10 Tips Untuk Suami Agar Selalu Disayang Istri

Rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah adalah dambaan bagi seluruh pasangan suami istri yang baru saja menikah. Agar dapat terbangun rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah, maka di antara keduanya harus saling memahami dan saling menasehati.

Karena pada dasarnya konsep mawadah itu adalah mencintai karena kekurangannya, bukan mencintai karena kelebihannya atau mahabbah. Karena mahabbah itu hanya untuk Allah subhanahu wata’ala yang maha sempurna dan tidak memiliki kekurangan.

Bagi para suami, ini merupakan amanah yang sangat besar. Karena di dalam sebuah keluarga, suami adalah pemimpin yang bertanggung jawab kepada istri dan anak-anaknya agar mereka semua menjadi ahli surga.

Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Takutlah kepada Allah dalam memimpin isteri-istrimu , karena sesungguhnya mereka adalah amanah yang berada disampingmu, barangsiapa tidak memerintahkan sholat kepada isterinya dan tidak mengajarkan agama kepadanya, maka ia telah berkhianat kepada Allah dan Rasul-Nya.

Seorang suami yang salih, akan senantiasa teringat sabda Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam,

“Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik bagi istrinya, dan aku adalah yang terbaik dari kalian bagi istriku." (Riwayat Tirmidzi)

Karena itu, ia akan selalu berusaha mencontoh Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam, dalam bersikap baik terhadap istri, dan senantiasa menghargainya. Sikap yang baik dari suami terhadap istrinya, akan menumbuhkan rasa cinta istri dan percaya kepada suaminya bahwa suaminya adalah orang yang amanah. Dengan begitu tercapailah cita-cita keluarga sakinah mawadah warahmah.

Berikut ini ada 10 tips untuk suami agar istri semakin cinta dan semakin sayang, di antaranya:

membina-keluarga-sakinah

keluarga sakinah kirike.ninja

1. Memberikan Panggilan Mesra dan Paling Disukainya

Suami yang menyayangi serta mencintai istrinya, tentu tak ragu untuk mengungkapkan rasa sayangnya, dengan memanggil istri menggunakan panggilan “sayang", atau panggilan yang paling disukainya. Hal ini sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam, yang senang memangil Ummul Mukminin Aisyah radhiyallohu ‘anha dengan panggilan “Humaira" (yang pipinya kemerah-merahan). Panggilan seperti “Adinda" atau “Adik" saja, insyaallah sudah cukup untuk membuat seorang istri senang.

2. Mempergaulinya Dengan Lemah Lembut

Suami yang menghargai dan mencintai istrinya, akan berusaha mempergauli istrinya dengan lemah lembut, baik dalam sikap maupun tutur kata. Ia akan berusaha menjauhi sikap keras dan kasar terhadap istri. Kalau istrinya bersalah atau mengecewakannya, ia akan menasihatinya dengan lembut dan santun. Tidak dengan makian, bentakan, dan bahkan tamparan di wajah.

3. Murah Senyum (Selalu Menunjukkan Wajah Ceria)

Selalu menunjukkan wajah yang ceria di hadapan istri, juga salah satu bentuk penghargaan suami terhadap istrinya. Istri yang selalu melihat keceriaan dan senyum di wajah suaminya, tentu akan lebih mudah untuk merasakan kebahagiaan. Berbeda halnya jika suami selalu menunjukkan wajah cemberut. Istri akan merasa serba salah dan tak bahagia, karena merasa suaminya tak pernah bisa bahagia bersamanya.

Dalam hal ini suami harus bisa pandai-pandai menempatkan masalah. Ada masalah di kantor atau dimanapun jangan sampai dibawa ke rumah. Jadi tetap dengan wajah yang ceria, meskipun banyak masalah di luar sana. Nah, ketika suasana sudah tenang, ajak istri untuk berdiskusi dengan masalah yang dihadapi.

4. Memberikan Pujian

Memberikan pujian kepada istri, juga salah satu bentuk penghargaan suami. Meskipun terlihat sepele, namun pujian yang tulus dari seorang suami dapat menimbulkan efek psikologis yang sangat besar bagi seorang istri. Misalnya menambah percaya diri, mendongkrak semangat, dan tentu saja membuat hatinya berbunga-bunga penuh bahagia. Pada dasarnya, setiap wanita senang bila dipuji, terlebih lagi dipuji oleh belahan hati yang sangat dicintainya.

5. Memberikan Hadiah

Hadiah adalah pembawa pesan cinta, serta menjadi salah satu bentuk penghargaan suami terhadap istri. Akan lebih berkesan, bila hadiah diberikan tanpa pemberitahuan lebih dulu sehingga menjadi kejutan yang membahagiakan.

6. Membantu Istri Mengurus Rumah

Pekerjaan rumah tangga hampir tak ada habisnya. Suami yang baik, akan berusaha meringankan beban istrinya dalam mengurus rumah tangga. Misalnya membantu istri mencuci, menjemur pakaian, bersih-bersih dan semisalnya. Dengan demikian seorang istri akan merasa lebih dimengerti dan dihargai oleh suaminya.

7. Membantu Istri Mendidik Anak

Penghargaan suami juga bisa diwujudkan dengan membantu istri mengurus anak. Mengerjakan berbagai pekerjaan rumah sekaligus mengurus anak, tentu sangat repot dan menguras energi. Terutama bagi yang anaknya masih batita (di bawah tiga tahun), apalagi lebih dari satu. Ketika suami mau membantu mengurus anak, berarti ia telah meringankan beban istri, dan membuatnya lebih tenang dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan rumah.

8. Memperhatikan Kesehatannya

Suami yang menghargai istrinya, akan sangat memperhatikan kesehatan sang istri. Ketika melihat istrinya sakit, maka ia akan segera berusaha mencarikan obatnya. Ia pun akan lebih perhatian terhadap istri, dan menyuruh istrinya banyak beristirahat.

9. Berbakti Kepada Kedua Orang Tuanya

Berbakti kepada orang tua istri atau mertua, juga merupakan wujud penghargaan suami kepada istrinya. Bakti suami tersebut akan membahagiakan istri serta kedua orang tuanya. Salah satu caranya bisa dengan menjalin komunikasi lewat telephone minimal 1 bulan sekali, atau berkunjung ke rumah mereka minimal 1 tahun sekali.

10. Menjalin Silaturrahim Dengan Kerabatnya.

Penghargaan suami terhadap istrinya, juga bisa ditunjukkan dengan menjalin silaturrahim dengan kerabat pihak istri, serta berbuat baik terhadap mereka. Dengan mengenal kerabat istri, suami dapat mengetahui apa yang paling disukai istrinya, sehingga dapat menjadi referensi kejutan hadiah untuk istri.

Sumber : majalahsakinah.com

One Response

  1. Bung Misty Maret 11, 2017

Leave a Reply

Share
Additional Info