tahu, tauge dan tambahan setengah potong telur rebus.

Tak lupa diatasnya disiram dengan bumbu kacang, taburan emping melinjo dan kerupuk udang utuh. “mmm..yummy". Harga satu porsi gado-gado bonbin Rp 20.000.

Ayam Malaya

makanan enak ayam malaya

ayam malaya

Masuk di kawasan menteng, ada satu resto yang wajib kamu coba yaitu Ayam Malaya Resto. Lokasinya ada di Jalan Lombok, Menteng, Jakarta Pusat. Resto tersebut tidak hanya menyediakan ayam malaya tapi juga ada nasi goreng gila, sate ayam dan roti bakar.

Nah buat buat yang belum pernah coba, kira-kira apa itu ayam malaya ya? Ayam Malaya adalah daging fillet ayam yang digoreng dengan tepung dan disajikan dengan kuah yang rasanya gurih. Nah, kuahnya ini yang bikin beda. Warnanya gelap, encer dan memang pas banget dimakan bareng ayamnya itu, plus nasi ya, jangan lupa.

Makanan Enak di Surabaya

Sate Ayam Lisidu

makanan enak sate ayam lisidu

sate ayam lisidu

Sate Lasidu merupkan tempat wisata kuliner Surabaya yang pertama. Sate ini sudah sangat terkenal dan legendaris serta asli surabaya. Sate lisidu benar-benar unik, mulai dari bentuk satenya yang pipih sehingga membuat bumbu lebih mudah meresap. Lalu cara pengipasannya dari bawah dan atas sehingga Sate Ayam Lisidu tersaji bersih dan tidak ada arang yang menempel.

Maknyusnya lagi kamu juga bisa memilih bagian yang kamu suka, mulai dari bagian dada, paha, kulit, hingga jeroan. Yang paling ngangenin dari sate surabaya ini adalah bumbu kacangnya, karena dibuat dari kacang Tuban yang disangrai dengan cita rasa manis. Cobain deh.

Paling enak makan disini rame-rame bersama keluarga atau orang tercinta, meskipun makan satenya disambi ngobrol lama, satenya akan tetap hangat karena disediakan anglo untuk memanggang sate di masing-masing meja. Untuk Lokasinya juga sangat mudah diakses karena berada di tengah kota, yaiut di Jalan Kutai No.53-C, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi

makanan enak nasi bebek sayang anak cak yudi

nasi bebek sayang anak cak yudi

Tempat makan enak di Surabaya yang selanjutnya adalah nasi bebek yang ada di Jalan Tanjung Torowitan no 39. Kuliner Surabaya yang ini biasanya buka dari jam 15.00 s/d 18.00.

Meskipun hanya 3 jam saja, kuliner ini selalu ludes oleh pembeli yang selalu antre. Kuliner ini sangat digemari oleh masyarakat Surabaya Khususnya.

Tidak heran kalau warung ini selalu menjadi buruan para penggemar kuliner di Surabaya, karena menu andalannya yang berupa daging bebek yang disajikan dengan rasa gurih dan empuk, kemudian di tambah lafi dengan sambal pencit atau sambal mangga muda dengan rasanya yang khas. Oiya, kalau kamu mau menikmati kuliner ini, datang lebih awal ya, supaya kebagian, hehe.

Nasi Empal Pengampon

makanan enak nasi empal pengampon

nasi empal pengampon

Tempat makan murah di Surabaya yang bisa kamu coba adalah warung yang menjajakan nasi empal pengampon. Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang khas.

Untuk menu yang ada disini bervariasi, yang jelas perpaduan dari nasi putih, lauk empal suwir, kering tempe, tumis kacang, lalapan timun, sambal dan daun kemangi.

Rasa daging empalnya yang gurih dan manis pasti membuat kamu ketagihan pengen mencobanya lagi. Bagaimana? Kamu tertark untuk mencobanya, silahkan datang saja ke Jalan Pengampon II No. 3, Surabaya Pusat.

Biasanya tempat makan ini di buka setiap hari pada jam 9 pagi sampai dengan jam 9 malam. Jangan khawatir untuk masalah harga, cukup terjangkau dan sesuai dengan rasanya, yakni sekitar Rp. 30.000 an saja.

