Makna Logo Google Hari Ini, Demi Memperingati Ulang Tahun Phoebe Snetsinger

Sesuatu yang menarik dari halaman utama Google hari ini, Google Doodle hari ini menampilkan gambar video animasi burung-burung dengan seseorang yang sedang mengamati dan melakukan penelitian. Tulisan Google juga dibuat seolah ranting pohon yang memberikan kesan alam.

Dibalik itu semua ternyata ada maksud dari Google. Sesosok orang dalam animasi tersebut adalah Phoebe Snetsinger. Hari ini Google memperingati ulang tahunnya yang ke 85. Nah, muncul pertanyaan di benak kita. Kenapa Google sampai segitunya memperingati ulang tahunnya? Siapa sih Phoebe Snetsinger?

Phoebe Snetsinger adalah seorang wanita yang suka meneliti burung (birder), lahir pada tanggal 9 Juni 1931. Ia menjadi sangat terkenal karena telah meneliti burung sekitar 8.398 spesies sepanjang hidupnya. Sampai saat ini belum ada peneliti yang dapat menandinginya.

Sebuah buku karya ciptaannya adalah “Birding on Borrowed Time” yang diterbitkan secara anumerta pada tahun 2003 oleh American Birding Association (ABA).

Warbler-Blackburnian

Burung Warbler Blackburnian, jenis burung yang diteliti Phoebe Snetsinger

***Mau jadi jutawan, mau punya penghasilan sendiri, atau mau punya usaha tambahan? Ada bisnis bagus nih, klik disini Peluang Bisnis Tour and Travel Online***

Ia menjadi peneliti burung berawal dari kegemarannya pada burung Warbler Blackburnian pada tahun 1965. Saat itu sifatnya masih sekedar hobby dan amatir saja. Namun seiring berjalannya waktu, Snetsinger semakin suka dan semakin melakukan penelitian dengan semua jenis burung.

Sayang sungguh sayang, penelitian Phoebe Snetsinger harus berakhir pada tanggal 23 November 1999, karena ia mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia. Saat itu ia sedang dalam perjalanan menuju Madagaskar. Memang saat itu ia sering melakukan perjalanan ke daerah-daerah terpencil untuk meneliti burung meskipun berada di lingkungan dan politik berbahaya pada masa itu.

Sejak Phoebe Snetsinger meninggal dunia, hoby dan kegemarannya terhadap burung dilanjutkan oleh putranya yang bernama Thomas J. Snetsinger. Namun ia lebih fokus meneliti burung-burung yang terancam hidupnya di Hawai.

Oleh karena itu, sebagai penghormatan kepada Phoebe Snetsinger, di tanggal kelahirannya hari ini 9 Juni 2016, Google Doodle memajang animasi bergerak seseorang yang sedang meneliti burung. Semoga kita juga dapat terinspirasi dari kisahnya.

 

Leave a Reply

privacy policy