Rawon Pak Pangat

makanan enak rawon pak pangat

rawon pak pangat

Kamu kalau mau coba rawon yang katanya enak silahkan datang saja ke rawonnya pak Pangat. Rawon pak Pangat sendiri lokasinya ada di Ruko Lotus jalan Ketintang Baru Selatan 1/15 dan tentunya merupakan sebuah tempat terkenal di daerah Masjid Agung Surabaya.

Rawon pak Pangat bukan sepanjang hari, dari pagi sampai malam, mulai jam 6 pagi sampai dengan 9 malam tempat kuliner yang menawarkan menu utama Rawon ini di buka. Sebenarnya pusat dari Rawon Pak Pangat ini adalah terletak di Darmo Trade Center Wonokromo, Surabaya.

Rawon Pak Pangat juga murah meriah kok, hanya Rp. 8.000 saja. Tapi kalau soal rasa, rawon pak pangat ini sangat enak dan bikin ketagihan terutama suwiran empalnya yang sangat khas enaknya. Perpaduan antara nasi rawon campur dan juga nasi rawon krengsengan.

Baca artikel lainnya: 10 Masakan Khas Indonesia yang Mendunia Karena Kelezatannya

Makanan Enak di Bandung

Batagor Bandung

makanan enak batagor bandung

batagor bandung

Batagor ini sebenarnya merupakan singkatan dari ‘baso tahu goreng’. Batagor bandung ini yang pasti digoreng (ya iyalah) dan faktor enak biasanya dari olahan daging ikan, tahu dan sambalnya. Maklum, di Bandung banyak produsen tahu yang enak, makanya banyak batagor yang enak pula tahunya. Sambalnya biasanya berupa saus kacang dan kecap manis. Beberapa batagor yang terkenal di Bandung di antaranya: Batagor Abun (Jalan Lengkong Besar), Batagor Riri (Jalan Burangrang), Batagor Kingsley (Jalan Veteran) dan Batagor Sukajadi (Jalan Pasirkaliki), dan Batagor H. Isan (Jalan Bojongloa).

Nasi Kuning Pasirkoja

makanan enak nasi kuning pasirkoja

nasi kuning pasirkoja

Kalau biasanya nasi kuning banyak dicari untuk menu sarapan, Nasi kuning Pasirkoja ini malah baru jualan di malam hari sampai sekitar jam 1-2 pagi. Menariknya, ada 2 tempat nasi kuning enak yang sama-sama jualan di Jalan Pasirkoja. NKP Kiri baru buka sekitar jam 9 malam, lokasinya dekat sekali dengan persimpangan Jalan Terusan Pasirkoja dan Jalan Kopo, di sebelah kiri (searah). Sayuran yang bisa dipilih: rendang, tahu, telur balado & telur rendang serta sambal oncom.

NKP Kanan buka sedikit lebih awal yakni sekitar 8.30 malam, lokasi di sebelah kanan Jalan Pasirkoja sebelum persimpangan dengan Astana Anyar. Di sini bisa pilih mau pakai nasi uduk atau nasi kuning, Sayurannya pun lebih banyak pilihannya: rendang, telur, tahu, sayur waluh (labu siam), kentang kotak, soun goreng, tempe, dan sambal. Bonusnya di sini ada kentang kering.

Nasi Kalong

makanan enak nasi kalong

nasi kalong

Banyak yang bilang kalau Nasi Kalong ini kuliner Bandung yang over-rated, entah karena banyak foto artis yang pernah datang berkunjung ke sana atau karena tempat makan yang satu ini kadang antrinya bisa mengular sampai ke jalanan. Menurut kami, sejujurnya nasi kalong ini walaupun agak mahal tapi memang enak. Yang jadi daya tarik katanya sih nasi hitamnya, yang sebetulnya tidak ada rasa khusus. Justru side dishesnya yang bikin kombinasinya enak.

Sayur yang paling dicari adalah buncis bakar. Sebenarnya tumis buncis biasa, namun saat menumis sampai agak hangus-hangus sedikit jadi wangi. Selain tahu tempe bacem juga banyak daging berbumbu seperti honey crispy chicken dan gorengan lainnya. Lokasi Nasi Kalong ini di Jalan Riau (R.E. Martadinata) 102, buka sekitar jam 7 malam sampai jam 3 pagi.

Martabak Bandung

makanan enak martabak bandung

martabak bandung

Di luar Bandung sering dikenal dengan nama Martabak Bandung atau Martabak Terang Bulan. Tapi sebagai orang Bandung sih saya menyebutnya Martabak Manis saja. Dari awalnya isi gula dan kacang, saat ini variasi martabak Bandung sudah sangat beragam mulai dari adonannya yang pakai pandan, kopi, green tea hingga isiannya yang pakai toblerone, nutella, kitkat, dll. Beberapa tempat makan martabak yang terkenal di Bandung: Martabak San Fransisco (Jalan Burangrang), Martabak Canada (Kebon Kawung), Martabak Nikmat (Andir), Martabak Good (Cibadak) dan Martabak Mr. Black dengan adonan coklat atau kopinya di Abdurrahman Saleh.

Makanan Enak di Jogja

Gudeg Pawon

makanan enak gudeg pawon

gudeg pawon

Membicarakan kuliner Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika tak menyebut gudeg. Gudeg sudah menjadi kuliner wajib coba jika kamu berkunjung ke Yogyakarta. Kuliner yang terbuat dari daging nangka muda ini banyak ditemui di tempat makan di seluruh pelosok Yogyakarta. Jika ingin menyantap gudeg di tempat yang berbeda, datang saja ke Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon merupakan salah satu tempat wisata kuliner istimewa di Yogyakarta. Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1958 ini melayani pelanggannya langsung dari dapur atau pawon dalam bahasa Jawa. Kamu bisa melihat tungku sederhana yang digunakan untuk memasak gudeg ini. Meskipun tempatnya sederhana, namun kenikmatan gudeg di sini tak bisa diremehkan.

Gudeg Pawon bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang suka melakukan wisata kuliner di malam hari. Menikmati nasi gudeg ditambah ayam dan segelas teh manis hangat akan menjadi sajian istimewa di tengah dinginnya Yogyakarta di malam hari. Sebaiknya kamu datang sebelum jam buka karena setiap harinya, Gudeg Pawon selalu banjir antrean pembeli.

Untuk alamatnya bertempat di Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta. Jam buka mulai dari pukul 22:30 sampai habis.

Manggar Manding

makanan enak manggar manding

manggar manding

Jika gudeg umumnya terbuat dari daging nangka muda, hal berbeda bisa kamu temukan di Manggar Manding. Gudeg di sini terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Konon, gudeg manggar ini merupakan menu istimewa di kerajaan dahulu yang biasa disajikan dengan sayur krecek dan tempe bacem. Jadi, jika kamu mencicipi gudeg manggar, berarti kamu telah menikmati sajian istimewa kerajaan.

Konon, manggar memiliki khasiat yang sangat bagus karena bisa memancarkan kecantikan penikmatnya dari dalam. Tak mengherankan jika gudeg manggar menjadi menu favorit para puteri kerajaan dahulu kala. Untuk lokasinya berada di Jalan Parangtritis KM 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta.

Mie Telap 12

makanan enak mie telap 12

mie telap 12

Pernahkah kamu melihat gambar di bungkus mie instan dan merasa tergoda untuk mencicipinya, namun kecewa karena saat membuatnya sendiri di rumah, mie jauh dari gambaran? Kamu tak perlu merasa kecewa jika datang ke Mie Telap 12. Di sini, kamu dapat menikmati mie instan yang disajikan persis seperti yang terlihat di bungkusnya.

Jika kamu memesan mie instan rasa rendang misalnya, maka kamu akan mendapat semangkok mie instan lengkap dengan potongan daging rendang dan topping lainnya yang ditata persis sama seperti di bungkusnya. Untuk minuman, kamu bisa menikmati aneka milkshake dan soda float. Untuk alamatnya di Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

Leave a Reply

privacy policy